Home MOVIE MOVIE FEATURES Kenali 5 Versi Dari Mechagodzilla!

Kenali 5 Versi Dari Mechagodzilla!

Dalam sejarah kemunculannya Mechagodzilla sudah jadi salah satu Titan atau monster yang ikonik dan ada beberapa versi dari monster tersebut. Mechagodzilla merupakan salah satu monster ikonik yang muncul di universe para monster. Sejak pertama kali muncul hingga sekarang, Mechagodzilla sudah memiliki beberapa iterasi di mana ada perbedaan asal-usul, kekuatan, ukuran, bahkan desainnya. Berikut adalah berbagai versi dari Mechagodzilla.

5 Alien Mechagodzilla

Versi Mechagodzilla yang pertama adalah versi Showa yang mana rilis pertama kali pada 1974. Ini meruakan debut kemunculan dari Mechagodzilla setelah Toho memperkenalkan monster tersebut. Mechagodzilla versi era Showa ini muncul sebagai karakter antagoniss dalam film Godzilla vs Mechagodzilla. Dalam film tersebut diceritakan jika Mechagodzilla sebenarnya adalah sebuah senjata yang mengerikan.

Mechagodzilla merupakan senjata dahsyat yang dikirim oleh kelompok alien yang berencana untuk menguasai bumi. Awalnya, Mechagodzilla sempat menyamar menjadi Godzilla sampai kemudian sang raja monster yang asli muncul dan menyerangnya. Dan terungkap bahwa di balik kulit tersebut tedapat tubuh mesin yang kemudian terungkap bahwa itu ternyata adalah Mechagodzilla.

Secara visual, versi perdana dari Mechagodzilla ini memang nampak kurang begitu meyakinkan dan menarik. Meskipun memiliki bentuk yang mirip dengan Godzilla, mulai dari bentuknya hingga bagian belakang, namun Mechagodzilla ini nampak kurang maksimal. Meskipun begitu, filmnya menghadirkan kekuatan dahsyat mulai dari bisa menembakan laser dari mata, terbang, menghadirkan medan magnet, menembakan misil, dan sebagainya.

4 Mechagodzilla II Dan Super Mechagodzilla

Kepopuleran dari Mechagodzilla terbukti membuat para fans menginginkan sang monster untuk kembali muncul. Dan setelah muncul perdana di era Showa, Mechagodzilla kembali muncul di era baru yaitu Heisei. Pada era Heisei sendiri ada dua versi Mechagodzilla yang muncul. Yang pertama adalah versi 1993 yang muncul dalam film Godzilla vs Mechagodzilla II. Dalam film ini, Mechagodzilla bukan alien yang dikirim untuk menguasai bumi melainkan monster robot yang dibuat oleh manusia.

Mechagodzilla II sengaja dibangun dari sisa-sisa tubuh dan teknologi dari Mecha King Ghidorah. Dalam versi ini, Mechagodzilla II jauh lebih besar, lebih tangguh, dan lebih mengerikan dan lebih banyak senjata yang tersimpan di dalam tubuhnya. Yang menarik juga adalah Mechagodzilla II memiliki pilot atau seseorang yang mengendalikan monster tersebut dari dalam tubuhnya.

Yang juga tidak kalah menarik adalah di akhir filmnya Mechagodzilla II sempat melakukan kombinasi atau menyatu dengan sebuah kapal luar angkasa bernamaa Garuda. Kombinasi tersebut membentuk model yang jauh lebih dahsyat dan jauh lebih kuat lagi dari sebelumnya yaitu Super Mechagodzilla. Kedahsyatan dari versi ini terbukti bagaimana Mechagodzilla II mampu mengalahkan Godzilla, meskipun kemudian Rodan membangkitkannya dan kemudian mengalahkannya.

3 Mechagodzilla “Kiryu”

Mechagodzilla kembali berevolusi mengikuti zaman, kali ini di era milenium. Ide tentang bagaimana manusia menjadi pilot atau pengendali dari Titan Mechagodzilla kembali digunakan pada tahun 2002. Godzillaa Against Mechagodzilla menjadi pertemuan ketiga Godzilla dan Mechagodzilla di dunia film. Kembali, Toho menghadirkan sedikit perbedaan asal-usul dari Mechagodzilla dari versi milenium ini.

Dalam film tersebut diperlihatkan bagaimana umat manusia sengaja membangun Mechagodzilla yang terbuat dari kerangka Godzilla yang asli. Hal itu menghasilkan Mechagodzilla yang terbuat dari separuh badan sang Kaiju, separuh badan adalah robot, dan tubuhnya kemudian digerakan oleh pilot manusia. Mereka pun kemudian menamai Mechagodzilla ini dengan sebutan “Kiryu.”

Seperti halnya Mechagodzilla buatan manusia di era Heisei, dalam versi milenium ini pun sang robot monster memiliki sederet senjata berat yang mengerikan dan luar biasa. Selain roket dan misil serta laser, Mechagodzilla “Kiryu” ini memiliki pedang khusus untuk pertarungan jarak dekat. Yang juga menarik adalah kemampuan terbang dari Mechagodzilla versi sebelumnya diaplikasikan dalam versi ini. Namun, tambahan terbesar dari Mechagodzilla III atau Mechagodzilla “Kiryu” ini adalah Absolute Zero Cannon sebuah senjata meriam laser raksasa yang tersimpan di bagian dadanya.

2 Mechagodzilla City

Mechagodzilla City merupakan salah satu versi iterasi dari Mechagodzilla yang unik, yang muncul di era modern sekarang. Versi terkini dari Mechagodzilla tersebut muncul dalam film animasi Godzilla: Planet of the Monsters yang rilis di platform streaming Netflix pada 2017 kemarin. Kemudian, karakternya kembali muncul dalam versi sekuelnya yaitu Godzilla: City of the Edge of Battle.

Sayangnya, banyak fans yang kecewa dengan filmnya ataupun versi dari Mechagodzilla tersebut. Dalam iterasi tersebut, Mechagodzilla merupakan hasil upayaa kerja sama antara manusiaa dan juga dua ras alien. Hal tersebut mereka lakukan demi menghentikan upaya Godzilla yang mengancam umat manusia. Sayangnya, Mechagodzilla tersebut akhirnya hancur sebelum benar-benar bisa beroperasi dengan penuh. Akhirnya, manusia terpaksa harus pergi dari bumi.

Ribuan tahun kemudian, material yang sebelumnya dibuat untuk Mechagodzilla mengalami evolusi, yang mana material tersebut kemudian berubah wujud menjadi sosok monster yang kemudian dikenal dengan nama “Mechagodzilla City.” Para karakter justru berusaha untuk menggiring Godzilla untuk tewas akibat paparan material beracun yang membentuk versi Mechagozilla tersebut. Dengan tidak adanya adegan pertarungan dan aksi, para fans pun kecewa dan kurang senang dengan versi ini.

1 Mechagodzilla

Versi terakhir dari Mechagodzilla yang sudah muncul dalam cerita film sejauh ini adalah Mechagodzilla versi MonsterVerse. Sosok Mechagodzilla versi MonsterVerse ini muncul pertama kali dalam film Godzilla vs. Kong. Mechagodzilla versi MonsterVerse ini sendiri sebenarnya mengadaptasi versi era Heisei, di mana monster tersebut dibangun dari sisa teknologi dari luar angkasa.

Apex Cybernatics jadi perusahaan yang membangun Mechagodzilla, yang mana awalnya robot ini dibangun sebagai senjata ‘Anti-Titan’ demi melindungi manusia dari para Kaiju. Sayangnya, mereka justru salah menduga. Karena menggunakan tengkorak dari Ghidorah dan memanfaatkan kekuatan telepati, efeknya alam bawah sadar dari Ghidorah berhasil mengambil alih pilotnya, Ren Serizawa, dan bergerak secara mandiri.

Dalam film tersebut nampak Mechagodzilla versi MonsterVers ini memiliki banyak sekali senjata mematikan dan juga kekuatan mengerikan dalam tubuhnya. Salah satu yang paling mencolok adalah kekuatan dari tubuhnya, yang mana butuh radiasi energi dari Godzilla untuk bisa memotong atau menembus “kulit” dari Mechagodzilla tersebut. Selain itu, butuh kerja sama Kong dan Godzilla untuk bisa mengalahkan Mechagodzilla.

Mechagodzilla sepertinya akan selalu menjadi salah satu monster ikonik dan luar biasa seperti halnya Godzilla yang asli. Meskipun Mechagodzilla merupakan monster buatan manusia, namun kedahsyatan dari persenjataan yang dia miliki sangat luar biasa. Menarik tentunya untuk melihat apakah MonsterVerse akan menghadirkan versi lain dari Mechagodzilla.

Exit mobile version