Home OTAKU OTAKU FEATURES 6 Anime yang Pecahkan Rekor Dunia!

6 Anime yang Pecahkan Rekor Dunia!

Anime adalah istilah yang merujuk kepada animasi yang berasal dari Jepang. Kata “anime” sendiri merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris, tetapi diakui secara internasional sebagai istilah yang khusus merujuk kepada jenis animasi Jepang. Anime dapat mencakup berbagai genre mulai dari fantasi, petualangan, romansa, horor, hingga sci-fi. Anime sering kali ditujukan untuk berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, dan memiliki penggemar yang luas di seluruh dunia. Menariknya, ada beberapa anime yang berhasil memecahkan rekor dunia. Apa saja?

6 Sazae-San

Sazae-San adalah anime terpanjang yang pernah ada. Series animenya pertama kali ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 1969 dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Terhitung bahwa anime ini sudah memiliki lebih dari 7000 episode. Meski begitu, anime ini sempat mengalami jeda selama dua kali, yaitu pada tahun 1975 dan ketika COVID-19 terjadi. Anime ini didasarkan pada manga berjudul Sazae-San karya Machiko Hasegawa.

Untuk manganya pertama kali diterbitkan pada tahun 1946. Sazae-San mengisahkan kehidupan sehari-hari keluarga Namihei Isono, yang terdiri dari Sazae, suaminya, anak-anaknya, serta keluarga dan teman-teman lainnya. Anime ini menampilkan berbagai kejadian lucu, menyentuh, dan inspiratif yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sazae, sang protagonis, adalah seorang ibu rumah tangga yang penuh semangat dan berjiwa bebas. Dia sering kali terlibat dalam berbagai aktivitas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, mengurus anak-anak, dan berinteraksi dengan tetangga dan teman-temannya. Sementara suaminya, Masuo, adalah seorang pekerja kantor yang setia dan berdedikasi, meskipun terkadang cenderung kikuk dalam situasi-situasi tertentu.

5 Soreike! Anpanman

Anpanman diciptakan oleh Takashi Yanase pada tahun 1973. Karakter ini dikenal dengan kepribadiannya yang murah hati dan tekadnya untuk membantu orang lain. Anpanman adalah pahlawan utama dalam cerita ini. Dia memiliki kepala yang terbuat dari roti kacang merah, yang dia bisa dia bagi kepada orang yang lapar. Dengan kekuatan luar biasanya, Anpanman mencoba melawan penjahat dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Bersama dengan teman-temannya seperti Dokinchan, Currypanman, dan Cheese, Anpanman berjuang untuk melindungi desa Bawang dari ancaman Baikinman dan penjahat lainnya. Setiap episode Soreike! Anpanman berisi petualangan baru yang penuh dengan kegembiraan, kebaikan, dan pesan moral untuk anak-anak. Anak-anak di Jepang tumbuh dengan anime ini.

Anime Soreike! Anpanman memang sudah berjalan sangat lama. Dan menariknya, anime ini berhasil memecahkan rekor dunia karena berhasil menampilkan karakter terbanyak dalam sebuah anime. Pasalnya, ada banyak sekali karakter pendukung yang muncul di sini. Itu adalah prestasi yang luar biasa untuk sebuah anime yang diperuntukan untuk anak-anak, yang masih populer hingga saat ini.

4 Spirited Away

Spirited Away mengikuti kisah Chihiro, seorang gadis muda yang tersesat di dunia roh setelah orang tuanya berubah menjadi babi oleh kekuatan misterius. Chihiro harus menemukan cara untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia sebelum terlambat. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan berbagai makhluk ajaib dan menghadapi berbagai ujian dan rintangan.

Di tengah petualangannya, Chihiro bekerja di sebuah pemandian yang dijalankan oleh penyihir jahat bernama Yubaba. Dia bertemu dengan teman-teman baru seperti Haku, seorang anak lelaki misterius yang membantunya, dan No-Face, entitas misterius yang mengikuti Chihiro di sepanjang perjalanan. Spirited Away disutradarai oleh legenda anime, Hayao Miyazaki, dan diproduksi oleh Studio Ghibli.

Spirited Away sukses memecahkan rekor dunia sebagai anime pertama yang berhasil memenangkan Oscar. Ketika itu Spirited Away menghadapi persaingan yang ketat dengan melawan dua film Disney, Treasure Planet dan Lilo & Stitch. Tentu saja ini menjadi penghargaan besar yang bisa diraih anime Jepang.

3 Your Name

Your Name disutradarai oleh Makoto Shinkai, seorang sutradara anime terkenal yang dikenal karena karyanya yang indah dan emosional. Film ini memenangkan berbagai penghargaan internasional, termasuk Penghargaan Film Jepang kategori Film Terbaik dan Penghargaan Tokyo Anime kategori Film Animasi Terbaik. Your Name memang telah mendapatkan pengakuan dunia karena visual dan ceritanya. Karena itulah Your Name berhasil mendapatkan pendapatan $359 juta.

Your Name berhasil memecahkan rekor sebagai film anime dengan pendapatan tertinggi, serta film dengan pertumbuhan tertinggi keempat sepanjang masa di Jepang. Your Name mengisahkan kisah Taki dan Mitsuha, dua remaja yang secara misterius mulai bertukar tubuh secara periodik. Taki adalah seorang siswa laki-laki di Tokyo yang bermimpi menjadi arsitek, sementara Mitsuha adalah seorang gadis desa yang merindukan kehidupan di kota besar.

Ketika mereka berdua menemukan bahwa mereka dapat bertukar tubuh saat tidur, mereka mulai berinteraksi satu sama lain melalui catatan dan pesan yang mereka tinggalkan di ponsel mereka. Meskipun awalnya bingung dan terganggu oleh situasi tersebut, Taki dan Mitsuha mulai memanfaatkan pertukaran tubuh mereka untuk membantu satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari mereka.

2 Steamboy

Steamboy disutradarai oleh Katsuhiro Otomo, yang juga dikenal sebagai pencipta manga dan sutradara film anime terkenal, seperti Akira. Menariknya, Otomo menghabiskan lebih dari satu dekade untuk mengembangkan Steamboy, yang menjadi proyek filmnya yang paling ambisius sejak Akira. Menariknya, Steamboy sukses menjadi menjadi film anime termahal sepanjang masa dengan anggaran pembuatan $26 juta.

Steamboy berlatar belakang di abad ke-19 di Inggris. Ceritanya mengikuti seorang pemuda bernama Ray Steam, seorang insinyur muda yang mewarisi keahlian teknis dari keluarganya yang berpengaruh dalam industri mesin uap. Ketika Ray secara tak terduga menerima paket misterius dari kakeknya, Lloyd Steam, ia menemukan bahwa isinya adalah sebuah bola logam yang disebut “Steam Ball”.

Ini adalah teknologi baru yang memiliki kekuatan besar untuk menghasilkan energi uap dan menggerakkan mesin dengan kecepatan dan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, Ray segera menemukan bahwa “Steam Ball” yang kuat ini menjadi incaran oleh berbagai pihak yang berkuasa, termasuk pemerintah Inggris dan kelompok-kelompok industri.

1 One Punch Man

One Punch Man awalnya adalah sebuah webcomic yang ditulis dan diilustrasikan oleh seorang seniman yang menggunakan nama pena “ONE”. Webcomic ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2009 di situs Nitosha no Nēsan. Setelah mendapatkan popularitas yang besar, webcomic One Punch Man diadaptasi menjadi manga oleh seniman Yusuke Murata. Manga ini pertama kali serialisasikan pada tahun 2012 di majalah Weekly Young Jump milik Shueisha.

Dan setelah itulah animenya kemudian menyusul di tahun 2015 hingga sekarang. Menariknya di tahun 2020, One Punch Man berhasil memecahkan rekor sebagai series anime paling laris sepanjang masa dengan rating 2.990 Demand Expressions. Hasil tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan dari melihat hasil komentar, diskusi, dan jumlah tayangan yang dihadirkan.

One Punch Man mengikuti kisah Saitama, seorang pria biasa yang pada suatu hari memutuskan untuk menjadi pahlawan. Setelah latihan yang intens, Saitama menjadi sangat kuat sehingga dia bisa mengalahkan setiap musuh hanya dengan satu pukulan. Namun, kekuatannya yang luar biasa ini membuatnya merasa bosan dan kehilangan hasrat untuk bertarung.

Itulah dia Geeks beberapa anime yang berhasil memecahkan rekor dunia. Anime-anime tersebut memang memiliki cerita yang menarik untuk kita simak dan sangat layak untuk kalian tonton. Di antara anime-anime tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version