Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film Remake yang Berbeda Drastis dari Originalnya!

7 Film Remake yang Berbeda Drastis dari Originalnya!

Remake adalah film yang dibuat ulang dari film yang sebelumnya sudah ada. Film remake biasanya menghadirkan kembali cerita, karakter, atau elemen lainnya dari film aslinya. Ada beberapa alasan mengapa sebuah film bisa dibuat ulang, di antaranya adalah untuk memperkenalkan kembali cerita kepada penonton baru dengan gaya visual atau untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam produksi film. Ternyata nih Geeks ada beberapa film remake yang dianggap berbeda drastis daripada film originalnya. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini!

7 The Italian Job

Film ini dirilis pada tahun 2003 dan disutradarai oleh F. Gary Gray. Di sini, kita bisa melihat deretan bintang Hollywood seperti Mark Wahlberg, Charlize Theron, Edward Norton, Jason Statham, Seth Green, Mos Def, dan Donald Sutherland. Film ini menjadi remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1969. Meskipun keduanya memiliki premis yang sama tentang pencurian besar-besaran di Italia, versi tahun 2003 menampilkan banyak perubahan dalam plot dan karakter.

The Italian Job adalah sebuah film tentang sekelompok pencuri yang merencanakan dan melaksanakan serangkaian pencurian besar di Venice, Italia. Namun, ketika salah satu anggota kelompok itu, Steve (Edward Norton), mengkhianati mereka dan mencuri hasil rampasan, Charlie Croker (Mark Wahlberg), pemimpin kelompok, bersumpah untuk membalas dendam.

Charlie bersama dengan seorang mantan teknisi safecracker, Stella (diperankan oleh Charlize Theron), dan anggota tim lainnya, merencanakan balas dendam. Mereka merancang rencana rumit untuk mencuri kembali emas yang dicuri oleh Steve dan melarikan diri dari kejaran polisi. Dan sayangnya, film ini dianggap tidak sebaik versi originalnya. Tetapi meski begitu, filmnya tetap meraup keuntungan besar.

6 War of the Worlds

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini diadaptasi dari novel klasik berjudul sama karya H.G. Wells yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1898. Tetapi ini bukanlah film pertama yang diadaptasi dari novel tersebut, karena di tahun 1953, ada film berjudul sama yang mendapatkan ulasan positif dan laku keras kala itu. Tetapi nih Geeks, versi remake War of the Worlds yang rilis tahun 2005 lebih mirip seperti sebuah reboot.

Filmnya memasukkan beberapa hal baru yang dimaksudkan untuk menarik penonton modern, meski inti ceritanya masih tetap sama. War of the Worlds mengikuti perjalanan seorang karakter bernama Ray Ferrier (Tom Cruise) yang berusaha untuk melindungi anak perempuannya, Rachel (Dakota Fanning), dan anak laki-lakinya, Robbie (Justin Chatwin), dari invasi alien yang mengerikan.

Ketika armada alien muncul secara tiba-tiba di seluruh dunia dan mulai menghancurkan segala yang ada di depan mereka, Ray terpaksa memimpin anak-anaknya untuk mencari tempat perlindungan. Mereka harus menghindari serangan alien yang mematikan dan bertahan hidup dalam keadaan yang semakin memburuk. Selama perjalanan mereka yang berbahaya, Ray bertemu dengan berbagai orang yang juga berusaha bertahan hidup.

5 Charlie and the Chocolate Factory

Charlie and the Chocolate Factory mengikuti petualangan seorang bocah bernama Charlie Bucket (Freddie Highmore) yang tinggal bersama keluarga besarnya di kota kecil. Di seberang jalan dari rumah mereka terdapat pabrik cokelat misterius yang dimiliki oleh Willy Wonka (Johnny Depp), seorang pembuat cokelat eksentrik yang sangat terkenal. Suatu hari, Willy Wonka mengumumkan bahwa dia akan membuka pintu pabrik cokelatnya untuk lima anak beruntung yang menemukan “Golden Ticket” di dalam bungkus cokelat mereka.

Charlie, bersama dengan empat anak lain yang kaya dan manja, berhasil menemukan salah satu Golden Ticket tersebut. Ketika mereka memasuki pabrik cokelat, mereka dihadapkan pada dunia yang luar biasa dan ajaib yang dipenuhi dengan permen dan cokelat yang menggoda. Menariknya, ini adalah remake dari film Willy Wonka & the Chocolate Factory yang dirilis tahun 1971. Tetapi banyak perbedaan yang ditambahakan di film ini, demi relevan dengan penonton modern.

Johnny Depp yang memerankan Willy Wonka, tidak ingin menonton kembali film asli Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971) agar tidak terpengaruh oleh penampilan Gene Wilder. Depp memilih untuk mengambil pendekatan yang berbeda dengan karakter Wonka, menciptakan interpretasi yang lebih eksentrik dan misterius.

4 The Jackal

The Jackal merupakan remake dari film The Day of the Jackal (1973) yang disutradarai oleh Fred Zinnemann dan diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Frederick Forsyth. Meskipun film ini adalah remake, tetapi terdapat beberapa perubahan signifikan dalam cerita dan karakter. Salah satunya adalah pergeseran latar belakang politik karakter utama dan penyesuaian dengan konteks Amerika modern.

Film ini membintangi beberapa nama seperti Bruce Willis, Richard Gere, Sidney Poitier, Diane Venora, dan menceritakan tentang seorang pembunuh bayaran yang misterius dikenal sebagai The Jackal direkrut oleh sekelompok teroris untuk membunuh seorang figur politik terkemuka di Amerika Serikat. Dalam upaya untuk menghentikannya, FBI bersekutu dengan Declan Mulqueen, seorang mantan anggota IRA yang sekarang berada dalam perlindungan saksi setelah memberikan kesaksian melawan rekan-rekannya.

Mulqueen awalnya menolak untuk bekerja sama dengan FBI, tetapi setelah teroris menyerang dan membunuh pacarnya, dia setuju untuk membantu dalam pengejaran The Jackal. Mulqueen dan timnya mulai menelusuri jejak pembunuh bayaran tersebut melalui berbagai identitas palsu dan lokasi yang berbeda di seluruh Amerika Serikat dan Eropa.

3 Suspiria

Suspiria mengikuti kisah seorang gadis muda bernama Susie Bannion (Dakota Johnson) yang datang ke sebuah sekolah balet bergengsi di Berlin pada tahun 1977. Di sekolah tersebut, Susie menarik perhatian direktur artistik Madame Blanc (Tilda Swinton) dan menjadi bagian dari kelompok tari utama. Namun seiring berjalannya waktu, Susie mulai menyadari bahwa sekolah tersebut menyimpan rahasia gelap yang terkait dengan praktik-praktik sihir hitam dan ritual-ritual aneh.

Dia mulai menyelidiki kebenaran di balik institusi tersebut, yang kemudian membawanya pada pengungkapan tentang kekuatan jahat yang mengancam semua orang di sekitarnya.
Sementara itu, seorang psikolog tua, Dr. Josef Klemperer (juga diperankan oleh Tilda Swinton), juga terlibat dalam kasus ini setelah menerima laporan dari salah satu siswi yang hilang dari sekolah tersebut.

Film ini merupakan remake dari film horor klasik Italia dengan judul yang sama, Suspiria, yang disutradarai oleh Dario Argento dan dirilis pada tahun 1977. Sutradara film ini adalah Luca Guadagnino, yang selalu mengambil pendekatan berbeda terhadap film remake yang dia buat. Pasalnya film remake yang dia buat selalu berbeda dari versi originalnya. Inilah mengapa ketika Luca mengumumkan proyek ini, tidak ada yang mengetahui gambaran seperti apa filmnya.

2 The Thing

Film yang rilis tahun 1982 ini merupakan remake dari film The Thing from Another World (1951) yang diadaptasi dari cerita pendek Who Goes There? karya John W. Campbell Jr. Kedua versi filmnya memang memiliki gaya yang sangat berbeda, terutama karena pada versi tahun 1951, aliennya memiliki bentuk humanoid sementara versi Carpenter tidak. Selain itu, adalagi beberapa perubahan dalam segi cerita.

The Thing mengikuti kisah sekelompok ilmuwan di Antartika yang secara tak sengaja menemukan makhluk asing yang terperangkap di bawah es. Ketika mereka membawa makhluk tersebut ke dalam pangkalan mereka untuk diteliti, mereka menyadari bahwa makhluk itu mampu mengambil bentuk dan meniru organisme lainnya dengan sempurna.

Ketika makhluk asing tersebut mulai menyerang dan menginfeksi anggota tim satu per satu, ilmuwan-ilmuwan tersebut berjuang untuk bertahan hidup dan menemukan cara untuk menghentikan ancaman yang mematikan itu. Dengan kecurigaan yang meningkat dan ketidakpastian tentang siapa yang masih bisa dipercaya, mereka harus menemukan cara untuk mengungkap identitas asli dari makhluk tersebut sebelum semuanya terlambat.

1 Bad Lieutenant: Port of Call New Orleans

Bad Lieutenant: Port of Call New Orleans mengikuti kisah Terence McDonagh (Nicolas Cage), seorang detektif polisi di New Orleans yang terluka parah selama Badai Katrina dan akhirnya menjadi kecanduan obat-obatan terlarang untuk mengatasi rasa sakitnya.
Ketika Terence menyelidiki sebuah pembunuhan yang terkait dengan perdagangan narkoba, dia terjerumus lebih dalam ke dalam dunia kejahatan dan korupsi yang mengelilinginya.

Dia menggunakan metode investigasi yang tidak konvensional, termasuk pemerasan dan penggunaan kekerasan, sementara dia terus berjuang dengan kecanduannya dan konsekuensi moral dari tindakannya. Sementara itu, Terence juga terlibat dalam hubungan yang rumit dengan pacarnya, Frankie (Eva Mendes), yang juga terlibat dalam kehidupan kriminal. Ketika tekanan dari semua sisi mulai memuncak, Terence harus memutuskan apakah dia akan terus terjerumus ke dalam kegelapan atau mencoba untuk menemukan jalan keluar.

Banyak orang yang menganggap ini adalah remake dari film berjudul Bad Lieutenant yang dirilis tahun 1992. Menariknya sutradara film ini, Werner Herzog mengaku bahwa filmnya bukan sebagai remake ataupun reboot. Padahal kedua film ini memiliki cerita yang sama yaitu tentang seorang detektif yang korup, meski karakter dan beberapa ceritanya dibuat berbeda. Herzog pun mengaku tidak pernah melihat film Bad Lieutenant.

Itulah dia Geeks beberapa film remake yang dianggap berbeda dengan versi originalnya. Film-film tersebut, menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dengan karakter-karakter yang cukup kompleks. Diantara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks!

Exit mobile version