Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Dunia Tersembunyi Paling Misterius di Film Hollywood!

10 Dunia Tersembunyi Paling Misterius di Film Hollywood!

Dunia tersembunyi merupakan salah satu hal yang sering muncul dalam cerita film dan ada beberapa dunia tersembunyi yang sangat populer. Ada banyak sekali hal menarik yang biasanya muncul dalam sebuah alur cerita film. Contohnya adalah tema cerita yang berani atau bahkan cerita yang penuh dengan fantasi. Yang juga menarik adalah beberapa film memperkenalkan dunia tersembunyi sebagai salah satu poin cerita. Ada beberapa dunia tersembunyi yang sangat populer di dunia film. Apa saja?

10 Hollow Earth

Dunia tersembunyi paling populer di dunia film yang pertama adalah Hollow Earth. Ini merupakan sebuah dunia tersembunyi yang relatif baru. Hollow Earth merupakan dunia tersembunyi yang pertama kali muncul di MonsterVerse. Dalam film Godzilla vs Kong, seorang ilmuwan Monarch, Willian Randa, memiliki teori tentang Hollow Earth. Menurut teorinya dia berpikir bahwa sebenarnya bumi berongga.

Hollow Earth sendiri adalah dunia yang berada jauh di dalam bumi, yang terhubung melalui serangkaian terowongan atau gua. Dengan adanya Hollow Earth, membuat para Titan mampu untuk melakukan perjalanan keliling dunia atau pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dengan kecepatan yang luar biasa. Ilmuwan lainnya, Dr. Nathan Lind, mengatakan bahwa mereka melakukan perjalanan 1.600 km hanya dalam waktu dua detik.

Melalui film tersebut juga diyakini bahwa Hollow Earth adalah tempat para Titan berasal. Hal ini pun seolah terbukti ketika Kong dan beberapa tim dari Monarch pergi ke Hollow Earth setelah menemukan satu gerbang untuk menuju ke sana. Dalam filmnya diperlihatkan begitu banyak monster yang hidup di Hollow Earth, contohnya adalah Warbat. Hollow Earth akan memiliki peranan penting juga di film Godzilla X Kong: The New Empire yang akan datang.

9 OASIS

Dunia tersembunyi tidak harus muncul dalam bentuk fisik. Bisa juga muncul dalam wujud virtual, di mana salah satunya adalah OASIS. Dunia tersembunyi digital ini sendiri muncul dalam film garapan Steven Spielberg yaitu Ready Player One yang rilis pada 2018. OASIS sendiri merupakan singkatan dari Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation, sebuah dunia siber yang berisi semua hal.

Ready Player One sendiri menghadirkan cerita di mana dunia nyata pada tahun 2045 telah menjadi sebuah tempat yang buruk dan kebanyakan orang lebih memilih menghabiskan waktunya di OASIS, sebuah realitas virtual yang canggih dan penuh petualangan. Ketika pencipta OASIS, James Halliday, meninggal, dia sempat meninggalkan warisan berupa harta karun dalam realitas virtual ciptaanya.

Siapapun pemain yang bisa menemukan harta karun tersebut akan mendapatkan kekayaan dan kendali terhadap OASIS. Karakter utamanya, Parzival, bersama teman-temannya, Art3mis, Aech, Shoto, dan Daito, berusaha untuk menemukan harta tersebut. Seperti halnya dunia virtual realita, hampir semua hal bisa terjadi dan ada di sana. Yang menarik adalah Spielberg banyak menghadirkan referensi ikon pop seperti mobil DeLorean dan bahkan Gundam.

8 The Matrix

Masih dari dunia tersembunyi film dalam bentuk virtual, yang paling populer selanjutnya adalah The Matrix. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan dunia tersembunyi digital ini. The Matrix merupakan sebuah dunia simulasi virtual realita yang berasal dari franchise The Matrix yang dibintangi oleh Keanu Reeves. Jika OASIS membutuhkan pengguna atau pemainnya untuk menggunakan alat bantu Virtual Reality, maka untuk masuk ke dunia The Matrix perlu cara khusus.

The Matrix sendiri merupakan sebuah dunia virtual yang dibangun dan diciptakan oleh kecerdasan buatan. Mereka sengaja membangun The Matrix pada masa depan karena kecerdasan buatan tersebut justru berbalik melawan manusia. Mereka mencoba untuk menjebak pikiran dari umat manusia bahwa para manusia tersebut tinggal di sebuah abad yang mereka kenal.

Dunia The Matrix memiliki ciri khas, di mana mayoritas dipenuhi oleh cahaya hijau dan juga tulisan coding. Inilah yang kemudian menjadi tujuan Neo dan Trinity serta Morpheus di franchise filmnya, di mana mereka berusaha untuk menghentikan dominasi mesin terhadap umat manusia. Ketiganya berusaha untuk menyelamatkan dunia dengan cara menghentikan sistem tersebut.

7 Dunia Jumanji

Jumanji merupakan sebuah franchise film yang populer yang menghadirkan tema tentang sebuah permainan yang menghisap siapapun pemainnya. Ada dua versi Jumanji yang muncul di dunia film, versi orisinal pada 1995 dan reboot pada 2017. Untuk versi orisinal di tahun 1995, diperlihatkan jika Alan Parish dan temannya, Sarah Whitlle, bermain sebuah permainan papan misterius.

Apapun yang muncul di papan tersebut akan muncul di dunia nyata. Sebenarnya, di film orisinal ini kita tidak melihat seperti apa dunia Jumanji. Hanya saja, kita diperlihatkan ada dunia tersembunyi yang berkaitan dengan permainan tersebut. Kemudian, Jumanji: Welcome to the Jungle adalah reboot dari film Jumanji yang dirilis pada tahun 1995. Dalam ceritanya, permainan Jumanji yang awalnya merupakan permainan papan dirubah menjadi video game.

Baru di film ini kita kemudian melihat bagaimana para pemain dari game Jumanji tersebut kemudian terhisap ke dalam permainannya. Keempat karakter yang terhisap ke dalam game kemudian diwakilkan melalui sosok avatar yang diperankan oleh beberapa nama seperti Dwayne Johnson, Kevin Hart, Jack Black, dan Karen Gillan. Mereka pun kemudian berpetualang di dunia Jumanji.

6 Isla Nublar

Sebenarnya, Isla Nublar bukan sebuah dunia tersembunyi seperti yang ada dalam daftar ini. Namun, ini merupakan sebuah pulau tersembunyi dan fiktif yang ada dalam cerita Jurassic Park. Film Jurassic Park dirilis pada tahun 1993 dan menceritakan tentang sosok ahli Dr. John Hammond yang memiliki mimpi untuk menghidupkan kembali para dinosaurus yang sebelumnya punah.

Setelah dia menderikan perusahaan InGen, Hammond kemudian mendirikan sebuah taman hiburan khusus yang menjadi tempat tinggal para dinosaurus bernama Jurassic Park yang ada di sebuah pulau bernama Isla Nublar. Di pulau tersebut juga kemudian seluruh kegiatan terkait mereproduksi dinosaurus dengan menggunakan teknologi genetika dilakukan. Pulau ini bisa dibilang sangat eksotis.

Isla Nublar memang tidak ada bedanya dengan pulau tropis yang ada di dunia nyata, namun bagaimana kemudian pulau tersebut bisa menjadi habitat bagi para dinosaurus tentunya menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Sayangnya, pasca peristiwa di film pertama pada akhirnya tidak ada yang mau lagi untuk berkunjung ke Isla Nublar dan pulau tersebut akhirnya ditinggalkan.

5 Asgard

Nama Asgard tentunya sudah tidak asing lagi terutama bagi para penggemar dari Marvel Cinematic Universe. Tempat tersebut diadaptasi dari lokasi yang sama dalam mitologi Nordik, yaitu Asgard. Menurut ceritanya, Asgard merupakan sebuah daratan suci sekaligus tempat tinggal bagi para adewa dalam mitologi Nordik seperti Thor serta Odin. Kerajaan ini juga dikenal sebagai sebagai tempat yang memiliki pejuang yang tidak kenal takut dan diketahui sangat kuat.

Contohnya adalah Skurge, Heimdal, dan juga Warriors Three. Asgard bersama dengan Bumi atau Midgard berada dalam sebuah dunia yang disebut dengan Nine Realms. Salah satu pejuang mereka, Thor, merupakan anggota dari Avengers sebelum kemudian mereka memutuskan untuk berpisah pasca apa yang terjadi di film Avengers: Endgame. Sayangnya, Asgard sendiri akhirnya harus mengalami kehancuran.

Asgard mengalami kehancurkan pada tahun 2017 dalam sebuah peristiwa “kiamat” yang bernama Ragnarok. Para Asgardian atau penduduk Asgard yang masih hidup kemudian pindah ke Bumi, menetap di Tonsberg, Norwegia, dan merekapun membangun kembali kota tersebut sebagai New Asgard. Valkyrie kemudian ditunjuk untuk menjadi pemimpin baru para Asgardian.

4 Narnia

Salah satu dunia tersembunyi populer di dunia film selanjutnya adalah Narnia. Ini merupakan sebuah dunia magis tersembunyi yang muncul dalam film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe. Ceritanya sendiri berfokus pada sebuah keluarga yang memiliki empat orang anak, di mana mereka kemudian pindah ke rumah baru. Pada awalnya, semua berjalan dengan biasa.

Namun, suatu hari, salah satu dari mereka menemukan sebuah lemari yang tidak biasa. Lemari pakaian tersebut ternyat menjadi pintu masuk ke sebuah dunia fantasi tersembunyi bernama Narnia. Keempat bersaudara tersebut pun kemudian masuk dan berpetualang di dunia fantasi Narnia. Namun, kemunculan mereka tersebut nyatanya tidak hanya sekedar bermain-main.

Keempat saudara tersebut akhirnya harus ikut bertempur menghadapi pihak yang berusaha untuk mengambil alih dan menghancurkan Narnia. Narnia sendiri sebenarnya mirip dengan Neverland, di mana meskipun manusia bisa mengakses menuju dunia tersebut namun tidak semua orang bisa ke sana. Hanya anak-anak yang bisa masuk dan berpetualang di dunia Narnia.

3 Dunia Sihir

Seperti halnya Narnia, franchise Harry Potter merupakan adaptasi dari novel karya J.K. Rowlings dengan nama yang sama. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Harry Potter, seorang anak laki-laki yang berhasil selamat dari sebuah serangan mantra paling mematikan di dunia sihir. Hal itu membuatnya terhubung dengan sang penyihir gelap sekaligus musuh utamanya, Voldemort.

Film pertama Harry Potter sendiri rilis pada 2001 dan film terakhir dalam franchise ini rilis pada 2011 dengan total ada delapan film selama satu dekade tersebut. Film dan novel Harry Potter memperkenalkan para penonton dan pembaca dengan sebuah dunia yang tersembunyi diantara dunia nyata, yaitu dunia sihir. Dunia sihir sebenarnya mirip dengan dunia nyata.

Hanya saja, yang membedakannya adalah struktur bangunannya yang cenderung kuno. Selain manusia dan penyihir, ada juga makhluk lainnya yaang tinggal di sana seperti orcs, monster raksasa, dan bahkan naga. Sebenarnya, dunia manusia atau dunia nyata saling terhubung satu sama lain seperti halnya Hollow Earth. Namun, para penyihir selalu berusaha menyembunyikan hal tersebut.

2 Wonderland

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan cerita dari Alice in Wonderland. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel Alice’s Adventure in Wonderland karya dari penulis Lewis Caroll. Kisahnya sendiri berfokus pada seorang gadis bernama Alice. Dalam ceritanya, Alice tertarik dengan seekor kelinci yang masuk ke sebuah lubang di mana di dalam lubang tersebut ternyata ada sebuah dunia fantasi yang luar biasa.

Sesuai namanya, dunia fantasi yang Alice datangi secara tidak sengaja tersebut bernama Wonderland. Karena ini merupakan adaptasi dari sebuah cerita novel dari tahun 1800an, elemen dunia fantasi yang muncul di Wonderland cenderung kelam dan mengerikan yang jadi ciri khas dongeng zaman dahulu. Bahkan, sebagian menganggap berbagai hal yang ada di Wonderland membuat seseorang seolah berada di dunia psikedelik atau dunia hayalan.

Bukan tanpa sebab memang. Baik dalam film animasi atau live action kita bisa lihat bagaimana Alice bertemu dengan sosok kucing besar dengan senyuman mengerikan, dua orang kurcaci, kelinci yang bisa berbicara, dan sebagainya. Meskipun nampak sangat mengerikan, Wonderland tentunya sangat menarik apalagi bagi mereka yang senang akan petualangan di dunia fantasi.

1 Neverland

Peter Pan merupakan film klasik Disney yang mungkin nasibnya sedikit berbeda dari film lainnya di mana kesuksesasn film ini tidak seepik dari film-film Disney lain. Meskipun begitu, film ini tetap dikenang sebagai salah satu film Disney anak-anak terbaik. Cerita Peter Pan sendiri menghadirkan sebuah tempat atau pulau yang sangat fenomenal dan populer yaitu Neverland.

Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, Neverland merupakan sebuah pulau fantasi di mana semua anak-anak yang ada di sana tidak akan mengalami pertambahan usia atau mereka tidak akan beranjak dewasa. Dan hanya anak-anak yang boleh dan diizinkan untuk berada di pulau tersebut. Neverland menjadi pulau yang menjadi tempat tinggal bagi Peter Pan dan Tinker Bell.

Neverland sendiri sudah muncul dalam beberapa iterasi seperti film orisinalnya pada 1953, kemudian dalam versi live action di film Hook di tahun 1991, film Pan pada 2015, dan yang paling baru adalah Peter Pan & Wendy yang rilis pada 2023. Hampir semua orang mengenal dan mengetahui Neverland, seperti halnya Wonderland, karena lokasi ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu.

Menghadirkan elemen dunia tersembunyi dalam sebuah cerita film tentunya bisa jadi salah satu daya tarik yang menarik. Apalagi, jika kemudian filmnya mampu membungkus dan menghadirkan dunia tersembunyi itu dengan sangat baik. Dunia tersembunyi tersebut akan menjadi sangat populer seperti beberapa contoh di atas.

Exit mobile version