Home SERIES SERIES FEATURES Mengenal Combustion Bending di Avatar, Bending Ciptaan Manusia!

Mengenal Combustion Bending di Avatar, Bending Ciptaan Manusia!

Dalam universe Avatar pengendalian elemen atau bending ternyata ada juga yang merupakan ciptaan manusia yaitu Combustion Bending. Series Avatar: The Last Airbender menghadirkan sebuah hal menarik dalam alur ceritanya yaitu tentang pengendalian elemen alam. Ada empat elemen alam yang bisa dikendalikan yaitu air, udara, api, dan tanah. Namun, seiring berjalannya waktu dan cerita, ada subkelas lainnya dari pengendalian tersebut. Contohnya adalah Combustion Bending yang merupakan ciptaan manusia.

3 Combustion Bending Di Avatar

Di awal series The Last Airbender, ceritanya memperkenalkan empat elemen utama yang bisa dikendalikan. Namun, ceritanya kemudian memperkenalkan pengendalian lain seperti pengendalian darah yang merupakan turunan dari pengendalian air, bahkan pengendalian besi dan pasir yang merupakan turunan dari pengendalian tanah. Semua turunan pengendalian tersebut pada dasarnya berasal dari empat pengendalian elemen alam.

Namun, dalam alur cerita Avatar: The Dawn of Yangchen para fans kemudian mulai diperkenalkan dengan sebuah pengendalian atau bending yang misterius. Nama pengendalian tersebut adalah Combustion Bending. Muncul pertama kali di Season 3 series awalnya, Combustion Bending dianggap sebagai salah satu bentuk pengendalian api yang paling langka dan paling kuat.

Meskipun begitu, saat itu, tidak banyak informasi yang bisa diketahui dari Combustion Bending. Dalam buku The Chronicles of Avatar kita mendapatkan informasi lebih lanjut dari kehidupan masa lalu para Avatar sebelum Aang, di mana salah satu yang menarik adalah Avatar Yangchen. Dalam ceritanya, Combustion Bending merupakan bentuk turunan pengendalian yang muncul di era Avatar Yangchen.

Tidak ada informasi detil mengenai siapa sosok pertama yang menggunakan pengendalian tersebut. Satu-satunya informasi yang bisa digali adalah nama karakter yang menggunakan Combustion Bending adalah Combustion Man. Untuk mengaktifkannya, karakter itu akan berkonsentrasi dan mengumpulkan kekuatan yang mana kemudian dia mengalirkan kekuatan tersebut melalui tato mata ketiga yang ada di dahinya.

Setelah menemukan targetnya, dia akan menembakan energi tersebut dari mata ketiga itu yang mana efeknya adalah muncul ledakan energi yang sangat dahsyat dan memiliki daya hancur yang besar. Bahkan, kemampuan Aang dianggap tidak mampu untuk bisa menandingi kedasyatan dari kekuatan ledakan energi Combustion Man tersebut dan pada saat itu banyak yang beranggapan jika hanya dia yang mampu melakukannya.

Cerita tentang Combustion Bending ini kemudian berlanjut dalam alur cerita Avatar: The Legend of Korra yang jadi sekuel dari The Last Airbender dan The Dawn of Yangchen. Dalam ceritanya, melalui salah satu anggota dari Red Lotus, P’Li, para fans diajak untuk melihat masa lalunya yang mana juga mengahdirkan informasi tentang asal-usul Combustion Bending dalam cerita Avatar.

Asal-Usul Combustion Bending – Ke Halaman 2

2 Asal-Usul Combustion Bending

Lalu, seperti apa sebenarnya asal-usul Combustion bending di cerita Avatar? Dalam kilas balik cerita P’Li nampak bahwa dia dahulu sempat diculik dan dieksploitasi oleh seorang penguasa. Namun, untungnya, dia kemudian berhasil diselamatkan oleh seseorang bernama Zaheer. Namun, selain hal itu, tidak ada informasi yang kemudian menjelaskan mengenai asal-usul Combustion Bending sampai kemudian The Dawn of Yangchen muncul.

Dalam ceritanya dijelaskan bahwa pada era Avatar Yangchen dia sempat menerima laporan bahwa terdapat sebuah senjata misterius bernama Unanimity. Menurut rumor yang beredar, senjata misterius tersebut memiliki level kekuatan yang sangat dahsyat di mana levelnya dianggap sama dengan kekuatan dari Avatar Yangchen. Kemudian, setelah ditelusuri lebih langsung ternyata Unanimity bukan hanya sebuah senjata atau seseorang.

Unanimity ternyata adalah sebutan untuk tiga orang dengan kekuatan dahsyat. Ketiga orang tersebut pada dasarnya adalah pengendali api. Namun, mereka bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh pengendali api lainnya yaitu menciptakan ledakan hanya dengan menggunakan kepala mereka. Secara canon dan timelin, Combustion Bending bisa dibilang merupakan subskills atau turunan kemampuan pertama yang muncul di universe Avatar sebelum kita mengenal pengendalian darah, besi, lahar, dan sebagainya.

Namun, ada sejarah kelam di balik terbentuknya Combustion Bending ini. Dalam cerita lain, seperti ketika Combustion Man muncul kita diperlihatkan bagaimana dia bisa dengan mudah melakukan setiap serangan tersebut. Bisa dibilang, apa yang muncul di era Aang sekarang merupakan pengembangan dari Combustion Bending yang terjadi pada era Avatar Yangchen dahulu.

Untuk mempelajari dan mengembangkan teknik pengendalian ini kabarnya ada banyak sekali korban yang berjatuhan. Karena rasio keberhasilannya sangat kecil itulah yang membuat banyak korban meninggal sebelum mereka bisa menguasai Combustion Bending dan para korban itu juga jadi cara untuk mengembangkan teknik pengendalian ini. Ada beberapa tahapan dan kriteria bagi para subyek eksperimen ini.

Yang pertama adalah mereka yang bukan pengendali. Para subyek penelitian yang memang bukan pengendali akan sali diadu satu sama lain layaknya gladiator. Mereka yang kalah akan menjalankan hukuman mati. Sebelum mereka bertarung, para subyek penelitian tersebut akan mendapatkan panduan teknik akupuntur dari kuil udara. Dan inilah yang kemudian jadi cikal bakal teknik Chi-Blocking yang kemudian digunakan oleh Ty Lee.

Yang kedua adalah para pengendali tanah. Subyek eksperimen pengendali tanah akan dibawa ke sebuah gunung berapi. Mereka akan dipaksa untuk menghadapi situasi di mana lahar panas keluar dari gunung. Mereka dipaksa untuk mengendalikan lahar tersebut, yang mana sayangnya mereka semua tidak ada yang selamat dan berhasil. Orang pertama yang berhasil mengendalikan lahar sendiri adalah Avatar Szeto dan eksperimen ini terinspirasi dari sang Avatar.

Yang ketiga dan terakhir adalah para pengendali api. Mereka yang jadi subyek eksperimen Combustion Bending yang merupakan pengendali api tubuhnya akan diikat dengan rantai dan kemudian ditenggelamkan ke air. Mereka dan dipaksa untuk terus melakukan pengendalian api. Dan seperti yang bisa diduga bahwa hampir seluruh peserta eksperimen ini tewas dan tidak selamat.

Namun, hanya ada sedikit sekali yang akhirnya berhasil di mana mereka mampu mengkonsentrasikan energi murni dari kekuatan chi dalam tubuhnya untuk kemudian dirubah menjadi combustion alias ledakan. Dan mereka yang kemudian selamat dari uji coba ini yang kemudian menjadi Combustion bending atau Pengendali Ledakan Api.

Negara Api Dan Pengendalian Rahasia – Ke Halaman 3

1 Negara Api Dan Pengendalian Rahasia

Pengembangan dan eksperimen yang berkaitan dengan Combustion Bending pada akhirnya berhasil untuk dihentikan oleh Avatar Yangchen. Dia melihat kengerian dan kebrutalan dari para pengendali api yang ingin menciptakan sebuah senjata yang lebih mematikan lainnya dalam wujud Combustion Bending. Dalam ceritanya, Avatar Yangchen bahkan berhasil menghabisi ketiga orang yang menjadi senjata mengerikan tersebut.

Apa yang kemudian terjadi pada masa-masa selanjutnya memang tidak pernah terungkap. Dan yang juga masih jadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana Combustion Man dan Combustion Bending tersebut ada di era setelah Yangchen. Spekulasinya sendiri menyebutkan jika pengembangan dari Combustion Bending dilakukan ecara tertutup dan rahasia serta terus dilakukan meskipun Yangchen sudah membubarkan dan menghancurkannya.

Bahkan, level dari Combustion Bending di era pasca Avatar Yangchen kemungkinan jauh lebih maju dan dahsyat dari pada di era awal kemunculan teknik ini. Buktinya adalah bagaimana energi tersebut bisa ditembakan ke sebuah target tertentu dan menghadirkan ledakan. Di sisi lain, sebenarnya Combustion Bending menjadi salah satu contoh bagaimana negara api diam-diam mengembangkan pengendalian lain yang mematikan.

Contoh lainnya adalah di buku sebelumnya, yang bersetting di era Avatar Kyoshi pasca kematian dari Yangchen, Avatar Kyoshi dan orang-orang kemudian dikejutkan dengan penemukan dari Lightning Bending atau Pengendalian Petir. Negara Api kemungkinan sudah sejak lama mengendalikan dan merahasiakan berbagai pengembangan kekuatan mematikan dan dahsyat selain pengendalian api.

Hal ini memunculkan satu spekulasi bahwa bukan mustahil jika kemudian kreator dari seriesnya akan menghadirkan pengendalian lain yang merupakan turunan dari pengendalian api. Dengan berbagai proyek baru dari franchise Avatar, kita mungkin akan melihat pengendalian yang belum pernah muncul sebelumnya dalam cerita Avatar.

Exit mobile version