Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Pencurian Yang Diadaptasi Dari Kisah Nyata!

10 Film Pencurian Yang Diadaptasi Dari Kisah Nyata!

Beberapa film pencurian di Hollywood ternyata diadaptasi dari berbagai kasus pencurian yang terjadi di kisah nyata dan di berbagai negara. Film aksi yang menghadirkan cerita tentang pencurian menjadi salah satu film yang sangat populer. Ada banyak drama dan momen yang terjadi selama alur ceritanya berlangsung. Namun, beberapa film pencurian yang populer tersebut ternyata sebagian ada yang diadaptasi dari kisah nyata di berbagai negara. Apa saja?

10 Bonnie & Clyde

Film Bonnie and Clyde adalah salah satu contoh dari film yang mampu melampaui masanya dalam daftar ini. Film klasik yang dibuat pada 1967 ini disutradarai oleh Arthur Penn dan dibintangi oleh Faye Dunaway serta Warren Beatty. Kepopuleran sinema gaya baru di Perancis (French New Wave) memberikan pengaruh besar juga terhadap berbagai elemen yang dihadirkan dalam filmnya.

Bonnie And Clyde bercerita tentang Bonnie Parker yang bekerja sebagai seorang pelayan di sebuah cafe. Dia kemudian tidak sengaja bertemu dengan Clyde Barrow yang mana mereka kemudian jatuh cinta. Namun, pertemuan keduanya selain menjadi sosok pasangan sejoli juga menjadi awal berbagai kisah perampokan dan kejahatan lainnya yang mereka lakukan.

Film ini sendiri diadaptasi dari kisah nyata tentang sepasang sejoli yang merupakan pencuri terkenal, Bonnie Parker dan Clyde Barrow. Mereka terkenal sebagai Barrow Gang, yang sering merampok bank dan juga mencuri mobil. Meskipun apa yang muncul di filmnya tidak seluruhnya merupakan adaptasi kisah tersebut, namun film ini tetap dianggap jadi salah satu iterasi dari kisah tersebut yang paling populer.

9 Dog Day Afternoon

Setelah sukses berperan di film fenomenal The Godfather II, Al Pacino kembali menghadirkan performa yang luar biasa dalam film Dog Day Afternoon. Dalam filmnya, di berperan sebagai Sonny Wortzik yang merupakan seorang pencuri bank. Karakternya sendiri diadaptasi dari sosok pencuri yang ada di dunia nyata yang juga jadi inspirasi karakternya yaitu John Wojtowicz.

Dog Day Afternoon menghadirkan upaya perampokan bank yang dilakukan oleh Wojtowicz bersama dengan dua rekannya. Mereka berusaha untuk merampok sebuah bank yang ada di wilayah Brooklyn pada tahun 1972. Namun, dalam momen pencurian tersebut rencana mereka ternyata tidak semulus yang mereka kira. Akhirnya, mau tidak mau merekapun harus menyandera para nasabah bank.

Fiilmnya kemudian menghadirkan intensitas dari momen selama penyanderaan tersebut. Interaksi antara Wojtowicz dan rekan-rekannya jadi salah satu poin sorotan dalam cerita filmnya. Selain menghadirkan alur cerita yang menarik dan menegangkan, Dog Day Afternoon juga menjadi bukti lain dari kemampuan akting John Cazale yang luar biasa di mana di film ini juga masuk kategori Best Picture.

8 Heat

Film pencurian yang diadaptasi dari kisah nyata selanjutnya adalah Heat. Film ini menceritakan tentang konflik antara seorang detektif LAPD, Vincent Hanna, dan seorang perampok, Neil McCauley. Hanna dan timnya berusaha menangkap McCauley dan kelompoknya yang melakukan serangkaian perampokan bank dan pencurian berencana tingkat tinggi di Los Angeles.

McCauley sendiri adalah seorang perampok profesional yang sangat cerdas dan waspada dalam merencakana aksi kejahatannya. Di sisi lain, Hanna adalah seorang detektif yang kompeten dan sangat terobsesi untuk mengejar penjahat. Sementara mereka bersiap untuk pertempuran besar dalam hidup mereka, keduanya justru semakin terjebak dalam kehidupan yang mereka alami.

Kisah dari film Heat sendiri merupakan adaptasi dari proses pengejaran seorang kepolisian bernama Chuck Adamson dalam mengejara penjahat bernama Neal McAuley. Vincent Hanna merupakan adaptasi dari sosok detektif Chuck Adamson yang bertugas di Chicago saat mengejar Neal di tahun 1960an. Michael Mann tidak mengganti nama Neal McAuley dan hanya mengganti chuck Adamson.

7 The Bank Job

The Bank Job merupakan salah satu film gangster Inggris yang pernah Jason Statham bintang selama karirnya. Film ini sendiri terinspirasi dari sebuah peristiwa pencurian yang terjadi di Baker Steet di wilayah London pada tahun 1971. Dalam kasus di dunia nyatanya sendiri pencurian Baker Street menjadi salah satu yang fenomenal dan banyak jadi perbincangan publik London.

Hal tersebut karena banyak sekali informasi detil yang berkaitan dengan kasus pencurian tersebut sengaja ditutup-tutupi oleh pihak berwenang. Inilah yang kemudian membuat banyak sekali rumor dan pemberitaan yang muncul di kalangan masyarakat. Salah satu produser dari film The Bank Job sendiri mengaku bahwa sebelum dia membuat cerita filmnya dia sempat bertemu dengan salah satu pelaku.

Banyak informasi rahasia dan penting yang kemudian diungkapkan kepada sang produser yang mana kemudian informasi diadaptasi dalam cerita The Bank Job. Hal ini yang kemudian membuat peristiwa yang terjadi di filmnya dianggap menjadi gambaran nyata dari peristiwa perampokan fenomenal tersebut. Menurut informasinya, pihak pemerintah Inggris baru akan mengungkapkan fakta sebenarnya dari kasus ini pada 2071.

6 30 Minute Or Less

Film pencurian yang diadaptasi dari kisah nyata yang selanjutnya adalah 30 Minute or Less. Ini merupakan salah satu film pencurian yang dibalut dengan unsur komedi dan bisa dibilang sangat underrated. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang pria pengantar pizza yang diperankan oleh aktor Jesse Eisenberg. Suatu hari, ketika dia sedang mengantar Pizza dia harus mengalami penculikan.

Bukan hanya itu, dia juga dipaksa oleh penculiknya untuk ikut dalam aksi perambokan sebuah bank. Dia pun dipaksa untuk mengenakan sebuah rompi peledak dan akan meledak sewaktu-waktu. Sebenarnya, film 30 Minute Or Less tidak seluruhnya merupakan adaptasi dari sebuah peristiwa perampokan di dunia nyata. Namun, beberapa elemen film ini memang mengadaptasi dari kisah nyata.

30 Minute Or Less mengadaptasi beberapa elemen dari sebuah kasus Brian Wells, yang terjadi pada 2003. Dalam peristiwa tersebut seorang pria dipaksa untuk ikut mencuri sebuah bank, di mana dia pun dipaksa untuk menggunakan sebuah kalung peledak. Dalam peristiwa tersebut, sayangnya nyawa dari Brian Wells harus melayang. Namun, filmnya memiliki akhir yang positif.

5 Rob The Mob

Mencuri dari sebuah bank atau toko perhiasan mungkin adalah hal yang umum dalam berbagai kasus kejahatan terutama perampokan. Namun, mungkin, tidak ada yang menduga jika ada penjahat yang mau melakukan pencurian terhadap para mafia atau penguasa dunia kriminal. Inilah yang kemudian jadi cerita utama dalam film Rob The Mob yang rilis pada 2014.

Film Rob The Mob sendiri bercerita tentang sepasang penjahat kecil yang memiliki sebuah rencana yang besar dan berani serta gila. Mereka berdua berusaha untuk mencuri dari para mafia yang ada di kota New York. Hal ini mereka lakukan setelah sebelumnya mereka ikut mendengarkan testimoni dari persidangan sosok mafia besar berpengaruh, John Gotti. Dalam persidangan tersebut, dia menemukan satu fakta penting.

Tommy mengetahui jika para mafia tidak diizinkan untuk dibawa masuk ketika mereka sedang berada di sebuah klub atau tempat yang jadi perkumpulan para mafia. Inilah yang kemudian membuat Tommy dan Rosie berani untuk melakukan pencurian terhadap para mafia ketika mereka berada di klub. Keduanya kemudian mencatat nama-nama mereka dan menjadi hal untuk menghentikan para mafia mengejar mereka.

4 The Bling Ring

Disutradarai oleh Sofia Coppola film The Bling Ring menjadi salah satu film garapannya yang menghadirkan ciri khas dari putri dari Francis Ford Coppola. The Bling Ring merupakan sebuah film yang mengdaptasi sebuah kasus pencurian yang terjadi di wilayah California pada 2008 dan 2009. Dalam kasus di dunia nyata, “Bling Ring” merupakan sebuah kelompok pencuri yang berisi para remaja dan beranjak dewasa.

Mereka merupakan kelompok pencuri yang memang secara spesifik mengincar rumah dari para selebritis Holywood. Aksi pencurian tersebut mereka lakukan ketika mereka mengetahui sang selebritis sedang pergi atau tidak ada di rumahnya. Menurut catatan yang ada, beberapa bintang besar Hollywood yang pernah menjadi korban pencurian dari kelompok ini adalah Orlando Bloom, Megan Fox, dan Paris Hilton.

Yang menariknya adalah para selebritis Hollywood tersebut justru ikut muncul dalam filmnya di mana mereka menjadi cameo sebagai dirinya sendiri dalam film tersebut. Selain itu, The Bling Ring menjadi salah satu film terbaik dari Emma Watson di mana kita akan melihat bagaimana dia keluar dari karakternya yang biasa dia perankan selama ini.

3 Masterminds

Sama halnya seperti 30 Minutes or Less, Masterminds merupakan sebuah film bertema perampokan yang menghadirkan unsur komedi yang cerdas. Film ini pun menghadirkan sederet bintang seperti Kristen Wiig, Owen Wilson, dan Zach Galifianakis. Masterminds sendiri rilis pada 2016 dan cukup mendapatkan tanggapan beragam dari berbagai pihak. Masterminds sendiri bercerita tentang sosok Phillip.

Philip sendiri merupakan seorang petugas keamanan yang mana dia justru merencanakan aksi pencurian sebuah bank bersama tiga temannya yang lain lain. Namun, pihak FBI ternyata mengetahui tentang rencana tersebut dan mereka pun memutuskan untuk menyelidiki kasus tersebut. Sadar rencananya jadi incaran FBI mereka berempat pun panik dan situasi mulai memanas.

Masterminds merupakan film yang diadaptasi dari sebuah peristiwa perampokan yang terkenal di tahun 1997 yaitu Loomis Fargo Robbery. Peristiwa ini terjadi di wilayah Charlotte, North Carolina. Meskipun filmnya sendiri benar-benar menghadirkan unsur komedi dalam ceritanya, faktanya memang banyak hal luar biasa terjadi dalam kasus ini. Dan ini juga menjadi salah satu kasus besar besar di Amerika.

2 American Animals

Film American Animals menghadirkan keunikan di mana mereka menghadirkan perpaduan konsep dokumenter kejahatan nyata (true-crime documentary) dan fiksi. Filmnya sendiri bercerita tentang dua sosok karakter yang diperankan oleh Barry Keoghan dan Evan Peters. Mereka merupakan dua orang mahasiswa yang merencanakan sebuah pencurian yang bisa dibilang tidak biasa.

Keduanya diketahui mengincar buku edisi pertama dari Bird of America dari penulis John James Audubony yang tersimpan di Universitas Transylvania. Filmnya sendiri menghadirkan alur cerita maju dan mundur tentang berbagai rencana pencurian mereka, ketika hal itu terjadi, dan saat mereka tertangkap serta kemudian diwawancara. Apa yang terjadi di filmnya memang pernah terjadi juga di dunia nyata.

Bisa dibilang, apa yang muncul di film American Animals merupakan apa yang memang terjadi pada peristiwa Transyvania Book Heist yang terjadi pada 2004. Namun, tentunya ada beberapa hal yang kemudian dibedakan antara versi film dan yang terjadi di dunia nyata. Baik di dunia nyata ataupun dalam cerita film mencuri buku langka merupakan sebuah pencurian yang unik.

1 King Of Thieves

Film pencurian yang diangkat dari kisah yang terakhir adalah King of Thieves. Ini jadi film pencurian yang berasal dari Inggris lainnya dalam daftarnya selain juga The Bank Job yang dibintangi Jason Statham. King of Thieves sendiri mengadaptasi salah satu pencurian terbesar di Inggris yang terjadi pada 2015 lalu yaitu The Hatton Garden Heist. Peristiwa ini juga mengundang perhatian besar dari pihak publik.

Peristiwa pencurian Hatton Garden merupakan peristiwa di mana sebuah lemari penyimpanan didcuri oleh sekelompok penjahat yang mana usia mereka ternyata tidak lagi muda. Hatton Garden Heist sendiri sudah menghasilkan beberapa iterasi film lain yang terinspirasi dari peristiwa ini, yaitu The Hatten Harden Job dan Hatton Garden: The Heist.

Namun, dari berbagai iterasi yang mengadaptasi peristiwa pencurian ini King of Thieves merupakan yang paling populer. Salah satu alasannya adalah munculnya sederet cast besar yang berperan di filmnya. Michael Caine menjadi sosok pemimpin sebuah kelompok kriminal yang sudah lanjut usia. Mereka memutuskan untuk kembali mencuri demi mengenang masa lalu mereka.

Film tentang pencurian atau perampokan selalu berhasil minat para penggemar film. Mereka senang dengan berbagai drama dan juga intrik di balik semua hal yang terjadi baik sebelum, saat, atau bahkan sesudah perampokan tersebut. Namun, beberapa film pencurian ternyata diadaptasi dari sebuah kisah nyata.

Exit mobile version