Home OTAKU OTAKU FEATURES Dragon Ball: Penjelasan Tentang Nama Asli Para Saiyan!

Dragon Ball: Penjelasan Tentang Nama Asli Para Saiyan!

Mungkin masih banyak diantara Geeks dan penggemar semua yang bingung dengan nama asli para karakter Saiyan dalam cerita Dragon Ball. Series Dragon Ball merupakan mahakarya dari mendiang Akira Toriyama yang sangat fenomenal dan luar biasa. Satu hal yang populer dari Dragon Ball adalah kemunculan bangsa Saiyan. Dalam ceritanya, bangsa Saiyan terkenal sebagai bangsa yang kuat dan ahli bertarung. Dan mungkin ada beberapa hal dari bangsa Saiyan yang tidak banyak orang ketahui seperti nama asli mereka.

3 Bangsa Saiyan Di Dragon Ball

Franchise Dragon Ball sudah berada di industri anime dan manga selama hampir empat dekade. Seriesnya sendiri memperkenalkan kita dengan sosokSon Goku yang merupakan protagonis utama. Goku berasal dari luar bumi. Dia bagian dari planet Vegeta dan merupakan bagian sebuah ras yang disebut sebagai Saiyan. Goku sendiri menjadi ras Saiyan terakhir dari planetnya.

Bertahun-tahun kemudian Goku bertemu dengan sesama ras Saiyan lainnya, contohnya adalah Vegeta, Raditz, dan sebagainya. Pada awalnya, Goku sendiri merasa terganggu dengan sejarah kelam bangsa Saiyan. Mereka memang terkenal sebagai ras petarung yang sangat hebat. Bagi bangsa Saiyan, berlatih merupakan sesuatu yang sangat esensial seperti halnya bernafas.

Bahkan, mereka sudah mulai berlatih sejak usia yang masih kecil. Hal ini dikarenakan level energi dari masing-masing anak tersebut akan dipantau dan menjadi penentu apakah mereka masuk kelompok Saiyan level rendah atau level tinggi. Mereka yang berada di level tinggi harus bersiap untuk bergabung dengan Pasukan Saiyan. Sedangkan, mereka yang termasuk dalam Saiyan level rendah akan mendapatkan tugas tersendiri seperti membangun fasilitas atau apapun.

Bisa juga mereka dikirim ke planet lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan. Dikenal dengan istilah ‘infiltration babies’, seorang bayi Saiyan akan dikirim ke sebuah planet yang kemudian menjadi target untuk ditaklukan. Ketika mereka sudah berhasil menjalankan misi yang diberikan sejak lama dan terbukti bahwa mereka pantas untuk kembali, Saiyan  tersebut akan disambut dengan meriah di planet asal mereka dan peringkat Saiyan mereka pun akan meningkat.

Goku merupakan salah satu contoh dari teknik di atas. Namun, untungnya, yang terjadi kepada Goku justru berakibat baik. Dalam cerita awal Dragon Ball, Goku dikirim menggunakan pod keluar dari planet Vegeta yang hancur. Pod tersebut kemudian tiba di bumi dan bayi Goku kemudian ditemukan oleh kakek Gohan. Karena sebuah peristiwa, yaitu kepala Goku terbentuk batu, akhirnya sifat alamiah Saiyan miliknya menghilang.

Nama Para Saiyan Dragon Ball – Ke Halaman 2

2 Nama Para Saiyan Dragon Ball

Meskipun kita mengenal sosok protagonis utama di series Dragon Ball sebagai Son Goku, namun sebenarnya itu bukanlah nama asli dari Goku. Nama ‘Goku’ sendiri merupakan pemberian dari kakek Gohan yang menemukannya saat masih bayi. Sebenarnya, Goku memiliki nama asli yang merupakan nama pemberian dari kedua orang tuanya, Bardock dan Gine, yaitu Kakarot.

Yang menarik adalah tidak sedikit orang yang keliru terkait dengan nama antara Goku dan Kakarot. Banyak yang beranggapan jika sedari awal nama dari protagonis utama Dragon Ball adalah Goku. Sedangkan, nama ‘Kakarot’ hanya sekedar panggilan atau julukan semata. Faktanya, Kakarot merupakan nama asli dari Goku yang memang kurang begitu populer di banyak kalangan.

Asal-usul mengenai nama Kakarot sendiri sebenarnya sempat jadi misteri besar di franchise Dragon Ball. Selama puluhan tahun para fans bertanya-tanya mengapa nama asli Goku adalah Kakarot. Namun, jawaban dari hal ini akhirnya terjawab dalam series manga Dragon Ball Super chapter 77. Dalam chapternya nampak bagaimana Bardock kembali ke planet Vegeta setelah pergi berbulan-bulan.

Nampak Gine sudah tidak lagi mengandung Goku dan bayinya sudah lahir dan tersimpan di inkubator. Dalam percakapan Bardock dengan Gine, Bardock mengusulkan bahwa nama dari bayinya tersebut adalah Kakarot. Ini adalah peristiwa prekuel sebelum kemudian planet Vegeta hancur akibat Frieza dan pasukannya dan Bardock serta Gine pun mengirim pod berisi Raditz dan Goku keluar dari planet Vegeta.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan jika Kakarot bukanlah julukan atau sebutan atau panggilan dari Goku, melainkan itu merupakan nama asli Saiyan dari Goku. Setelah dia sampai di bumi dan kemudian ditemukan oleh kakek Gohan, barulah dia mendapatkan nama bumi yang kemudian sangat populer yaitu Goku. Dia kemudian merawatnya hingga bia seperti sekarang.

Asal-Usul Nama Saiyan – Ke Halaman 3

1 Asal-Usul Nama Saiyan

Vegeta, Kakarot, dan Broly, merupakan nama-nama yang muncul dan populer dari para karakter yang menjadi bagian dari bangsa Saiyan. Meskipun begitu, dari semua Saiyan tersebut sebenarnya hanya Kakarot yang kemudian mendapatkan nama dari bumi dan mengubah namanya. Semenjak kemunculan dan kedatangannya ke bumi, Vegeta tidak pernah mengganti namanya hingga sekarang.

Yang menarik kemudian adalah sebenarnya, dalam memberikan nama karakter di series Dragon Ball sosok mendiang Akira Toriyama selalu menghadirkan lelucon. Padahal, mayoritas series shounen menghadirkan nama yang keren dan epik. Nama Kakarot sendiri, seperti yang Geeks ketahui, berarti wortel (Carrot). Ini yang kemudian jadi alasan penampilan Goku mirip seperti wortel dengan warna menyala seperti kuning.

Pakaian yang Goku kenakan jika dianggap membuatnya mirip seperti sayuran tersbeut. Sedangkan, Vegeta merupakan potongan dari kata ‘vegetables’ yang artinya sayuran. Beberapa nama Saiyan lainnya, Brolly yang diadaptasi dari brokoli, Raditz dari kata radish atau lobak, dan sebagainya. Mayoritas nama para Saiyan memang berasal dari sayuran dan bahkan mengadaptasi kata sayuran itu sendiri.

Tidak jarang juga Toriyama Sensei bermain-main dengan kata, contohnya Gine yang sebenarnya kebalikan dari kata ‘negi’ yang dalam bahasa Jepang berarti bawang daun. Sosok villain Frieza diadaptasi dari freezer dalam kulkas. Bahkan, semua keluarga dan keturunan Frieza berkaitan dengan hal ini. Contohnya adalah Cooler. Nama Gohan juga sebenarnya berarti nasi atau makanan.

Ini menjadi bentuk atau wujud kreativitas dari sosok Akira Toriyama dalam menghadirkan nama dari para karakternya. Dalam hal ini, Toriyama Sensei menghadirkan contoh jika nama karakter bisa diambil atau terinspirasi dari hal terdekat dan benda sehar-hari. Di sisi lain, ini juga jadi wujud komedi atau humor dari Akira Toriyama dalam cerita Dragon Ball. Dan yang menarik, meskipun namanya terdengar konyol namun di ceritanya sendiri terungkap jika mereka adalah karakter yang sangat kuat dan mengerikan.

Exit mobile version