Home COMIC COMIC FEATURES 10 Universe Marvel Paling Mengerikan!

10 Universe Marvel Paling Mengerikan!

Dalam Multiverse Marvel ada banyak universe yang sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun lalu, namun beberapa diantaranya dianggap paling mengerikan. Dunia komik tentunya terkenal akan kreativitas tanpa batas yang bisa para penulis hadirkan dalam cerita. Salah satu hal yang biasa muncul adalah menghadirkan berbagai universe dalam ceritanya. Kemunculan berbagai universe alternatif, selain Earth-616 yang jadi universe utama, membuat ceritanya semakin menarik. Namun, sebagian universe Marvel tersebut dianggap paling mengerikan. Apa saja?

10 Earth-90214

Universe Marvel yang paling mengerikan pertama adalah Earth-90214. Sebenarnya, salah satu universe Marvel ini salah satu yang menarik. Sesuai dengan namanya, universe Marvel tersebut mengambil setting di era 1920an, yang dipadukan dengan berbagai elemen noir dan film seperti pulp fiction untuk menciptakan sebuah Marvel Universe yang sangat berbeda dari biasanya.

Berbagai karakter yang muncul di universe ini juga merupakan versi Noir. Beberapa diantaranya adalah Luke Cage, The Punisher, dan X-Men. Namun, diantara sekian banyak karakter Marvel Noir, yang paling populer dari era ini adalah Spider-Man Noir. Karakter Spider-Man Noir ini pernah memiliki peran penting dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse, yang diadaptasi dari event Spider-Verse.

Meskipun begitu, era Noir sebenarnya merupakan salah satu masa di mana tingkat kriminalitasnya tinggi. Meskipun di universe tersebut ada berbagai karakter superhero Marvel yang siap melindungi, namun rasanya dengan tingkat kriminalitas yang sangat tinggi itu membuat universe Marvel ini sulit untuk ditinggali. Nuansa dan atmosfer di universe tersebut yang melankolis jadi salah satu alasan lainnya.

9 Earth-2099

Universe Marvel paling mengerikan yang pertama adalah Earth-2099. Sudah sejak lama universe alternatif ini dianggap sebagai salah satu universe yang gelap dan mengerikan. Di sisi lain, ini menjadi alternatif universe yang populer berkat karakter Spider-Man 2099. Earth-2099 sendiri, sesuai dengan namanya bersetting di tahun 2099 di mana semua teknologi dan peradaban sudah sangat maju.

Yang menarik adalah semua versi superhero memiliki titel “2099” seperti halnya Spider-Man 2099. Contohnya adalah Punisher 2099, Daredevil 2099, dan masih banyak lainnya. Namun, ada satu hal yang membuat universe ini kemudian dianggap begitu kelam dan mengerikan. Peran dari perusahaan Alchemax dalam menguasai seluruh lini kehidupan adalah alasan utamanya.

Alchemax merupakan sebuah perusahaan terknologi di mana awalnya itu merupakan tempat Miguel O’Hara bekerja sebelum kemudian dia terlibat tragedi dan jadi Spider-Man 2099. Alcemax benar-benar mengendalikan semua sektor kehidupan manusia melalui teknologi yang mereka ciptakan. Inilah alasan tahun 2099 dianggap sebagai tahun yang kelam bagi banyak orang.

8 Days Of The Future Past

Tidak banyak hal yang diketahui mengenai kegiatan sehari-hari atau hal penting yang muncul dalam universe Days of the Future Past. Satu-satunya hal utama yang muncul di universe ini adalah bagaimana Kitty Pride dari masa depan harus mengendalikan dirinya dari masa lalu untuk mencegah peristiwa di universe ini terjadi. Kitty Pride mengatakan bahwa X-Men harus menghentikan upaya Mystique untuk membentuk kembali Brotherhood of Evil Mutants.

Misi mereka sendiri adalah menghabisi nyawa dari Senator Robert Kelly, Charles Xavier, dan Moria McTaggert. Kematian mereka akan menjadi awal mula kelompok the Sentinels untuk memburu seluruh umat manusia. Dan pada akhirnya, mereka akan mendapatkan dua pilihan yaitu menghabisi nyawanya atau dikirim ke kamp konsentrasi. Bisa dibilang universe ini sangatlah pelik.

Pertarungan antar mutan demi menghentikan rencana jahat sesama mereka yang ingin menghancurkan umat manusia dan seluruh dunia menjadikan universe ini salah satu yag mengerikan. Meskipun para Avengers juga ada di universe tersebut, namun dunia yang kacau tersebut rasanya sulit untuk ditinggali.

7 Earth-80712

Earth-80712 atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan univer “Old Man Logan” merupakan sebuah universe alternatif yang dianggap sebagai universe antah berantah. Universe alternatif ini sempat muncul dalam beberapa cerita komik, misalnya Wolverine, Vol. 3, #66-72, Wolverine Giant-Size Old Man Logan, dan tentunya adalah Old Man Logan. Di universe ini nasib antara villain dan superhero mengalami kebalikan.

Jika umumnya para villain berhasil untuk dikalahkan oleh para superhero dan mereka sulit untuk meraih kemenangan, dalam Earth-80712 ini justru para villain yang berhasil menguasai dunia. Mereka berhasil menghabisi para superhero, termasuk Avengers. Dan hanya beberapa superhero yang tersisa di universe tersebut seperti Old Man Logan, Old Man Hawkeye, Black Widow, Doctor Doom, dan Star-Lord.

Dalam universe ini, Logan memutuskan untuk pensiun sebagai Wolverine setelah dia menghabisi rekannya sendiri akibat dimanipulasi pikirannya oleh Mysterio. Namun, dia berhasil diyakini untuk sekali lagi menjadi Wolverine dan menghadapi para villain yang ada. Tinggal di sebuah universe di mana para villain berkuasa, rasanya bisa jadi alasan kuat ini jadi salah satu universe Marvel paling buruk.

6 Earth-460

Meskipun hanya muncul sebentar di Marvel Universe, Earth-460 menjadi setting utama dalam komik Marvel 1602 #8. Komik tersebut menghadirkan cerita tentang salah satu potensi masa depan yang sangat gelap di Marvel Universe dan bagi para pahlawan Marvel. Berfokus pada sebuah skenario di mana Purple Man menunggu para pahlawan Marvel berubah menjadi tua.

Ketika hal itu terjadi, Purple Man kemudian menggunakan kekuatannya untuk menjadi presiden seumur hidup. Purple Man sendiri memiliki kekuatan yang luar biasa di mana dia bisa mengendalikan pikiran orang lain hanya dengan berbicara dengan orang tersebut. Dan efek dari rencana besar dari Purple Man tersebut bisa dibilang sangat mengerikan, di mana ada banyak hal di luar dugaan terjadi.

Beberapa hal mengerikan yang terjadi contohnya adalah seluruh vigilante dan superhero ditangkap dan Captain America harus dihukum mati karena mencoba menghalangi para penjahat melakukan aksinya. Ketika sosok villain menjadi presiden dan menjadi penguasa, rasanya hal itu sudah cukup untuk jadi alasan mengapa Earth-460 jadi salah satu universe Marvel paling mengerikan.

5 Earth-4162

Di dunia ini, orang-orang mungkin memiliki phobia atau ketakutan terhadap sesuatu. Mulai dari phobia dari ruang sempit, laba-laba, atau ketakutan akan ketinggian. Tapi, satu ketakutan yang mungkin sangat berbahaya adalah ketakutan ketika bumi menjadi “makhluk hidup”. Hal ini kemudian benar-benar terjadi dalam cerita komik Exiles #52 yang menghadirkan Earth-4162.

Dalam Earth-4162 para pembaca diperlihatkan bagaimana bumi memiliki nyawa dan jadi makhluk hidup. Hal ini terjadi setelah Ego the Living planet menyebarkan benihnya ke laut China (China Sea) untuk mendapatkan planet hidup yang sama dengannya. Setelah hal tersebut dia lakukan planet bumi kemudian mulai memiliki otak dan para superhero Marvel pun kaget ketika berhasil menemukan otak bumi bukan berbentuk batu melainkan berbentuk daging layaknya otak manusia.

Reed Richard pun akhirnya berhasil masuk ke dalam otak bumi dan mencoba menganalisis isi otaknya. Mungkin akan lebih baik jika planet bumi di Earth-616 tidak hidup dan memiliki otak seperti di universe alternatif ini. Karena jika hal itu terjadi mungkin akan banyak orang yang mulai phobia terhadap bumi. Dan juga, bagaimana bumi bisa mengambil keputusan sendiri bisa jadi berakibat buruk bagi semua penghuninya.

4 Earth-1610

Earth-1610, atau yang jauh lebih populer dikenal dengan nama Ultimate Universe, merupakan salah satu universe alternatif yang penting sekaligus paling mengerikan. Ultimate Universe ini merupakan salah satu upaya yang Marvel Comics lakukan untuk melakukan reboot terhadap universe utama Marvel dengan pendekatan yang lebih sederhana. Namun, bisa dibilang upaya mereka berhasil.

Marvel Comics menghadirkan twist yang berbeda dari berbagai peristiwa penting yang terjadi di universe utama. Misalnya, Nick Fury yang kemudian berhasil untuk menciptakan Captain America. Kemudian project Weapon X yang melahirkan Wolverine justru gagal, namun mereka kemudian berhasil menciptakan gen mutant. Hal tersebut menghadirkan perubahan juga terhadap terbentuknya kelompok superhero dan supervillain yang ada.

Salah satu alasan mengapa kemudian Earth-1610 menjadi universe Marvel yang paling mengerikan dan bukan tempat yang ideal untuk ditinggali adalah karena banyak tragedi yang muncul di universee ini. Contohnya adalah Magneto yang berusaha untuk menghabisi umat manusia ketika Ultron membunuh Wanda Maximoff. Dia membalikan magnet kutub bumi yang berakibat tewasnya miliaran manusia. Namun, terungkap jika Doctor Doom yang kemudian bertanggung jawab atas hal itu.

3 Kills The Marvel Universe

Kills The Marvel Universe meripakan sebuah series atau event dari Marvel Comics yang pernah muncul dan sangat populer. Sejauh ini, Marvel sendiri sudah menghadirkan dua event Kills The Marvel Universe. Yang pertama adalah pada tahun 1995 dalam komik Punisher Kills the Marvel Universe dan yang kedua adalah Deadpool Kills the Marvel Universe yang rilis pada 2011.

Sebenarnya, premis utama dari kedua komik ini sama di mana Punisher menghabisi seluruh karakter Marvel yang ada di universe tersebut. Hal ini juga kemudian dilakukan oleh Deadpool di komiknya. Yang menarik adalah Deadpool bahkan melakukannya sebanyak dua kali dengan judul berbeda, Deadpool Kills the Marvel Universe Again yang rilis pada 2012.

Meskipun kedua karakter ini berada di satu event yang sama, namun mereka memiliki alur cerita dengan setting tempat yang berbeda. Untuk komik Punisher Kills the Marvel Universe seetting tempatnya adalah Earth-95126. Namun, untuk Deadpool Kills the Marvel Universe setting tempatnya berlangsung di Earth-12101. Dari penjelasan di atas rasanya sudah jelas mengapa ini jadi universe yang mustahil untuk ditinggali.

2 Earth-2149

Rasanya hampir semua orang senang dengan tema cerita atau elemen Zombie. Meskipun menyeramkan, buktinya tema ini masih tetap laku di pasaran. Hal inilah yang coba diaplikasikan oleh Marvel ke dalam cerita mereka yaitu Marvel Zombies. Komiknya sendiri ditulis oleh Robert Kirkman, yang merupakan penulis The Walking Dead. Bersetting di Earth-2149, diceritakan jika di universe tersebut hampir semua orang terserang sebuah virus berbahaya.

Tidak ada pengecualian, Avengers dan para superhero Marvel pun terkena virus ini. Ketika mereka kemudian mati, mereka sebenarnya tidak benar-benar mati. Mereka akan bangkit kembali dan menjadi zombie. Para zombie tersebut akan menyerang siapapun yang datang ke universe itu, bahkan Thanos pernah merasakan bagaimana bertarung dengan zombie mengerikan di Earth-2149.

Yang menarik adalah bukan hanya tentang para Avengers yang menjadi zombie, melainkan ada juga karakter lain, seperti Galactus. Seperti halnya dua Earth dalam ceritaa Kills the Marvel Universe, rasanya tidak perlu lagi ada penjelasan mengapa Earth-2149 jadi sebuah universe yang tidak layak untuk dihuni dan dianggap mengerikan. Tidak ada yang bisa selamat di universe alternatif ini.

1 Earth-10011

Universe Marvel paling mengerikan yang terakhir adalah Earth-10011 atau yang juga biasa disebut sebagai Cancerverse. Earth ini muncul dalam event Realm of Kings yang rilis pada 2009 kemarin, di mana semua berawal dari event War of Kings. Puncak dari event War of Kings memperlihatkan bagaimana T-Bomb yang dibangung oleh para Inhumans meledak dan berakibat pada terbentuknya sebuah universe baru.

Ledakan tersebut berujung pada terbukanya the Fault yang jadi awal mula terbentuknya Cancerverse. Sebenarnya, semua hal yang ada di dalam universe ini tidak berbeda dengan apa yang muncul di Earth-616. Semua penampilan dan kostum yang mereka gunakan sama. Hanya saja semua karakter superhero dan supervillain yang ada di Cancerverse merupakan versi jahat dan mengerikan dari karakter itu.

Contoh nyata dari hal ini adalah Ftaghn Four yang merupakan versi jahat dari Fantastic Four, the Ex-Men yang jadi versi jahat dari X-Men, dan the Revengers yang jadi versi jahat dari tim superhero Avengers. Kekuatan mereka juga sangat kuat yang mana bahkan gabungan superhero dari Earth-616 dan juga Death masih belum mampu untuk menandingi kekuatan mereka.

Meskipun universe Marvel memiliki banyak sekali versi alternatif, yang mana sebagian besar merupakan universe yang menyenangkan, namun tidak sedikit juga universe tersebut justru dianggap paling mengerikan. Berbagai universe di atas adalah contoh nyatanya.

Exit mobile version