Home OTAKU OTAKU FEATURES Mengenal Yamoshi, Super Saiyan Pertama di Dragon Ball!

Mengenal Yamoshi, Super Saiyan Pertama di Dragon Ball!

Banyak Geeks yang mungkin belum tahu jika ada sosok Saiyan legendaris pengguna teknik Super Saiyan pertama di Dragon Ball yaitu Yamoshi. Franchise Dragon Ball terkenal sebagai series yang sering menghadirkan berbagai karakter yang menarik dan juga cerita epik. Bahkan, beberapa karakter ikonik di dunia anime dan manga berasal dari franchise ini. Contohnya adalah Goku dan Vegeta. Namun, mungkin tidak banyak yang mengenai pengguna Super Saiyan pertama di series Dragon Ball yaitu Yamoshi.

4 Yamoshi Super Saiyan Legendaris

Bangsa Saiyan terkenal karena kemampuan bertarung mereka yang sangat kuat dan dahsyat. Mereka terkenal sering melakukan invasi terhadap planet lain untuk kemudian mereka kuasai. Planet Cereal dan bumi adalah beberapa contoh nyata bagaimana mereka berusaha untuk menguasai planet lain. Namun, selain kemampuan bertarung dan daya tahan yang luar biasa Saiyan juga terkenal akan Super Saiyan.

Seperti yang Geeks ketahui, kemampuan Super Saiyan mampu meningkatkan level kekuatan mereka berkali-kali lipat. Banyak fans mungkin menganggap jika Goku adalah sosok yang pertama mengakses kekuatan itu dalam cerita Dragon Ball. Namun, sebenarnya, bukan Son Goku yang pertama kali menggunakan teknik Super Saiyan. Ada Saiyan lain yang pertama kali menggunakan Super Saiyan dalam cerita Dragon Ball yaitu Yamoshi.

Lalu, siapa sebenarnya Yamoshi? Berdasarkan informasi yang sudah diketahui sejauh ini, Yamoshi diketahui hidup 1.000 tahun sebelum cerita utama Dragon Ball dimulai. Sang mangaka, Akira Toriyama, juga mengonfirmasi hal ini di mana dia menyatakan jika dia adalah salah satu Saiyan legendaris selain lima Saiyan misterius lainnya. Jika melihat timeline yang ada, artinya Yamoshi hidup jauh sebelum planet Vegeta ada.

Dalam cerita Dragon Ball, planet Vegeta merupakan rumah bagi mayoritas bangsa Saiyan selain juga beberapa planet lainnya. Namun, masih ada banyak misteri terkait sosok Yamoshi ini seperti asal-usulnya. Selain itu, bagaimana kemudian dia bisa mengakses kekuatan Super Saiyan juga menjadi sebuah pertanyaan besar. Vegeta sendiri sempat menyebut atau mereferensikan sosok Yamoshi di chapter 86 series Dragona Ball Z.

Dia menyebutkan bahwa seorang pengguna Super Saiyan muncul setiap seribu tahun sekali. Pengguna dari Super Saiyan tersebut akan mampu melampaui semua tantangan yang bahkan petarung terkuat sekalipun tidak akan mampu melakukannya. Vegeta sendiri sempat menganggap jika hal tersebut tidak lebih dari sekedar mitos belaka, sampai kemudian dia meraskan kedahsyatan dari kekuatan Goku.

Saat itu, Goku berhasil mengalahkan Ginyu Force di planet Namek. Vegeta akhirnya baru benar-benar percaya tentang legenda tersebut setelah Goku mampu mengaktifkan hal tersebut saat berhadapan dengan Frieza. Dan sejak saat itu, Super Saiyan jadi ciri khas dan salah satu hal yang dicintai oleh para fans. Karena Yamoshi menjadi pengguna Super Saiyan pertama di cerita Dragon Ball, inilah alasan mengapa kemudian dia mendapatkan julukan sebagai Super Saiyan Legendaris atau Legendary Super Saiyan.

Dia merupakan salah satu Saiyan terkuat yang tersisa pada ribuan tahun lalu ketika mereka bertarung menghadapi Saiyan yang jahat. Meskipun pada akhirnya dia kalah dan tewas, jiwanya dianggap masih hidup dan mencari penerus selanjutnya dan menjadi sosok Super Saiyan God.

Kemunculan Yamoshi – Ke Halaman 2

3 Kemunculan Yamoshi

Selain di manga dan anime serta referensi yang Vegeta hadirkan, Yamoshi juga sempat beberapa kali muncul di beberapa proyek Dragon Ball. Contohnya adalah dia muncul dalam wujud arwah di mimpi Beerus dalam film Dragon Ball Z: Battle of Gods. Dia juga muncul dalam wujud siluet dalam pertarungan Goku menghadapi Beerus. Dan karena kemunculan sosok Beerus pada akhirnya sosok Yamoshi kembali populer di universe Dragon Ball.

Selanjutnya, Yamoshi juga sempat muncul dalam adegan filler di episode Goku’s New Power dalam series Dragon Ball Z. Yamoshi muncul dalam form Great Ape, yang mana bagian ekornya memiliki bulu berwarna kekuningan. Hal ini berbeda dari warna bulu mayoritas Saiyan dalam form Great Ape yang mana warnanya adalah coklat. Dia nampak menyerang siapapun yang ada di sekitarnya dan nampak bagaimana planet tersebut hancur akibat kekuatannya.

Dalam versi anime, Yamoshi juga sempat muncul dalam form Golden Great Ape. Dalam dubbing bahasa Inggris animenya menyebutkan jika Yamoshi bisa berubah menjadi Super Saiyan hanya ketika dia berada di form Great Ape. Menurut hal tersebut, karena kegilaan dan keberingasan dari Yamoshi ketika menggunakan Super Saiyan tersebut kemudian transformasi Super Saiyan banyak dikenal dan dikenang.

Dalam film DBZ: Broly – The Legendary Super Saiyan, Vegeta dan ayah dari Broly, Paragus, meyakini jika form yang digunakan oleh Broly mirip atau sama dengan Super Saiyan yang sempat digunakan oleh Yamoshi. Dan yang menarik, Goku juga meyakini hal yang sama dalam game DBZ: Shin Budokai. Nama Yamoshi juga merupakan salah satu hal yang masih terus dilakukan oleh Akira Toriyama, yaitu menggunakan nama makanan.

Yamoshi sebenarnya merupakan kalimat acak dari ‘moyashi’ yang artinya adalah tauge. Yang menarik adalah pemilihan nama ini seolah memiliki makna fisolofi tersebut, di mana tauge merupakan benih dari kacang hijau. Sedangkan, dalam konteks Dragon Ball, sosok Yamoshi merupakan awal atau benih dari penggunaan Super Saiyan dalam cerita Dragon Ball dan juga oleh para Saiyan.

Cara Yamoshi Akses Super Saiyan – Ke Halaman 3

2 Cara Yamoshi Akses Super Saiyan

Dalam cerita Dragon Ball sendiri, seorang Saiyan bisa mengalirkan amarah mereka yang kemudian menjadi pemicu munculnya kekuatan dahsyat yang kemudian berubah menjadi Super Saiyan. Sedangkan, di era modern, seperti di series Dragon Ball Super, masing-masing Universe memiliki alasan atau cara tersendiri untuk bisa mengakses Super Saiyan. Contohnya adalah sosok Caulifla dari Universe 6.

Lalu, bagaimana Yamoshi bisa mengakses Super Saiyan pada saat itu? Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, sebenarnya masih jadi pertanyaan besar bagaimana kemudian Yamoshi bisa mengakses Super Saiyan pada saat itu. Sebagian fans meyakini jika Yamoshi mengakses kekuatan Super Saiyan dengan menggunakan cara yang sama seperti Goku.

Namun, dalam film Dragon Ball Z: Battle of Gods diperlihatkan jika Yamoshi mampu mengakses kekuatan dahsyat tersebut melalui sebuah ritual khusus yang disebut Super Saiyan God Ritual. Meskipun begitu, yang menjadi catatan adalah film tersebut bukan bagian dari alur cerita canon Dragon Ball. Artinya, cara tersebut tidak bisa dianggap sebagai cara Yamoshi mengakses Super Saiyan.

Meskipun dia menjadi yang pertama, Yamoshi tidak bisa mencapai level kekuatan yang sama seperti Goku atau bahkan Vegeta. Dan entah bagaimana, Yamoshi kemudian harus kalah dan kemudian terbunuh oleh Saiyan jahat yang dia hadapi. Hal ini pun membuat Saiyan jahat tersebut menghabisi semua Saiyan yang baik, di mana lagi-lagi ini menjadi awal mula legenda bangsa Saiyan terbentuk.

Terlepas dari hal tersebut, Yamoshi menggunakan kekuatan Super Saiyan untuk mengalahkan para Saiyan jahat yang menyebabkan kekacauan besar pada saat itu. Yamoshi sendiri dikenal sebagai seorang petarung yang ganas dan brutal, di mana hal ini menjadi cikal bakal terbentuknya citra bahwa bangsa Saiyan adalah bangsa yang penuh kekerasan dan brutal.

Kekuatan Dahsyat Yamoshi – Ke Halaman 4

1 Kekuatan Dahsyat Yamoshi

Seberapa kuat Yamoshi dan apa saja kekuatannya, secara garis besar, sampai saat ini juga masih menjadi misteri dan penuh spekulasi baik di kalangan fans atau pun para karakternya. Satu-satunya petunjuk tentang kekuatan Yamoshi hanya tercatat di buku para legenda bangsa Namek (Namekian Book of Legends). Kabarnya, seorang tetua bangsa Namek sempat mencatat sejarah tentang Yamoshi.

Hal tersebut karena dia merasa simpati terhadap jiwanya setelah kematiannya menghadapi para Saiyan jahat. Menurut legenda yang ada, Yamoshi memiliki beberapa kemampuan seperti terbang, kemampuan fisik dan kekuatan dahsyat bangsa Saiyan, dan mampu menghancurkan musuh dengan tangannya. Tetapi, terlepas dari misteri seberapa dahsyat kekuatan Yamoshi, yang jelas dia adalah bangsa Saiyan pertama yang tercatat mampu mengakses kekuatan Super Saiyan.

Apakah Yamoshi saat ini masih hidup? Mungkin banyak Geeks yang penasaran dengan keberadaan Yamoshi saat ini. Seperti yang disebutkan di atas, Yamoshi sudah sejak lama tewas. Dia kemungkinan tewas setelah kehabisan tenaga atau kekuatan saat berhadapan dengan Saiyan jahat. Meskipun begitu, pasca kematiannya, jiwa Yamoshi kemudian dilepas ke seluruh universe Dragon Ball.

Menurut Akira Toriyama, Yamoshi mungkin tidak lagi memiliki bentuk fisik. Namun, dia tidak sepenuhnya juga tewas. Diyakini jika jiwa dari Yamoshi masih ada di universe Dragon Ball. Dia mencari enam sosok Saiyan yang dianggap pantas untuk menjadi pewaris kekuatannya. Bentuk spiritual dari Yamoshi ini sendiri yang kemudian menjadi inspirasi kemunculan form Super Saiyan God dalam cerita Dragon Ball Super.

Pasca meninggalnya Akira Toriyama Sensei pada awal Maret kemarin, membuat misteri tentang Yamoshi sepertinya akan selamanya menjadi misteri dan spekulasi di kalangan fans. Kecuali jika para staff memang berencana mempeluas mitologi tersebut. Untuk saat ini, Yamoshi sepertinya masih akan tetap menjadi sosok Super Saiyan Legendaris yang misterius sampai kemudian ada informasi lain mengenai karakternya.

Exit mobile version