Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film Horor Indonesia yang Tayang di Luar Negeri!

7 Film Horor Indonesia yang Tayang di Luar Negeri!

Dari tahun ke tahun, film horor Indonesia memang semakin berkualitas. Harus diakui bahwa sekarang film-film buatan anak bangsa mampu bersaing dengan film horor lain dari luar negeri. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan film horor di tahun 2010-an ke bawah yang dirasa kurang menarik. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa film horor Indonesia yang tidak hanya tayang di tanah air saja, tetapi juga ditayangkan di luar negeri. Apa saja film horor yang berhasil menarik perhatian orang-orang di luar sana? Simak berikut ini ya Geeks!

7 Pengabdi Setan

Pengabdi Setan (2017) adalah remake dari film horor klasik Indonesia yang dirilis pada tahun 1980 dengan judul sama, yang pernah disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra. Film ini meraih kesuksesan besar di Indonesia dan menjadi salah satu film horor paling populer di sini. Joko Anwar, sutradara Pengabdi Setan (2017), memang dikenal karena keahliannya dalam menggarap film-film horor dan thriller.

Pengabdi Setan mengisahkan tentang keluarga Rini yang diperankan oleh Tara Basro, dan dua adiknya yang berusaha untuk menyebuhkan ibunya yang menderita penyakit berat. Karena kehabisan uang, keluarga Rini dipaksa untuk menjual rumah nenek mereka di desa. Pada akhirnya, ibu Rini bernama Mawarni meninggal dunia. Namun setelah kepergian ibunya, rumah yang mereka tempati justru mengalami kejadian mistis.

Rini pun harus mencari tahu penyebab dia dan adik-adiknya mendapatkan kejadian mistis dan teror-teror yang menganggu hidup mereka yang tadinya tentram. Menariknya, teror tersebut justru datang dari ibu mereka, yang datang lagi tidak sekedar untuk menjenguk, melainkan menjemput mereka. Film ini menjadi film horor terbaik di gelaran Toronto After Dark Film Festival.

6 Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput adalah film yang rilis tahun 2018, dan disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan diproduksi oleh Rapi Films. Timo Tjahjanto sendiri sebelumnya dikenal atas karya-karyanya dalam film aksi seperti The Night Comes for Us dan Headshot, di mana kedua film tersebut mendapatkan ulasan yang positif. Film ini mengisahkan tentang Alfie yang diperankan oleh Chelsea Islan. Dia tinggal sebatang kara sejak ibunya meninggal.

Sementara itu ayah Alfie masih hidup dan menikah dengan seorang wanita bernama Laksmi. Suatu ketika, ayah Alfie meninggal dunia dengan tidak wajar. Ketika ingin mengetahui penyebab kematian ayahnya yang tidak wajar, Alfie mendatangi vila yang ditinggal ayahnya, hingga akhirnya Alfie bertemu dengan ibu tirinya, Laksmi, serta anaknya bernama Maya yang diperankan oleh Pevita Pearch.

Ketika datang ke vila tersebut, ketegangan pun terjadi. Terutama ketika Alfie mengetahui maksud lain dari keluarga Laksmi di vilanya. Mendatangi vila peninggalan ayahnya sepertinya jadi langkah yang salah. Alfi kemudian harus menghadapi berbagai teror mengerikan dari iblis bersama dengan keluarga tirinya. Film ini pernah ditayangkan di Spanyol, dan dipilih sebagai film terbaik kategori Midnight X-Treme di Sitges Film Festival, Spanyol.

5 Perempuan Tanah Jahanam

Rilis di tahun 2019, film Perempuan Tanah Jahanam sukses memikat penonton di Indonesia. Film ini lagi-lagi disutradarai oleh Joko Anwar, dan dibintangi oleh Tara Basro, Ario Bayu, dan Marissa Anita dalam peran-peran utama. Mereka memberikan penampilan yang kuat dan memukau, membawa karakter-karakter mereka dengan baik dan membuat penonton terhubung dengan cerita.

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan tentang dua karakter utama bernama Maya dan Dini yang tinggal di Jakarta. Keduanya bertahan hidup di Jakarta berbekal kemampuan bisnis yang minim. Suatu ketika, Maya mendapatkan informasi bahwa dia kemungkinan memiliki harta warisan di kampung keluarganya yang telah lama ditinggalkan. Setelah mendapatkan informasi tersebut, Maya ditemani Dini menuju kampungnya. Sesampainya di kampung, Maya dan Dini kemudian sampai di rumah besar yang kosong.

Situasi di kampungnya memang terlihat aneh dan mencekam, terutama karena banyak sekali kuburan anak-anak yang terlihat. Suatu ketika, Maya pun menyaksikan proses kelahiran seorang anak. Dari situlah semuanya terungkap tentang keganjilan-keganjilan yang terjadi. Perempuan Tanah Jahanam pernah tayang di Bucheon International Fantastic Film Festival dan berhasil meraih penghargaan Meiles International Festival Federation (MIFF) Asian Award, atau film terbaik Asia.

4 Inang

Inang merupakan film horor yang mengangkat tentang mitos yang sering kita dengar yaitu Rebo Wekasan. Sebagai film yang mendunia, Inang dibintangi oleh beberapa nama seperti Naysilla Mirdad, Lydia Kandou, Rukman Rosadi, dan Dhimas Anggara. Filmnya menceritakan tentang seorang karyawan bernama Wulan yang diperankan Naysilla Mirdad. Nasib Wulan memang tidak terlalu baik. Dia saat itu sedang hamil, tetapi kekasihnya meninggalkannya pergi.

Meski awalnya frustasi, kemudian Wulan mencari informasi di media sosial tentang merawat seorang bayi. Namun pencarian tersebut justru mempertemukan Wulan dengan sebuah grup yang mengklaim sebagai relawan yang akan membantu ibu-ibu hamil dalam kondisi yang genting. Lewat grup ini jugalah Wulan dipertemukan dengan keluarga Santoso yang ternyata ingin mendopsi anak yang dikandung Wulan. Namun ketika Wulan tinggal di rumah Santoso, bayinya diprediksi lahir pada Rabu terakhir bulan Safar alias Rebo Wekasan. Karena itulah Wulan diminta melakukan ruwatan atau pembersihan, berdasarkan kepercayaan.

Konon, bayi yang lahir di Rebo Wekasan harus melakukan ritual tolak bala. Jika tidak bayinya akan menghadapi nasib sial. Dan kemudian terungkap bahwa Santoso memiliki niat jahat di balik kebaikannya. Film yang rilis tahun 2022 ini juga pernah ditayangkan di luar negeri,tepatnya dalam acara Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) yang digelar di Korea Selatan.

3 Modus Anomali

Satulagi film horor besutan Joko Anwar yaitu Modus Anomali. Sebenarnya film ini juga memiliki judul lain yaitu Ritual. Modus Anomali dirilis pada tahun 2012, dan dibintangi oleh Rio Dewanto. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama John Evans. John mengalami hilang ingatan, dan dia terbangun di sebuah lubang kuburan yang dia gali sendiri. John tidak tahu apa yang terjadi, dan tidak ada petunjuk yang dia miliki.

Suatu ketika, John menemukan sebuah rumah kecil ditengah hutan. Di sana, John melihat sebuah rekaman video mengerikan, yang memperlihatkan seorang wanita dihabisi secara sadis. Dan tanpa disangka, mayat wanita tersebut berada di belakang John. Setelah John menyelidiki, ternyata itu adalah istrinya. Semakin berjalannya waktu, John terus menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi, meski dia sering mengalami kebuntuan.

Selain dibintangi oleh Rio Dewanto, film ini juga dibintangi oleh beberapa nama seperti Hannah Al Rasyid, Surya Saputra, Marsha Timothi dan masih banyak lagi. Berkat tangan dingin Joko Anwar, film ini pun berhasil tayang di luar negeri, tepatnya dalam acara Molins Film Festival yang digelar di Spanyol, dan Joko Anwar mendapatkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik.

2 Pintu Terlarang

Pintu Terlarang kembali disutradarai oleh Joko Anwar dan dirilis pada tahun 2009. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sekar Ayu Asmara. Selain alur cerita yang menarik, filmnya pun bertabur bintang karena membintangi beberapa nama seperti Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, dan masih banyak lagi. Buat Geeks yang belum tahu, Pintu Terlarang mengisahkan tentang seorang pemahat patung.

Pemahat patung tersebut bernama Gambir yang tengah berada di puncak kariernya setelah menciptakan patung wanita hamil. Dari luar, Gambir memang tampak memiliki kehidupan yang sempurna. Istrinya sangat menyayanginnya, keluarga dan lingkungannya pun positif. Tetapi dibalik itu semua, ternyata Gambir menyimpan kisah kelam, yang tentu saja sangat mengerikan. Setelah istrinya keguguran, Gambir memasukkan janin anaknya tersebut ke dalam patung wanita hamil, demi menuruti keinginan istrinya.

Gambir kemudian terus dipaksa untuk membuat patung wanita hamil, dan memasukan janin dari rumah aborsi karena tuntutan dari istri dan orang lain disekitarnya. Suatu ketika, karena merasa dikhianati, Gambir kemudian membalas apa yang telah dilakukan orang-orang disekitarnya. Berkat kualitasnya, Pintu Terlarang dinobatkan sebagai Film Terbaik di Pucheon International Fantastic Film Festival (Korea Selatan), setelah sempat ditayangkan di sana.

1 Rumah Dara

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini menceritakan tentang satu keluarga yang berisikan 6 orang yang berangkat menuju Bandung menggunakan pesawat. Namun dalam perjalanan, mereka secara tidak sengaja bertemu dengan Maya, yang ketika itu menjadi korban perampokan. Tak tega meninggalkan Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya ke rumahnya. Dan di sinilah awal mula bencana terjadi.

Keenam orang ini tidak menyadari bahwa ada bahaya yang mengincar mereka. Setibanya di rumah Maya, mereka diterima layaknya tamu pada umumnya. Sampai suatu ketika mereka diberi suguhan makan malam. Tetapi tanpa disangka, setelah menikmati makan, mereka berenam tiba-tiba tidak sadarkan diri. Ketika tersadar, Adjie dan yang lain menemukan bahwa diri mereka telah dikurung di sebuah ruangan.

Ternyata Dara yang dianggap mereka baik hati telah berubah menjadi pembunuh yang sadis. Mereka pada akhirnya terjebak dalam rumah tersebut dan harus mencari cara untuk keluar dari sana. Film ini disutradarai oleh Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto. Film ini ditayangkan di Puncheon International Fantastic Film Festival di Korea Selatan, dan masuk nominasi film terbaik.

Itulah dia Geeks beberapa film horor Indonesia yang pernah ditayangkan di luar negeri. Film-film tersebut memang menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan tentu saja pemeran-pemeran bertalenta yang menambah daya tarik filmnya. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version