Home SERIES SERIES FEATURES 6 Tayangan MCU yang Terancam Batal!

6 Tayangan MCU yang Terancam Batal!

Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah jagat sinetmatik yang berisikan serangkaian film  dan series superhero yang diproduksi oleh Marvel Studios. MCU didasarkan pada karakter-karakter yang muncul dalam bukunya. Franchise ini dimulai dengan rilis Iron Man pada tahun 2008, yang diikuti oleh film-film lain yang saling terkait. Sayangnya nih Geeks, setelah lebih dari 1 dekade berjalan, ada penurunan jumlah penonton dan kualitas dari film-film MCU. Karena itulah Disney selaku induk perusahaan ingin memangkas beberapa tayangan MCU yang dianggap tidak potensial. Apa saja tayangan MCU yang terancam batal? Simak berikut ini!

6 Thor 5

Pada Oktober 2023 kemarin, Taika Waititi mengkonfirmasi bahwa dirinya tidak akan dilibatkan lagi dalam Thor 5. Waititi sendiri sebelumnya sukses menggarap film ketiga Thor berjudul Thor: Ragnarok. Film tersebut memang sukses besar, dan mendapatkan ulasan positif. Karena tak lagi didapuk sebagai sutradara Thor 5, Waititi pun sempat mengucapkan kalimat perpisahan terakhirnya.

Waititi mengatakan, “Saya tahu saya tidak akan terlibat. Saya mencitai Marvel, saya suka bekerja sama dengan mereka. Saya mencintai Chris (Hemsworth). Saya tidak akan pernah merasa mereka berselingkuh dari saya. Kita berada dalam hubungan terbuka, dan jika mereka ingin melihat orang lain, saya senang dengan itu.”

Thor 5 sendiri sudah sering disebut bakal digarap oleh Marvel Studios, meski Marvel Studios masih belum mengkonfirmasinya. Dengan perubahan yang ingin dilakukan Disney terhadap MCU, ada kemungkinan jika Marvel Studios tidak jadi membuat filmnya. Apalagi, Thor: Love and Thunder yang rilis tahun 2023 kemarin gagal bersinar di box office, dan dianggap sebagai salah satu film MCU terburuk.  Kita tunggu aja ya Geeks bagaimana nasib film ini nanti.

5 Armor Wars

Armor Wars tadinya disiapkan untuk menjadi proyek di phase 5. Menariknya nih Geeks, Marvel Studios sendiri mengubah rencana awal, yang tadinya ingin membuat Armor Wars sebagai series menjadi film. Meski ada perubahan besar yang terjadi, tetapi Yassir Lester masih ditunjuk untuk tetap menggarap naskahnya. Marvel Studios sudah mengkonfirmasi bahwa mereka mengubah Armor Wars menjadi film karena anggaran pembuatan sebuah series sangat terbatas, sementara film lebih leluasa.

Apalagi proyek tersebut menampilkan banyak efek visual, sehingga anggaran series tidak akan cukup merealisasikannya. Don Cheadle akan membintangi film Armor Wars. Dia kembali memerankan James Rhodey alias War Machine. Rhodey nantinya memiliki kesempatan bersinar sebagai karakter utama, setelah sebelumnya dia hanya muncul sebagai karakter pendukung. Sayangnya nih Geeks, meski memiliki cerita yang menjanjikan, tetapi Armor Wars masih belum memiliki tanggal rilis pasti.

Ada kemungkinan jika Armor Wars menjadi proyek yang dibatalkan, mengingat hingga saat ini, belum ada jadwal rilis yang diumumkan dari proyek ini. Padahal berbagai film MCU lainnya telah mengalami pergeseran jadwal rilis, seperti yang dialami dengan Deadpool 3, Thunderbolt, hingga Captain America 4.

4 Series Spinoff Wakanda

Setelah sukses besar dengan film Black Panther dan Black Panther: Wakanda Forever untuk Marvel Studios, sutradara Ryan Coogler belum akan berhenti untuk menyutradarai proyek lainnya di MCU. Pasalnya Coogler telah menyetujui untuk bekerjasama lagi dengan Marvel Studios selama lima tahun. Dalam kesepakatan itujugalah Coogler mengembangkan sebuah series spinoff dari Black Panther, yang berfokus kepada Wakanda.

Series tersebut berjudul The Golden City. Namun yang harus dicatat bahwa itu adalah judul sementara, dan sewaktu-waktu dapat berubah. Selain itu, belum ada pengumuman resmi tentang jadwal rilis seriesnya. Saat berbicara kepada Collider setelah perilisan film Black Panther: Wakanda Forever, produser Marvel Studios, Nate Moore mengungkapkan bahwa series Wakanda ini mungkin “tidak diinginkan orang-orang”.

Tetapi Moore mengatakan bahwa banyak ide-ide hebat yang diajukan kepada Coogler untuk series tersebut. Sejauh ini, belum ada pengumuman tentang siapa pemeran, karakter, atau orang-orang dibelakang layar yang terlibat dalam pembuatan series ini. Tetapi mengingat perubahan rencana Disney yang masif terjadi, besar kemungkinan series ini dibatalkan.

3 Series Okoye

Selain series tentang Wakanda, Ryan Coogler juga akan membuat tayangan MCU lain yang berfokus kepada Okoye. Buat Geeks yang lupa, Okoye pertama kali diperkenalkan dalam film Black Panther (2018). Dia adalah salah satu dari Dora Milaje, kelompok elit prajurit perempuan Wakanda yang bertugas melindungi raja dan kerajaan. Okoye juga bertugas sebagai Dora Milaje dan memiliki dedikasi yang tak tergoyahkan terhadap Wakanda dan tradisi-tradisinya.

Dia adalah seorang prajurit yang kuat, berbakat, dan setia. Sebagai Dora Milaje, Okoye adalah ahli dalam berbagai teknik bela diri, termasuk seni pedang dan pertarungan tangan kosong. Dia adalah salah satu prajurit terbaik dalam kerajaan Wakanda. Mengingat latar belakang karakternya yang menarik, wajar saja jika Marvel Studios dan Ryan Coogler berencana membuat series ini.

Tetapi sejak berita tentang dibuatnya series Okoye menyebar di tahun 2023 lalu, sangat jarang informasi terbaru tentang series ini. Tetapi sepertinya series ini bakal menceritakan tentang asal-usul dari Okoye, yang selama ini tidak pernah diceritakan secara gamblang di MCU. Tidak diketahui secara pasti siapa saja pemeran yang terlibat dalam proyek ini, tetapi sepertinya Danai Gurira didapuk sebagai pemerannya. Namun setelah Disney berencana membuat banyak perubahan di MCU, sepertinya series ini akan terkena dampak.

2 Wonder Man

Wonder Man menjadi salah satu series MCU yang sedang dalam pengembangan. Pengembangan series ini memang mengalami pasang-surut, terutama akibat adanya mogok kerja dari para aktor dan penulis di Hollywood. Perkembangan series ini memang tidak banyak diketahui. Tetapi informasi menyebutkan bahwa pada Februari kemarin, series ini belum memulai syuting, namun para kru sedang mempersiapkan lokasi syutingnya. Dan bahkan sempat terjadi sebuah tragedi di lokasi syutingnya yang merenggut nyawa dari salah satu kru seriesnya.

Menurut sang produser, Stephen Broussard, series ini nantinya akan tetap menampilkan asal-usul sang karakter sesuai dengan komiknya. Jadi series ini benar-benar mengadaptasi kisah dari komiknya nanti. Meskipun detail plot masih sedikit yang terungkap, Broussard menjanjikan bahwa Wonder Man berbeda dengan proyek Marvel lainnya sejauh ini. Salah yang membedakan adalah jumlah episodenya, di mana Wonder Man bakal memiliki 10 episode, yang lebih banyak dari series lainnya di MCU.

Namun Geeks, bisa saja pembuatan series ini dibatalkan oleh Disney, mirip seperti yang pernah dialami oleh film Batgirl, di mana film tersebut dibatalkan meski ditengah produksi filmnya yang tengah berlangsung. Wonder Man sendiri memang nama yang kurang begitu populer, sehingga mungkin Disney menganggap bahwa series ini pada akhirnya mulai tidak potensial.

1 Avengers 5 / Avengers: The Kang Dynasty

Terakhir, tayangan MCU yang terancam dibatalkan adalah Avengers 5 atau yang dulunya dikenal sebagai Avengers: The Kang Dynasty. Proyek ini awalnya memang sangat menjanjikan karena akan menampilkan Kang the Conqueror sebagai villain utamanya. Tetapi semua rencana itu sinar setelah sang aktor, Jonathan Majors, didepak dari MCU setelah masalah hukum yang menjeratnya.

Karena itulah tidak adalagi pemeran Kang the Conqueror di MCU, sehingga karakternya kemungkinan akan ditinggalkan. Beberapa waktu lalu, Marvel Studios juga telah mengubah judul awal filmnya, dari yang awalnya Avengers: The Kang Dynasty menjadi Avengers 5. Ada kemungkinan jika di film Avengers 5 nanti, Kang the Conqueror sudah tidak lagi menjadi villain utamanya, dan dia digantikan dengan villain lainnya.

Tetapi ada juga kemungkinan jika film ini kemudian dibatalkan, mengingat kacaunya rencana awal Marvel Studios setelah kehilangan pemeran Kang. Mungkin saja Marvel Studios pada akhirnya hanya akan menghadirkan Avengers: Secret Wars, sebagai satu-satunya film Avengers yang dirilis di phase 6 MCU. Rencana itu rasanya cukup masuk akal karena Marvel Studios tidak perlu repot-repot memikirkan apa yang terjadi di film Avengers 5 nanti.

Itulah dia geeks beberapa film MCU yang terancam dibatalkan setelah Disney berencana untuk mengurangi jumlah tayangan mereka. Selain itu, untuk film Avengers 5, film ini menjadi terancam gagal setelah dipecatnya Jonathan Majors. Di antara film-film tersebut, mana yang ingin kalian lihat?

Exit mobile version