Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Ini Asal-Usul Ancient Kingdom!

One Piece: Ini Asal-Usul Ancient Kingdom!

Ancient Kingdom merupakan sebuah kerajaan penting dan bersejarah di dunia One Piece dan terdapat teori mengenai asal-usul kerajaan tersebut. Seperti yang Geeks ketahui, Ancient Kingdom atau Kerajaan Kuno merupakan sebuah kerajaan dan tempat yang bersejarah di dunia One Piece. Professor Clover sempat akan mengungkapkan nama aslinya sebelum kemudian Gorosei menghabisinya. Namun, terdapat teori mengenai asal-usul tentang Ancient Kingdom dan peranannya di dunia One Piece.

3 Tentang Ancient Kingdom

Ancient Kingdom alias Kerajaan Kuno dalam cerita One Piece adalah kerajaan yang sangat berpengaruh. Mereka memiliki peran penting dalam sejarah panjang alur cerita di seriesnya. Sayangnya, sampai sejauh ini, memang masih belum banyak informasi yang Eiichiro Oda hadirkan tentang Ancient Kingdom. Meskipun begitu banyak fans One Piece yang berspekulasi terkait hal ini.

Jauh sebelum peristiwa yang muncul di era sekarang, terdapat sebuah kerajaan yang sangat besar dan kuat di dunia One Piece. Namun, nama dari kerajaan besar tersebut tidak pernah terungkap hingga sekarang. Kerajaan ini kemudian hancur sekitar 800 tahun lalu ketika sebanyak 20 kerajaan berkumpul dan bersatu untuk membentuk aliansi dan menyerang Ancient Kingdom.

Apa yang kemudian menjadi alasan mereka melakukan penyerangan ke Ancient Kingdom tersebut juga masih jadi misteri besar hingga sekarang. Namun, sebagian fans menganggap jika peradaban yang maju dan teknologi yang canggih jadi alasan mengapa mereka meneyerang Ancient Kingdom. Berbagai kerajaan lainnya menganggap kerajaan ini sebagai ancaman bagi mereka.

Keluarga Nefertari dan juga Donquixote adalah beberapa nama yang terlibat dalam penyerangan tersebut. Klan Kozuki pun kemudian menggunakan Poneglyph untuk menceritakan apa yang terjadi pada masa itu. Dalam berbagai Poneglyph yang mereka ciptakan, sejarah Ancient Kingdom di series One Piece, penyerangan 20 kerajaan, dan berbagai rahasia sejarah lainnya mereka coba “simpan” di artefak tersebut.

Hal ini semata-mata agar generasi selanjutnya bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dan yang menarik adalah Nefertari Lili sendiri meminta kepada keturunannya untuk ikut menjaga Poneglyph tersebut. Di sisi lain, ini juga yang kemudian membuat sosok Im murka dan marah terhadap Lili. Menurutnya, bagaimaan Lili menyebarkan Poneglyph ke seluruh dunia jadi sebuah kesalahan yang sangat fatal.

Asal-Usul Ancient Kingdom – Ke Halaman 2

2 Asal-Usul Ancient Kingdom

Seperti yang disebutkan di atas, dengan masih banyaknya teka-teki dan misteri yang terkait dengan Ancient Kingdom membuat banyak fans kemudian berspekulasi mengenai hal ini. Dan salah satu spekulasi yang menarik adalah mengenai asal-usul dari Ancient Kingdom itu sendiri. Dalam teori atau spekulasinya disebutkan jika nama asli dari Ancient Kingdom adalah Sun Kingdom.

Pada 800 tahun lalu, kerajaan ini hancur akibat tenggelam yang mana kemungkinan besar Im adalah pelakunya. Teorinya juga menjelaskan jika Ancient Kingdom yang hancur dan tenggelam oleh Im ini kemungkinan terinspirasi dari sebuah pulau dan kerajaan bernama Mu. Kerajaan yang juga dikenal dengan nama Sun Empire atau Kerajaan Matahari tersebut kemudian berganti nama menjadi Land of Mu.

Pulau dan kerajaan Mu sendiri terkenal karena teknologi mereka yang maju serta orang-orang yang bijak. Kabarnya, pulau Mu tenggelam ke laut dalam sebuah peristiwa dan masih belum ditemukan hingga sekarang. Pulau Mu sendiri diketahui dipimpin oleh sosok Kaisar Ra Mu dan kata “Ra Mu” sendiri bisa berarti putra matahari atau putra dari Dewa Matahari dalam mitologi Mesir. Berdasarkan hal tersebut bisa ditarik kemungkinan jika pulau Mu merupakan Kerajaan Matahari.

Dalam teori sebelumnya dijelaskan jika kata “Imu” bisa diartikan sebagai Putra dari Dewa Matahari. Dalam cerita One Piece, sosok Sun God atau Dewa Matahari sebelum Luffy diyakini adalah Joy Boy. Jadi, terdapat kemungkinan jika Imu merupakan keturunan atau anak dari Joy Boy pertama. Kembali ke pembahasan Land of Mu, teorinya juga menuturkan jika di pulau tersebut terdapat sebuah kapal yang mirip Noah.

Berdasarkan hal tersebut, kapal Noah dan pulau Mu, selain juga menjadi inspirasi dari Ancient Kingdom yang hilang juga menjadi inspirasi bagi Pulau Manusia Ikan. Seperti yang Geeks ketahui, kapal Noah atau bahtera Noah tersebut sengaja dibuat oleh Nabi Nuh untuk menyelamatkan semua spesies dari sebuah bencana besar. Bencana tersebut tidak lain adalah banjir besar.

Bagaimana jika sebenarnya kapal Noah yang ada di pulau Manusia Ikan merupakan rencana Joy boy untuk menyelamatkan para spesies dari bencana banjir besar? Namun, rencana tersebut kemudian gagal dan kapal Noah yang tadinya akan digunakan untuk menyelamatkan mereka malah tenggelam di pulau manusia ikan. Inilah yang kemudian membuat Joy Boy kemudian meminta maaf karena gagal memenuhi janjinya, yang kemungkinan janjinya tersebut ditujukan kepada Sun Kingdom.

Ancient Kingdom Adalah Kota Emas – Ke Halaman 3

1 Ancient Kingdom Adalah Kota Emas

Selain memiliki peradaban yang luar biasa dan teknologi yang canggih, ada kemungkinan Ancient Kingdom memiliki kekayaan yang melimpah. Menurut teorinya, Ancient Kingdom kemungkinan adalah salah satu dari tujuh kota emas yang ada di dunia One Piece. Dalam dunia nyata, terdapat cerita tentang keberadaan tujuh kota emas yaitu Cibola, El Dorado, Patiti, City of the Caesars, Lake Parime at Manoa, Antilla, dan Quivira.

Dalam konteks dunia One Piece, sejauh ini sudah ada beberapa wilayah yang diketahui merupakan kota emas. Yang pertama adalah Shandora, seperti yang muncul dalam cerita kilas balik Mont Blanc Noland, dan yang kedua adalah Wano, di mana hal ini terungkap ketika Onimaru bertarung menghadapi Zoro. Yang ketiga adalah kerajaan Zou yang ada di punggung Zunesha.

Dan yang keempat tidak lain adalah Ancient Kingdom itu sendiri. Jika kemudian teorinya jika Ancient Kingdom merupakan salah satu dari kota emas yang ada di dunia One Piece, maka rasanya masuk akal jika kemudian mereka memiliki peradaban yang maju serta memiliki teknologi yang canggih. Pasalnya, seperti yang pernah Vegapunk ungkapkan butuh dana yang sangat besar untuk menghadirkan sebuah penemuan atau menciptakan sesuatu.

Itu juga yang kemudian membuat Vegapunk memutuskan untuk bergabung dengan World Government daripada Pasukan Revolusi. Menurutnya, World Government lebih mampu untuk membiayai semua penelitian dan penemuannya. Dengan kekayaan yang melimpah, Ancient kingdom bisa membangun atau menciptakan apapun termasuk kemungkinannya adalah Senjata Kuno yang jadi hal menakutkan bagi World Government.

Yang menarik adalah kekayaan dan emas dari Ancient Kingdom tersebut bisa jadi juga merupakan harta karun yang Gol D Roger dan Oda Sensei maksud. Selain One Piece, sebelum kematiannya Roger sempat menyinggung mengenai harta karunnya yang dia simpan di pulau terakhir. Dan yang kedua, Oda Sensei juga sempat mengatakan bahwa selain One Piece memang akan ada harta karun berupa emas dan sejenisnya bagi mereka yang berhasil menemukan One Piece. Ini akan jadi semacam penghargaan bagi petualangan yang sudah mereka jalankan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, terdapat sebuah teori mengenai asal-usul Ancient Kingdom di dunia One Piece di mana kemungkinan nama asli dari kerajaan ini adalah Sun Kingdom. Kemudian, Sun Kingdom ini sendiri selain hancur dalam pertempuran pada 800 tahun lalu juga tenggelam ke lautan yang diakibatkan oleh sosok Im. Permintaan maaf yang ditulis di Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan kemungkinan adalah janjinya kepada Sun Kingdom.

Ada beberapa kemungkinan mengenai alasan aliansi 20 kerajaan menyerang Sun Kingdom, di mana salah satunya adalah mereka tidak ingin ada kerajaan yang jauh lebih superior dari mereka. Apalagi, kekayaan dari Sun Kingdom bisa jadi tanpa batas karena pulau tersebut kemungkinan salah satu dari kota atau negara emas yang ada di dunia One Piece seperti halnya kota emas di mitologi dunia nyata.

Sun Kingdom juga diyakini akan kembali muncul ke permukaan, yang mana orang-orang dari klan D yang kemudian akan membawa fajar baru bagi kerajaan ini. Dan sosok Monkey D Luffy kemungkinan akan jadi orang yang membawa fajar baru bagi Sun Kingdom tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks informasi detil dan lengkap mengenai Ancient Kingdom ini pada masa yang akan datang.

Exit mobile version