Home OTAKU OTAKU FEATURES Rekomendasi 10 Anime Sambil Menunggu Buka Puasa!

Rekomendasi 10 Anime Sambil Menunggu Buka Puasa!

Sambil menantikan waktu buka puasa dan juga sebagai salah satu hiburan terdapat beberapa rekomendasi judul anime yang bisa Geeks saksikan. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu buka puasa adalah menonton series anime, selain juga melakukan kegiatan ibadah seperti mengaji, berdzikir, dan juga belajar ilmu tentang islam. Berikut adalah beberapa rekomendasi anime yang bisa Geeks tonton sambil menunggu wakt ubuka puasa.

10 Shokugeki No Souma

Rekomendasi anime sambil munggu buka puasa yang pertama adalah Shokugeki no Souma. Series anime ini membawa kita ke dunia kuliner yang penuh dengan pertarungan memasak yang intens dan inovatif. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Soma Yukihira, seorang koki muda yang memiliki ambisi besar dalam hidupnya untuk menjadi seorang ahli masak terbaik di dunia.

Salah satu hal yang menarik dari anime ini adalah dalam setiap episodenya para penonton akan disajikan dengan pertarungan memasak yang menegangkan. Selain itu, pertarungan memasak tersebut menghadirkan tingkat kreativitas dan inovasi yang menjadi kunci dalam memasak. Yang juga sering mendapatkan pujian dari series anime ini adalah teknik memasak yang ditampilkan diadaptasi dari teknik memasak di dunia nyata.

Selain itu, cara Souma dan karakternya memasak, mempersiapkan bahan, dan cara penyajian dari makanan tersebut dihadirkan dengan cara yang dramatis dan memukau. Ini jadi salah satu daya tarik dari animenya dan tidak jarang memberikan iinspirasi untuk mencoba resep yang ditampilkan. Geeks mungkin bisa mengaplikasikan beberapa masakan sebagai lauk untuk buka puasa.

9 Pluto

Bergeser ke genre lainnya, jika Geeks ingin menyaksikan tontonan yang serius mungkin bisa menyaksikan series anime Pluto. Series Pluto awalnya adalah manga seinen besutan dari Naoki Urusawa dan Takashi Nagasaki. Manganya pun kemudian muncul dalam majalah Big Comic Original pada tanggal 5 September 2003 dan berakhir tahun 2009 dengan menghadirkan total 8 volume.

Yang menarik adalah series Pluto sebenarnya adalah spinoff dari Astro Boy yang pernah dibuat oleh Osamu Tezuka. Artinya, dalam hal ini Astro Boy dan Pluto berada di satu universe yang sama. Anime Pluto memiliki setting di masa depan. Pada saat itu, umat manusia akan melihat banyak sekali robot. Mereka telah hidup berdampingan bersama manusia dan manusia pun sangat membutuhkan robot-robot tersebut untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Tetapi suatu ketika, muncul sosok jahat yang menyalahkan gunakan semua teknologi canggih yang ada yang membuat situasi saat itu menjadi kacau. Ceritanya akan berfokus kepada karakter bernama Gesicht, seorang robot detektif Jerman yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus penting dari kematian robot legendaris Montblanc. Dan selama penyelidikan itulah akhirnya membawa kita menuju sosok misterius yang dikenal sebagai Pluto.

8 Ano Hana

Untuk Geeks yang senang dengan genre drama dan pertemanan, Ano Hana bisa jadi salah satu rekomendasi anime sambil menunggu buka puasa. Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai, atau yang biasa disingkat sebagai Ano Hana, merupakan sebuah series anime dengan jumlah episode singkat yaitu hanya 11 episode. Namun, popularitas seri ini sangat luar biasa.

Salah satu hal yang membuat series Anohana begitu populer adalah musik yang mereka hadirkan, yaitu secret base ~Kimi ga Kureta Mono~ yang banyak di-cover orang-orang. Lagu tersebut bertema tentang persahabatan tiada akhir, meskipun para karakternya sudah berpisah. Lagu ini menjadi “pengiring” cerita yang memang sangat sedih dan mengharukan. Bahkan, kisah sedih inilah yang kemudian menjadi alasan series animenya populer.

Ceritanya sendiri berfokus pada persahabatan 6 orang. Tetapi, suatu ketika, salah satu dari mereka, Menma, harus meninggal dunia. Sekitar 10 tahun setelah peristiwa meninggalnya Menma, mereka pun kembali berkumpul untuk membantu Menma pergi ke akhirat. Cerita yang menyentuh dan menguras air mata inilah yang menjadi poin utama seriesnya dan mengapa kemudian animenya bisa sangat populer.

7 Record Of Ragnarok

Record of Ragnarok adalah anime yang menggabungkan elemen-lemen pertarungan epik, mitologi, dan fantasi. Ceritanya menampilkan pertempuran epik antara umat manusia melawan para dewa-dewa mitologi. Pertarungan itu sendiri sengaja dilakukan demi menentukan nasib dari umat manusia. Record of Ragnarok merupakan adaptasi manga dari nama yang sama karya Shinya Umemura dan Takumi Fukui, dengan ilustrasi oleh Ajichika. Sementara untuk animenya disutradarai oleh Masao Okubo.

Record of Ragnarok berfokus pada cerita di mana para dewa dari berbagai mitologi memutuskan untuk mengadakan sebuah turnamen pertarungan bernama Ragnarok. Dalam turnamen ini kita akan melihat 13 manusia terpilih melawan 13 dewa. Taruhannya adalah kelangsungan hidup umat manusia dan hasil pertempuran akan menentukan apakah umat manusia layak untuk terus hidup atau tidak.

Dalam turnamen ini, setiap manusia terpilih akan bertarung melawan satu dewa dalam pertempuran epik satu lawan satu. Manusia-manusia ini dipilih dari berbagai periode sejarah dan memiliki kekuatan atau keahlian unik. Seiring berjalannya turnamen, misteri di balik alasan dewa-dewa untuk menguji dan memusnahkan umat manusia terungkap. Bagi penggemar pertarungan epik dan cerita mitologi yang berbeda, “Record of Ragnarok” menawarkan pengalaman yang menghibur dan penuh aksi.

6 The Legend Of Arshan

Rekomendasi anime untuk menunggu waktu buka puasa selanjutnya adalah The Heroic Legend of Arslan. Jika Geeks senang dengan alur cerita yang sedikit kompleks, anime bertema politik bisa jadi jawabannya dan ini adalah salah satu anime politik yang bisa Geeks saksikan. Pangeran Arslan dari Pars hampir saja kehilangan nyawanya ketika negaranya terkena invasi dari negeri tetangga, Lusitania.

Serangan tersbeut merupakan upaya untuk menggulingkan kekuasaan dari sang ayah, King Andagoras III. Melihat kondisi ini, Arslan pun berjuang untuk bisa kembali merebut wilayahnya. Namun, dalam upaya untuk bisa kembali merebut wilayah kekuasaanya Arslan tidak sendiri. Dia mendapatkan bantuan dari berbagai pihak yang merupakan pengikutnya dan juga orang-orang yang ada di pihaknya.

Di sepanjang petualangannya tersebut juga Arslan belajar mengenai banyak hal, seperti masalah diplomasi, strategi, dan juga pentingnya memiliki sekutu atau pihak yang ada di pihaknya. Dengan setting tempat di Persia kuno dan sekitarnya, series ini terinspirasi dari sosok dan kejadian nyata pada abad keenam di wilayah Persia kuno. Sambil menunggu buka puasa sambil mengikuti cerita sejarah dan politik tentu bisa jadi hal yang bermanfaat di bulan puasa.

5 Nichijou

Bergeser ke genre lainnya, salah satu rekomendasi anime sambil menunggu buka puasa lainnya adalah Nichijou. Dianggap sebagai salah satu series komedi terbaik oleh para fans. Nichijou merpakan anime yang selesai tayang pada Septer 2011. Anime ini tidak mengadaptasi keseluruhan alur cerita manganya dan sering menghadirkan cerita yang baru. Sehingga, banyak cerita yang dianggap hilang diantara berbagai chapter tersebut.

Meskipun begitu, sampai sekarang tidak ada pengumuman untuk musim keduanya. Nichijou bisa dibilang merupakan sebuah series episode yang mirip seperti Osomatsu-San atau Doraemon dan sejenisnya, di mana tidak ada episode tertentu yang saling berkaitan. Alur ceritanya sendiri berfokus pada kehidupan sehari-hari dari beberapa karakter, di mana setiap hari mereka selalu menghadapi atau bertemu dengan berbagai hal yang baru di sekitarnya.

Inilah yang kemudian menjadi judul seriesnya, di mana ‘Nichijou’ berarti ‘Setiap Hari.’ Genre slice of Life yang dipadu dengan komedi merupakan salah satu genre yang sangat populer di kalangan fans. Dan ini juga yang kemudian membuat Nichijou begitu populer. Dengan alur cerita yang bisa mengocok perut para penonton, tentunya akan membuat waktu tidak akan terasa lama yang mana hal ini bisa jadi rekomendasi anime untuk menunggu buka puasa.

4 Gintama

Berbicara mengenai anime komedi, selain Nichijou ada juga seri yang tidak kalah lucu dan kocak yaitu Gintama. Mungkin sebagian besar Geeks sudah familiar dengan series anime epik ini. Gintama merupakan sebuah anime komedi yang banyak dikenal orang sebagai series yang sering menghadirkan referensi dari series anime lainnya. Gintama sendiri berfokus pada cerita di mana bumi harus mengalami invasi dari alien jahat.

Gintoki Sakata dan teman-temannya berusaha untuk bisa menghancurkan dan membebaskan bumi dari para alien tersebut. Sering kali, anime Gintama menghadirkan referensi dari seri lain, yang biasanya berupa karakter. Misalnya, saat Gintoki muncul dengan penampilan yang sangat mirip seperti Luffy atau bahkan Goku. Mereka tidak pernah ragu untuk menghadirkan komedi-komedi tersebut yang tidak jarang membuat para fans tertawa terpingkal-pingkal.

Ini juga yang kemudian membuat Gintama jadi salah satu anime populer dan anime dengan genre komedi yang populer. Meskipun begitu, menghadirkan referensi anime lain itu juga nyatanya tidak jarang membawa masalah serius bagi seriesnya, terutama yang berkaitan dengan hukum. Telepas dari hal tersebut, Gintama merupakan salah satu anime yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

3 Osomatsu-San

Osomastsu-San merupakan sebuah series anime komedi Jepang yang sangat populer, yang bahkan sudah dianggap sebagai bagian dari budaya populer Jepang. Osomatsu-San sendiri sendiri merupakan anime yang sempat mengalami reboot pada 2015. Series anime aslinya sendiri pertama kali muncul pada 1962. Baik versi asli atau pun versi reboot serinya sama-sama berhasil mendulang kesuksesan besar.

Unsur komedi yang dihadirkan dalam serinya benar-benar klasik, untuk yang versi asli. Bahkan, ada beberapa lelucon yang dianggap ikonik seperti gerakan tangan dari  salah satu karakter bernama Iyami. Hal yang sama coba diterapkan dalam versi baru dengan cerita yang dikemas lebih modern, pendekatan komedi yang lebih terkini, visual yang jauh lebih menarik. Dan formula tersebut terbukti sukses.

Salah satu momen epik dan konyol dari Osomatsu adalah bagaimana mereka tidak ragu memparodikan series anime populer lain. Dalam salah satu episode, bahkan mereka pernah menghadirkan parodi atau referensi dari beberapa anime sekaligus. Sentuhan komedi mereka yang segar yang menyentuh kehidupan sehari-hari menjadi salah satu alasan mengapa anime komedi ini sukses besar.

2 Yuru Camp

Laid-Back Camp atau Yuru Camp merupakan salah satu series anime populer yang menghadirkan genre slice of life. Namun, series Yuru Camp ini berbeda di mana kita melihat sekelompok remaja melakukan kegitan berkemah. Dan banyak aktivitas menarik dan menenangkan yang bisa dinikmati oleh para fans. Series anime ini merupakan adaptasi dari manga yang sama karya Afro.

Adaptasi dari manganya kemudian rilis pada Januari 2018 dan selesai pada Maret 2018. Yuru Camp adalah anime yang ceritanya mengikuti kisah tentang seorang gadis bernama Rin Shima, yang memiliki kegemaran atau hobi untuk berkemah di Gunung Fuji. Rin juga senang bersepeda. Bahkan, saat menuju Gunung Fuji pun dia menggunakan sepedanya, sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitar.

Ketika dalam perjalanan menuju Gunung Fuji, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Kagamihara Nadeshiko. Rupanya Nadeshiko ketinggalan bus terakhir yang menuju ke rumahnya untuk pulang. Akhirnya, Rin dan Nadeshiko memutuskan untuk berkemah bersama, sembari menikmati pemandangan indah Gunung Fuji di waktu malam hari. Dalam perjalanannya, Nadeshiko dan Rin, bertemu dengan teman-teman baru yang lain, yakni Chiaki, Aoi, dan Ena. Kelimanya pun kemudian membangun hubungan pertemanan melalui perkemahan itu. Pace cerita yang lambat dengan visual yang menawan rasanya bisa jadi alasan pas anime ini jadi salah satu rekomendasi anime sambil menunggi buka buasa.

1 Anime Bergenre Shounen

Rekomendasi anime untuk menantikan buka puasa yang terakhir adalah anime bergenre Shounen. Ini tentunya bisa jadi salah satu pilihan utama dari Geeks yang menantikan momen berbuka puasa. Hal ini mengingat ada banyak series anime shounen yang populer dan bahkan saat ini masih tayang alias on-going. Misalnya, The Apothecary Diaries, Captain Tsubasa Season 2: Junior Youth Hen, dan sebagainya.

Dengan popularitas yang tinggi, tentunya anime bergenre shounen akan lebih banyak ditonton oleh mayoritas pecinta anime. Namun, selain beberapa anime baru yang sedang berlangsung Geeks juga bisa menyaksikan anime populer lainnya. Contohnya adalah Dr. Stone, Black Clover, Hunter X Hunter, Naruto, atau Bleach. Geeks bahkan bisa juga melakukan marathon untuk menonton anime One Piece.

Selain anime bergenre shounen di atas, baik yang baru atau yang sudah tamat, Geeks juga bisa menonton anima klasik yang tidak kalah seru dan menarik. Contohnya adalah Beyblade, Yu-Gi-Oh!, Let’s And Go, Cyborg Kurochan, Detective Conan, Dragon Ball, Initial D, Saint Seiya, Crayon Shin-Chan, Hamtaro, dan bahkan Doraemon. Selain membuat waktu jadi tidak terasa, series anime klasik tersebut tentunya akan juga membawa nostalgia bagi para penontonnya.

Menantikan waktu buka puasa menjadi momen yang tentunya sangat dinantikan oleh semua umat muslim. Selain membaca Al-Qur’an, berdzikir, atau mengikuti kajian, salah satu hal yang juga bisa dilakukan untuk menunggu buka puasa adalah menonton anime. Beberapa anime bisa membuat momen menunggu buka puasa menjadi tidak terasa.

Exit mobile version