Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Rekomendasi Film Tentang Perang Kartel!

7 Rekomendasi Film Tentang Perang Kartel!

Kartel adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok organisasi kriminal yang bekerja sama untuk mengontrol produksi, distribusi, dan penjualan barang ilegal, seperti narkoba, senjata, atau barang-barang lainnya. Nah menariknya nih Geeks, ada juga beberapa film yang mengangkat cerita tentang kartel, termasuk bagaimana mereka harus berhadapan dengan pesaingnya atau bahkan dengan penegak hukum yang berusaha untuk memerangi mereka. Lantas apa saja film yang menghadirkan cerita tentang perang kartel? Simak berikut ini!

7 End of Watch

End of Watch mengikuti kisah dua petugas polisi LAPD, Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) dan Mike Zavala (Michael Peña), yang bertugas di sebuah wilayah berbahaya di Los Angeles. Mereka adalah mitra yang sangat dekat, tidak hanya di tempat kerja tetapi juga di luar jam kerja. Taylor dan Zavala, yang sering menghadapi situasi berbahaya dan menegangkan, memasang kamera di seragam mereka untuk membuat film dokumenter tentang kehidupan sehari-hari sebagai petugas polisi.

Namun ketika mereka menemukan sebuah rumah yang digunakan sebagai basis untuk kartel narkoba, mereka secara tidak sengaja masuk ke dalam dunia kejahatan yang lebih besar dari yang pernah mereka bayangkan. Saat mereka menyelidiki lebih lanjut, mereka menemukan diri mereka menjadi target para penjahat yang berbahaya, dan kehidupan mereka berdua terancam. Namun, ketika situasi semakin memanas, kekuatan persahabatan mereka menjadi kunci untuk bertahan hidup.

Film yang disutradarai oleh David Ayeur ini menawarkan perang epik antara kartel dan polisi. Untuk memberikan nuansa yang lebih realistis, Ayer mengizinkan para aktor, termasuk Jake Gyllenhaal dan Michael Peña, untuk melakukan pelatihan bersama dengan petugas polisi sebelum pengambilan gambar dimulai.

6 Clear and Present Danger

Clear and Present Danger didasarkan pada novel karya Tom Clancy dengan judul yang sama. Ini adalah film ketiga yang menampilkan karakter Jack Ryan, setelah The Hunt for Red October (1990) dan Patriot Games (1992). Clear and Present Danger mengikuti cerita Jack Ryan (diperankan oleh Harrison Ford), seorang analis CIA yang menemukan dirinya terjebak dalam konspirasi pemerintah ketika dia diperintahkan untuk memimpin sebuah operasi rahasia di Kolombia.

Ketika Presiden AS menunjuk Jack Ryan untuk menggantikan bos CIA yang baru saja meninggal, James Greer (diperankan oleh James Earl Jones), Ryan menemukan bahwa Amerika Serikat terlibat dalam perang rahasia melawan kartel narkoba Kolombia yang dipimpin oleh Ernesto Escobedo (diperankan oleh Miguel Sandoval). Dalam upaya untuk menutupi jejak pemerintah AS, Jack Ryan dipaksa untuk bertindak sendiri tanpa bantuan resmi.

Dia memimpin operasi rahasia untuk menangkap dan menghentikan kartel narkoba Kolombia, sambil berusaha menghindari penipuan dan pengkhianatan dari dalam pemerintahan sendiri. Film tentang kartel ini disutradarai oleh Phillip Noyce dan dibintangi oleh Harrison Ford, Willem Dafoe, Anne Archer, Joaquim de Almeida, James Earl Jones, dan Benjamin Bratt.

5 Elite Squad

Berbeda dengan film lainnya dari daftar ini yang mengambil latar di Amerika Serikat, Elite Squad justru mengambil latar di Brasil. Negara ini memang terkenal karena memiliki jumlah kartel yang banyak. Film tentang kartel ini disutradarai oleh José Padilha dan ditulis oleh José Padilha dan Rodrigo Pimentel, yang terinspirasi oleh pengalaman Pimentel sebagai anggota pasukan khusus polisi Brasil.

Cerita film ini berpusat pada Capitão Nascimento (diperankan oleh Wagner Moura), seorang perwira polisi berdedikasi yang bertugas di unit anti-narkoba BOPE. Nascimento berusaha untuk menemukan penggantinya di BOPE sementara dia menantikan kelahiran anak pertamanya. Dia melatih dua rekrutan baru, Neto (diperankan oleh Caio Junqueira) dan Matias (diperankan oleh André Ramiro), dan menunjukkan kepada mereka dunia keras kepolisian Rio, di mana mereka harus berhadapan dengan kejahatan dan kartel besar.

Sementara itu, Nascimento juga harus menghadapi tekanan dari istrinya yang ingin dia berhenti dari pekerjaannya yang berbahaya. Namun, dia terus berjuang untuk membersihkan kota dari kejahatan, bahkan jika itu berarti menggunakan metode yang ekstrim dan tidak konvensional.

4 Sicario

Sicario dirilis pada tahun 2015, disutradarai oleh Denis Villeneuve dan ditulis oleh Taylor Sheridan. Film tentang kartel inipun membintangi beberapa nama seperti Emily Blunt, Benicio del Toro, dan Josh Brolin. Sicario mengikuti kisah seorang agen FBI bernama Kate Macer (diperankan oleh Emily Blunt) yang direkrut untuk bergabung dengan sebuah tim khusus yang dipimpin oleh Matt Graver (diperankan oleh Josh Brolin), seorang agen pemerintah yang misterius.

Tim ini dibentuk untuk menggagalkan pergerakan narkotika dari Meksiko ke Amerika Serikat. Kate bergabung dengan tim tersebut dengan harapan untuk membawa keadilan kepada para penjahat, namun segera dia menyadari bahwa taktik yang digunakan oleh Graver dan rekan kerjanya, Alejandro Gillick (diperankan oleh Benicio del Toro), jauh lebih gelap dan lebih kejam daripada yang dia bayangkan.

Seiring dengan misi mereka mengejar seorang pemimpin kartel di Meksiko yang kejam dan berbahaya, Kate terus menemukan dirinya berada di tengah-tengah konflik moral dan etika. Diapun harus berada ditengah-tengah perang yang besar antara Kartel dan FBI. Sicario kemudian diikuti oleh sekuel yang dirilis pada tahun 2018 berjudul Sicario: Day of the Soldado, yang juga menampilkan Josh Brolin dan Benicio del Toro kembali dalam peran mereka.

3 Scarface

Scarface adalah film klasik yang dirilis pada tahun 1983. Film ini disutradarai oleh Brian De Palma dan ditulis oleh Oliver Stone. Scarface menjadi remake dari film berjudul sama yang rilis tahun 1932 dan disutradarai oleh Howard Hawks. Di sini, Al Pacino memerankan peran utama sebagai Tony Montana, karakter yang sangat ikonik hingga saat ini.

Scarface mengisahkan perjalanan Tony Montana dari seorang imigran Kuba yang miskin hingga menjadi salah satu bos kartel paling kuat di Miami. Montana tiba di Amerika Serikat sebagai seorang pengungsi Kuba dan dengan cepat terlibat dalam dunia narkoba dan kejahatan. Dengan kecerdasan, ambisi, dan kekejamannya, Montana naik tangga kekuasaan di dunia kejahatan Miami.

Namun dengan kekuasaan dan kekayaan itu, datang pula konsekuensi besar dibelakangnya. Montana harus berurusan dengan kartel lain, masalah pribadi, dan ketegangan dengan rekan-rekannya sendiri. Sementara itu, kehidupan pribadinya juga berantakan karena kecanduan kokain dan konflik dengan saudaranya sendiri.

2 Traffic

Traffic mengikuti beberapa alur cerita yang berbeda yang saling terkait, yang semuanya berkisar pada perang melawan kartel. Cerita utamanya melibatkan seorang hakim pengadilan tertinggi Ohio, Robert Wakefield (diperankan oleh Michael Douglas), yang ditunjuk sebagai pemimpin DEA oleh pemerintahan Presiden Amerika Serikat untuk memerangi peredaran narkoba dan menangkap para pemimpin kartel.

Sementara itu di Meksiko, seorang polisi bernama Javier Rodriguez (diperankan oleh Benicio del Toro) berusaha memerangi korupsi di antara rekan-rekan polisinya saat dia terlibat dalam operasi pemberantasan kartel narkoba yang besar. Di San Diego, ada seorang ibu rumah tangga bernama Helena Ayala (diperankan oleh Catherine Zeta-Jones) yang harus menghadapi kenyataan yang pahit bahwa suaminya, Carlos Ayala (diperankan oleh Steven Bauer), adalah seorang kartel narkoba yang terbukti bersalah.

Dia terpaksa mempertahankan gaya hidupnya yang mewah sambil mencoba melindungi keluarganya. Film yang dirilis tahun 2000 ini disutradarai oleh Steven Soderbergh dan ditulis oleh Stephen Gaghan. Filmnya sendiri diadaptasi dari series Inggris tahun 1989 yang juga berjudul sama, yang ditulis oleh Simon Moore.

1 2 Guns

2 Guns mengisahkan tentang Marcus “Stig” Stigman (diperankan oleh Mark Wahlberg) dan Robert “Bobby” Trench (diperankan oleh Denzel Washington), dua agen federal yang berada di bawah satuan yang berbeda dan bekerja bersama untuk menjalankan misi bersama. Stig dan Bobby bekerja bersama dalam sebuah operasi untuk menyusup ke dalam organisasi kartel narkoba Meksiko yang dipimpin oleh Papi Greco (diperankan oleh Edward James Olmos).

Namun, ketika operasi tersebut berjalan tidak sesuai rencana, keduanya menemukan bahwa mereka telah terjebak dalam permainan kotor yang melibatkan agen DEA korup dan sejumlah besar uang hasil penjualan narkoba. Saat mereka berusaha untuk keluar dari situasi berbahaya ini, Stig dan Bobby menyadari bahwa mereka tidak bisa percaya kepada siapa pun, bahkan satu sama lain.

Mereka harus bekerja sama untuk menemukan siapa yang berada di balik konspirasi tersebut, sambil juga berusaha untuk menghindari agen DEA korup yang berusaha membunuh mereka. 2 Guns didasarkan pada seri novel grafis tahun 2007 berjudul sama yang ditulis oleh Steven Grant.

Itulah dia Geeks beberapa film yang menceritakan tentang perang kartel. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan tentu saja beragam karakter dengan latar belakang yang menarik pula. Di antara film di atas, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version