Home COMIC COMIC FEATURES 5 Superhero Berkekuatan Nuklir Paling Dahsyat!

5 Superhero Berkekuatan Nuklir Paling Dahsyat!

Ketika berbicara tentang nuklir, tentu saja kita terbayang-bayang dengan dampak besar yang ditimbulkan jika nuklir jatuh di tangan yang salah. Nuklir memang bisa digunakan sebagai sumber energi, tetapi juga bisa digunakan sebagai senjata pemusnah masal. Radiasinya pun sangat mematikan, yang mampu menggerogoti tubuh sang korban hingga akhirnya korban menderita dan tewas perlahan. Nah menariknya, ada beberapa superhero yang memiliki kekuatan nuklir. Siapa saja superhero yang memiliki kekuatan nuklir? Simak berikut ini Geeks!

5 Captain Atom

Captain Atom pertama kali muncul dalam DC Comics lewat komik berjudul Space Adventures #33 pada bulan March 1960. Dia diciptakan oleh penulis Joe Gill dan seniman Steve Ditko. Nama asli Captain Atom adalah Nathaniel Christopher Adam. Dalam komik, Nathaniel Christopher Adam adalah seorang tentara Amerika yang dihukum mati atas tuduhan pengkhianatan.

Dia kemudian menjadi sukarelawan dalam percobaan militer rahasia yang berakhir dengan dirinya terperangkap dalam campuran energi nuklir yang memberinya kekuatan super. Captain Atom memiliki kemampuan untuk mengendalikan energi nuklir dan bisa melepaskan energi ini untuk berbagai hal, termasuk untuk terbang, serangan energi, manipulasi materi, dan regenerasi diri.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Captain Atom juga telah mengalami beberapa reboots dan perubahan tentang asal-usul dan kekuatannya. Menariknya, Captain Atom sering kali menjadi anggota dari beberapa tim superhero, termasuk Justice League dan Extreme Justice. Melihat kekuatannya yang dahsyat, wajar jika Captain Atom menjadi salah satu anggota Justice League terkuat yang pernah bergabung.

4 Nuke

Nuke alias Albert Gaines awalnya hanya orang biasa yang bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir, yang berada di Earth-712. Tetapi karena sebuah insiden, Gaines mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Dia pernah terpapar limbah nuklir, tetapi limbah nuklir tersebut justru tidak membunuhnya, melainkan memberinya kekuatan yang masif. Nuke menjadi contoh lain mengapa kita sebaiknya tidak bermain-main dengan limbah nuklir.

Setelah mendapatkan kekuatan super itulah Nuke diminta untuk bergabung dengan Squadron Supreme, sebuah tim superhero yang mirip seperti Avengers. Namun ada kejadian tragis yang menimpa Nuke. Karena Nuke sangat dekat dengan orang tuanya, orang tua Nuke terpapar dengan radiasi dari tubuhnya sendiri. Karena itulah orang tuanya meninggal karena kanker yang dihasilkan dari paparan radioaktif dari putranya. Nuke sendiri memiliki kemampuan untuk menembakkan radiasi dengan tangannya sendiri.

Selain itu, dia juga dapat terbang. Ia memang memiliki kekuatan super dan dapat mengubah radiasi nuklir menjadi pancaran energi dan bahkan menduplikasi gelombang kejut dari ledakan nuklir. Kisah hidupnya tidak lama karena Duke terbunuh setelah bertarung dengan Doctor Spectrum.

3 Dr. Solar

Sebenarnya ada lebih dari satu karakter bernama Dr. Solar, tetapi di sini kita akan membahas versi yang berasal dari reimagined dari Valiant dan Dynamite Enternamite. Nama aslinya adalah Doctor Phil Seleski. Seleski adalah seorang ahli fisika yang terlibat dalam kecelakaan dengan reaktor nuklir yang mengharuskannya terjun ke dalam untuk menghentikan kehancuran.

Setelah peristiwa tersebut, alih-alih mati dan tubuhnya hancur, Dr. Solar justru bertransformasi menjadi sosok yang sangat kuat karena menyimpan energi murni. Karena itulah dia sebenarnya bisa mengendalikan segala sesuatu di alam semesta. Sebagai Man of the Atom alias Manusia Atom, Seleski memiliki kemampuan untuk melakukan apapun yang dia inginkan, yang berurusan dengan energi.

Dia bahkan dapat melakukan perjalanan melintasi waktu, menyerap dan memanipulasi segala bentuk energi dan mengubahnya menjadi materi, dan kemudian menjadi energi lagi. Saking kuatnya, dia bahkan bisa membuat wormholes alias lubang cacing dan memanipulasi gravitasi serta melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya. Menariknya, Dr. Solar pernah membuat sebuah mesin pengabul keinginan.

2 Radioactive Man

Radioactive Man memang cukup asing ditelinga kita, tetapi tentu saja latar belakangnya sangat menarik untuk kita simak. Sebenarnya ada banyak karakter yang telah menjadi Radioactive Man, tetapi dalam artikel kali ini akan berfokus kepada karakter Chen Lu. Dia melakukan debut pada tahun 1963 dalam komik Journey into Mystery #93 besutan Steve Ditko dan Stan Lee. Lu bekerja sebagai seorang agen dari Republic Tiongkok.

Dia juga seorang ahli fisika nuklir yang secara sukarela melakukan eksperimen pada dirinya sendiri, mengubahnya menjadi Radioactive Man. Setelah terkena radiasi nuklir, Chen Lu memperoleh kekuatan super, termasuk kemampuan untuk menghasilkan radiasi nuklir, mengeluarkan sinar energi nuklir, dan manipulasi energi nuklir untuk berbagai efek. Kulit Lu pun berbubah menjadi hijau. Dia dapat menciptakan panas, menyebabkan keracunan radiasi pada targetnya,dan bahkan dapat menciptakan cahaya hipnotis untuk membingungkan musuh.

Chen Lu memang diperkenalkan sebagai musuh Avengers. Tetapi dalam beberapa kejadian, dia pun pernah menjadi superhero dengan kekuatan nuklir. Chen Lu juga pernah menjadi anggota tim anti-hero Thunderbolts, sebuah tim yang terdiri dari penjahat yang memutuskan untuk beroperasi sebagai pahlawan super untuk mendapatkan pengampunan atas kejahatan mereka.

1 Firestorm

Sama seperti Radioactive Man, gelar Firestorm juga sempat dimiliki oleh beberapa karakter lain, tetapi yang terbaru adalah Firestorm versi pamungkasnya dan yang terbaru yaitu Fury. Sementara itu adalagi beberapa karakter lainnya yang pernah menjadi Firestorm yaitu Ronnie Raymond dan Jason Rusch. Bedanya, Jason mengenakan setelah Firestrom berwarna kuning, sementara Ronnie mengenakan kostumnya yang berwarna merah.

Nah ketika Firestorm versi Ronnie dan Jason digabungkan, mereka menciptakan karakter baru bernama Fury. Fury sangat kuat dan dahsyat. Fury pertama kali muncul dalam komik Fury of Firestorm The Nuclear Men #1, yang ditulis oleh Ethan Van Sciver dan Gail Simone. Firestorm memiliki kemampuan untuk mengendalikan, menghasilkan, dan memanipulasi energi nuklir. Dia juga memiliki kemampuan untuk merubah materi secara molekuler dan terbang.

Jika Firestrom biasa saja sudah sangat kuat, maka dapat dibayangkan jika dua Firestorm dari Ronnie dan Jason saling bergabung membentuk Firestrom Fury. Kekuatannya memang meningkat berkali lipat. Firestorm adalah anggota aktif dari Justice League, salah satu tim superhero paling terkenal di alam semesta DC Comics.

Itulah dia Geeks beberapa superhero yang memiliki kekuatan nuklir. Tentu saja kekuatan mereka sangat dahsyat, dan wajib diwaspadai oleh musuh-musuhnya. Di antara para superhero tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version