Home SERIES SERIES FEATURES Shogun: 10 Karakter Ini Terinspirasi Dari Sosok Nyata!

Shogun: 10 Karakter Ini Terinspirasi Dari Sosok Nyata!

Para karakter dalam series Shogun nyatanya terinspirasi dri sosok nyata yang memiliki peranan dalam sejarah aslinya. Series Shogun saat ini sedang menjadi perbincangan hangat dengan berhasil memecahkan rekor jumlah penonton. Menurut laporan terbaru, series tersebut berhasil mendapatkan sembilan juta penonton yang mana menjadi catatan rekor luar biasa bagi platform streaming FX. Beberapa karakter utama dalam series Shogun terinspirasi dari sosok nyata. Siapa saja mereka?

10 Kashigi Omi – Honda Masazumi

Karakter series Shogun yang terinspirasi dari sosok nyata yang pertama adalah Kashigi Omi. Dalam alur cerita Shogun, karakter Kashigi Omi merupakan salah satu karakter muda. Dia merupakan keponakan dari Kashigi Yabushige. Memiliki jabatan sebagai pemimpin dari desa Ajiro, Kashigi Omi dianggap sebagai salah satu karakter yang juga sangat cerdas.

Bahkan, dia menjadi kunci dalam berbagai rencana yang pamannya hadirkan. Sosok Kashigi Omi sendiri sudah muncul sejak awal cerita, di mana dia menjadi sosok yang pertama kali menemukan John Blackthorne dan anak buahnya saat mereka pertama kali mendarat di Jepang, tepatnya di desa Ajiro. Karakter Kashigi Omi sendiri terinspirasi dari Honda Masazumi.

Honda Masazumi sendiri merupakan sosok samurai yang berasal dari era Edo. Dia merupakan sosok samurai yang berada di bawah kekuasaan sosok Shogun Tokugawa Ieyasu. Dia pun kemudian menjadi salah satu Daimyo atau pemimpin wilayah dan jadi salah satu petinggi di jajaran pemerintahan Ieyasu. Karakternya sendikri diperankan oleh Hiroto Kanai, aktor Jepang berusia 31 tahun.

9 Toda Mariko – Hosokawa Gracia/Akechi Tama

Toda Mariko merupakan karakter yang diperankan oleh aktor Jepang Anna Sawai. Karirnya di dunia akting melonjak ketika dia berperan sebagai Elle, sosok penerus dari Han Lue dalam film F9. Toda Mariko sendiri merupakan sosok karakter yang terinspirasi dari sosok nyata bernama Akechi Tama atau Hosokawa Gracia. Tama lahir pada tahun 1563 dan merupakan putri dari sang penguasa, Akechi Mitsuhide.

Tama menghabiskan banyak masa mudanya dengan menjalani kehidupan sebagai seorang putri kerajaan, sedangkan ayahnya kemudian terus mengalami peningkatan karir politik. Dia pun akhirnya menjadi bagian dari pemerintahan Shogun Oda Nobunaga. Pada tahun 1578 atau usianya 15 tahun, Tama kemudian menikahi Tadaoki. Dia merupakan anak tertua dari Fujitaka Hosokawa.

Tadaoki sendiri merupakan sosok pria yang memang sangat ahli dalam hal strategi militer, selain juga merupakan pria yang sangat terpelajar. Dia banyak menguasai berbagai macam hal mulai dari upacara minum teh, melukis, dan sebagainya. Meskipun kehidupan mereka sangat bahagia dengan lima orang anak, namun hal mengerikan terjadi yang membuat nyawa dari Tadoki melayang.

8 Ochiba-No-Kata/Lady Ochiba – Yodo-No-Kata

Karakter Shogun yang terinspirasi dari sosok nyata selanjutnya adalah Lady Ochiba. Sosok Lady Ochiba atau Ochiba-No-Kata terinspirasi dari sosok Yodo-no-Kata. Diantara para putri para samurai, Yodo-no-Kata dianggap sebagai sosok yang paling dramatis dalam hidupnya. Lahir dengan nama aslu Azai Chacha, Yodo-no-Kata merupakan anak dari sosok penguasa bernama Azai Nagamasa.

Ibunya sendiri bernama Oichi-no-Kata, merupakan adik dari Oda Nobunaga. Meskipun ibunya kemudian dinikahi oleh klan Oda demi mempererat hubungan klan Azai dan Oda, namun sang ayah justru berpihak kepada klan Asakura. Klan tersebut sudah sejak lama menjadi sekutu bagi klan Azai. Dan sang ayah memutuskan untuk tetap bergabung dengan mereka ketika klan Oda menyerang klan Azai. Pasca kejadian tersebut, Lady Ochiba kemudian tinggal bersama ibunya dan sang adik di bawah perlindungan Oda Nobunaga.

Dalam cerita Shogun, Lady Ochiba merupakan istri dari Taikou sebelumnya di mana dia menjadi sosok yang “bertugas” untuk melahirkan anaknya. Dia sekarang merupakan ibu dari Yaechiyo, yang merupakan pewaris dari sang Taikou. Lady Ochiba sadar betul masa depan anaknya yang bisa menjadi sosok penting bagi perubahan besar di wilayah tersebut. Dia rela untuk melakukan apapun agar sang anak bisa selamat.

7 Martin Alvito – João Rodrigues

Father Martin atau Martin Alvito merupakan karakter Shogun yang terinspirasi sosok nyata bernama João Rodrigues. Lahir di Portugal, João Rodrigues datang pertama kali ke Jepang apda 1577 di usianya yang masih 15 tahun. Saat itu, dia masih merupakan kru atau pelaut biasa. Dia kemudian menghabiskan waktu tiga tahun untuk berlayar mengelilingi Jepang bersama kelompok Jesuit.

João Rodrigues kemudian menjadi fasih dalam bahasa Jepang dan hal tersebut membuatnya kemudian menjadi penerjemah antara pihak Jepang dan para Jesuit. Bahkan, ketika sosok Alessandro Valignano datang ke Jepang dan mengunjungi sang Taikou, Hideyoshi Toyotomi, João Rodrigues adalah penerjemah diantara keduanya. Dalam sejarahnya, João Rodrigues berperan dalam menghadirkan kamus besar bahasa Jepang yang bisa dipelajari oleh para penduduk Portugal.

Di series Shogun sendiri, Father Martin Alvito diceritakan sudah sejak lama berada di Jepang. Bersama para Jesuit lainnya, dia kemudian membangun komunitas Kristiani di Jepang. Mariko Toda merupakan salah satu pengikut dan muridnya, di mana dia belajar bahasa Portugal. Alvito sendiri menjadi salah satu sosok yang berusaha untuk menghancurkan Blackthorne karena dianggap menganggu bisnis para Jesuit.

6 Lady Kiri – Acha-no-Tsubone

Karakter Shogun yang terinspirasi dari sosok nyata lainnya adalah Lady Kiri. Karakter Lady Kiri sendiri terinspriasi dari sosok nyata bernama Acha-no-Tsubone atau Iida Suwa. Dia merupakan putri dari seorang pengikut sosok Takeda Shingen. Acha kemudian menikah dengan seorang samurai yang menjadi sekutu bagi klan Imagawa dan Takeda. Acha kemudian melahirkan dua orang putra.

Sayangnya, sang suami kemudian meninggal dunia. Tokugawa Ieyasu mengenal sosok Lady Kiri karena sebelumnya dia sempat menjadi tahanan dari keluarga Imagawa untuk waktu yang lama. Setelah dua tahun menjanda, Tokugawa Ieyasu kemudian menjadikannya sebagai salah satu selir. Meskipun Ieyasu memiliki banyak selir, namun Lady Kiri dianggap yang paling ideal sebagai sosok pendamping bahkan ketika di medan pertempuran.

Kiri-no-Kata atau Lady Kiri juga diceritakan menjadi salah satu istri dari sosok Yoshii Toranaga dan merupakan ibu dari putranya, Nagakado Yoshii. Meskipun sering diperlihatkan sebagai sosok yang luwes dan humoris dibandingkan para selir atau istri lainnya, namun dia merupakan sosok yang selalu siap untuk berkorban demi melindungi keluarganya dan juga warisannya.

5 Lady Iyo/Daiyoin – Nene

Sosok nyata dari karakter Shogun satu ini adalah Nene atau yang juga disebut sebagai Koudai-in. Dia merupakan istri dari Hideyoshi Toyotomi. Nene merupakan putri dari Sughihara Sadatoshi. Karena sukses dalam karir militernya, Hideyoshi kemudian menjadi salah satu petinggi di klan Oda. Dia bahkan jadi pemimpin dari Kita-Omi pasca kemenangannya menghadapi klan Azai.

Ketika Hideyoshi pindah ke istana Nagahama, Nene juga ikut bersamanya. Dia kemudian menjadi sosok yang mengurus klan tersebut, termasuk dalam hal peperangan. Meskipun dia tidak memilki anak dari Hideyoshi, namun dia menjadi ibu bagi anak-anak para penguasa lainnya yang tinggal di istana. Dia juga yang mengajari para anak-anak tersebut berbagai macam hal.

Karakter Lady Iyo diperankan oleh aktor senior, Ako. Di series Shogun, dia memutuskan untuk menjadi seorang biarawan Buddha pasca kematian suaminya yang juga merupakan seorang Taikou. Meskipun dia setia kepada Toranaga, namun dia menyembunyikan sejarah dan rahasia kelam yang masih belum terungkap hingga sekarang.

4 Ishido Kazunari – Ishida Mitsunari

Sosok nyata dari karakter Ishido Kazunari dalam series Shogun adalah Ishida Mitsunari. Dia merupakan anak dari Ishida Masatsugu, seorang pemimpin wilayah di Provinsi Omi yang berada di bawah kekuasaan klan Azai. Mitsunari kemudian jadi pengikut dari Oda Nobunaga pasca wilayahnya berhasil dikalahkan oleh Hideyoshi Toyotomi di bawah nama klan Oda.

Sosok Ishida memang sangat luar biasa. Di usianya yang masih 14 tahun dia sudah menjadi samurai yang menagwal sang tuan. Dia kemudian bergabung dalam pertempuran di bagian barat Jepang saat melakukan invasi ke wilayah Mouri Terumoto. Di tahun 1582, Ishida menemani Hideyoshi dalam perjalanan panjang dari Takamatsu menuju Yamazaki. Dia dan sang tuan berhasil memenangkan pertempuran menghadapi pengikut yang mengkhianati sosok Oda Nobunaga.

Dalam cerita Shogun, sosok Ishido merupakan karakter yang awalnya adalah pengikut biasa. Namun, dia kemudian kemdian mampu mengalami peningkatan menjadi salah satu Busho atau penasihan militer paling kuat dan sekarang dia menduduki jabatan penting sebagai salah satu Council of Regents. Dia merupakan sosok penjaga dari istana Osaka yang berusaha untuk mendapatkan kekuatan dan kekuasaan.

3 Toda Hiromatsu – Hosokawa Fujitaka

Toda Hiromatsu merupakan sekutu dekat dan juga sahabat dari Yoshii Toranaga. Dia menjadi sosok kepercayaan dari sahabatnya tersebut. Hiromatsu juga menjadi pemimpin dari pasukan milik Toranaga, di mana dia sering dimintai pendapat dan masukannya dalam menghadirkan strategi perang. Putranya, Toda Buntarou, menikahi Mariko dan jadi sosok penting dalam pasukan militer milik Toranaga.

Karakter Toda Hiromatsu sendiri terinspirasi dari sosok nyata bernama Hosokawa Fujitaka. Ada perbedaan yang muncul dari karakter yang muncul dalam seriesnya dan sosok aslinya. Sosok Hosokawa sendiri sebenarnya bukanlah sahabat dan pengikut lama dari Yoshii Toranaga. Dia awalnya merupakan pengikut dari Ashikaga Yoshiaki. Ketika kemudian Yoshiaki dan Nobunaga berperang, Fujitaka memutuskan untuk berada di pihak klan Oda.

Dalam sejarahnya, Fujitaka banyak ikut bertarung dan terlibat dalam pertempuran di bawah nama klan Oda. Dia sering kali diceritakan bersama dengan rekannya, Akechi Mitsuhide, yang merupakan salah satu jendral lainnya dari Nobunaga dan juga merupakan mantan pengikut dari Yoshiaki. Dia sangat menguasai kemampuan berpedang dan memanah, selain juga dalam hal seni.

2 John Blackthorne – William Adams

Salah satu protagonis utama dalam series Shogun, John Blackthorne. Dia merupakan navigator yang berasal dari Inggris di mana kapalnya terseret arus ke wilayah Jepang. Saat itu, Portugal menjadi satu-satunya negara Eropa yang ada di wilayah Jepang. Blackthorne merupakan pedagang yang mewakili pihak Inggris, Spanyol, dan Belanda. Dia sekarang menjadi sekutu dan sosok penting bagi Yoshii Toranaga demi merebut kembali kebebasan yang dia miliki.

Karakter John Blackthorne diperankan oleh aktor Cosmo Jarvis, di mana karakternya terinspirasi dari sosok pelaut Inggris bernama William Adams. Dalam sejarahnya, sosok William Adams  memililiki peranan penting terutama ketika pihak Inggris berkonflik dengan Spanyol pada tahun 1588. Dia bergabung dengan pasukan angkatan laut pihak kerajaan di mana dia menjadi kapten bagi kapal suplai.

Pada 1598 dia bergabung dalam sebuah ekspedisi di mana Adams menjadi navigator. Dalam ekspedisi inilah dia mengalami banyak hal buruk. Mulai dari terdampar di wilayah lain sampai harus mengalami kelaparan. Dan pada akhirnya, kapal yang dia tumpangi berlabuh di wilayah Jepang. Atas izin dari pemimpin wilayah Usuki akhirnya Adams bisa bertahan di Jepang dan menetap di sana.

1 Yoshii Toragana – Tokugawa Ieyasu

Karakter Shogun yang terinspirasi dari sosok nyata yang terakhir adalah Yoshii Toranaga. Karakter ini diperankan oleh aktor populer Hollywood Hiroyuki Sanada. Toranaga sendiri merupakan salah satu anggota dari Council of Regents dan merupakan sosok yang paling berpengaruh dan kuat. Meskipun begitu, pihak lainnya yang ada di Council of Regents justru berusaha untuk menyingkirkannya.

Hal inilah yang terjadi dalam alur cerita Shogun di mana mereka berusaha untuk menjadikan Toranaga tahanan di rumah sendiri. Sosok Yoshii Toranaga terinspirasi dari salah satu Shogun yang sempat berkuasa di Jepang, Tokugawa Ieyasu. Di usianya yang ke 17, Ieyasu terlibat dalam pertempuran pertamanya untuk sosok Yoshimoto. Kemudian, pada usia 20 tahun dia memimpin pertemuan di mana dia bertempur menghadapi Oda Nobunaga dalam Battle of Okehazama.

Sebenarnya, saat kecil Ieyasu memiliki nama asli Takechiyo sebelum kemudian dia mengganti namanya menjadi Motoyasu. Setelah kekalahannya dari pasukan Oda Nobunaga, Motoyasu kembali mengganti namanya menjadi Ieyasu. Di tahun 1556, Ieyasu kembali mengganti nama keluarganya menjadi Tokugawa di mana dia kemudian menjadi pemimpin dari wilayah Mikawa.

Series Shogun menjadi salah satu series yang menghadirkan banyak referensi sejarah, terutama yang berkaitan tentang kekaisaran Jepang. Hiroyuki Sanada sendiri sebelumnya mengatakan bahwa dia ingin series Shogun jadi cara orang-orang di luar Jepang untuk mempelajari budaya Jepang yang sebenarnya.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version