Home SERIES SERIES FEATURES 7 Zombie Transformers Yang pernah Eksis!

7 Zombie Transformers Yang pernah Eksis!

Banyak Geeks yang mungkin belum tahu jika beberapa Transformers pernah berubah menjadi makhluk mitologi mengerikan zombie. Dalam cerita Transformers biasanya kita menemukan cerita tentang pertempuran epik antara pihak Autobots dan juga Decepticons. Tidak jarang kita juga menemukan berbagai faksi yang juga menarik selain keduanya. Namun, yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah bagaimana para Transformers ini nyatanya ada yang pernah menjadi zombie. Siapa saja?

7 Cliffjumper

Zombie Transformers yang pernah eksis pertama adalah Cliffjumper. Dalam sejarah franchise Transformers ada banyak sekali versi Cliffjumper yang telah diperkenalkan kepada penggemar. Pada dasarnya dia adalah Autobots yang sering dianggap sebagai ‘kembaran’ dari Bumblebee versi warna merah. Cliffjumper pertama kali muncul dalam series animasi Transformers pertama yang tayang pada tahun 1984.

Meskipun memiliki peran yang cukup kecil dalam series animasi tersebut, Cliffjumper telah menjadi karakter yang ikonik dalam franchise Transformers. Cliffjumper selalu siap bertarung. Dengan kebencian yang mendalam terhadap Decepticons, dia selalu berada di garis depan ketika dibutuhkan. Yang menarik adalah dari sekian banyak versi Cliffjumper yang ada versi Transformers: Prime adalah yang paling kontroversial sekaligus paling unik.

Dalam alur ceritanya Cliffjumper harus menghadapi nasib tragis di mana dia dibunuh oleh Starscream pada episode perdana. Namun, dia kemudian bangkit dari kematiannya dan diceritakan berubah menjadi zombie setelah terkena percikan Dark Energon. Hasilnya dia menjadi Transformers pengkhianat sebagai bagian dari Terrorcons yang ingin menghancurkan para Autobots.

6 Skyquake

Banyak orang yang beranggapan bahwa Skyquake merupakan Transformers yang sangat luar biasa yang memang cocok untuk menjadi pasukan Decepticons. Dia merupakan sosok yang sangat kuat, memiliki daya tahan yang mengerikan, dan sangat percaya apa yang dia yakini. Reputasi dari Skyquake juga tidak kalah dahsyat. Skyquake sendiri merupakan kembarangan dari Dreadwing.

Berbeda dengan sang kakak, Skyquake memang selalu mengandalkan otot daripada otak. Meskipun begitu, kekuatan dan kedahsyatan dari Skyquake sendiri membuatnya bisa bertarung menghadapi Optimus Prime. Meskipun begitu, Skyquake sering kali mendapatkan penghinaan dari Megatron yang mana membuatnya memiliki kebencian terhadap Decepticons dan pemimpinnya. Dia bahkan merencanakan pengkhianatan.

Namun, suatu hari, Dreadwing mengetahui sebuah fakta mengejutkan bahwa Starstream sengaja mengubah adiknya Skyquake menjadi zombie Terrorcons dengan Dark Energon. Dari sinilah Dreadwing kemudian memutuskan untuk membantu Optimus Prime dan para Autobots dalam mengalahkan Decepticons. Di sisi lain dia sendiri punya tujuan untuk membalaskan dendam adiknya kepada Starscream.

5 Optimus Primal

Pasca pemimpin dari Maximals, yaitu Optimus Primal, mengorbankan dirinya untuk bisa mengalahkan Planet Buster, tubuhnya pun melayang di luar angkasa tepatnya di orbit bumi. Namun, Megatron kemudian melihat peluang yang sangat besar dari hal tersebut. Dalam hal ini, Megatron berusaha untuk membuat pasukan dari para mayat Maximals yang berhasil dia kumpulkan.

Megatron kemudian membangkitkan Optimus Primal sebagai zombie, yang mana setelah dia bangkit sebagai zombie dia pun kemudian menjadi sosok pemimpin atau penguasa dari pasukan Megatron. Untungnya, sebelum Optimus Primal benar-benar berubah permanen menjadi zombie para Maximals lainnya kemudian berhasil menyelamatkannya. Mereka menyuntikan Spark dari Optimus Primal.

Hal itu pun membuat pemimpin Maximals tersebut kembali sadar dan menjadi seperti seperti semula. Meskipun begitu, yang menarik kemudian adalah Optimus Primal bukan hanya sekali menjadi zombie Transformers. Dia dua kali berubah menjadi zombie dalam dua cerita berbeda; Beast Wars Metals dan Beast Wars Reborn. Dalam cerita Reborn Optimus Primal tidak tewas, melainkan amnesia.

4 Kup

Kup merupakan salah satu dari Autobots tertua dan salah satu yang terkuat. Kup sangat beruntung karena kemampuannya yang dapat dengan mudah untuk melakukan peningkatan dari segi parts untuk tubuhnya. Karena kemampuannya tersebut, dia sudah mengalami dan terlibat berbagai peperangan yang terjadi sejak ribuan tahun lalu. Dia juga pernah ikut bertempur dalam perang saudara di Cybertron.

Dalam cerita komik Transformers: The Infestation dia sempat mengalami peristiwa halusinasi saat bertugas. Dia menduga bahwa para Autobots yang hendak menyelamatkannya sebagai musuh. Hal ini karena situasi di planet tempat Kup bertugas dan juga pakaian yang Autobots kenakan yang merupakan armor anti radiasi. Meskipun begitu, Kup nyatanya pernah berubah menjadi zombie.

Pasukan zombie yang dipimpin oleh Britt sang vampir sempat menyerang pasukan Galvatron dan pasukan Sweeps miliknya. Dan Kup ternyata juga terinfeksi oleh virus yang Britt dan pasukannya sebarkan. Akibat dari hal tersebut, Britt pun mendapatkan informasi tentang planet Cybertron mulai dari sejarah hingga terknologi yang digunakan. Ketika Britt hendak menyebarkan virus zombie di era awal Cyberton, Prowl muncul dan mengirim Kup serta Britt dan pasukannya ke Dead Universe.

3 Decepticons

Sudah sejak awal Decepticons merupakan salah satu kekuatan dahsyat dalam cerita Transformers. Mereka adalah rival abadi dari Autobots dalam berbagai hal, meskipun terkadang kedua kubu ini tidak jarang juga saling bekerja sama. Namun, seluruh Decepticons pernah dirubah menjadi pasukan zombie tanpa tujuan dan mengerikan oleh sosok Starscream yang sengaja mengubah mereka.

Dalam cerita komik Titan Transformers Comic #7 pasca kematian dari Megatron, Strarscream kemudian menunjuk dirinya sendiri untuk menjadi pemimpin dari Decepticons. Sayangnya, semua Decepticons yang dia pimpin sudah tewas. Menyadari jika alat dari AllSpark memiliki jiwa, Starscream kemudian menghancurkan AllSpark tersebut yang kemudian digunakan untuk membangkitkan para Decepticons dari kematian.

Hasilnya adalah Starscream berhasil menciptakan pasukan zombie Decepticons yang mengerikan. Mereka tidak memiliki fungsi apapun selain hanya berjalan tanpa tujuan dan berusaha untuk menghabisi lawannya. Bahkan, pasukan zombie ini hampir saja berhasil meyapu bersih semua pasukan Autobots sebelum Ratchet berhasil menemukan cara untuk bisa menghentikan mereka.

Pasukan Decepticons juga sebenarnya pernah menjadi pasukan zombie dalam alur cerita komik Loose Ends. Dalam cerita komik di tahun 2012 ini, Megatron menggunakan informasi yang dia ketahui dari Ratchet untuk membangkitkan para pasukan Decepticons pasca cerita Underbase Saga. Namun, Megatron memutuskan untuk membuat mereka kehilangan fungsi otak utamanya agar tidak terjadi pemberontakan.

Akhirnya, para pasukan yang dibangkitkan dari kematian tersebut berubah menjadi pasukan zombie yang memiliki satu tujuan yaitu mengikuti perintah dari Megatron. Selain pasukan dari Decepticons, ternyata Megatron pun membangkitkan kembali pasukan Autobots dari kematiannya dan juga merubahnya menjadi pasukan zombie. Sayangnya, di akhir cerita para zombie tersebutkemudian dihancurkan oleh Ultra Magnus.

2 Megatron

Dalam cerita Transformers Animated episode 14 yang berjudul “Nature Calls,” para fans diperkenalkan dengan Space Barnacles. Itu merupakan parasit hidup yang bisa mengubah makhluk lainnya untuk berubah menjadi zombie setelah energi kehidupan mereka diserap. Meskipun begitu, Space Barnacles juga nampak bisa menggunakan tubuh dari Transformers yang sudah tewas untuk menjadi zombie.

Hal ini terjadi kepada Megatron, di mana Space Barnacles berhasil membangkitkannya dari kematian. Parasit tersebut kemudian tumbuh dan berkembang di tubuh Megatron yang mana membuatnya kemudian menjadi makhluk atau mesin yang sama seperti halnya Space Barnacles. Sehingga, pada dasarnya, mereka yang dibangkitkan oleh Space Barnacles berubah menajdi zombie dan bisa menularkannya kepada yang lain.

Dengan sebuah kontak biasa, robot yang terinfeksi oleh Megatron atau zombie Transformers lainnya akan berubah menjadi robot yang tidak memiliki pikiran dan siap untuk menyebarkan virus lainnya. Prowl dan Bumblebee sebenarnya pernah menjadi korban dari serangan infeksi ini, namun Sari kemudian berhasil menembak Space Barnacle dengan air panas yang kemudian menyembuhkan semuanya.

1 Optimus Prime

Zombie Transformers yang pernah eksis terakhir adalah Optimus Prime. Seperti halnya Cliffjumper dan juga berbagai Transformers lainnya, Optimus Prime memiliki banyak iterasi dan versi. Dalam versi kartun G1, Rodimus Prime dan yang lain kemudian menemukan sebuah makam yang sangat besar. Makam mengapung tersebut menjadi tempat pemakaman dari banyak Autobots pasca peristwia Transformers: The Movie.

Dalam makam yang berupa kapal luar angkasa tersebut mereka semua terkejut ketika Optimus Prime ternyata masih hidup. Namun, mereka kemudian menyadari jika Optimus Prime tersebut sudah tidak seperti yang emreka kenal. Karena, itu merupakan zombie Optimus Prime. Sosok villain Quintessons yang ternyata bertanggung jawab membangkitkan kembali Optimus Prime sebagai zombie.

Sang villain sengaja membangkitkan kembali Optimus Prime sebagai zombie sekaligus robot peliharaan yang bisa dia kendalikan sesuka hati. Dan ini juga merupakan salah satu rencana dari Quintessons untuk menghancurkan Autobots. Yang menarik kemudian adalah meskipun sudah berubah menjadi zombie, Optius Prime masih bisa menyelamatkan yang lain meskipun anggota tubuhnya tidak lengkap.

Zombie nyatanya menjadi salah satu elemen yang menarik yang bukan hanya muncul di dunia film, melainkan juga dalam universe Transformers. Dalam hal ini, beberapa Transformers da yang pernah berubah menjadi zombie akibat terkena infeksi dari robot lain atau karena faktor lain.

Exit mobile version