Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Great Houses Yang Muncul Di Dune: Part Two!

7 Great Houses Yang Muncul Di Dune: Part Two!

Great Houses atau Keluarga Bangsawan menjadi bagian penting di universe Dune dan ada beberapa Great Houses yang akan muncul di film Dune: Part Two. Sejak film Dune pertama kali rilis pada 2021 kemarin, Geeks tentunya sudah mengetahui tentang keberadaan Great Houses. Pada dasarnya, Great Houses adalah keluarga Bangsawan atau Keluarga Kerajaan yang memiliki peranan penting di universe Dune karya Frank Herbert. Ada beberapa Great Houses yang akan muncul di film Dune: Part Two nanti. Apa saja ?

7 House Corrino

Great Houses di yang akan muncul di film Dune: Part Two yang pertama adalah House Corrino. Mereka merupakan Great House atau keluarga kerajaan yang berkua di Imperium dalam cerita Dune. Dalam ceritanya sendiri House Corrino sudah menjadi penguasa Empire selama bermilenia alias selama ribuan tahun, bahkan puluhan ribu tahun dalam cerita awal novel Dune karya Frank Herbert.

House Corrino sendiri menjadi pemimpin atau penguasa Empire pasca Battle of Corrin. Mereka kemudian membangun keluarga kerajaan di planet Kaitain. Meskipun begitu, planet asal mereka sendiri adalah Salusa secundus. Setelah House Corrin pindah ke planet Kaitain, planet rumah mereka tersebut kemudian dirubah menjadi sebuah planet khusus penjara dan tempat latihan bagi Sardaukar.

House Corrino, selain jadi keluarga kerajaan yang sudah berkuasa sangat lama, mereka juga jadi keluarga kerajaan yang sangat kuat di seluruh universe Dune. Butuh kombinasi dari seluruh Great Houses yang ada di cerita Dune untuk bisa menandingi kekuatan dari keluarga kerajaan ini. Di film Dune: Part Two, keluarga kerajaan ini akan muncul dan mencoba untuk menghancurkan House Atreides dan mereka akan bekerja sama dengan House Harkonnen.

6 House Fenring

House Fenring merupakan sekutu dekat dari Imperial House of Corrino atau House Corrino. Yang menarik adalah berbeda dengan para Great Houses di universe Dune, House Fenring tidak memiliki planet asal. Mereka berasal dari planet yang sama dengan House Corrino yang baru yaitu planet Kaitain. Karena mereka tidak memiliki kekuatan yang besar, House Fenring memanfaatkan koneksinya dengan House Corrino.

Salah satu contohnya adalah bagaimana House Fenring memanfaatkan planet Kaitain untuk membangun markas operasional mereka. Mereka juga sempat menjadi penguasa dari planet asal House Atreides yaitu planet Caladan, meskipun hanya sebentar. Mereka berkuasa di planet tersebut pasca kematian dari ayah Paul sekaligus pemimpin House Atreides, yaitu Leto Atreides.

Pemimpin dari House Fenring sendiri adalah Count Hasimir Fenring. Dia merupakan penasihat sekaligus rekan dekat dari pemimpin Empire, yang merupakan pemimpin dari House Corrino, yaitu Empire Shaddam IV. Masimir sendiri merupakan seorang pembunuh yang sangat luar biasa. Istrinya, Lady Margot, merupakan sosok penting di kelompok Bene Gesserit. Keduanya akan memiliki peranan penting di film kedua ini.

5 House Harkonnen

House Harkonnen merupakan salah satu pihak yang berusaha untuk menjatuhkan House Atreides selain juga House Corrino. Sejak film pertama, House Harkonnen sudah diperkenalkan meskipun hanya sekilas. House Harkonnen sendiri berasal dari sebuah planet yang penuh dengan berbagai hal berbau industri, yaitu Giedi Prime. Dan memang sudah sejak lama mereka menjadi rival abadi dari House Atreides.

Yang menarik dari House Harkonnen adalah mereka dianggap berasal dari bumi, tepatnya Finlandia. Mereka berasal dari bumi pada zaman dahulu sebelum kemudian pengaruh mereka mulai meningkat di bawah kepemimpinan Baron Vladimir Harkonnen. Dari semua  Great Houses yang ada di universe Dune, mereka bisa dibilang adalah yang paling jahat dan brutal dan mengerikan.

Kekuasaan dan pengaruh House Harkonnen dibangun dengan rasa takut. Ekonomi mereka meningkat karena mereka melakukannya dengan brutal dan tanpa aturan jelas. Mereka akan memberikan dampak luar biasa di film Dune: Part Two mengingat House Harkonnen sebenarnya adalah pemimpin dari planet Arakkis sebelum House Atreides datang. Shaddam IV meminta House Harkonnen menyerahkan kekuasaanya di planet Arakkis kepada House Atreides yang mana hal itu sebenarnya merupakan cara untuk menghancurkan House Atreides.

4 House Atreides

House Atreides merupakan Great Houses yang jadi “protagonis utama” di universe Dune dan juga filmnya. Mereka merupakan salah satu Great Houses yang paling berpengaruh dan tertua di universe tersebut. Seperti yang disebutkan di atas, banyak pihak dari Great Houses lainnya yang berusaha untuk menghancurkan House Atreides. Namun, mereka selalu gagal dalam upaya tersebut.

Dalam film pertamanya sendiri diperlihatkan bagaimana House Atreides dihancurkan dari berbagai sisi saat mereka berusaha untuk membangun kestabilan di planet Arakkis, yang mana itu menjadi strategi untuk menghancurkan House Atreides. Di film Dune: Part Two ini kita akan melihat bagaimana upaya dari sang pangeran yang ada dalam ramalan, Paul Atreides, membawa kembali kejayaan dari House miliknya.

Pengaruh besar dari House Atreides menjadi alasan mengapa mereka dibenci oleh Great Houses laainnya. Sebelum pindah ke planet Arakkis, House Atreides merupakan penguasa dari planet Caladan. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana Paul membangun kembali kejayaan dari House Atreides dengan bantuan dari para suku Fremen yang ada di planet Arakkis, serta menarik bagaimana dia akan memberikan perubahan bagi universe Dune.

3 Lansraad

Lansraad atau Great House Lansraad adalah satu kekuatan besar di yang ada di universe Dune di mana kelompok atau organisasi ini terbentuk dari banyak keluarga kerajaan aliasa Great Houses. Kelompok Great House Landsraad dipimpin oleh High Council, yang merupakan pemimpin dari masing-masing Great Houses. Mereka biasanya menjadi penengah dari berbagai konflik yang terjadi antar Great Houses.

Namun, tidak jarang juga para High Council tersebut justru ikut terlibat dalam pertempuran yang ada. Semua hal yang terjadi yang melibatkan Great Houses harus terlebih dahulu melalui Lansraad, mulai dari masalah ekonomi bahkan hingga permasalahan kekuasaan. Lansraad awalnyaa memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar, sampai kemudian House Carrino mengambil alih Imperium.

Satu hal yang membuat Lansraad menjadi kekuatan besar juga di universe Dune adalah pasukan Sardaukar yang mereka miliki. Pasukan Sardaukar adalah pasukan kerajaan yang paling kuat di mana pasukan mereka mampu menguasai seluruh universe Dune. Mereka juga mengabdi kepada sang pemimpin yaitu Shaddam IV. Keberadaan Lansraad akan lebih terlihat di film kedua nanti.

2 Bene Gesserit

Secara teknis, memang Bene Gesserit bukan Great Houses seperti Atreides atau Harkonnen tetapi mereka juga bisa dianggap Great Houses karena menampung banyak sekali orang dan pekerjaan. Bene Gessserit berisi orang-orang yang berprofesi sebagai mata-mata, rahib atau biarawati, ahli agama, ilmuwan, dan bahkan peramal. Satu hal yang unik adalah mereka semua adalah wanita.

Bene Gesserit berusaha untuk mewujudkan mimpi atau tujuan utama mereka yaitu menciptakan sosok juru selamat (messiah) yang kemudian dikenal dengan nama Kwisatz Haderach. Sudah sejak ratusan bahkan ribuan tahun mereka mencoba menghadirkan sosok tersebut, sampai kemudian Paul Atreides pun muncul. Di film pertama diperlihatkan bagaimana Paul menjalani tes dari para Bene Gesserit.

Di film Dune: Part Two sendiri Bene Gesserit alias The Sisterhood bisa muncul dan memberikan hal yang jauh signifikan daripada film pertama. Masih ada banyak hal yang belum muncul dari Bene Gesserit di film pertama, yang bisa muncul di film kedua. Misalnya kemunculan Reverend Mother, pemimpin dari Bene Gesserit serta planet asal mereka yaitu Wallach IX.

1 The Spacing Guild

Great Houses yang bisa muncul di Dune: Part Two terakhir adalah The Spacing Guild. Ini juga sebenarnya bukan Great Houses seperti empat Great Houses utama. The Spacing Guild adalah sebuah organisasi perdagangan yang mengatur dan mengendalikan semua aktivitas perdagangan di universe Dune. Selain masalah transportasi, mereka juga biasanya mengatur tentang spice atau rempah yang jadi komoditi utama di seluruh galaksi semesta Dune.

Sayangnya, tidak diketahui banyak tentang The  Spacing Guild di film pertama kemarin. Yang pasti fungsi dan tujuan mereka jelas. Para navigator dari Spacing Guild memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan. Bepergian antar galaksi tanpa memanfaatkan seorang navigator dari Spacing Guild akan berakibat perjalanan menjadi sangat panjang dan lama. Bahkan, mereka juga bisa saja tewas di tengah perjalanan.

The Spacing Guild mendapatkan banyak keuntungan dari salah satu sumber pemasukan mereka yaitu menyediakan jasa navigator. Namun, organisasi ini tidak ikut campur dalam urusan politik yang terjadi di galaksi. Mereka juga tidak memiliki pengaruh apa pun dalam politik di universe Dune. Mereka memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh yang lain, dan semua pihak di semesta Dune tidak akan mampu bertahan tanpa bantuan dari The Spacing Guild.

Film Dune: Part Two akan mengadaptasi bagian kedua dari novel Dune karya Frank Herbert. Dalam ceritanya nanti ada beberapa Great Houses serta organisasi yang muncul dan mungkin akan memiliki pengaruh besar tehadap alur cerita di filmnya. Bahkan, mereka juga akan memiliki pengaruh besar terhadap kelanjutan ceritanya.

Exit mobile version