Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Film Penculikan yang Diadaptasi Kisah Nyata!

5 Film Penculikan yang Diadaptasi Kisah Nyata!

Film yang diadaptasi dari kisah nyata memang memiliki pesonanya tersendiri. Dari film ini, kita bisa mengetahui tentang sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu dan membayangkan apa-apa saja yang terjadi dengan sang karakter utama. Biasanya film adaptasi kisah nyata menceritakan tentang kejadian-kejadian tragis, dan biasanya kejadian tersebut sangat terkenal di masa lalu. Menariknya nih Geeks, ada beberapa film tentang penculikan yang benar-benar di adaptasi dari kisah nyata. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

5 3096 Tage

Film ini didasarkan pada kisah nyata Natascha Kampusch, seorang gadis Austria yang diculik pada tahun 1998 dan disandera selama lebih dari delapan tahun. 3096 Tage dirilis pada tahun 2013 dan disutradarai oleh Sherry Hormann. Sementara itu, Antonia Campbell-Hughes memerankan Natascha Kampusch, dan Thure Lindhardt memerankan penculiknya, Wolfgang Přiklopil. Judul film ini, 3096 Tage, mengacu pada jumlah hari atau sekitar delapan tahun di mana Natascha Kampusch disandera.

3096 Tage mengikuti perjalanan yang mengguncangkan dari Natascha Kampusch, seorang gadis muda Austria yang diculik saat berusia delapan tahun oleh Wolfgang Přiklopil. Přiklopil menyandera Natascha di ruang bawah tanah kecil di rumahnya selama lebih dari delapan tahun, mengisolasi dan menyiksa dia secara fisik dan emosional.

Selama masa penyanderaan yang mencekam itu, Natascha berusaha untuk bertahan hidup dengan mempertahankan sedikit harapan dan semangat yang tersisa. Sementara itu, orangtuanya berjuang dengan putus asa untuk menemukan dan menyelamatkan Natascha, tetapi upaya mereka sering kali bertemu dengan rintangan dan kegagalan. Film ini menggambarkan dinamika yang kompleks antara Natascha dan Přiklopil selama masa penyanderaan.

4 All the Money in the World

Film ini menjadi sorotan karena sempat melakukan pergantian pemeran secara mendadak setelah Kevin Spacey terlibat dalam kontroversi kasus pelecehan. Dia kemudian digantikan dengan Christopher Plummer untuk memerankan J. Paul Getty. Disutradarai oleh Ridley Scott, All the Money in the World berkisah tentang penculikan tragis John Paul Getty III, cucu dari miliarder minyak kaya raya J. Paul Getty.

Ketika John Paul Getty III diculik oleh sekelompok penjahat Italia, sang penculik meminta tebusan yang sangat besar dari keluarga Getty. Namun, ketika ibu John Paul Getty III, Gail Harris (Michelle Williams), meminta bantuan kepada J. Paul Getty untuk membayar tebusan, ia menolak, menganggapnya sebagai tuntutan uang yang sia-sia. Gail kemudian berjuang untuk membebaskan putranya dengan bantuan dari mantan agen CIA, Fletcher Chase (Mark Wahlberg).

Film ini memang berdasarkan kisah nyata penculikan John Paul Getty III pada tahun 1973 dan upaya dramatis keluarganya untuk membebaskannya. Meskipun penggantian pemeran dilakukan pada tahap pengeditan, tetapi Christopher Plummer sukses merekam semua adegannya sebagai pengganti Spacey hanya dalam waktu seminggu. Menariknya, Christopher Plummer mendapatkan nominasi Aktor Pendukung Terbaik di Academy Awards untuk perannya sebagai J. Paul Getty ini.

3 Alpha Dog

Alpha Dog disutradarai oleh Nick Cassavetes, yang juga dikenal atas karyanya dalam film-film seperti The Notebook dan My Sister’s Keeper. Film ini didasarkan pada kisah nyata dari kasus penculikan dan pembunuhan Nicholas Markowitz pada tahun 2000 di California. Film ini menampilkan sejumlah aktor terkenal, termasuk Emile Hirsch, Justin Timberlake, Ben Foster, Amanda Seyfried, Anton Yelchin, Sharon Stone, dan Bruce Willi.

Alpha Dog mengisahkan kisah tragis penculikan dan pembunuhan seorang remaja bernama Zack Mazursky (Anton Yelchin) oleh sekelompok pemuda yang terlibat dalam dunia narkoba di California Selatan. Cerita berpusat pada Johnny Truelove (Emile Hirsch), seorang bandar narkoba muda yang memutuskan untuk menculik Zack sebagai bentuk pemerasan terhadap saudaranya yang berutang. Namun, situasi berubah menjadi semakin berbahaya ketika saudara Zack tidak membayar tebusan, dan para pemuda tersebut menemukan diri mereka terjebak dalam kekerasan dan keputusan yang fatal.

Dalam perjalanan yang gelap dan mendebarkan, Alpha Dog menyajikan gambaran yang mengerikan tentang kehidupan remaja yang terjerumus ke dalam kejahatan. Film ini menimbulkan kontroversi karena dianggap menyimpang dari kisah nyata. Beberapa kritikus memang mempertanyakan keakurasian film ini.

2 Fargo

Film Fargo disutradarai oleh Joel Coen dan Ethan Coen, yang dikenal sebagai duo sutradara yang sukses dengan banyak karya mereka, termasuk No Country for Old Men dan The Big Lebowski. Cerita dalam Fargo diilhami oleh kejadian nyata yang terjadi di Minnesota pada tahun 1987, meskipun banyak elemen cerita diromantisasi dan dimodifikasi untuk keperluan film. Salah satu hal yang membuat Fargo berbeda adalah karakter-karakternya yang unik dan khas, termasuk tokoh-tokoh seperti Jerry Lundegaard (William H. Macy) dan Carl Showalter (Steve Buscemi).

Fargo mengisahkan tentang Jerry Lundegaard (William H. Macy), seorang salesman mobil yang bermasalah keuangan dan merencanakan penculikan istrinya sendiri dengan bantuan dua penjahat, Carl Showalter (Steve Buscemi) dan Gaear Grimsrud (Peter Stormare).
Namun, rencana mereka segera berantakan ketika segala sesuatu mulai berjalan tidak sesuai rencana, dan situasi semakin rumit ketika polisi lokal Marge Gunderson (Frances McDormand) mulai menyelidiki kasus penculikan tersebut.

Sementara itu, kekacauan dan kekonyolan terjadi di sepanjang jalan saat Jerry, Carl, dan Gaear berusaha menyembunyikan jejak kejahatan mereka. Skoring musik film ini diciptakan oleh Carter Burwell dan memberikan atmosfer yang khas dan mendukung cerita film.

1 12 Years a Slave

12 Years a Slave mengisahkan kisah nyata Solomon Northup, seorang pria Afrika Amerika yang hidup sebagai seorang lelaki bebas di New York pada tahun 1840-an. Namun, hidupnya berubah drastis ketika dia diculik dan dijual menjadi budak di Louisiana.
Selama 12 tahun, Solomon mengalami penderitaan dan kekejaman sebagai seorang budak, dipaksa bekerja di ladang kapas dan disiksa oleh para pemiliknya. Dia berjuang untuk bertahan hidup dan mencari cara untuk mendapatkan kembali kebebasannya.

Dengan kekuatan tekad dan semangat yang tak tergoyahkan, Solomon menemukan cara untuk mengirim pesan kepada teman-temannya di New York, yang akhirnya membantu dia dibebaskan dari perbudakan dan kembali kepada keluarganya. Film ini menampilkan kisah perjuangan dan ketahanan Solomon yang menjadi simbol dari keberanian dan keteguhan hati dalam menghadapi ketidakadilan dan penindasan.

12 Years a Slave disutradarai oleh Steve McQueen dan ditulis oleh John Ridley. Film ini diadaptasi dari memoir tahun 1853 karya Solomon Northup yang berjudul sama dan membintangi Chiwetel Ejiofor sebagai Solomon Northup. Filmnya juga meraih banyak penghargaan termasuk Academy Award untuk kategori Best Picture, Best Supporting Actress untuk Lupita Nyong’o, dan Best Adapted Screenplay untuk John Ridley.

Itulah dia Geeks beberapa film penculikan yang diadaptasi dari kisah nyata. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak. Di antara film-film tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version