Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Thriller yang Adaptasi Kisah Nyata!

10 Film Thriller yang Adaptasi Kisah Nyata!

Film thriller adalah genre yang dibuat untuk memberikan ketegangan, kegembiraan, dan kegelisahan kepada penonton. Genre ini sering menampilkan cerita yang berfokus pada konflik intens, situasi berbahaya, dan elemen misteri yang memicu adrenalin. Tujuan utama dari film thriller adalah untuk membuat penonton merasa tegang dan penasaran sepanjang cerita. Nah menariknya, ada beberapa film thriller yang ternyata diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja film-film thriller tersebut? Simak berikut ini Geeks!

10 The Strangers

“The Strangers” yang dirilis pada tahun 2008 disutradarai oleh Bryan Bertino. Menariknya, Bryan Bertino memulai debutnya sebagai sutradara dan penulis dalam film thriller ini. Filmnya pun membintangi beberapa nama seperti Liv Tyler sebagai Kristen McKay dan Scott Speedman sebagai James Hoyt. “The Strangers” memang diadaptasi dari kisah nyata dari pembunuhan yang dilakukan oleh keluarga Manson pada tahun 1969.

Film ini menceritakan tentang pasangan Kristen McKay dan James Hoyt yang berencana menghabiskan malam di rumah liburan terpencil setelah menghadiri pesta pernikahan. Ketegangan antara keduanya muncul akibat lamaran pernikahan James yang ditolak oleh Kristen. Di tengah malam, mereka diganggu oleh seorang wanita misterius yang mengetuk pintu dan menanyakan seseorang yang tidak mereka kenal.

Ini adalah awal dari serangkaian kejadian menyeramkan yang membuat mereka berdua ketakutan. Tiga orang penyerang bertopeng, yang dikenal sebagai “The Strangers,” mulai meneror mereka dengan cara yang sadis dan brutal. Para penyerang ini tidak memiliki motif yang jelas selain untuk menyebabkan ketakutan dan penderitaan.

9 The Girl in the Basement

Film ini disutradarai oleh Elisabeth Röhm dan dibintangi oleh Judd Nelson, Stefanie Scott, Joely Fisher, dan Emily Topper. Sementara itu naskahnya ditulis oleh Talia Carner, dan dirilis pada tahun 2021 lalu. Film thriller ini juga menjadi debut penyutradaraan untuk Elisabeth Röhm, yang sebelumnya dikenal sebagai seorang aktris. “The Girl in the Basement” berkisah tentang seorang gadis remaja bernama Sara (diperankan oleh Stefanie Scott).

Dia disandera oleh ayahnya sendiri, Don (diperankan oleh Judd Nelson), dalam sebuah ruang bawah tanah. Selama bertahun-tahun, Sara mengalami berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan fisik dan emosional dari ayahnya. Sara berusaha bertahan dan menemukan cara untuk lolos dari tempat tersebut. Sementara itu, keluarganya di atas mulai merasa curiga dan mencari tahu keberadaan Sara.

Dalam perjalanan ini, mereka mengungkap kebenaran mengerikan tentang apa yang sebenarnya terjadi di ruang bawah tanah rumah mereka. Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang kehidupan Elisabeth Fritzl, seorang Wanita Austria yang dikurung oleh ayahnya di ruang bawah tanah. Fritzl diketahui melahirkan tujuh anak di sana, hasil dari pelecehan yang dilakukan oleh ayahnya.

8 The Good Nurse

The Good Nurse” mengisahkan kisah perawat Charles Cullen (diperankan oleh Eddie Redmayne), seorang perawat yang bekerja di berbagai rumah sakit di New Jersey dan Pennsylvania. Di balik citra baiknya, Cullen sebenarnya adalah seorang pembunuh berantai yang membunuh puluhan pasiennya dengan menyuntikkan obat, agar pasiennya mengalami overdosis.

Ketika investigasi atas kematian yang mencurigakan di beberapa rumah sakit dimulai, perawat Kristen Gilbert (diperankan oleh Jessica Chastain) mulai menyelidiki dan mencurigai aktivitas Cullen. Namun, menemukan bukti yang cukup untuk membawa Cullen ke pengadilan ternyata tidak mudah, karena Cullen cerdik dalam menyembunyikan jejaknya. Film thriller ini didasarkan pada buku non-fiksi “The Good Nurse: A True Story of Medicine, Madness, and Murder” karya Charles Graeber, yang diterbitkan pada tahun 2013.

Buku tersebut mengisahkan kisah nyata perawat Charles Cullen yang menjadi salah satu pembunuh berantai paling produktif dalam sejarah Amerika Serikat. Jessica Chastain memerankan peran perawat Kristen Gilbert, sementara Eddie Redmayne memerankan perawat Charles Cullen. Film ini diumumkan pada tahun 2018 dan awalnya direncanakan untuk dirilis pada tahun 2021. Tetapi baru di tahun 2022-lah filmnya baru dirilis di Netflix.

7 The Girl Next Door

“The Girl Next Door” mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama David (diperankan oleh Daniel Manche) yang tinggal di lingkungan yang tenang pada tahun 1958. Suatu hari, David bertemu dengan tetangga barunya, Meg Loughlin (diperankan oleh Blythe Auffarth), yang segera menarik perhatiannya. Namun mereka segera menemukan bahwa Meg menderita akibat bibinya yang jahat, Ruth Chandler (diperankan oleh Blanche Baker).

Bibinya, yang bersama dengan anak-anaknya, memperlakukan Meg dengan kejam dan menyiksa secara fisik dan emosional. Meskipun David mencoba untuk melindungi Meg, dia tidak dapat melawan Ruth dan keluarganya yang keras kepala. David berusaha untuk membongkar kejahatan yang terjadi di rumah tetangganya itu, tetapi dia menyadari bahwa tindakan itu mungkin membahayakan nyawanya sendiri.

Film thriller ini menyoroti tema kejahatan dan kekejaman, serta pertempuran antara kebaikan dan kejahatan di tengah-tengah ketidakadilan. Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang seorang Wanita bernama Sylvia Likens. Linkens ternyata dipukuli, dibakar, dibiarkan kelaparan, dan ditawan di ruang bawah tanah oleh walinya. Pada akhirnya Linkens meninggal karena luka-lukanya Ketika dia berusia 16 tahun.

6 Jaws

Film ini didasarkan pada novel berjudul sama karya Peter Benchley, yang diterbitkan pada tahun 1974. Benchley juga ikut menulis skenario untuk film ini bersama Carl Gottlieb. Sementara itu Steven Spielberg didapuk sebagai sutradaranya, dan sukses membawa film ini menjadi salah satu film paling ikonik dan terlaku sepanjang sejarah. Filmnya pun menghadirkan beberapa nama seperti Roy Scheider sebagai Chief Martin Bordy, dan Robert Shaw sebagai Quint.

Filmnya berkisah tentang serangkaian serangan hiu ganas yang terjadi di sebuah kota pantai fiktif bernama Amity Island. Setelah seorang wanita muda ditemukan tewas setelah diserang oleh hiu saat berenang, Kepala Polisi Martin Brody (Roy Scheider) ingin menutup pantai untuk melindungi warga dan wisatawan. Namun, walikota dan beberapa pengusaha lokal menentang ide tersebut karena khawatir akan terkena dampak. Di sinilah Martin Brody dan kawan-kawan mencegah teror yang terjadi akibat hiu tersebut.

“Jaws” sebenarnya diadaptasi ari kisah nyata dari serangan hiu yang terjadi di New Jersey di tahun 1916. Dalam kejadian tersebut, empat orang tewas dan satu orang terluka akibat serangan hiu dalam kurun waktu kurang dari dua minggu. Pada awalnya, para penduduk setempat acuh tak acuh terhadap beberapa kasus kematian akibat hiu, namun setelah seekor hiu merenggut dua nyawa serta melukai beberapa orang, akhirnya mereka mulai tersadar akan bahayanya.

5 Pyscho

“Psycho” dirilis pada tahun 1960, dan disutradarai oleh Alfred Hitchcock. Film thriller ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Robert Block, dan juga diadaptasi dari kisah nyata dari kasus pembunuh berantai Ed Gein, tentang bagaimana obsesi Gein terhadap ibunya. Bahkan kakak laki-laki Gein menganggap hubungan antara ibunya dan adik laki-lakinya aneh.

“Psycho” menceritakan kisah Marion Crane (Janet Leigh), seorang sekretaris yang melarikan diri setelah mencuri $40,000 dari majikannya untuk memulai hidup baru bersama kekasihnya, Sam Loomis (John Gavin). Dalam pelariannya, Marion menginap di sebuah motel terpencil yang dikelola oleh seorang pemuda tampak ramah namun canggung bernama Norman Bates (Anthony Perkins).

Norman tinggal di rumah besar di atas bukit dekat motel, bersama ibunya yang tampaknya dominan dan mengendalikan. Setelah mengobrol dengan Norman, Marion memutuskan untuk mengembalikan uang yang dicurinya. Namun, sebelum dia dapat melakukannya, dia dibunuh secara brutal di kamar mandinya dalam salah satu adegan paling ikonik dalam sejarah film.

4 The Girl Who Escaped

Film ini disutradarai oleh Simone Stock, dengan naskah yang ditulis oleh Haley Harris. Film yang dirilis tahun 2023 ini membintangi beberapa nama seperti Katie Douglas, Cara Buono, dan Kristian Bruun. The Girl Who Escaped menceritakan perjalanan emosional dari Kara Robinson, seorang gadis yang tidak hanya berhasil melarikan diri dari penculiknya, tetapi juga membantu polisi menemukannya dan membawanya ke pengadilan.

Film tersebu menunjukkan betapa mudahnya Robinson yang diperankan oleh Katie Douglas diculik dari halaman depan rumah temannya tanpa adanya kecurigaan, serta apa yang terjadi padanya saat dia diculik oleh seorang pria misterius di apartemennya. Nah filmnya sendiri diadaptasi dari kisah nyata dari Kara Robinson, yang diculik pada tahun 2002.

Ketika diculik, Kara menghabiskan 18 jam untuk melakukan apapun yang diinginkan pria itu. Tetapi di saat yang sama, dia mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk melarikan diri. Keesokan paginya, Robinson berhasil melarikan diri dan melaporkan Richard Evonitz sebagai pelakukannya. Diketahui bahwa Richard Evonitz telah menculik, meruda paksa, dan menghabisi gadis-gadis muda selama bertahun-tahun. Tetapi sebelum ditangkap, Evonitz berhasil bunuh diri.

3 The Frozen Ground

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Scott Walker, yang membuat debut penyutradaraannya dengan film ini. Filmnya dibintangi oleh beberapa nama beken seperti Nicolas Cage sebagai Sersan Jack Halcombe, John Cusack sebagai Robert Hansen, dan Vanessa Hudgens sebagai Cindy Paulson. Film thriller ini didasarkan pada kisah nyata Robert Hansen, seorang pembunuh berantai yang beroperasi di Alaska pada awal 1980-an.

Hansen diketahui telah menculik, merudapaksa, dan membunuh setidaknya 17 wanita muda, meskipun beberapa sumber menyebut jumlah korban lebih tinggi. “The Frozen Ground” mengikuti kisah penyelidikan Sersan Jack Halcombe (Nicolas Cage) terhadap pembunuh berantai Robert Hansen (John Cusack), yang telah melakukan serangkaian penculikan dan pembunuhan wanita muda di Anchorage, Alaska.

Halcombe menerima kasus ini setelah Cindy Paulson (Vanessa Hudgens), seorang wanita muda yang bekerja sebagai Wanita malam berhasil melarikan diri dari Hansen dan melaporkan serangan tersebut kepada kepolisian. Film ini sebagian besar diambil di Alaska, yang menambah otentisitas suasana dan lingkungan tempat kejadian asli.

2 The Trial of the Chicago 7

“The Trial of the Chicago 7” adalah film sejarah yang dirilis pada tahun 2020. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Aaron Sorkin, yang dikenal karena karyanya dalam “The West Wing” dan “The Social Network”. Filmnya membintangi beberapa nama seperti Eddie Redmayne sebagai Tom Hayden, Sacha Baron Cohen sebagai Abbie Hoffman, Yahya Abdul-Mateen II sebagai Bobby Seale, dan masih banyak lagi.

“The Trial of the Chicago 7” menceritakan kisah nyata tentang persidangan tujuh aktivis yang dituduh berkonspirasi dan menghasut kerusuhan selama Konvensi Nasional Demokrat 1968 di Chicago. Ketujuh terdakwa adalah Tom Hayden (Eddie Redmayne), Abbie Hoffman (Sacha Baron Cohen), Jerry Rubin (Jeremy Strong), David Dellinger (John Carroll Lynch), Rennie Davis (Alex Sharp), John Froines (Danny Flaherty), dan Lee Weiner (Noah Robbins). Bobby Seale (Yahya Abdul-Mateen II), salah satu pendiri Black Panther Party, juga didakwa, meskipun tidak terlibat dalam perencanaan protes.

Hakim Julius Hoffman (Frank Langella) memimpin persidangan yang penuh ketegangan, sementara Jaksa Richard Schultz (Joseph Gordon-Levitt) dan Thomas Foran (J.C. MacKenzie) berusaha untuk membuktikan bahwa para terdakwa telah berkonspirasi untuk menghasut kerusuhan. Film thriller ini diadaptasi dari persidangan nyata yang berlangsung pada tahun 1969.

1 Thirteen Lives

“Thirteen Lives” disutradarai oleh Ron Howard dan didasarkan pada peristiwa nyata penyelamatan di gua Tham Luang di Thailand pada tahun 2018. Skenario film ini ditulis oleh William Nicholson dan filmnya menghadirkan beberapa nama seperti Viggo Mortensen, Colin Farrell, Joel Edgerton, Tom Bateman, dan masih banyak lagi. “Thirteen Lives” diproduksi oleh MGM dan didistribusikan oleh Amazon Prime Video, dan filmnya benar-benar melakukan syuting di Thailand.

“Thirteen Lives” menceritakan kisah penyelamatan yang luar biasa dari tim sepak bola remaja Thailand dan pelatih mereka yang terperangkap di dalam gua Tham Luang. Saat banjir musiman tiba-tiba melanda, tim yang terdiri dari dua belas anak laki-laki dan pelatih ini menemukan diri mereka terperangkap jauh di dalam kompleks gua yang luas dan berbahaya.

Ketika berita tentang insiden ini menyebar, upaya penyelamatan internasional segera dilakukan. Penyelam gua Inggris yang berpengalaman, Richard Stanton (Viggo Mortensen) dan John Volanthen (Colin Farrell), dipanggil untuk membantu operasi penyelamatan yang kompleks dan berbahaya. Mereka bekerja sama dengan penyelam lokal dan pakar internasional, termasuk Dr. Richard Harris (Joel Edgerton), seorang dokter anestesi yang memainkan peran kunci dalam menyelamatkan anak-anak dengan menggunakan metode anestesi yang tidak konvensional.

Itulah dia Geeks beberapa film thriller yang diadaptasi dari kisah nyata. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan berbagai peristiwa yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version