Home OTAKU OTAKU FEATURES 5 Cerita One Piece Paling Kontroversial

5 Cerita One Piece Paling Kontroversial

Selama 25 tahun series One Piece berjalan, tentunya ada alur cerita yang kontroversial yang muncul di kalangan fans. Series One Piece menjadi salah satu series yang memiliki alur cerita menarik di sepanjang kemunculannya. Ada puluhan arc atau alur cerita yang sudah Oda hadirkan di mana sebagian diantaranya mendapatkan pujian dari para fans. Sedangkan, sebagian lainnya justru menjadi kontroversi. Berikut adalah alur cerita One Piece paling kontroversial.

5 Arc Pulau Manusia Ikan

Arc atau alur cerita yang paling kontroversiall dalam cerita One Piece yang pertama adalah pulau Manusia Ikan. Sebenarnya, arc ini tidak terlalu dibenci oleh para fans meskipun begitu alur ceritanya tetap dianggap sebagai salah satu yang paling kontroversial. Sebagai arc pertama pasca timeskip, arc ini menjadi momen pembuka bagi New World Saga yang masih berlangsung hingga sekarang.

Namun, ketika sebagian fans senang dengan apa yang muncul dalam ceritanya, seperti momen di mana kru Topi Jerami memperlihatkan kekuatannya, sebagian fans justru membencinya. Mereka menganggap jika alur ceritanya mirip dengan arc East Blue, sehingga tidak sedikit fans yang menyebut jika arc ini sebagai East Blue Saga 2.0. Selain alasan tersebut, ada juga alasan lain.

Bagaimana alur ceritanya menghadirkan kebencian dan rasisme antara manusia ikan dan manusia di daratan juga dianggap sebagai salah satu alasan dari munculnya kontroversi tersebut. Meskipun arc ini kemudian menjadi salah satu arc penting dalam ceritanya, namun hal itu ternyata tidak menghentikan kontroversi yang muncul di kalangan para fans.

4 Arc Dressrosa

Arc Dressrosa merupakan sebuah arc yang memberikan tantangan besar pertama yang harus Luffy hadapi ketika tiba di New World. Dalam arc ini juga kita mendapatkan informasi lebih dalam dari sosok mantan Shichibukai yaitu Donquixote Doflamingo. Karena terpisah dengan seluruh krunya, Luffy akhirnya bergabung dengan para bajak laut yang pernah menjadi korban Doflamingo.

Hal yang menarik adalah di arc ini kita akhirnya melihat saudara Luffy lainnya selain Ace yaitu Sabo yang juga sudah menjadi bagian dari Pasukan Revokusi. Selain itu, para fans juga akhirnya diperlihatkan Gear 4 yang sudah lama dinanti-nanti. Di akhir ceritanya, Luffy dan seluruh bajak laut yang menjadi sekutunya kemudian membentuk aliansi yang disebut Straw Hat Grand Fleet.

Meskipun dianggap sebagai salah satu arc terbaik, Dressrosa juga sempat menjadi arc terpanjang di series One Piece dan jadi salah satu alur cerita paling kontroversial. Salah satu alasannya adalah karena di arc tersebut terlalu banyak hal yang terjadi. Tidak sedikit yang menganggap jika arc ini terlalu dipaksakan di mana seharusnya ceritanya bisa muncul dalam beberapa arc tetapi dipaksa muncul dalam satu arc. Alasan lainnya adalah adanya beberapa hal, seperti “cerita dewasa” antara Doflamingo dan Viola.

3 Arc Wano

Arc Wano atau Arc Wano Country adalah arc paling panjang saat ini di series One Piece. Alur cerita Wano bahkan mampu mengalahkan arc Dressrosa yang sebelumnya menyandang gelar arc paling panjang. Ada banyak hal yang muncul di arc Wano sebelum kemudian ceritanya berakhir. Alur cerita Wano sendiri diketahui memiliki lebih dari 140 chapter manga One Piece yang sudah muncul sejak 2018.

Alur cerita Wano sendiri selesai pada pertengahan 2022 kemarin yang mana ini kembali memegang rekor, di mana arc Dressrosa sendiri hanya berlangsung selama 2 tahun. Sayangnya, selama 4 tahun berjalan tersebut arc Wano justru lebih banyak memunculkan kontroversi daripada informasi. Contohnya adalah bagaimana arc ini terlalu banyak bertele-tele dalam menghadirkan satu informasi penting.

Banyak fans menganggap jika Oda sudah kehilangan sentuihannya dalam arc ini. Kemudian, para fans juga menganggap jika ceritanya sebenarnya bisa selesai dalam waktu singkat. Tidak sedikit juga fans yang mengkritik bagaimana sangat sedikitnya pertarungan di arc ini. Dan yang menarik, jika Geeks sadari arc Wano memang kurang begitu populer dan banyak dikenang oleh para fans.

2 Arc Long Ring long Island

Alur cerita Long Ring long Island merupakan bagian pertama dari Water 7 Saga yang sebenarnya sangat fenomenal dan jadi salah satu alur cerita yang menjadi favorit para fans. Dalam ceritanya, kita mulai diperkenalkan dengan salah satu dari tiga admiral angkatan laut yaitu Aokiji. Kita juga mulai diperkenalkan dengan seidkit informasi mengenai apa yang terjadi pada masa lalu Robin.

Long Ring long Island seharusnya menjadi alur cerita yang ringan, penuh humor, dan tidak terlalu menghadirkan banyak kejutan atau hal luar biasa. Dan upaya untuk melakukan hal tersebut Oda kemudian memperkenalkan Foxy dan kelompok bajak lautnya. Namun, faktanya, berbagai hal yang muncul dan komedi yang muncul di alur cerita ini dianggap membosankan dan banyak hal yang tidak perlu.

Sebenarnya, ada perbedaan antara versi manga dan anime. Dalam versi manga, semuanya serba menarik dan cenderung singkat. Namun, dalam versi anime, ketika berbagai filler memang diprediksi akan muncul, hal itu justru dianggap berlebihan. Bahkan, dalam versi animenya alur ceritanya seolah memperlihatkan bagaimana Luffy merupakan sosok yang terlalu naif. Banyak fans yang membenci alur cerita ini bahkan mereka membenci sosok Foxy.

1 Arc Punk Hazard

Punk Hazard jadi alur cerita kontroversial di series One Piece terakhir dalam daftar ini. Sebelum ceritanya tiba di Dressrosa, para kru Topi Jerami sempat singgah di Punk Hazard. Ini merupakan sebuah lab atau tempat penelitian dari Vegapunk sebelum kemudian pindah ke pulau Egghead. Pasca kepergian dari Vegapunk, Caesar Clown yang kemudian mengambil alih pulau tersebut.

Sering kali dikaitkan dengan arc Dressrosa dan Whole Cake Island, Punk Hazard memang tidak menghadirkan aksi yang besar-besaran atau epik. Tapi, seperti halnya Reverie, ada hal menarik yang banyak terjadi di arc ini. Kru Topi Jerami harus terjebak di sebuah pulau yang sebagian wilayahnya dingin dan sebagian wilayah lainnya sangat panas. Itu merupakan akibat dari pertarungan Aokiji dan Akainu selama 10 hari berturut-turut.

Yang kemudian menjadi kontroversi dalam alur cerita ini adalah berbagai hal yang menjadi penelitian Caesar Clown. Misalnya, dia menggunakan kekuatan buah iblisnya, Gasu Gasu, dalam penelitian untuk menciptakan sebuah senjata pemusnah yang bisa menghabisi semua orang. Dan yang lebih mengerikan adalah bagaimana Caesar menggunakan anak-anak sebagai subyek penelitiannya untuk program World Government yaitu Gigantification dan juga untuk proyek senjata tersebut. Wajar jika ini jadi salah satu arc paling kontroversial di series One Piece.

Selama lebih dari dua dekade dan lebih dari 20 arc atau alur cerita yang muncul di sepanjang seriesnya tidak sedikit yang justru menimbulkan kontroversi di kalangan fans. Mulai dari alasan pace cerita yang terlalu lama, hingga hal-hal yang memang memunculkan kontroversi membuat arc tersebut jadi bahan perbincangan hangat di kalangan fans.

Exit mobile version