Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Dengan Aksi Berbahaya Paling Menegangkan!

10 Film Dengan Aksi Berbahaya Paling Menegangkan!

Sudah bukan hal asing lagi jika film blockbuster Hollywood sering menghadirkan aksi berbahaya dan ada beberapa film yang dianggap memiliki aksi berbahaya terbaik. Menghadirkan aksi yang keren dan juga mengundang decak kagum terkadang menjadi salah satu hal yang “dijual” atau menjadi daya tarik dari filmnya. Meskipun begitu, terdapat beberapa film yang dianggap memilki aksi berbahaya yang terbaik. Apa saja?

10 Die Hard

Salah satu film legendaris dalam sejarah perfilman. Die Hard adalah film yang dianggap berhasil dalam  mendefinisikan ulang genre aksi. Rilis pada 1988 film Die Hard memperlihatkan Bruce Willis memerankan karakter John McClane, seorang polisi yang terjebak dalam sebuah penyanderaan di Nakatomi Plaza pada malam Natal. Film ini terkenal dengan adegan-adegan aksinya yang intens dan inovatif.

Seperti halnya Harrison Ford dalam memerankan Indiana Jones, penampilan Bruce Willis sebagai McClane masih sangat ikonik hingga sekarang. Salah satu aksi berbahaya yang filmnya hadirkan adalah dalam puncak ceritanya diperlihatkan bagaimana John McClane melompat dari sebuah atap. Selain itu, gedung tersebut juga diperlihatkan meledak. Adegan ini masih jadi salah satu aksi berbahaya paling ikonik di dunia film.

Untuk aksi berbahayaa ini diketahui Bruce Willis harus melompat dari sebuah garasi yang berlantai lima. Tim koordinator keselamatan dan para ahli menunggu di bawah dan memastikan semuanya berjalan dengan baik dan aksi berlangsung aman. Sayangnya, hal tersebut nyatanya tidak terjadi. Bruce Willis diketahui hampir saja tewas terbakar dan tidak selamat dari adegan tersebut. Namun, untungnya ternyata dia muncul dalam keadaan baik.

9 Steamboat Bill, Jr.

Buster Keaton merupakan seorang aktor film bisu yang luar biasa sekaligus yang dianggap salah satu yang paling lucu. Padahal, dia memiliki julukan “Stoneface” bagi Buster. Sebagai salah satu aktor film bisu, sudah tidak asing bagi Buster untuk melakukan semua aksinya sendiri. Dan salah satu aksi berbahaya yang mengerikan yang pernah dia lakukan terjadi dalam film Steamboat Bill, Jr.

Steamboat Bill, Jr. sendiri rilis pada 1928 dan dalam adegan tersebut diperlihatkan bagaiamana setelah sebuah tornado besar menerjang ada sebuah rumah yang kemudian jatuh dan menimpa Buster. Dia berhasil selamat dari kejadian mengerikan tersebut karena posisinya benar-benar tepat di bagian jendelanya. Fakta menariknya adalah adegan tersebut dilakukan secara nyata.

Dalam hal ini rumah yang menimpa Buster Keaton memang bukan rumah asli, namun berat dari replika rumah tersebut mencapai 4.000 pounds atau 1,8 ton. Artinya, jika dia bergeser sedikit saja dari rencana yang sudah dipersiapkan maka Buster Keaton akan tewas dalam kejadian tersebut. Untungnya, Buster Keaton berhasil selamat dari aksi berbahaya tersebut dan melanjutkan karirnya sebagai aktor.

8 Black Panther

Film dengak aksi berbahaya terbaik selanjutnya adalah Black Panther. Film Black Panther merupakan salah satu film paling sukses dari Marvel Cinematic Universe yang berhasil meraup pendapatan sekitar 1,3 miliar Dollar Amerika atau 18,8 triliun Rupiah. Sutradara Ryan Coogler dan tim produksinya menciptakan gambaran yang mewah tentang negara fiksi Wakanda di Afrika, lengkap dengan buku setebal 500 halaman yang merinci sejarah, budaya, dan geografi negara tersebut.

Selain dari jumlah pemasukan yang luar biasa, banyaknya jumlah penghargaan yang mereka terima juga jadi bukti kesuksesan film Black Panther. Beberapa hal yang kemudian sangat menonjol dalam film Black Panther adalah adegan pertarungan yang menarik dengan koreografi yang indah, berbagai aksi berbahaya yang menarik, serta momen adegan kerjar-kejaran.

Bahkan, adegan kejar-kejaran mobil tersebut dianggap menjadi salah satu adegan berbahaya terbaik di film Black Panther. Momen yang dimaksud adalah ketika filmnya memperlihatkan adegan kejar-kejaran mobil di sepanjang jalan di kota Busan, Korea selatan. Adegan mengejar Klaue tersebut menlibatkan para pemeran pengganti bergelantungan di atap mobil dan memperlihatkan berbagai tabrakan mobil. Ini juga dianggap sebagai salah satu adegan berbaya paling menarik di MCU.

7 Men In Black

Masih tentang kejar-kejaran mobil, Men In Black jadi film selanjutnya yang menghadirkan aksi berbahaya terbaik. Trilogi Men In Black akan selalu menjadi salah satu mahakarya terbesar dari Will Smith di dunia film. Dan film pertamanya yang kemudian melambungkan nama Will Smith di industri film Hollywood. Dalam film tersebut kita melihat bagaimana James direkrut untuk jadi agen MIB dan jadi Agent J.

Agent J kemudian jadi parner dari Agent K. Mereka berdua kemudian menjalankan misi besar yang mana menghentikan salah satu alien mengerikan jahat bernama Edgar The Bug untuk menculik sosok karakter yang dianggap sebagai “putri” bagi bangsa alien lain. Dalam salah satu adegan kejar-kejaran mobil, kedua agen MIB tersebut mengalami kecelakaan di mana mobil mereka terbalik.

Dalam prosesnya, Tommy Lee Jones dan Will Smith melakukan adegan tersebut di dalam sebuah kendaraan dan posisi yang aman. Sedangkan, tim produksi menggunakan rig atau peralatan khusus untuk membalikan mobilnya dan menggunakan pendekatan praktikal. Dan hasilnya, adegan tersebut jadi salah satu aksi berbahaya yang ikonik dari film Men In Black.

6 Harry Potter And The Goblet Of Fire

Banyak dari Geeks yang mungkin tidak menduag jika franchise adaptasi novel J.K. Rowling ini akan menghadirkan aksi berbahaya layaknya film aksi atau film blockbuster lainnya. Namun, salah satu franchise paling sukses dalam sejarah perfilman ini sebenarnya memiliki satu film yang menghadirkan aksi berbahaya mengerkan. Film keempat mereka, Harry Potter And The Goblet Of Fire, menghadirkan momen menegangkan Daniel Radcliffe.

Dalam filmnya kita melihat bagaimana Harry Potter harus mengikuti sebuah turnamen yang berbahaya bernama Triwizard Tournament. Misi pertama yang harus Harry lakukan adalah mencuri telur emas yang dijaga oleh seekor naga mengerikan Hungarian Horntail. Yang tidak banyak orang ketahui adalah dalam praktiknya Daniel Radcliffe harus melakukan hal tersebut secara nyata dan menggunakan CGI.

Yang juga mengerikan adalah bagaimana dalam sebuah wawancara Daniel mengaku bahwa dia sempat terjatuh dari atas ketinggian 12 meter setelah dia kehilangan sapunya. Meskipun sebenarnya dia terikat ke sebuah kabel untuk menjaga keamanan tubuhnya, namun Daniel sendiri mengaku bahwa itu merupakan pengalaman yang sangat mengerikan untuknya dan sangat membuatnya ketakutan.

5 Spider-Man

Sebagai sebuah film superhero, menghadirkan sebuah aksi berbaha tentunya sudah menjadi hal yang pasti akan terjadi. Era 2000an memang bukan masa keemasan untuk film superhero. Namun, Spider-Man garapan Sam Raimi terbukti bisa sukses di pasaran. Bahkan, film tersebut menghadirkan sebuah cerita trilogi yang bahkan “dilanjutkan” oleh Sony dalam film The Amazinng Spider-Man.

Aksi-aksi yang menarik dan luar biasa dalam film Spider-Man memang menjadi daya tarik dari filmnya, seperti momen pertarungan Peter Parker menghadapi Norman Osborn alias  Green Goblin. Namun, adegan atau aksi yang paling luar biasa dalam film Spider-Man adalah ketika dia harus menangkap baki atau tatakan milik Mary Jane Watson. Saat itu, Mary Jane sedang membawa makan siangnya sebelum kemudian dia tiba-tiba terpleset.

Dalam adegannya, Peter Parker – yang menggunakan kekuatan laba-laba miliknya – kemudian menyelamatkan MJ dan juga menyelamatkan makan siangnya. Meskipun ini bukan sebuah aksi berbahaya seperti yang ada di dalam daftar lainnya, namun upaya dari Tobey Maguire untuk melakukannya secara sempurna patut diacungi jempol. Dia harus mengulang adegan tersebut sebanyak 156 kali agar semuanya terlihat sempurna. Lengan dari Tobey ditempel ke bagian bawah baki. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk melakukan adegan tersebut.

4 Pirates Of The Carribean: Dead Man’s Chest

Franchise Pirates of the Carribean juga jadi salah satu franchise yang sukses lainnya dengan memiliki banyak aksi berbahaya. Pirates of the Carribean menghadirkan cerita yang berfokus pada sosok kapten Jack Sparrow yang unik dan kocak. Dipenuhi oleh unsur komedi, tone cerita dari filmnya memang ringan dan bisa disaksikan untuk keluarga. Namun, ada juga beberapa aksi berbahaya yang muncul di franchise ini.

Salah satunya adalah ketika Jack Sparrow dan krunya harus bertarung demi memperebutkan sebuah kotak dalam film Dead Man’s Chest. Dalam kotak tersebut terdapat jantung dari Davy Jones. Jack Sparrow harus bertarung di atas sebuah roda kayu raksasa yang berputar dengan cepat. Mungkin, banyak dari Geeks yang beranggaapan hal itu dilakukan dengan bantuan CGI.

Namun, faktanya, hal tersebut dilakukan secara nyata atau praktikan di mana ada sekelompok pemeran pengganti yang melakukan adegannya. Adegan tersebut dianggap menjadi salah satu aksi berbahaya yang sangat menantang bagi tim produksi dan tim pemeran pengganti. Mereka terikat dengan tali yang melingkari tubuh mereka dan harus terus menjaga keseimbangan. Adegan yang dilakukan di kepulauan Bahama ini akhirnya mendapatkan penghargaan Taurus World Stunt Awards pada 2007 untuk kategori Best Fight.

3 Goldeneye

Rasanya sudah tidak asing jika franchise James Bond banyak menghadirkan berbagai aksi berbahaya dalam film-film mereka. Mulai dari Dr. No sampai No Time to Die, aksi bebahaya sudah menjadi salah satu formula cerita yang selalu ada di filmnya. Salah satunya adalah  Goldeneye. Ini menjadi film debut yang sangat luar biasa bagi aktor Pierce Brosnan yang baru saja menjadi pemeran agen 007.

Sejak adegan awal filmnya kita sudah mendapatkan suguhan aksi berbahaya yang memperlihatkan Bond menyusup ke markas rahasia Uni Soviet. Dan dalam misi penyusupan ke markas rahasia Uni Soviet tersebut kita bisa melihat bagaimana Bond melakukan salah satu aksi berbahaya sekaligus aksi gila yang terjadi di dunia film yaitu melakukan lompatan dari atas sebuah Dam atau bendungan.

Dalam momen tersebut, tim produksi menggunakan sosok pemeran pengganti bernama Wayne Michaels untuk melakukan lompatan tersebut. Mereka melakukannya di atasa Verzasca Dam yang ada di Swiss. Aksi yang Wayne lakukan dianggap sebagai salah satu lompatan yang paling mengerikan, di mana dia melakukannya dari atas ketinggian 220 meter. Angka tersebut berhasil memecahkan rekor bungee jumping yang mana bahkan Wayne sendiri pingsan sebelum dia berhasil kembali ke atas.

2 Indiana Jones: Raiders Of The Lost Ark

Rilis perdana pada 1981, Indiana Jones: Raiders Of The Lost Ark jadi salah satu film petualangan dan aksi yang paling fenomenal dalam sejarah. Bahkan, film ini memulai franchise Indiana Jones yang bertahan hingga sekarang. Selain menghadirkan soundtrack original terbaik, penampilan Harrison Ford sebagai Indiana Jones juga berhasil menghipnotis seluruh penonton di dunia.

Salah satu adegan yang menghadirkan kesan mendalam bagi banyak fans adalah ketika Indi melakukan aksi berbahaya dalam adegan pembuka film Indiana Jones: Raiders Of The Lost Ark. Harrison Ford melakukan aksi berbahaya tersebut sendiri tanpa bantuan pemeran pengganti, yang mana hal tersebut juga dia lakukan untuk mayoritas adegan di film tersebut.

Dalam adegan tersebut Indi berusaha untuk mencuri artefak di dalam sebuah gua. Meskipun dalam filmnya semua berjalan dengan baik, namun adegan tersebut sebenarnya tidak berjalan dengan lancar. Harrison Ford harus kabur dari reruntuhan batu yang hampir membahayakan nyawanya tersebut. Harrison Ford sendiri kemudian berhasil untuk menghindari reruntuhan batu besar tersebut.

1 Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One

Film dengan aksi berbahaya terbaik yang terakhir adalah Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One. Franchise Mission: Impossible memang terkenal tidak memiliki batasan untuk berbagai aksi berbahaya yang akan mereka hadirkan dalam filmnya. Tom Cruise memang dikenal sebagai aktor yahg sangat gila yang mau melakukan berbagai aksi berbahaya dan mengerikannya sendirian.

Tom Cruise adalah salah satu dari sedikit bintang film aksi yang banyak melakukan aksinya sendiri. Mulai dari menyelam, melompat dari gedung, bergelantungan di atas pesawat yang hendak take-off, dan sebagainya. Namun, salah satu aksi yang berbahaya yang pernah Cruise lakukan di franchise ini terjadi dalam film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One yang memperlihatkan sang aktor kejar-kejaran motor di Norwegia.

Momen tersebut merupakan aksi berbahaya yang benar-benar luar biasa. Dalam adegan tersebut diperlihatkan bagaimana Tom Cruise mengendarai sebuah sepeda motor di sebuah jalur yang panjang yang ada di sebuah bukit. Tom Cruise kemudian harus melemparkan dirinya dari atas motor dan jatuh dari bukit tersebut. Dia kemudian akan melompat sambil membuka parasutnya. Kesalahan sedikit saja membuat nyawa Tom Cruise bisa menghilang.

Menghadirkan sebuah aksi berbahaya tentunya bisa jadi salah satu pilihan dan keharusan untuk film dengan genre aksi. Meskipun begitu, terkadang beberapa film benar-benar melakukan aksi berbahaya tersebut dengan sangat luar biasa dan resiko yang juga tidak kalah besar.

Exit mobile version