Home COMIC COMIC FEATURES 7 Sidekick Superhero yang Berkhianat!

7 Sidekick Superhero yang Berkhianat!

Sidekick adalah istilah yang digunakan dalam dunia fiksi, terutama dalam genre superhero, untuk merujuk kepada karakter yang merupakan mitra atau sahabat dekat dari pahlawan utama. Sidekick biasanya memiliki peran pendukung dalam cerita, membantu pahlawan utama dalam pertempuran, memberikan dukungan moral, atau bahkan menambahkan elemen komik atau humor ke dalam narasi. Menariknya nih Geeks, ada beberapa sidekick yang diketahui pernah berkhianat. Siapa saja sidekick tersebut? Simak berikut ini Geeks!

7 Robin

Damian sering kali digambarkan sebagai karakter yang sombong dan percaya diri, terutama karena statusnya sebagai anak Bruce Wayne dan pewaris potensial dari kerajaan kriminal League of Assassins. Meskipun awalnya dikenal sebagai karakter “jahat”, Damian mengalami perkembangan yang signifikan selama penampilannya. Dia mulai menunjukkan sifat-sifat yang lebih baik dan hubungan yang lebih dekat dengan Batman serta anggota Timnya.

Damian Wayne kemudian menjadi Robin keempat setelah Dick Grayson, Jason Todd, dan Tim Drake. Dia mengambil peran tersebut setelah Tim Drake meninggalkan identitas Robin. Damian sendiri sebenarnya cukup dekat dengan Nightwing. Pasalnya, Nightwinglah yang membawa Damian keluar dari sisi gelapnya dan menjadi soerang pahlawan.

Namun dalam komik Injustice, di mana Superman melewati batas dan menjadi seorang tiran, Damian pun memilih bergabung ke sisi Superman. Ketika Batman dan Nightwing akhirnya menghadapi Superman, mereka terkejut mengetahui bahwa Damian Wayne alias Robin berada di pihak Superman. Yang lebih buruk lagi adalah ketika Robin menyerang Nightwing dan mematahkan leher mantan mentornya itu.

6 Weasel

Nama asli Weasel adalah Jack Hammer. Dia seorang teknisi komputer yang ahli. Namun karena kurang disukai orang-orang, dia akhirnya terlibat dalam kejahatan. Dia juga jenius dalam bidang teknologi, khususnya dalam hacking dan pembuatan peralatan canggih. Tak jarang, dia sering merancang dan memperbaiki berbagai perangkat untuk Deadpool dan anggota X-Force lainnya. Bisa dibilang Weasel adalah rekan sekaligus sidekick Deadpool.

Meskipun bukanlah seorang pejuang, tetapi dia telah membantu Deadpool dalam banyak sekali kejadian. Tetapi meski dianggap sebagai sidekick superheronya, Weasel sering mendapat kekerasan dari Deadpool. Tak hanya kekerasan fisik saja, karena Weasel juga mendapat kekerasan mental. Deadpool bahkan pernah mengunci Weasel dalam sebuah ruangan yang dinding dan lantainya ditutupi pisau dan paku.

Weasel memang menanggung penyiksaan dari Deadpool selama bertahun-tahun, dan dia tidak pernah melawan karena ketakutan dengan apa yang akan terjadi jika Weasel mengatakan “tidak.” Karena itulah Weasel pada akhirnya mengkhianati Deadpool. Setelah Deadpool mencoba membuka lembaran baru, Weasel memutuskan bahwa dunia harus melihat Deadpool sebagai monster. Di saat itulah dia memanipulasi Deadpool agar dia membunuh sahabat barunya, Peter Parker.

5 Zeke

Cole MacGrath adalah karakter utama dalam Infamous. Ketika Cole MacGrath terkena ledakan besar, dia terbangun dan mendapati dirinya sendiri memiliki kekuatan untuk mengendalikan listrik. Setelah memiliki kekuatan, munculah keinginan untuk menjadi superhero. Diapun memiliki sahabat setia, yang juga menjadi sidekicknya bernama Zeke.

Zeke selalu ada di sisi Cole. Dalam game Infamous pertama, sang karakter utama harus berhadapan langsung dengan Kessler, pria yang meledakkan bola sinar yang memberi Cole kekuatannya. Kessler berencana meledakkan benda itu lagi, dan membunuh ribuan orang dan menciptakan orang-orang yang berkekuatan super lainnya. Pertarungan pun terjadi, dan ketika Zeke berhasil merebut perangkat tersebut, untuk mengakhiri pertarungan, sayangnya, Zeke berkhianat.

Zeke menyerah pada rasa keegoisannya dan terbersit dibenaknya untuk berkuasa dan mengaktifkan perangkat tersebut dan membuat lebih banyak masalah lagi bagi Cole MacGrath. Tidak ada yang menyangka memang jika pada akhirnya Cole dikhianati oleh Zeke.

4 Microchip

Nama asli Punisher adalah Frank Castle. Dia seorang mantan Marinir Amerika Serikat yang menjadi pemburu kejahatan. Peristiwa yang memicu transformasi Frank Castle menjadi Punisher adalah pembunuhan brutal keluarganya. Kematian istrinya, Maria Castle, dan dua anaknya, Frank Jr. dan Lisa, di tangan mafia membuatnya memulai perang pribadi melawan kejahatan.

Berbeda dengan banyak karakter superhero Marvel, Punisher tidak memiliki kekuatan super. Dia bergantung pada kecerdasan, keterampilan tempur, dan keahlian dalam senjata api untuk melawan musuh-musuhnya. Meski jago bertarung, tetapi Punisher terkenal “gaptek” terhadap teknologi. Beruntung karena dia memiliki sidekick bernama Microchip, di mana keduanya bekerja sama berkeliling dunia dan memburu penjahat.

Nah suatu ketika Geeks, Microchip merasa khawatir dengan kondisi mental The Punisher karena terlalu sering menghabisi musuhnya. Karena itulah dalam komik In Punisher volume 2 #97, Microchip mengurung Frank dan menggantinya dengan Navy Seal. Punisher pada akhirnya mampu melepaskan diri dan menjadi musuh Microchip, menyusun rencana untuk saling membunuh satu sama lain. Pada akhirnya Microchip mati ditangan Punisher.

3 Bucky Barnes

Nama asli Captain America adalah Steve Rogers. Dia adalah seorang tentara Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam program eksperimental yang mengubahnya menjadi pahlawan super. Sebelum menjadi Captain America, Steve hanya seorang pria yang lemah fisiknya namun memiliki semangat juang yang besar. Salah satu ciri khas Captain America adalah perisai Vibranium-nya, yang diberikan kepadanya oleh pemerintah Amerika Serikat.

Perisai ini menjadi senjata dan alat pertahanan yang ikonik dalam pertempuran. Captain America adalah salah satu anggota pendiri tim superhero Avengers dan sering kali menjadi pemimpin tim tersebut dalam berbagai inkarnasinya. Kepemimpinannya didasarkan pada keberanian, kecerdasan taktis, dan pengalaman tempur yang luas. Rasanya semua orang tahu bahwa Captain America memiliki sidekick superhero bernama Bucky Barnes alias Winter Soldier.

Keduanya pernah berjuang bersama untuk mengalahkan Nazi. Namun kemudian Bucky meninggal. Sebenarnya Bucky tidaklah benar-benar meninggal, karena dia ditangkap oleh agen Rusia, dan kemudian memberinya lengan logam dan dicuci otaknya, sehingga lahirlah Winter Soldier. Setelah itulah Backy Barnes mengkhianati Captain America dan menyerang balik.

2 Cyclops

Cyclops memiliki nama asli Scott Summers. Dia adalah salah satu anggota pendiri X-Men dan sering kali dianggap sebagai pemimpin tim. Kekuatan utama Cyclops adalah kemampuannya untuk memancarkan energi optik dari matanya. Kekuatan ini tidak dapat dikontrol tanpa kacamata khusus yang dirancang untuk menahan energinya.

Kekuatan itu dia dapatkan setelah cedera yang dia alami pada masa kecilnya ketika dia diseret oleh mobil dan terjatuh. Cedera tersebut menyebabkan saraf otaknya menjadi rusak dan menyebabkan kemampuannya tak terkendali. Sebagai seorang anggota X-Men, Cyclops cukup dekat dengan Charles Xavier. Cyclops sendiri juga dikenal sebagai sidekick superhero dari Xavier selama bertahun-tahun. Menariknya, ada momen ketika Cyclops mengkhianati mentornya itu.

Dalam peristiwa Avengers vs X-Men, Cyclops mendapatkan kekuatan kosmik The Phoenix Force. Awalnya, Cyclops menggunakan kekuatan itu untuk kebaikan. Tetapi Phoenix Force berubah menjadi Dark Phoenix, dan membuat Cyclops menyerah pada kekuatan Dark Phoenix. Xavier turun tangan untuk menghentikannya, tetapi Cyclops tiba-tiba membunuh membunuh mantan mentornya itu.

1 Miek

Bruce Banner adalah seorang ilmuwan jenius yang bekerja dalam bidang fisika nuklir. Dia menjadi Hulk setelah terkena radiasi gamma yang merubahnya menjadi makhluk hijau dengan kekuatan yang tidak terbatas. Ketika Banner marah atau terpapar radiasi gamma, dia berubah menjadi Hulk, makhluk raksasa yang tidak terkendali.

Nah suatu ketika, karena merasa bahwa Hulk menjadi ancaman karena dia sulit dikendalikan, Illuminati yang berisi anggota seperti Doctor Strange, Black Bolt, Tony Stark, dan Reed Richards mengirim Hulk ke luar angkasa untuk melindungi Bumi. Pengkhianatan ini menyebabkan Hulk terobang-abing di luar angkasa hingga dia mendarat di planet Sakaar. Di sana, Hulk mendapatkan seorang sidekick superhero bernama Miek, yang mungkin kita mengenalnya dalam film Thor: Ragnarok. Miek adalah makhluk berbatu.

Nah menariknya Miek di komik sangat berbeda dari MCU. Setelah diselamatkan oleh Hulk di arena gladiator, Miek memutuskan bergabung dengan Hulk. Setelah Hulk membebaskan Sakaar dan menciptakan perdamaian, Miek memutuskan bahwa kehidupan yang damai bukan untuk dirinya. Karena itulah dia meledakkan bom besar dan menghancurkan planet Sakaar, membunuh jutaan orang, dan melukai kepercayaan Hulk.

Itulah beberapa sidekick superhero yang pernah berkhianat. Sidekick-sidekick tersebut memang sangat terkenal, dan tidak ada yang menyangka jika mereka pada akhirnya akan berkhianat. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version