Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Im Adalah Pencipta Bumi dan Buah Iblis!

One Piece: Im Adalah Pencipta Bumi dan Buah Iblis!

Sosok Im Sama kemungkinan adalah perwujudan dari ibu pertiwi alias pencipta bumi dalam alur cerita One Piece. Sosok Im masih jadi salah satu tanda tanya besar dalam series karya Eiichiro Oda ini. Sudah puluhan tahun sejak pertama kali kemunculannya dalam cerita sosok identitas Im belum pernah terungkap. Petunjuk lainnya muncul beberapa chapter baru. Yang menarik adalah ada teori yang menyebutkan jika Im merupakan perwujudan dari pencipta dunia One Piece.

3 Nafas dan Tekad Dari Benda Mati

Salah satu hal yang unik dalam cerita One Piece adalah bagaimana benda mati atau benda yang tidak bernyawa bisa memiliki nafas. Informasi ini muncul dalam chapter 196 ketika Roronoa Zoro bertarung menghadapi Daz Bones. Saat itu, Zoro kembali teringat akan ucapan dari gurunya yaitu Koushiro. Menurutnya, semua benda, termasuk batu dan pohon bahkan tanah, memiliki nafasnya tersendiri.

Dalam konteks tersebut, Koushiro menegaskan bahwa seorang ahli pedang yang hebat mampu untuk memotong apapun yang dia inginkan bahkan kekosongan sekalipun. Selain di chapter 196, chapter 430 juga memberikan informasi lainnya mengenai bagaimana di dunia One Piece benda mati bisa memiliki “nyawa.” Dalam chapter tersebut terungkap jika kapal bahkan memiliki tekad dan mampu mengungkapkan perasaan mereka.

Biasanya, perasaan dan tekad tersebut hanya bisa dirasakan oleh para kru. Namun, apa yang terjadi kepada Going Merry bahkan melampaui ekspektasi banyak orang. Selain kru Topi Jerami, Iceburg dan para tukang di Galey-La Company juga bisa merasakan isi hati atau perasaan dari Going Merry. Yang juga menarik adalah bagaimana benda mati juga ternyata bisa memiliki keinginan.

Dalam hal ini, Going Merru masih memiliki keinginan besar dalam hidupnya di mana dia masih ingin terus berpetualang. Namun, sayangnya, kondisinya yang tidak memungkinan untuk Merry melanjutkan petualangan bersama Topi Jerami. Inilah yang kemudian membuat Franky menyadari bahwa Going Merry sangat penting bagi kru Topi Jerami dan berusaha membuat kapal baru bagi mereka.

Dalam ceritanya juga dijelaskan bagaimana Franky tidak sembarangan menghadirkan kapal baru bagi kru Topi Jerami. Dia ingin kapal baru tersebut memiliki jiwa, tekad, dan semangat dari Going Merry. Yang juga menarik adalah bagaimana benda mati kemudian bisa memiliki kekuatan buah iblis, meskipun kedengarannya mustahil. Hal ini yang kemudian menjadi dasar teori jika Im kemungkinan adalah perwujudan dari bumi atau merupakan sosok pencipta dunia One Piece.

Im Perwujudan Pencipta One Piece – Ke Halaman 2

2 Im Perwujudan Pencipta One Piece

Bagaimana kemudian Im bisa menjadi perwujudan dari sosok pencipta One Piece? Jika kita menilik kembali apa yang ada di pulau langit, yaitu Vearth, ini bisa jadi salah satu petunjuk dari hal di atas. Di Pulau Langit, Vearth merupakan patung yang jadi perwujudan orang-orang yang sempat tinggal di planet luar bumi. Dalam hal ini, Vearth merupakan perwujudan dari penduduk yang ada di bulan.

Cerita tentang bulan ini sendiri muncul dalam cerita sampul atau cover story dari Enel. Dalam ceritanya, Enel melakukan perjalanan ke bulan di mana dia menemukan banyak hal menarik. Mulai dari bertemu dengan bajak laut luar angkasa, hingga bertemu dengan robot kecil yang jadi penduduk bulan yaitu Automata. Namun, selain itu, Enel juga menemukan hal menarik ketika dia berada di bulan.

Enel menyadari bahwa leluhurnya, yaitu suku Birkans/Bilkans, sengaja pergi meninggal bulan. Hal tersebut karena sumber daya di bulan tidak lagi mencukupi mereka, sehingga mereka memutuskan untuk pergi ke bumi. Dan ada petunjuk lainnya yang memberikan gambaran jelas mengenai Im sebagai perwujudan dari pencipta dunia One Piece yaitu ucapan dari para Gorosei.

Dalam chapter 1086, salah satu Gorosei, yaitu Saint Marcus, sempat mereferensikan sosok Im dengan sebutan “the Creator” atau “Sang Pencipta.” Berdasarkan semua penjelasan tersebut muncul teori yang menyebutkan jika Im merupakan perwujudan dari nafas bumi (breath of earth). Dengan kata lain, Im adalah sosok perwujudan dari pencipta dunia One Piece atau ibu pertiwi itu sendiri.

Namun, memang, ada kecenderungan lain yang mengarah pada sosok Im sebagai “Sang Pencipta”, di mana Im “menciptakan” dunia One Piece pasca apa yang terjadi 800 tahun lalu ketika Kerajaan Kuno hancur oleh aliansi 20 kerajaan. Di sisi lain, ini juga yang mungkin membuat para Gorosei, seperti Saturn, menyebutkan jika manusia tidak lebih dari sekedar serangga tidak bernilai.

Dengan informasi bahwa benda mati bisa memiliki nafas tersendiri, bisa memiliki tekad, dan bahkan keinginan, artinya ada kemungkinan Im merupakan perwujudan dari bumi dalam cerita One Piece. Im merupakan wujud dari ibu pertiwi yang mana mungkin menjelaskan berbagai hal mengenai apa yang terjadi dalam ceritanya, seperti salah satunay adalah bagaimana pengguna buah iblis tidak bisa berenang di laut.

Im Pencipta Buah Iblis – Ke Halaman 3

1 Im Pencipta Buah Iblis

Bagaimana kemudian teori mengenai Im adalah perwujudan dari ibu pertiwi atau perwujduan dari pencipta dunia One Piece seolah berkaitan dengan teori yang muncul lainnya di kalangan fans. Dalam chapter 1069, Vegapunk mengungkapkan jika buah iblis kemungkinan adalah hasil evolusi dari hasrat terbesar manusia yaitu memiliki kekuatan dan kemampuan dahsyat.

Masing-masing kemampuan atau kekuatan dari buah iblis yang ada merupakan gambaran atau wujud dari keinginan terbesar dari manusia atas kekuatan itu. Vegapunk pun melanjutkan penjelasannya mengenai buah iblis. Dia menjelaskan bahwa ada alasan mengapa pengguna buah iblis harus kehilangan kemampuan untuk berenang di laut.

Berdasarkan penjelasannya, hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki kemampuan atau kekuatan dahsyat yang diwujudkan melalui buah iblis tersebut dianggap tidak masuk akal dan tidak natural. Karena itulah, laut membenci hal atau keinginan itu. Para pengguna buah iblis sangat dibenci oleh lautan, yang mana dalam dunia One Piece laut adalah “ibu pertiwi” atau “mother of nature.”

Yang menarik Im sendiri nampaknya tidak memiliki kekuatan buah iblis. Banyak fans berpendapat jika Im justru yang menciptakan buah iblis tersebut. Im memiliki kekuatan dahsyat yang mirip seperti pengguna buah iblis, yang bahkan kemudian dia bagikan kepada bawahannya yaitu Gorosei. Dan dalam artikel lain bahkan dijelaskan jika Im kemungkinan adalah sosok iblis itu sendiri.

Teori ini mungkin sedikit berlebihan, di mana Im dianggap sebagai sosok pencipta dari dunai One Piece. Namun, jika kita melihat konteks apa yang terjadi pada 800 tahun terakhir, di mana World Government dianggap sebagai pencipta dunia One Piece yang baru dan mereka dianggap keturunan dewa, maka rasanya teori tersebut mungkin bisa saja terbukti dalam ceritanya.

Bagaimana Im bisa bertahan selama 800 tahun terakhir bisa jadi petunjuk lainnya jika dia kemungkinan bukanlah sosok biasa. Di sisi lain, Im juga mampu menghancurkan 19 pemimpin lainnya dan jadi penguasa tunggal dunia One Piece. Teka-teki mengenai sosok Im memang rasanya tidak akan pernah ada habisnya selama Oda Sensei belum memberikan informasi pasti tentang karakternya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Exit mobile version