Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Joy Boy Adalah Ayah Dari Imu!

One Piece: Joy Boy Adalah Ayah Dari Imu!

Sebuah teori yang cukup gila namun menarik muncul di kalangan fans yang menyebutkan jika sosok Joy Boy mungkin adalah ayah dari Imu. Identitas dari sosok Joy Boy dan Imu memang masih jadi tanda tanya besar dalam alur cerita One Piece. Sejak pertama kali diperkenalkan atau muncul sebagai referensi, Oda Sensei masih belum menjelaskan secaraa detil tentang kedua karakter itu. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Joy Boy adalah ayah dari Imu.

3 Identitas Joy Boy Dan Imu

Seperti disebutkan di atas bahwa asal usul Imu memang masih menjadi misteri sampai saat ini. Meskipun begitu, banyak para fans yang berspekulasi tentang dari mana sebenarnya Imu. Ada yang menyebutkan jika dia berasal dari era Abad Kekosongan atau  Void Century. Dan ada juga spekulasi yang menyebutkan jika Im berasaal dari 800 tahun yang lalu dan masih bertahan hidup hingga sekarang.

Namun, setelah sempat jadi misteri selama puluhan tahun akhirnya Oda Sensei memberikan sebuah petunjuk mengenai siapa sosok Imu sebenarnya. Dalam chapter 1086, Oda mengungkap sedikit tentang asal-usul sosok Im yang misterius. Dalam percakapan Ivankov dan Sabo serta Dragon, terungkap jika pada 800 tahun yang lalu terdapat sebuah keluarga yang ikut membentuk World Government.

Nama keluarga tersebut adalah keluarga Nerona. Yang menarik adalah pemimpin dari keluarga Nerona adalah seseorang bernama Saint Im/Imu. Ivankov sendiri sebenarnya tidak begitu yakin apakah Imu yang Sabo lihat adalah orang yang sama dengan Saint Imu yang hidup 800 tahun lalu. Jika memang demikian, artinya Saint Imu menggunakan kekuatan dahsyat yang bisa membuat seseorang hidup abadi.

Lalu, siapa Joy Boy? Berdasarkan dari apa yang yang disebutkan dalam sejarah, Joy Boy merupakan figur penting yang muncul sekitar 800 tahun yang lalu sebelum cerita utama seriesnya dimulai. Nama dari Joy Boy sendiri diketahui pertama kali disebutkan atau direferensikan saat kru Topi Jerami berada di pulau Manusia Ikan. Nico Robin saat itu menemukan sebuah Poneglyph di hutan laut.

Dalam isi poneglyphnya diketahui bahwa Joy Boy memiliki koneksi dengan pulau Manusia Ikan pada era abad yang hilang. Joy Boy diketahui ingin para manusia ikan tinggal atau hidup berdampingan dengan manusia lainnya di daratan. Sayangnya, upaya yang dilakukan oleh Joy Boy tersebut gagal karena sesuatu. Karena gagal memenuhi janjinya, Joy Boy pun kemudian menuliskan permintaan maafnya kepada para manusia ikan seperti yang tertulis di Poneglyph yang ditemukan oleh Nico Robin.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi kepada Joy Boy? Apa alasan Joy Boy gagal memenuhi janjinya? Semuanya masih menjadi sebuah misteri besar hingga saat ini. Namun, jika melihat berbagai petunjuk yang ada atau sudah diberikan selama ini, ada kemungkinan bahwa Joy Boy tewas dalam pertempuran menghadapi 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno.

Joy Boy Ayah Dari Imu – Ke Halaman 2

2 Joy Boy Ayah Dari Imu

Sosok Joy Boy dan Imu kemungkinan memiliki koneksis yang mendalam yang tidak terduga oleh para fans. Petunjuknya sendiri muncul dari sosok Imu itu sendiri. Dalam sebuah teori yang menarik yang ada di kalangan fans menyebutkan jika dalam nama “Nerona” terdapat kata “Nero.” Dan yang menarik kemudian adalah Nero sendiri merupakan nama dari salah satu penguasa Romawi kuno, Nero Caesar Augustus Germanicus.

Dalam teorinya menyebutkan jika karakter Im atau Imu kemungkinan terinspirasi atau berasal dari sosok mantan penguasa Romawi tersebut. Yang menarik kemudian adalah menurut catatan sejarah yang ada Kaisar Nero terkenal sebagi sosok yang rakus dan serakah. Namun, yang paling populer dari sosok Kaisar Nero adalah bagaimana dia tega menghabisi nyawa ibunya sendiri.

Lalu, apa hubungannya dengan Imu? Dan mengapa kemudian hal tersebut menarik? Apa yang kemudian menjadi deskripsi sosok Kaisar Nero dianggap sesuai dengan gambaran sifat dari Nerona Imu. Apa maksudnya? Dalam teorinya dijelaskan jika sosok Imu merupakan sosok yang serakah. Dia juga bahkan dianggap tega untuk menghabisi orang tuannya sendiri.

Siapa kemudian orang tua dari Imu? Joy Boy kemungkinan adalah ayah dari Imu. Selaian “Nero” dari nama Nerona, terdapat kata “Mu” dalam nama “Imu” yang mana nama tersebut mirip dengan seuah pulau yang hilang. Pulau Mu sendiri terkenal karena teknologi mereka yang maju serta orang-orang yang bijak. Kabarnya, pulau Mu tenggelam ke laut dalam sebuah peristiwa dan masih belum ditemukan hingga sekarang.

Pulau Mu sendiri diketahui dipimpin oleh sosok Kaisar Ra Mu dan kata “Ra Mu” sendiri bisa berarti putra matahari atau putra dari Dewa Matahari dalam mitologi Mesir. Berdasarkan hal tersebut bisa ditarik kemungkinan jika pulau Mu merupakan Kerajaan Matahari. Jadi, kata “Imu” bisa diartikan sebagai Putra dari Dewa Matahari. Dalam cerita One Piece, sosok Sun God atau Dewa Matahari sebelum Luffy diyakini adalah Joy Boy.

Berdasarkan hal tersebut, muncul teori jika Imu sudaha menghabisi nyawa ayahnya sendiri yang tidak lain adalah Joy Boy. Pertanyaan besarnya kemudian mengapa Imu tega menghabisi ayahnya sendiri? Tidak lain adalah karena keserakahan tersebut. Imu kemungkinan ingin menguasasi Kerajaan Matahari yang mana dia kemudian menghabisi ayahnya demi mewujudkan hal terebut.

Yang menarik adalah teorinya juga menjelaskan bagaimana apa yang terjadi kepada Donquixote Doflamingo memiliki kemiripan dengan apa yang terjadi kepada Imu. Doflamingo merupakan mantan naga langit yang memutuskan untuk melepaskan gelarnya karena ayahnya ingin hidup sebagai manusia atau orang biasa. Namun, dia kemudian tega menghabisi ayahnya sendiri atas hal tersebut.

Dia kemudian mengancam naga langit dan World Government akan membocorkan rahasia besar mereka dengan catatan hal itu tidak akan terjadi jika mereka mengembalikan status Doflamingo. Kemudian, saat menghadapi Luffy, Doflamingo menggunakan teknik bernama “16 Holy Bullets.” Secara kebetulan, serangan Mother Flame ke kerajaan Lulusia memiliki 16 sinar laser.

Imu Habisi Penguasa Lain – Ke Halaman 3

1 Imu Habisi Penguasa Lain

Selain tega menghabisi nyawa ayahnya sendiri, Joy Boy, Imu juga kemungkinan besar tega menghabisi para penguasa lainnya akibat keserakahan tersebut. Di chapter 1084 manga One Piece diperlihatkan bagaimana Cobra berbincang dengan para Gorosei. Dalam percakapan tersebut, Cobra sempat menyinggung tentang 20 kerajaan yang membentuk organisasi World Government.

Menurut penuturan Cobra, sebenarnya tidak boleh ada satupun orang yang duduk di tahta kosong yang dibangun oleh 20 kerajaan tersebut. Mengapa? Hal ini dilakukan demi mencegah lahirnya diktator dari salah satu kerajaan tersebut. Selama ratusan tahun aturan tersebut memang berhasil dijaga. Namun, yang menarik adalah di akhir chapternya kita melihat bagaimana Cobra terkejut dengan apa yang dia lihat.

Cobra melihat ada sosok tinggi besar berwarna hitam dalam bentuk siluet berusaha naik menuju tahta yang kosong tersebut. Sosok tersebut tidak lain adalah Imu. Para Gorosei pun terkejut bagaimana Imu kemudian menunjukkan dirinya. Dari apa yang disampaikan oleh kobra bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebenarnya posisi yang diduduki oleh Im adalah ilegal atau tidak seharusnya dia berada di posisi tersebut.

Karena, seperti yang disebutkan di atas bahwa tidak boleh ada yang duduk di tahta kosong tersebut. Tetapi, Imu kemudian melanggar hal itu. Ini artinya Imu adalah penghianat di antara 20 kerajaan yang membentuk World Government. Mengapa? Karena, Imu sudah melakukan apa yang seharusnya tidak dia lakukan. Bagaimana kemudian dia melakukannya? Cara yang paling masuk akal adalah menghabisi mereka semua.

Berbagai pedang dan senjata yang tertancap di atas singgasana kosong tersebut diyakini sebagai bukti bahwa dahulunya itu merupakan senjata yang digunakan kerajaan yang membentuk World Government. Sedangkan, pedang yang digunakan oleh Imu tertancap di ruangan khusus. Imu ingin jadi penguasa tunggal yang mana membua dia tega mengkhianati semua orang.

Exit mobile version