Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Komedi Thailand Terlucu!

10 Film Komedi Thailand Terlucu!

Film komedi yang berasal dari Thailand memang tidak pernah gagal dalam menghibur para penonton dan beberapa diantaranya dianggap yang paling terlucu. Industri film Thailand terkenal karena alur cerita mereka yang menarik dan unik serta penuh dengan nuansa komedi. Unsur komedi yang mereka hadirkan biasanya sangat kontras dan berani, membuat para penonton tidak berhenti tertawa terpingkal-pingkal. Berikut adalah beberapa film komedi Thailand terlucu.

10 Crazy Little Thing Called Love

Film komedi Thailand terlucu yang pertama adalah Crazy Little Thing Called Love. Ini mungkin merupakan salah satu film Thailand yang sangat populer, salah satunya di Indonesia. Rilis pada 2010, film ini menghadirkan premis yang sederhana mengenai cinta remaja. Filmnya sendiri berfokus pada sosok gadis bernama Nam, murid kelas satu Sekolah Menengah Pertama.

Karena penampilannya yang kurang menarik, Nam sering kali mendapatkan ejekan dan cemoohan dari teman-temannya. Bahkan, dia juga dijauhi oleh sebagian besar teman-temannya. Meskipun begitu, Nam juga tidak kalah dengan para murid wanita lainnya yang jatuh cinta terhadap sosok Shone, senior di sekolahnya. Demi mendapatkan perhatiannya, Nam rela melakukan apapun.

Di momen inilah banyak adegan lucu yang kemudian bisa memancing gelak tawa para penonton. Contohnya adalah momen di mana teman-temannya ingin membuat kulit Nam berubah jadi putih dengan bantuan bumbu dapur yang dipercaya bisa memutihkan kulit. Yang terjadi justru kulit Nam malah berubah menjadi kuning dan jadi aneh. Film komedi romantis ini sangat populer, bahkan hingga diadaptasi oleh China di tahun 2019 dan dibuat remakenya.

9 Hello Stranger

Salah satu film komedi romantis Thailand lainnya, meskipun popularitasnya tidak sebesar Crazy Little Thing Called Love. Film Hello Stranger bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta terhadap seseorang lainnya yang belum pernah mereka kenal. Para penonton akan diajak untuk melihat cerita yang berfokus pada seorang pria yang memutuskan untuk pergi liburan ke Seoul, Korea Selatan.

Pria tersebut memutuskan untuk liburan dan meninggalkan kehidupannya sementara di Thailand. Namun, tanpa dia duga muncul sosok wanita misterius yang kemudian memiliki pengaruh besar dalam hidupnya. Pertemuan tersebut membuat keduanya justru menjadi dekat dan keduanya juga merasa sangat nyaman dan cocok. Akhirnya, mereka berdua memutuskan untuk pergi berlibur berdua.

Karena mereka sama-sama tidak saling mengenal satu sama lain sebelumnya, banyak hal-hal menarik dan kocak yang kemudian muncul. Meskipun premisnya sederhana dan mungkin bisa dengan mudah ditebak, namun film ini tetap menyajikan hiburan dan alur cerita yang menarik. Para penonton akan tetap merasakan emosional dari cerita cinta mereka dengan adanya sentuhan komedi dalam ceritanya.

8 The Con-Heartist

Film remaja Thailand dengan genre komedi ini bercerita tentang pegawai bank bernama Ina. Dengan kepribadian polosnya, Ina mudah ditipu oleh banyak orang, termasuk pacarnya sendiri, Petch. Ina bahkan harus terlilit utang gara-gara selalu diminta untuk meminjamkan uang pada Petch. Dan hal ini membuat hidup Ina pun menjadi berantakan dan sengsara.

Suatu hari Ina hampir kembali tertipu oleh seseorang bernama Tower. Namun, Ina memutuskan untuk tidaK melaporkan Tower ke polisi atas tindakannya. Sebaliknya, Ina justru mengajaknya bekerja sama untuk balas dendam pada Petch. Karena tidak mau tertangkap polisi, Tower pun akhirnya menerima ajakan Ina untuk menjalankan misi tersebut. Namun, tanpa diduga benih-benih cinta pun timbul.

Film ini cocok untuk Geeks yang masih berusia remaja ataupun dewasa yang tidak terlalu senang dengan alur cerita film yang berat. Ini karena film The Con-Heartist menghadirkan alur cerita yang sangat sederhana dan mudah diikuti. Selain menghadirkan cerita romansa, tentunya elemen komedi di film ini juga bisa membuat para penonton tertawa terbahak-bahak.

7 Fast And Fill Love

Fast And Fill Love menghadirkan sebuah cerita komedi yang juga unik dan menarik. Filmnya sendiri menghadirkan alur cerita dari sosok Kao yang tidak peduli dengan posisinya yang selalu berada di bawah peringkat kelasnya. Dalam hidupnya, Kao hanya memiliki satu tujuan yaitu menjadi atlet olahraga penyusun gelas (speed stacking) tercepat sedunia. Beberapa tahun kemudian, dia berhasil meraih mimpinya tersebut.

Namun, sayangnya, ketika ambisi Kao makin tinggi, justru satu persatu masalah dalam hidupnya mulai datang. Film Fast & Feel Love memang bukan kisah cinta biasa. Di dalamnya, terselip banyak pesan kehidupan yang berharga tentang makna passion dan keluarga. Dan tentunya, Fast And Fill Up juga menghadirkan elemen komedi yang ringan khas dari negara gajah putih ini.

Film Fast And Fill Up juga dibintangi pemain baru Urassaya Sperbund dengan kualitas akting yang luar biasa. Inilah alasan mengapa kemudian dia memenangkan 21st New York Asian Film Festival untuk kategori Rising Asia Star Award pada 2022. Film Fast And Fill Up bisa jadi salah satu rekomendasi yang bisa Geeks saksikan di akhir pekan bersama pasangan tercinta.

6 ATM: Er Rak Error

Rilis pada 2012 kemarin, ATM: Er Rak Error menghadirkan genre yang beragam mulai dari petualangan, aksi, romansa, dan juga tentunya komedi. ATM: Er Rak Error menghadirkan sebuah cerita tentang sepasang kekasih bernama Sua dan Jib. Keduanya merupakan pegawai di sebuah perusahaan bank. Pertarungan ketat di kantornya menyebutkan jika tidak boleh ada hubungan pribadi antar karyawan.

Aturan yang melarang para karyawannya untuk berkencan dan berpacaran membuat Jib dan Sua menjadi sangat hati-hati dalam menjalankan hubungannya. Namun, pada akhirnya, mereka menyadari bahwa situasi mereka tidak bisa terus-menerus seperti itu. Sua dan Jib kemudian harus memilih antara melanjutkan hubungan percintaan mereka atau melanjutkan karir mereka.

Yang menarik adalah untuk memutuskan siapa diantara keduanya yang harus mundur dari kantor tersebut Jib dan Sua memutuskan untuk melakukan kompetisi. Siapa diantara mereka yang bisa menyelesaikan kasus besar di perusahaan tersebut jadi pemenangnya. ATM: Er Rak Error bisa jadi rekomendasi salah satu film Thailand terlucu yang Geeks saksikan bersama pasangan.

5 Thibaan × BNK48

Thibaan × BNK48 merupakan salah satu film komedi terlucu Thailand yang baru dalam daftar ini. Rilis pada 2020 kemarin, Thibaan × BNK48 menghadirkan sebuah cerita yang unik di mana sebuah kelompok idola populer di Thailand, BNK48, berencana untuk menghadirkan sebuah lagu baru. Namun, untuk mencari inspirasi demi lagu baru tersebut pihak manajemen memutuskan untuk mengirimkan para anggota mereka ke sebuah desa.

Dengan jauh dari kehidupan modern, mereka berharap jika para anggota idola remaja tersebut bisa mendapatkan sudut pandang baru yang lebih segar demi terciptanya musik yang menarik. Selama berada di pedesaan tersebut, mereka semua benar-benar mengalami gegar budaya alias culture shock karena sebelumnya mereka tidak pernah menjalani kehidupan tradisional.

Banyak momen lucu dan menarik yang kemudian muncul dalam cerita filmnya, terutama ketika mereka pertama kali datang ke desa. Misalnya, bagaimana mereka berusaha untuk menyesuaikan diri untuk ikut menanam padi, makan makanan tradisional, dan sebagainya. Namun, mereka pun pada akhirnya mulai bisa menyesuaikan diri dan merasakan berbagai kenyamanan yang ada di sana.

4 Bua Pan: Beauty and The Blade

Ini juga merupakan film komedi Thailand terlucu yang paling baru dalam daftar ini, di mana filmnya rilis pada April 2023 kemarin. Bua Pan: Beauty and The Blade merupakan sebuah film komedi aksi yang menghadirkan cerita tentang sosok Bua yang memiliki cita-cita menjadi tentara sejak kecil. Sayangnya, cita-citanya tersebut selalu ditentang oleh sang ayah di mana dia melarang anaknya menjadi tentara.

Meskipun begitu, Bua sendiri masih memiliki hasrat untuk menjadi tentara. Diam-diam Bua pun belajar menjadi ahli pedang. Dan setelah berlatih, Bua pun akhirnya memiliki kemampuan berpedang yang sangat mengesankan. Dia pun mengajak serta kedua temannya, untuk berlatih menggunakan senjata dan sebagainya karena mereka ternyata memiliki cita-cita yang sama seperti Bua.

Suatu hari desa tempat tinggal Bua diserang oleh sekelompok penjahat. Bua dan kedua temannya pun memanfaatkan kemampuan mereka untuk melindungi para penduduk desa. Film ini dibintangi oleh Anne Thongprasom, yang berperan sebagai Bua. Komedi yang muncul dalam film ini sebenarnya banyak yang klise. Namun, dengan ciri khas komedi Thailand penyampaian komedi tersebut tetap bisa menghibur para penonton.

3 SuckSeed

Salah satu film komedi terlucu Thailand yang juga tidak kalah populer. SuckSeed merupakan sebuah film komedi remaja yang rilis pada 2011 dan dibintangi oleh Jirayu Laongmane. Dia berperan sebagai Ped, seorang pria yang sangat pemalu. Bahkan, dalam hidupnya, dia tidak pernah mendengarkan musik sama sekali. Sampai kemudian dia bertemu dengan seorang gadis bernama Ern, yang diperankan oleh Nattasha Naujam.

Setelah berpisah selama bertahun-tahun, Ped dan dua teman baiknya, Koong dan Ex, yang diperankan oleh Pachara Chirathivat dan Thawat Pornrattanaprasert, membentuk sebuah band untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka selain juga demi mendapatkan kekasih. Ketika Ern bergabung dengan band tersebut yang memiliki kualitas bermain gitar luar biasa, mereka berdua justru perlahan mulai menjauh.

SuckSeed benar-benar menghadirkan cerita drama remaja yang kompleks dan penuh lika-liku. Sutradara Chayanop Boonprakob menghadirkan cerita yang sederhama tentang cinta, drama, komedi, dan juga inspirasi bagi anak-anak muda tentang kegagalan dan perjuangan. SuckSeed sendiri bisa dibilang sangat sukses dan populer, di mana popularitasnya terdengar hingga Indonesia.

2 Haunting Me

Memiliki judul Hor Taw taek, film horor komedi ini rilis pada 2007 kemarin. Filmnya sendiri bercerita tentang empat karakter bernama Jay-Taew, Cartoon, Mot-dum, dan Songkram di mana mereka merupakan ladyboy yang menjalankan usaha apartemen bagi laki-laki di sebuah wilayah di Thailand. Awalnya, kehidupan di wilayah dan apartemen ini berjalan dengan normal dan menarik.

Namun, suatu hari, mereka menutupi kasus tewasnya seorang ladyboy lain bernama Pancake dan seorang gadis cantik bernama Num-Ning. Hal itu nyatanya justru membawa petaka bagi mereka karena arwah keduanya justru menghantui apartemen tersebut dan juga para penghuninya. Mereka kemudian berusaha mengusir para hantu tersebut, namun selalu gagal.

Mereka akhirnya menemukan cara untuk menghilangkan para hantu tersebut yaitu dengan membantu membalas dendam kematiannya. Buat Geeks yang senang dengan humor ekstrem, seperti humor slapstick atau humor klasik lainnya, maka ini bisa jadi rekomendasi film yang pas. Bagaimana para hantu tersebut muncul dan menakut-nakuti para penghuni dan sikap mereka yang konyol jadi salah satu hal yang jadi daya tarik filmnya.

1 Pee Mak

Film komedi Thailand terlucu yang terakhir tidak lain adalah Pee Mak. Diadaptasi dari cerita hantu populer di Thailand, Mae Nak Phra Khranong, yang sudah banyak diadaptasi dalam berbagai kisah horor, film Pee Mak justru menghadirkan pendekatan yang berbeda. Film ini masih menghadirkan elemen horor dalam filmnya, namun justru elemen komedinya yang jauh lebih kental.

Bersetting di era ke 19, Mak merupakan seorang serdadu yang harus ikut berperan di bawah kekaisaran Rattanakosin. Hal tersebut membuat Mak harus meninggalkan istrinya yang sedang hamil. Ketika Mak kembali ke tempat tinggalnya, bersama dengan rekan-rekannya yang sudah menyelamatkan hidupnya, dia pun disambut dengan ramah oleh istrinya, Nak. Namun, Mak melihat ada keanehan dari sikap orang-orang di sekitarnya.

Justru, mereka nampak ketakutan melihat Mak yang bertemu dengan Nak di mana sebenarnya Nak sudah tewas dan menjadi hantu. Banjong Pisanthanakun benar-benar sukses besar dalam menghadirkan kisah perpaduan romansa, horor, dan komedi. Film ini bahkan berhasil menciptakan sejarah dengan menggeser ATM: Er Rak Error sebagai raja film komedi Thailand. Bahkan, film ini juga jadi film dengan pemasukan terbesar menggeser Ong Bak. Yang menarik adalah Indonesia bahkan melakukan adaptasi dari film Pee Mak yang berjudul Kang Mak yang dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Marsha Timothy.

Thailand memang terkenal sebagai sebagai penguasa industri film, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Film-film mereka terkenal memiliki ciri khas, terutama dengan komedi yang menghibur. Unsur komedi yang muncul di film Thailand selalu sukses untuk mengocok perut para penontonnya dengan berbagai cara berkomedi mereka yang uniik.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version