Home SERIES SERIES FEATURES 10 Kelompok di Universe Transformers!

10 Kelompok di Universe Transformers!

Dalam universe Transformers sebenarnya ada berbagai faksi atau kelompok selain yang sudah muncul seperti Decepticons dan Autobots. Franchise Transformers banyak memperkenalkan kelompok atau faksi yang menarik. Mayoritas kemungkinan lebih mengenal Decepticons dan Autobots. Film terbaru kemarin memperkenalkan Maximals yang merupakan Transformers mamalia. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu ada beberapa faksi atau kelompok lain di franchise Transformers. Apa saja?

10 Dinobots

Faksi atau kelompok lain di franchise Transformers yang pertama adalah Dinobots. Kelompok ini diketahui sudah muncul bahkan sebelum Maximals dan Predacons. Dinobots sendiri sebenarnya adalah kelompok yang jadi bagiaan dari Autobots, yang mana sesuai dengan namanya mereka merupakan Transformers yang mampu berubah wujud menjadi berbagai jenis dinosaurus.

Para Dinobots adalah kelompok Transformers yang terdiri dari para pejuang tangguh, seperti Slug yang memiliki bentuk seperti triceratops, kemudian Scorn yang memiliki bentuk seperti spinosaurus, Strafe yang memiliki wujud pteranodon, dan Snarl adalah Dinobots yang memiliki bentuk seperti stegosaurus. Pemimpin mereka, Grimlock, merupakan Dinobots yang memiliki wujud seperti T-Rex.

Meskipun mereka merupakan bagian dari Autobots, tetapi para Dinobots kurang suka dan tidak setuju dengan kepada kelompok Optimus Prime tersebut. Hal tersebut karena mereka menganggap jika Autobots terlalu lemah dalam menangani sesuatu. Perbedaana sikap ini kemungkinan terjadi karena pada dasarnya mereka memang diciptakan untuk lebih agresif dari Autobots pada umumnya mengingat mereka adalah dinosaurus.

9 Insecticons

Untuk menghadapi serangan dari para Dinobots yang terkenal tangguh, biasanya Megatron akan mengirim salah satu kelompok lainnya dari Decepticons. Kelompok tersebut bernama Insecticons. Sesuai dengan namanya, Insecticons adalah Transformers yang memiliki kemampuan untuk bisa berubah menjadi serangga. Seperti juga Dinobots, para Insecticons ini muncul sebelum para Maximals dan Predacons.

Insecticons sendiri diketahui hanya memiliki anggota sebanyak tiga robot saja. Mereka adalah Shrapnel yang merupakan pemimpin dari Insecticons yang memiliki wujud kumbang. Kemudian, dua anggota Insecticons adalah Bombshell yang memiliki wujud kumbang badak serta Kickback yang memiliki wujud belalang. Walaupun jumlahnya sedikit, tetapi mereka terbukti mampu menandingi kekuatan para Dinobots.

Bagaimana reputasi dari Insecticons yang kurang populer rasanya memang wajar mengingat mereka jarang muncul dalam berbagai cerita yang ada. Para Insecticons sendiri muncul dalam series animasi di tahun 1985, kemudian dalam cerita Beast Wars di tahun 1996, daan terakhir adalah pada series Energon pada 2004.

8 Mini-Cons

Karena kemampuan dari para Transformers yang bisa berubah wujud menjadi berbagai jenis mesin atau alat lainnya, mereka juga sebenarnya bisa berubah menjadi seukuran manusia. Kelompok tersebut bernama Mini-Cons. Secara bentuk dan desain, sebenarnya tidak ada yang berbeda antara Mini-Cons dengan para Transformers lainnya. Hanya saja mereka memiliki ukuran yang berkali-kali lipat lebih kecil dari Transformers pada umumnya.

Meskipun begitu, Mini-Cons memiliki kemampuan untuk menyambungkan kekuatan (powerlinx) dengan Transformers lain. Misalnya, meningkatkan kemampuan dasar mereka atau bahkan mengakses terhadap berbagai senjata unik dan kuat yang bisa mereka gunakan. Mini-Cons juga memiliki keunikan lainnya, di mana mereka tidak berpihak kepada Autobots atau bahkan Decepticons.

Mini-cons adalah salah satu dari sedikit sekali kelompok Transformers yang berada di jalur netral. Meskipun begitu, sebenarnya Mini-Cons memiliki asal-usul yang cukup mengerikan. Dalam ceritanya, Mini-Cons merupakan pasukan Transformers yang dibentuk atau diciptakan oleh Unicron. Pada awalnya, Unicron sengaja membuat mereka untuk menciptakan lebih banyak kekacauan. Untungnya, kemudianm Autobots menolong mereka dan mereka pun kemudian menjadi independen.

7 Combiners

Salah satu kemampuan epik yang para Transformers miliki, selain berubah wujud menjadi benda atau kendaraan, adalah bagaimana mereka bisa menggabungkan diri dengan Transformers lainnya. Meskipun para Transformers sudah sangat luar biasa dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, namun terdapat berbagai kombinasi mereka yang bisa dibilang sangat epik dan luar biasa.

Sejak Devastator muncul pertama kali dalam episode animasi Transformers G1, Combiners sudah menjadi salah satu hal yang bertahan di franchise ini. Combiners sendiri merupakan kombinasi dari berbagai robot atau Transformers yang bergabung dan menciptakan satu bentuk robot raksasa. Ada banyak kombinasi epik dalam cerita Transformers, namun beberapa diantaranya dianggap overpower.

Contohnya adalah Optimus Maximus. Ini adalah combines atau kombinasi Transformer yang paling overpower, yang bahkan saking terlalu kuatnya kombinasi ini Optimus Maximus hanya muncul sekejap saja dalam cerita komik IDW G1. Optimus Maximus sendiri merupakan kombinasi dari berbagai Transformasi kuat seperti Optimus Prime, Mirage, Sunstreaker, Ironhide, dan Prowl.

6 Constructicons

Kelompok Transformers lain di franchise Transformers adalah Constructicons. Mereka merupakan kelompok Transformers yang memang memiliki keahlian luar biasa dalam konstruksi dan pembangunan. Constructicons terdiri dari beberapa anggota yang mana wujud atau bentuk mereka menyerupai alat berat seperti ekskavator, bulldozer, truk pengangkut, dan lainnya.

Para anggota Constructicons sendiri adalah Bonecrusher, Gook, Long Haul, Mixmaster, Scavenger, dan Scrapper. Salah satu keunikan mereka adalah bagaimana mereka memiliki kemampuan mereka untuk bergabung menjadi satu sosok besar bernama Devastator. Setiap anggota Constructicons memiliki peran yang berbeda-beda dalam proses konstruksi atau membuat bangunan.

Contohnya adalah Scrapper yang ahli dalam merencanakan struktur dan menggambar desain. Sedangkan, Hook adalah Constucticons terbaik untuk urusan presisi saat memasang bahan bangunan. Bonecrusher memiliki kemampuan menghancurkan benda keras untuk memulai konstruksi. Sayangnya, Megatron diam-diam memprogram ulang mereka agar menjadi Transformers pengkhianat yang mengabdi sebagai Decepticons.

5 Aerialbots

Aerialbots adalah salah satu kelompok yang ada di pihak Autobots yang memiliki keunggulan. Mereka diketahui memiliki kemampuan untuk berubah menjadi pesawat terbang.  Dengan kemampuan mereka untuk menjadi kekuatan udara menjadikan Aerialbots pasukan udara yang sangat kuat dalam melindungi Bumi dari ancaman Decepticons atau musuh-musuh lainnya.

Kelompok Aerialbots terdiri dari beberapa anggota yang manaa masing-masing mereka bisas berubah menjadi pesawat dengan desain dan kemampuan yang berbeda. Mereka adalah Air Raid, Slingshot, Fireflight, Skydive, dan Silverbot. Seperti halnya kelompok Transformers lain, Aerialbots juga memiliki kemampuan untuk menggabungkan para anggotanya dan menjadi Transformers baru.

Aerialbots juga sering berperan dalam misi penjelajahan udara, penyelamatan, dan pemindahan pasukan. Hal tersebut menjadikan mereka salah satu kelompok Transformers yang paling fleksibel dalam pertahanan Autobots. Keunggulan mereka di udara membuat Aerialbots menjadi elemen penting dalam tim Autobots, menghadirkan berbagai kemampuan dahsyat untuk menghadapi ancaman yang ada.

4 Rescue Bots

Rescue Bots merupakan kelompok lainnya di universe Transformers, di mana mereka pertama kali muncul dalam TV series berjudul Transformers: Rescue Bots. Pada dasarnya, mereka memiliki kemiripan dengan Costructicons yang mana kelompok Rescue Bots memiliki spesialisasi tertentu. Jika Costructicons memiliki keahlian dalam membangun, maka Rescue Bots memiliki keahlian dalam hal menolong orang lain.

Rescue Bots diketahui merupakan kelompok yang menjadi bagian dari Autobots, di mana mereka sengaja dihadirkan untuk beradaa di Fire Station Prime. Fakta menarik mengenai kelompok ini adalah Optimus Prime sendiri yang kemudian memilih beberapa Transformers dari Autobots untuk menjadi bagian dari Rescue Bots. Diketahui ada empat Transformers yang bergabung dengan Rescue Bots yaitu Chase, Heatwawve, Blades, dan Boulder.

Yang juga menarik adalah dalam seriesnya diperlihatkan bagaimana para Transformers yang akan menjadi Autobots akan terlebih dahulu bergabung dengan kelompok ini. Mereka akan mendapatkan latihan dan arahan untuk kemudian bergabung dalam misi yang sebenarnya. Meskipun seriesnya ditujukan untuk anak-anak banyak yang memuji faksi atau kelompok Transformers ini.

3 Junkions

Junkions merupakan kelompok lain di universe Transformers yang mungkin banyak dari Geeks yang belum pernah mendengarnya. Junkions merupakan kelompok Transformers yang menarik dan unik. Mereka tidak tinggal di planet Cybertron seperti halnya Transformers lain. Para Junkions tinggal atau menduduki sebuah planet hidup lainnya yang bernama Junkion.

Selain tempat tinggal mereka, bentuk dari Junkions juga berbeda dari Transformers lainnya. Meskipun wujud mereka seperti robot, namun mereka tidak memiliki bentuk yang mirip layaknya Transformers lain. Hal ini karena tubuh para Junkions terbentuk atau terdiri dari sisa material besi atau sampah besi yang ada di planet tersebut. Namun, hal ini justru jadi kelebihan mereka.

Selain para Junkions menjadi sulit untuk dilukai dan dikalahkan, bahkan untuk dibunuh, mereka juga bisa memperbaiki atau menyembuhkan diri sendiri ketika terluka. Mereka memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di planet tersebut untuk mereka gunakan. Mereka bahkan sering juga menolong para Transformers lainnya dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada di sana. Yang unik adalah Junkions sangat terobsesi dengan siaran dari bumi yang mana membuat mereka berbicara seperti halnya penyiar radio atau televisi.

2 Reapers

Para Reapers dalam universe Transformers mungkin adalah salah satu kelompok yang paling mencolok mengingat asal-usul dan juga tujuan mereka. Para Reapers juga secara teknis bisa juga dianggap bukan sebagai Transformers, melainkan sebuah “senjata hidup.” Mereka pada dasarnya rela melakukan apapun dan menghancurkan apapun demi terciptanya sebuah kedamaian menurut mereka.

Para Reapers akan menghancurkan siapapun yang mencoba untuk menghalangi langkah mereka. Sejauh ini, diketahui hanya ada satu Reapers saja yang sudah muncul dan diperkenalkan dalam franchise Transformers. Sosok tersebut adalah Klaxa. Dia merupakan Reapers yang memiliki penampilan sangat menyeramkan di mana tubuhnya seluruhnya diselimuti oleh api.

Selain Klaxa, sebenarnya ada robot hidup lainnya yang menjadi pemimpin Reapers yaitu Deathbringers. Desain dari para Reapers lainnya diketahui mirip seperti berbagai makhluk mitologi atau hal lain yang mengerikan, seperti malaikat kematian, seekor gagak, dan bahkan tank. Dengan kemampuan dan kedahsyatan mereka, Reapers merupakan ancaman dan kelompok berbahaya di daftar ini.

1 Earth Defense Command

Kelompok lain di universe Transformers yang terakhir adalah Earth Defence Command. Ini adalah perwujudan paling komprehensif dan luar biasa dari kelompook lain di universe Transformers yang dipimpin oleh manusia. Earth Defence Command merupakan sebuah kelompok gabungan dari berbagai negara yang ada di bumi. Tujuannya tidak lain untuk melindungi bumi dari ancaman planet Cybertron.

Earth Defence Command merupakan kelompok manusia yang banyak berinteraksi dengan Decepticons dan Autobots di berbagai series Transformers. Dalam series animasi pertamanya, EDC diperlihatkan memiliki berbagai stasiun luar angkasa. Masing-masing stasiun luar angkasa tersebut bertujuan untuk memonitor atau mengawasi aktivitas tata surya sekaligus mengawasi gerak-gerik dari Transformers.

Daam cerita Wings Universe, Earth Defence Command ikut membantu membangun sebuah pabrik yang membangun Transformers di mana robot tersebu nantinya akan diangg sebagai penduduk bumi. Dalam versi yang lebih modern, termasuk di komiknya, Earth Defence Command menjadi pihak yang menjembatani hubungan antara manusia dan juga para robot selain ikut mejaga bumi dari ancaman yang ada.

Banyak fans yang mungkin tidak mengetahui jika di universe Transformers sebenarnya ada berbagai kelompok yang tidak kalah menarik dari Autobots dan Decepticons. Mereka memiliki kemampuan dan kedahsyatan yang unik, yang tentunya semakin memperkaya mitologi dari Transformers.

Exit mobile version