Home MOVIE MOVIE FEATURES 11 Titan Paling Tua Di MonsterVerse!

11 Titan Paling Tua Di MonsterVerse!

Dalam cerita MonsterVerse sudah ada cukup banyak Titan yang muncul dan beberapa Titan sudah ada sejak lama dan dianggap yang paling tua. Semenjak kemunculan MonsterVerse yang dihadirkan oleh rumah produksi Legendary Pictures para fans pun mulai mengenal berbagai Titan yang epik. Mulai dari Godzilla, Rodan, King Ghidorah, sampai Kong. Beberapa dari para Titan tersebut dianggap yang paling tua karena sudah ada sejak lama. Siapa saja? Perlu jadi catatan jika usia yang muncul merupakan spekulasi berdasarkan petunjuk yang ada baik dari filmnya atau hal lain.

11 Titanus Mothra – 3 Tahun

Titan yang paling tua pertama adalah Titanium Mothra atau Mothra. Secara teknis, dalam cerita MonsterVerse sendiri keberadaan Mothra memang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Namun, jika berbicara mengenai usianya sendiri kurang lebih Mothra berusia tiga tahun. Mothra sendiri berusia beberapa minggu ketika dia keluar dari telurnya dan kemudian bertransformasi menjadi moth atau ngengat dewasa hanya dalam beberapa hari.

Mothra memang tidak memiliki kekuatan yang dahsyat, karena pada dasarnya dia bukan tipe Titan petarung. Meskipun begitu, dia memiliki keekuatan yang cukup mengerikan yang bisa membantu Godzilla dalam menghadapi King Ghidorah. Sayangnya, dalam momen itu juga Mothra harus kehilangan nyawanya ketika dia mengorbankan nyawanya demi menolong Godzilla.

Tdak ada catatan pasti sebenarnya berapa catatan usia dari Mothra. Namun, berdasarkan spekulasi yang ada, catatan dari Monarch, dan berbagai petunjuk yang ada, banyak yang berspekulasi jika usia dari Mothra kurang lebih adalah 3 tahun. Dibandingkan dengan para Titan dalam daftar ini jelas Mothra adalah yang paling muda.

10 The Murals/Dagon – 15 Tahun

The Murals merupakan dua spesimen MUTO yang pernah bertarung menghadapi Godzilla pada tahun 2014. The Murals menetas dari kepompongnya pada 1999 di dalam tubuh dari sosok Titan bernama Dagon. Titan Dagon sendiri, yang dalam bahasa Jepang merupakan Raijin, merupakan Titan yang bentuknya sangat mirip dengan Godzilla. Bahkan, Dagon sempat juga dianggap sebagai Godzilla.

Dagon sendiri sudah ada sejak era 11 Sebelum Masehi. Pada era tersebut Dagon sempat diserang oleh sekelompok Phoenicians. Pertarungan tersebut membuat Dagon akhirnya kalah. Namun, sebelum dia benar-benar tewas Dagon sempat pergi ke wilayah Filipina dan tengkoraknya ditemukan pada 1999. Selain itu, Dagon sempat menyebarkan sporanya yang menghasilkan sepasang Titan The Murals.

Titan ini berusia 15 tahun ketika mereka bertarung menghadapi Godzilla di San Francisco pada 2014. Pertarungan tersebut bisa dikatakan cukup epik namun, berakhir buruk bagi Titan tersebut. The Murals sendiri akhirnya harus tewas di tangan sang Raja Para Monster. Namun, ada hal menarik yang kemudian muncul dari sepasang Titan ini. Jika kemudian sang Titan Murals betina tidak tewas, terdapat kemungkinan jika dia akan tumbuh dan besar untuk menjadi Ratu para MUTO. Bahkan, ada anggapan jika diberi waktu yang cukup Murals betina tersebut akan menjadi Prime MUtO.

9 Titanus Kong – 150 Tahun Lebih

Ketika pilot dari Jepang, Gunpei Ikari, dan pilot Amerika, Hank Marlow, terdampar di Skull Island menemukan sosok Kong, Titan tersebut sebenarnya masih berusia sangat muda. Artinya ada kemungkinan Kong lahir di abad ke-19 meskipun kapan tanggal pastinya sendiri tidak diketahui. Mengingat usianya yang masih muda saat itu, kemungkinan usia Kong berada di angka 100 – 150 tahun saat cerita Godzilla vs Kong muncul.

Hal tersebut terlihat dari perubahan yang cukup signifikan dari tubuh Kong, mulai dari tubuh yang jauh lebih besar sampai yang paling mencolok adalah kemunculan janggut di wajahnya. Kong sendiri akan kembali muncul dalam film terbaru Godzilla x Kong: The New Empire. Dalam ceritanya, Kong berada di Hollow Earth setelah apa yang terjadi di film sebelumnya dan siap menghadapi ancaman baru.

Kita masih belum tahu setting waktu untuk filmnya, yang artinya kita belum tahu seberapa lama Kong berada di Hollow Earth. Namun, kemungkinan besar jarang waktunya sendiri tidak terlalu lama hanya puluhan tahun. Artinya, saat film The New Empire nanti rilis usia dari Kong ada di angka lebih dari 150 tahun. Hal ini bisa dilihat dari janggut di wajah Kong yang lebih lebat dan berwarna putih.

8 King Ghidorah – 100.0000 Tahun Lebih

Sama halnya seperti para Titan di atas, tidak ada catatan pasti berapa usia dari musuh terkuat Godzilla ini. Namun, nama dan lukisan dari King Ghidorah sendiri muncul dalam catatan para manusia zaman dahulu. Dalam catatan mereka, King Ghidoran merupakan monster atau Titan yang berasal dari planet lain. Catatan ini bisa jadi petunjuk besar mengenai usia dari King Ghidorah.

Catatan tersebut dibuat ketika manusia sudah mengalami evolusi dan mereka sudah mengenal sistem tata surya dan planet, yaitu pada ratusan ribu tahun yang lalu. Jadi, kemungkinan usia dari King Ghidorah sendiri adalah ratusan ribu tahun meskipun usianya sendiri bisa jadi jauh lebih tua lagi jika kita berpacu pada planet tempat asal King Ghidorah yang masih misterius.

7 Titanus Warbat – 7.000.000 – 10.000.000 Tahun

Titanus Warbat merupakan Titan yang pertama kali muncul dalam film Godzilla vs Kong ketika Kong dan tim Monarch pergi ke Hollow Earth. Warbat memiliki bentuk seperti hewan melata, namun mereka memiliki sepasang sayap yang besar. Ketika Warbat menyerang tim Monarch, monster tersebut dapat dikalahkan oleh Kong dengan cukup mudah. Jika diperhatikan Warbat memiliki bentuk seperti ular kobra.

Berdasarkan hal tersebut, terdapat kemungkinan jika Warbat berevolusi menjadi ular kobra yang mana diketahui jika evolusi tersebut terjadi pada 7.000.000 – 10.000.000 tahun yang lalu. Sejauh ini, tidak banyak informasi yang diketahui tentang Warbat selain ini merupakan salah satu Titan yang menghuni Hollow Earth. Dan kemungkinan juga mereka sudah jauh lebih lama di Hollow Earth.

6 Behemoth – 30.000.000 – 50.000.000 Tahun

Titan paling tua di Monsterverse selanjutnya adalah Behemoth. Dalam ceritanya, Behemoth merupakan salah satu dari empat Titan yang bergabung dengan Rodan untuk kemudian mengakui kekuatan dari Godzilla di akhir film King of the Monsters. Seperti yang disebutkan di akhir filmnya, Behemoth pada akhirnya tinggal di hutan hujan Amazon dan radiasi yang ada di tubuhnya justru membuat wilayah tersebut kembali asri, membawa kembali kecantikan dari area tersebut.

Novel dari Godzilla vs. Kong sendiri lebih detail menjelaskan hal tersebut dengan menjelaskan bahwa para manusia benar-benar mengapresiasi dan menghargai apa yang dilakukan oleh Behemoth tersebut. Hal ini dikarenakan Behemoth, berbeda dengan para Titan lainnya, adalah sosok monster yang cinta damai yang justru lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Behemoth sendiri diyakini merupakan “nenek moyang” dari berbagai hewan mamalia yang kemudian berevolusi menjadi berbagai jenis hewan. Dan dalam catatan sejarahnya sendiri evolusi dari hewan tersebut terjadi pada 30.000.000 sampai 50.000.000 tahun yang lalu. Sehingga, ada kemungkinan usia dari Titan Behemoth juga berada di angka yang sama.

5 Camazotz – 40.000.000 – 50.000.000 Tahun

Titan mirip kelelawar bernama Camazotz muncul dalam novel prekuel Godzilla vs Kong, Kingdom Kong. Dia merupakan sosok Titan yang harus Kong hadapi di Skull Island sebelum muncul di filmnya. Bentuknya diadaptasi dari dewa suku Maya dengan nama yang sama. Camazotz dideskripsikan sebagai “perwujudan dari mimpi buruk”. Deskripsi ini tentu menunjukkan bahwa Camazotz akan menjadi villain yang tangguh.

Menurut catatan yang ada, keberadaan dari Camazotz sudah sejak lama diketahui oleh manusia contohnya adalah para suku Maya. Mereka bahkan mencatat tentang ramalan Camazotz untuk diketahui dan menjadi peringatan bagi para manusia di masa yang akan datang. Kekuatan dari Camazotz sendiri bisa sangat menghancurkan dan mematikan, seperti menghancurkan gedung dengan teriakannya.

Mengingat evolusi dari kelelawar terjadi pada puluhan juta tahun yang lalu, ditambah dengan catatan dari suku Maya yang memberikan peringatan sejak lama bagi orang-orang di masa yang akan datang, diprediksi jika usia dari Camazotz sendiri berada di angka 40.000.000 sampai 50.000.000 tahun.

4 The Skullcrawler 60.000.000 – 70.000.000 Tahun

Salah satu Titan paling tua di MonsterVerse yang juga pertama kali muncul di film Godzilla vs Kong. Menurut informasi yang ada, The Skullcrawler merupakan salah satu Titan yang ada di Skull Island dan termasuk dalam superspecies yang sangat berbahaya. Dia memiliki serangan yang dahsyat dan mematikan, di mana Titan ini mengandalkan kukunya dan juga ekornya yang sangat tajam.

Titan ini memiliki nama Skullcrawler karena dia bergerak dengan cara merayap (crawling). Dengan kedua kakinya, Titan tersebut mampu bergerak dengan cukup cepat. Skullcrawler sendiri hidup secara berkelompok, yang mana dalam kelompok tersebut terdapat beberapa Skullcrawler kecil dan seekor induk Skullcrawler. Titan ini dapat berkembang biak walau tanpa lawan jenisnya, yang berarti ia dapat berkembang biak tampa proses perkawinan.

Jadi, Skullcrawler adalah monster yang bisa melakukan pembuahannya sencara mandiri. Yang menarik adalah Skullcrawler disebut-sebut memiliki sejarah yang panjang dan bersinggungan dengan asal-usul dari Kong. Besar kemungkinan usia dari Titan ini ada di angka 60.000.000 sampai 70.000.000 tahun.

3 Rodan – 90.000.000 – 100.000.000 Tahun

Sebelum muncul di Monsterverse sebenarnya Rodan sempat punya filmnya sendiri. Sampai sekarang, Rodan selalu jadi monster yang aktif muncul di film Godzilla. Rodan memiliki kelebihan dari sisi kecepatan, yaitu dia bisa terbang dengan kecepatannya yang bisa mencapai Mach 3. Tubuh dan sayapnya yang besar, bisa membuat hancur satu kota hanya dengan satu kepakan.

Rodan sendiri adalah Titan yang mirip pteranodon yang bersemayam di gunung berapi dan merupakan sekutu paling penting bagi Godzilla. Awalnya, mereka berdua adalah musuh seperti yang diperlihatkan dalam film Ghidorah, the Three-Headed Monster. Tapi, kemudian mereka bekerja sama untuk mengalahkan Ghidorah. Sejak saat itu, Rodan dan Godzilla sudah sering bekerja sama dengan Godzilla di berbagai film.

Mengingat bentuknya yang mirip dengan dinosaurus Pteranodon dan Pterodatyl, serta bagaimana catatan sejarah awal yang menunjukan kedua dinosaurus tersebut ada di era 90.000.000 sampai 100.000.000 tahun yang lalu, maka kemungkinan ini juga usia dari Rodan.

2 Godzilla – 250.000.000 Tahun Lebih

Godzilla merupakan salah satu Titan paling tua yang ada di MonsterVerse, di mana dia sudah ada sebelum era kepunahan dinosaurus pada 252.000.000 tahun yang lalu. Selain  Godzilla, sebenarnya ada beberapa Titan lainnya yang dianggap memiliki rentang usia yang sama dengan Godzilla. Mereka adalah Titan dan sosok dewa laut, Tiamat, serta Titan cumi-cumi yaitu Scylla.

Shinomura juga jadi Titan lainnya yang kemungkinan berada di usia yang sama dengan Godzilla. Shinomura dan Godzilla sendiri diketahui pernah bertarung satu sama lain di salah satu momen pada masa itu, yang artinya mereka berada di usia yang sama. Meskipun begitu, asal-usul dari Godzilla sendiri tidak pernah diketahui seperti kebanyakan para Titan lainnya di MonsterVerse.

Satu hal yang pasti, Godzilla memiliki origin story yang berbeda antara buatan Toho dan Legendary Pictures. Dalam versi MonsterVerse sendiri diketahui jika Godzilla sudah ada sejak lama, di mana dia jadi salah satu pelindung dari alam di bumi. Berdasarkan hal tersebut rasanya memang masuk akal jika usia dari Godzilla berada di angka lebih dari 250 juta tahun.

1 Genitor – 320.000.000 – 350.000.000 Tahun

Titan paling tua di MonsterVerse adalah Genitor dengan usianya yang kemungkinan ada di angka 320.000.000 – 350.000.000 Tahun. Memiliki nama lain Murderfish, Genitor merupakan Titan air yang sangat masif jika dibandingkan dengan ukuran ikan pada normalnya. Titan ini diduga berasal dari Dunkleosteus atau ikan yang termasuk dalam genus arthrodire atau leher menyatu dengan badannya (jointed-neck).

Menurut catatan sejarah, ikan tersebut muncul pada 358.000.000 sampai 382.000.000 juta tahun yang lalu. Artinya, kemungkinan Titan Genitor juga berada di usia yang sama dengan ikan tersebut. Genitor sendiri diketahui tidak muncul dalam film live action, namun muncul dalam komiknya yaitu Godzilla Dominion. Mereka sempat jadi “jawara” untuk Titan bawah air karena tidak ada yang bisa menghadapi mereka.

Namun, hal ini berubah semenjak kemunculan Godzilla. Mereka sempat menantang Godzilla untuk bertarung di dalam air. Sayangnya, meskipun usia mereka jauh lebih tua dari Godzilla untuk urusan kekuatan para ikan tersebut tidak lebih kuat dari Raja Para Monster. Akhirnya, mereka pun tewas dan musnah setelah berhasil dikalahkan oleh Godzilla.

Para Titan di MonsterVerse memiliki sejarah yang panjang dan memiliki pengaruh besar terhadap apa yang terjadi di dunia. Keberadaan mereka sudah ada sejak ratusan ribu hingga ratusan juta tahun yang lalu. Hal tersebut membuat beberapa Titan di MonsterVerse dianggap menjadi yang paling tua.

Exit mobile version