Home COMIC COMIC FEATURES 8 Karakter Marvel yang Diambil dari Komik Lain!

8 Karakter Marvel yang Diambil dari Komik Lain!

Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika ada beberapa karakter superhero populer Marvel yang sebenarnya diambil dari komik lain. Marvel Comics terkenal karena menghadirkan banyak karakter epik dan menarik seperti Captain America, Spider-Man, dan juga Iron Man. Meskipun begitu, sebenarnya Marvel Comics juga memiliki beberapa karakter superhero populer yang sebenarnya diambil dari komik lain. Dengan kata lain mereka bukan berasal dari Marvel Comics. Siapa saja mereka?

8 Human Torch

Superhero Marvel yang diambil dari komik lain yang pertama adalah Human Torch. Karakter Human Torch pada awalnya diciptakan oleh Timely Comics. Yang menarik adalah sebenarnya ini merupakan karakter yang kemudian menginspiras Human Torch yang kita kenal sekarang sebagai salah satu anggota dari Fantastic Four. Dalam versi “original” Human Torch, dia bukanlah manusia melainkan android.

Selain itu, pada awalnya, juga Human Torch sebenarnya dianggap sebagai monster dan alien serta villain yang berbahaya. Namun, setelah kemudian dia bergabung dengan Namor dan yang lain dalam pertarungan menghadapi Nazi sebagai sebagai bagian dari sebuah kelompok bernama The Invaders, statusnya sebagai superhero pun mulai diperhatikan oleh banyak orang dan menganggapnya sebagai superhero.

Apa yang kemudian jadi kemampuan dari Human Torch versi awal ini kemudian digunakan juga dalam versi Fantastic Four. Sehingga, sebenarnya, apa yang muncul dari kekuatan sosok Johnny Storm merupakan kekuatan dari Human Torch itu sendiri. Yang menarik juga adalah dalam cerita komik berikutnya karakter Human Torch yang asli ini pun sempat muncul juga dalam cerita komik lain.

7 Namor

Setelah Human Torch, Namor juga jadi karakter superhero Marvel yang diambil dari komik lain selanjutnya. Meskipun Namor the Sub-Mariner dikenal sebagai superhero pertama Marvel yang debut pada tahun 1939, tetapi faktanya ide karakter sang penguasa bawah laut ini berasal dari komik lain. Jarang orang yang tahu bahwa beberapa tahun sebelum Timely Comics (nama lama Marvel Comics) memperkenalkan karakternya kepada publik, Namor awalnya dibuat untuk komik gratis Motion Picture Funnies Weekly dari Funnies Inc.

Namun, sayangnya, komiknya tidak jadi rilis pada saat itu. Karena komik gratis tersebut batal dirilis, akhirnya sejarah mencatat bahwa Namor merupakan karakter superhero yang berasal dari Timely Comics alias Marvel Comics. Menurut catatan sejarah yang ada, Namor meruapakan salah satu dari tiga karakter superhero Marvel yang sangat populer di awal kemunculannya selain juga Human Torch dan Captain America.

Sedari awal, Namor sudah juga diperkenalkan dalam cerita komiknya sebagai musuh bagi Captain America. Pada saat itu, Namor berusaha menenggelamkan wilayah Manhattan dengan serangan ombak yang besar. Namun, seperti halnya karakter lain, Namor juga kemudian muncul dalam beberapa judul komik di mana dia bertarung menghadapi para Nazi seperti saat dia bersama dengan Human Torch.

6 The Vision

Siapa yang menduga jika salah satu karakter underrated dan kurang populer dari Marvel Comics ini justru sekarang mulai populer berkat MCU. The Vision muncul pertama kali dalam film Avengers: Age of Ultron. Doctor Helen Cho yang kemudian menghidupkan sosok Vision atas perintah dari Ultron, yang menginginkan sebuah tubuh yang lebih baik dan lebih kuat untuknya.

Seperti halnya Human Torch, pada awalnya The Vision merupakan karakter superhero yang menjadi milik Timely Comics. Pada saat itu, dalam ceritanya The Vision digambarkan sebagai sosok alien yang berasal dari sebuah planet jauh bernama Smokeworld. Dia merupakan alien yang menjadi bagian dari kelompok pelindung alam semesta, di mana tujuannya adalah memburu para alien jahat.

The Vision kemudian mengalami transformasi di mana dia jadi jauh lebih populer ketika sudah menjadi bagian dari Marvel Comics. Dia bahkan bergabung dengan tim Avengers dan bahkan memiliki hubungan yang spesial dengan Wanda Maximoff. The Vision bahkan memiliki dua anak, Speed dan Wiccan, serta dia memiliki versi yang tidak kalah mengerikan darinya yaitu White Vision.

5 Conan The Barbarian

Conan the Barbarian merupakan salah satu karakyer superhero Marvel yang paling populer. Puncak popularias dari karakter Conan terjadi di era 70an dan 80an. Marvel Comics bahkan memiliki beberapa cerita Conan yang pernah mereka hadirkan, mulai dari cerita klasik karakternya sampai pada Conan yang bertemu dengan karakter Marvel lain seperti Thor dan Doctor Doom.

Di tahun 2019, Marvel Comics kembali memperpanjang hak cipta komik Conan yang membuatnya bisas muncul dalam komik Savage Avengers. Namun, di tahun 2022 kemarin pihak Marvel memutuskan untuk tidak memperpanjang lisensi karakternya. Namun, Conan sendiri pada awalnya bukan merupakan properti milik Marvel Comics dan merupakan superhero yang dibeli dari komik lain.

Karakter Conan the Barbarian sendiri awalnye merupakan karakter yang muncul dalam cerita di majalah Weird Tales yang rilis pada 1931. Karakternya kemudian dibeli oleh Marvel Comics dan sempat populer di era 70an dan 80an. Sayangnya, pamor dari Conan sendiri kalah dari berbagai karakter lain sepeti Hawkeye bahkan Black Widow. Masalah lisensi juga pada akhirnya jadi alasan karakternya tidak muncul di MCU.

4 Black Widow

Ketika Geeks mendengar nama Black Widow, mungkin sebagian besar akan memikirkan sosok karakter yang diperankan oleh Scarlett Johansson di Marvel Cinematic Universe. Natasha Romanoff memiliki nama asli Natalia Romanova, dia lahir di Russia di mana dia dilatih sebagai seorang pembunuh lihai sejak usianya masih kecil. Setelah lulus dari sebuah akademi rahasia, yang dikenal sebagai Red Room, dia berubah menjadi ancaman besar.

Clint Barton dari SHIELD sempat berusaha membunuhnya karena mereka menganggap Natasha sebagai ancaman serius bagi Amerika. Ada satu hal yang menarik dari karakternya di mana latar belakang atau asal-usul Black Widow sangat berlainan dengan apa yang kita ketahui sekarang. Menjadi bagian dari Timely Comics, sebenarnya Black Widow pada awalnya tidak memiliki kaitan dengan Uni Soviet atau mata-mata.

Bahkan, pada saat itu, Black Widow sebenarnya adalah kaki tangan atau anak buah dari Satan atau Setan. Black Widow menjadi kaki tangan dari Setan untuk menghabisi nyawa pada penjahat dan mengantarkan jiwa mereka menuju neraka.Selain itu, desain kostum yang dia gunakan pada saat itu lebih cenderung mirip seperti penyihir. Untungnya, Marvel Comics menghadirkan perubahan terhadap karakternya.

3 Red Skull

Johann Schmidt adalah subjek tes awal untuk serum Super Soldier milik Erskine. Johann adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi penelitian Erskine ketika dia dipaksa bekerja untuk HYDRA dan melihat serum tentara super sebagai jawaban atas masalahnya. Saat penelitian masih berlangsung, Johann yang tidak sabar memaksa Erskine untuk menyerahkan versi awal serum dan menyuntikkannya ke dirinya sendiri.

Versi awal serum Erskine memang memberikan kekuatan manusia super kepada Johann, tetapi efek sampingnya mengubah wajah dan kulitnya menjadi seperti tengkorak merah. Seperti halnya Black Widow. Ketika Red Skull masih jadi bagian dari Timely Comics dia sebenarnya memiliki masa lalu yang berbeda. Justru, dia merupakan pasukan Nazi yang menggunakan topeng merah.

Dia tidak memiliki kekuatan super apapun dan warna merah tersebut juga merupakan topeng yang dia kenakan. Meskipun begitu, Red Skull memang sudah sedari awal menjadi musuh yang dihadapi oleh Captain America. Dan yang juga menarik, berkat senjata yang dia gunakan tubuhnya memang kemudian perlahan menjadi sosok yang mirip seperti saat ini. Kemudian, dia juga bisa memindahkan kesadarannya ke tubuh lain.

2 Bucky Barnes

Seperti halnya Steve Rogers yang kemudian dikenal menjadi Captain America, Bucky Barnes menjadi prajurit super berkat eksperimen yang dilakukan Hydra selama Perang Dunia II. Dia menjadi tawanan perang selama Perang Dunia II dan menjadi subjek eksperimen Arnim Zola. Dia berhasil mencuci otaknya dan mengubahnya menjadi prajurit mematikan Hydra yang dikenal sebagai Winter Soldier.

Buckey Barnes sebenarnya merupaka karakter superhero yang awalnya dimiliki oleh Timely Comics sebelum menjadi milik Marvel Comics. Seperti beberapa karakter superhero lain, dalam beberapa dekade kemunculannya sang karakter sudah mengalami perubahan dan perkembangan karakter berkali-kali. Dalam versi Timely Comics, Barnes lebih dikenal sebagai sidekick dari Captain America.

Baru kemudian ketika Bucky Barnes muncul dalam kontinuitas Marvel Comics, karakternya kemudian berubah menjadi seperti yang kita ketahui di atas. Dia tidak kembali dalam Perang Dunia II dan berubah menjadi Winter Soldier. Sejak saat itu, karakternya mulai menjadi salah satu sosok yang menarik khususnya dalam versi MCU di mana dia jadi satu sosok yang menarik.

1 Captain America

Karakter superhero Marvel yang diambil dari komik lain yang terakhir adaah Steve Rogers alias Captain Amerika. Selama lebih dari 70 tahun, Steve Rogers telah berjuang untuk melindungi semua orang sebagai Captain America. Dengan kehadirannya, Avengers memiliki sosok pemimpin, yang mau melakukan hal apa pun demi keselamatan semua orang di muka bumi.

Seperti yang disebutkan di atas, Captain America merupakan salah satu dari tiga karakter populer di awal kemunculan Marvel Comics. Namun, sebenarnya, Steve Rogers sendiri bukanlah karakter superhero yang berasal dari Marvel Comics melainkan Timely Comics. Karakter yang digambarkan sebagai sosok patriotik ini memang sangat populer juga ketika masih jadi bagian dari Timely Comics.

Namun, saat Timely Comics berhenti menghentikan komiknya di tahun 1950 kemudian karakternya menjadi bagian dari Marvel Comics. Dan sejak saat itulah karakternya mulai populer sebagai salah satu karakter ikonik dari Marvel Comics, bahkan hingga sekarang. Dan dalam perjalannnya pun Marvel Comics sempat menghadirkan berbagai variasi dari Captain America.

Meskipun Marvel Comics banyak menghadirkan karakter yang menarik, terutama para superhero mereka, namun ternyata tidak semua karakter superhero itu berasal dari Marvel Comics. Ada beberapa karakter yang justru berasal dari komik lain sebelum kemudian menjadi milik marvel Comics.

Exit mobile version