Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Menguak Identitas Rahasia Chopper!

One Piece: Menguak Identitas Rahasia Chopper!

Salah satu karakter di cerita One Piece, Tony Tony Chopper, kemungkinan bukan sosok karakter biasa karena dia memiliki identitas rahasia. Chopper merupakan salah satu karakter underrated dalam alur cerita One Piece. Dia merupakan dokter kapal di kru Topi Jerami yang mana memiliki mimpi untuk menemukan obat untuk semua penyakit. Chopper jarang  terlibat dalam cerita, yang mana membuat dia jadi salah satu karakter underrated. Namun, terdapat teori menarik jika sebenarnya Chopper memiliki identitas rahasia di cerita One Piece ini.

3 Kekuatan Buah Iblis Chopper

Salah satu hal menarik dan unik yang muncul dari karakter Chopper adalah bagaimana dia merupakan sosok hewan yang kemudian berubah jadi manusia. Seperti yang Geeks ketahui, Chopper mengonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi. Buah iblis ini membuat Chopper berubah layaknya manusia. Misalnya, Chopper mampu berdiri dengan dua kaki dan berjalan layaknya manusia.

Chopper juga memiliki akal dan kecerdasan layaknya manusia biasa dan bahkan mampu untuk berbicara secara normal. Sebelum seperti sekarang, Chopper pada awalnya hanyalah seekor rusa biasa. Saat sedang mencari makan bersama kumpulannya, Chopper kemudian tidak sengaja memakan buah iblis Hito Hito no Mi. Buah iblis ini juga memberikan kekuatan dahsyat kepada Chopper.

Hal ini terbukti dengan adanya beberapa transformasi yang dihadirkan dalam ceritanya, yang mana masing-masing transformasi tersebut menghadirkan kekuatan yang berbeda. Sebenarnya, masih ada keraguan dan kebingungan dari buah iblis Hito Hito no Mi ini. Hito sendiri berarti orang atau manusia dalam bahasa Jepang. Hito Hito no Mi bisa diartikan Human Human Fruit.

Sebenarnya sempat ada pertanyaan mengenai hal ini di pojok tanya jawab SBS volume 20. Oda Sensei sendiri tidak memberikan jawaban yang gamblang mengenai pertanyaan dari fans tersebut. Sebagian orang banyak yang salah kaprah mengenai jawaban dari Oda yang berisi lelucon tersebut. Mereka beranggapan jika manusia yang memakan buah tersebut, mereka akan menjadi “manusia” atau menjadi sosok raksasa atau sejenisnya.

Namun, nyatanya adalah tidak seperti itu. Berdasarkan hasil translasi dari Viz Entertainment dan juga dari Wiki, sebenarnya ada sedikit perbedaan arti dari jawaban Oda Sensei mengenai masalah ini. Intinya adalah jika manusia memakan buah Hito Hito no Mi, maka dia akan berubah menjadi dewasa, menjadi lebih bijak, menjadi bagaimana manusia seharusnya.

Yang menarik kemudian adalah dalam konteks Tony Tony Chopper jika Geeks sadari dia dalah satu-satunya karakter pemakan buah iblis Hito Hito yang tidak memiliki model. Sejauh ini, ada empat buah iblis Hito Hito yang sudah Oda Sensei perkenalkan dalam ceritanya. Hito Hito no Mi, Model: Sun God Nika adalah yang dikonsumsi oleh Luffy. Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu adalah buah iblis yang dikonsumsi Sengoku.

Hito Hito no Mi, Model: Onyudo adalah buah iblis yang dikonsumi oleh rubah Onimaru dan Hito Hito no Mi biasa yang dikonsumsi oleh Chopper. Oda Sensei sebelumnya sengaja memberikan kejutan kepada para fans dengan menyembunyikan fakta sebenarnya dari buah iblis Luffy. Banyak fans yang kemudian memunculkan teori jika ada kemungkinan Oda Sensei juga melakukan hal yang sama dengan buah iblis Chopper.

Yang kemudian menarik juga adalah wujud atau desain karakter dari Chopper dianggap memiliki kemiripan dengan dewa hutan Cernunnos. Dia adalah sosok dewa hutan yang sering dikaitkan dengan alam, kesuburan, dan berbagai kondisi alam liar. Cernunnos sering digambarkan memiliki sepasang tanduk dan dianggap sebagai sosok pelindung hutan dan semua makhluk di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut muncul teori jika buah iblis Chopper kemungkinan aslinya adalah Hito Hito no Mi, Moder: Cernunnos atau Forest God. Salah satu transformasi dari buah iblis Chopper, Monster Point, dianggap memiliki kemiripan dengan makhluk mitologi lainnya yaitu Wendigo. Dalam mitologinya, Wendigo adalah sosok monster yang muncul di cuaca bersalju dan sering memakan persembahan yang diberikan.

Chopper berasal dari wilayah bersalju dan sempat juga dianggap sebagai monster salju saat berada di Kerajaan Sakura. Di sisi lain, ketika dia berada dalam form terkuatnya tersebut dia benar-benar berubah menjadi sosok yang mengerikan meskipun tidak bisa dikendalikan.

Ke Halaman 2

2 Sembunyikan Nama Asli

Berdasarkan penjelasan di atas, maka rasanya masuk akal jika kemudian Chopper memiliki tanduk yang besar, buah iblisnya memiliki bentuk seperti jamur, serta dia bisa berbicara dengan hewan lain. Namun, yang paling menarik yang mungkin bisa jadi petunjuk utama dari teorinya adalah bagaimana dia ingin menjadi dokter dan menyembuhkan orang lain. Cernunnos sendiri selalu berusaha untuk bisa menyembuhkan dan merawat semua makhluk yang ada di hutan.

Ketika berbicara mengenai buah iblis, terutama yang berjenis Zoan seperti Hito Hito no Mi milik Chopper, ada pertanyaan besar yang kemudian muncul. Apakah kemudian sosok Dewa Hutan dalam buah iblis Chopper memang sengaja ingin dimakan oleh Chopper? Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah seperti yang Gorosei ungkapkan jika buah iblis Zoan memiliki kehendaknya sendiri.

Kedua, mimpi besar Chopper adalah menjadi dokter paling hebat di dunia One Piece yang bisa menyembuhkan semua penyakit. Seperti yang disebutkan di paragraf awal, Chopper juga dianggap sebagai salah satu karakter underrated dalam cerita One Piece. Buktinya adalah bagaimana nilai buruannya selalu kecil nilainya. Bahkan, bisa dibilang, harga nilai buruan Chopper tidak masuk akal.

Namun, ada dua kemungkinan terkait hal tersebut. Yang pertama adalah Gorosei menganggap jika Chopper merupakan peliharaan dan rusa biasa. Dia kemungkinan masih belum mengetahui atau belum sadar mengenai potensi dan kekuatan dari Forest God atau Dewa Hutan yang ada dalam buah iblisnya. Dan yang kedua adalah Gorosei sengaja melakukan hal itu demi menyembunyikan fakta sebenarnya.

Seperti yang Geeks ketahui, Gorosei sengaja menyembunyikan fakta sebenarnya mengenai buah iblis Luffy selama 25 tahun terakhir. Kita awalnya diperkenalkan jika buah iblis tersebut adalah Gomu Gomu no Mi. Namun, kemudian, kita akhirnya tahu jika buah iblis tersebut memiliki nama asli Hito Hito no Mi, Model: Sun god Nika. Dengan rekam jejak mereka selama ini dan berkaca dari buah iblis Luffy, rasanya masuk akal jika kemudian Gorosei atau World Government menyembunyikan fakta dari buah iblis Chopper.

Ke Halaman 3

1 Mimpi Besar Chopper

Mimpi terbesar dari Chopper adalah mencari obat penawar bagi setiap penyakit yang ada di dunia One Piece, termasuk yang tidak bisa disembuhkan sekalipun. Oda Sensei sendiri sudah memperkenalkan beberapa penyakit mengerikan yang ada di dunia One Piece. Misalnya, Sapphire Scales, sebuah penyakit langka dan mematikan yang menyebabkan korbannya bisa memiliki kulit yang tertutupi oleh batu safir biru.

Penyakit langka tersebut akan menjadi parah ketika akorbannya terkena cahaya alami, baik cahaya bulan ataupun cahaya matahari. Kemudian, sebelumnya juga ada Amber Lead Syndrome yang merupakan penyakit langka lainnya yang menjadi penyebab meninggalnya semua penduduk di kota tempat tinggal Trafalgar Law. Penyakit ini akibat manusia yang terlalu banyak terpapar racun mineral yang ada di wilayah tersebut.

Dan penyakit lainnya adalah penyakit misterius yang diderita oleh Gol D Roger yang menjadi penyebab kematiannya – selain akibat eksekusi. Crocus sendiri mengakui bahwa dia tidak tahu dan tidak sanggup menyembuhkan penyakit Roger tersebut. Cepat atau lambat, seperti halnya Luffy, identitas rahasia Chopper di dunia One Piece yang merupakan sosok Dewa Hutan kemungkinan akan mulai terungkap.

Bagaimana caranya? Tidak lain Chopper akan menemukan berbagai obat untuk penyakit langka yang ada di dunia One Piece tersebut. Mereka akan sadar jika Chopper bukanlah seekor rusa biasa dan juga dokter yang memiliki mimpi untuk menyembuhkan semua orang. Chopper merupakan karakter yang memiliki identitas rahasia sebagai Dewa Hutan yang mana Dewa Hutan selalu berusaha untuk menyembuhkan berbagai makhluk yang ada.

Jadi, kesimpulannya, mimpi besar dari Chopper untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjadi sosok penjaga semua makhluk ada kaitannya dengan buah iblis yang dia konsumsi. Buah iblis Hito Hito no Mi milik Chopper itu kemungkinan sengaja disembunyikan fakta sebenarnya, yang kemudian jadi jawaban dari nilai buruannya yang selalu kecil. Identitas rahasia Chopper di dunia One Piece adalah sosok Dewa Hutan.

Exit mobile version