Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Easter Egg DC yang Muncul di MCU!

7 Easter Egg DC yang Muncul di MCU!

Easter egg adalah istilah yang merujuk pada pesan tersembunyi atau referensi yang disisipkan oleh pembuat film untuk memberikan kejutan atau kegembiraan tambahan kepada penonton. Istilah ini diambil dari tradisi “Easter egg” yang sebenarnya, yaitu telur-telur kejutan yang disembunyikan di dalam sarang pada perayaan Paskah. Biasanya sebuah easter egg sering ditemui dalam film-film superhero. Nah dalam daftar ini, kita akan membahas tentang easter egg DC yang muncul dalam film MCU. Apa saja easter egg-nya? Simak berikut ini!

7 Sebutan Super Friends

Iron Man 3 menjadi salah satu film terbesar yang rilis di tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Shane Black yang juga berperan sebagai penulis skenario bersama Drew Pearce. Di sini, Robert Downey Jr. kembali memerankan peran Tony Stark / Iron Man. Selain membintangi Downey, film ini juga menampilkan Gwyneth Paltrow sebagai Pepper Potts, Don Cheadle sebagai James Rhodes / War Machine, dan Guy Pearce sebagai Aldrich Killian.

Film ini menceritakan Tony Stark pasca The Avengers. Dia berjuang dengan tekanan psikologis dan terobsesi untuk memperbaiki dan meningkatkan peralatan Iron Man-nya. Karena itulah hubungannya dengan Pepper Potts menjadi memanas. Namun ketika seorang teroris yang dikenal sebagai Mandarin muncul dan menimbulkan ancaman besar terhadap keamanan Amerika Serikat, Tony terlibat dalam pertempuran untuk melindungi negara dan orang-orang yang dicintainya.

Menariknya dalam film MCU ini, kita disuguhkan dengan easter egg yang menyangkut tentang DC Universe. Di sana ada sebuah adegan yang memperlihatkan saat Happy Hogan memanggil Avengers sebagai “Super Friends”. Buat Geeks yang belum tahu, Super Friend adalah sebuah series animasi DC yang rilis pada tahun 1973 hingga 1986 dan menampilkan para superhero DC.

6 Ikaris Adalah Superman

Geeks masih ingat dengan sosok Ikaris? Ikaris adalah salah satu anggota Eternals yang muncul dalam filmnya di tahun 2021. Sebagai anggota dari Eternals, Ikaris memiliki sejumlah kekuatan super. Dia memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, kemampuan untuk terbang, daya tahan yang tinggi terhadap cedera, dan keabadian yang membuatnya tidak rentan terhadap penuaan dan penyakit.

Dalam film Eternals, Ikaris diperankan oleh aktor Richard Madden. Dia akan menjadi bagian dari Eternals yang datang ke Bumi untuk melindungi umat manusia dari ancaman Deviants, ras musuh kuno mereka. Tetapi setelah semua yang dilalui oleh Eternals, pada akhirnya Ikaris memilih untuk mengkhianati mereka, dan lebih memilih untuk mengikuti perintah Celestials yang telah menciptakan mereka. Pada akhirnya, Ikaris harus berpisah dengan anggota Eternals lainnya, dan pergi menuju matahari, menyesali apa yang diperbuatnya.

Ikaris sendiri memang memiliki kekuatan yang mirip dengan Superman. Karena itulah dalam suatu adegan di filmnya, Ikaris disebut sebagai Superman. Adegan itu terjadi saat Ikaris datang mengunjungi rumah Phastos. Di sana dia bertemu dengan anak Phastos. Ketika melihat Ikaris, anak Phastos berteriak, “Ayah, itu Superman!! Dia mengenakan jubah itu, dan dia menembakkan sinar laser dari matanya!” Namun Ikaris kemudian membalas bahwa dia tidak mengenakan jubah.

5 Cara Batman

Spider-Man: Homecoming menjadi film solo Spider-Man pertama di MCU. Spider-Man: Homecoming mengikuti petualangan remaja Peter Parker, yang berusaha menjalani kehidupan sekolahnya sambil menyembunyikan identitas gandanya sebagai Spider-Man. Setelah pengalaman menghadapi Avengers dalam Captain America: Civil War, Peter bersemangat untuk membuktikan dirinya sebagai pahlawan yang layak.

Tetapi mentornya, Tony Stark / Iron Man, ingin dia tetap fokus pada kehidupan sekolahnya. Namun ketika mantan kontraktor pembersih Adrian Toomes mencuri teknologi canggih dan menggunakan kekuatannya untuk menjadi penjahat Vulture, Peter merasa bertanggung jawab untuk menghentikannya. Dalam film ini, ada sebuah adegan menarik yang diperlihatkan. Adegan tersebut terjadi saat Spider-Man menjebak karakter Aaron Davis dan Spider-Man mengaktifkan Enchanced Interrogation Protocol.

Ketika protokol tersebut diaktifkan, suara Peter Parker diubah secara elektronik, membuat suaranya lebih mengintimidasi. Suara Peter Parker menjadi lebih berat sehingga mirip orang dewasa. Cara tersebut jelas diadaptasi dari DC, di mana Batman menggunakan versi Christian Bale menggunakan teknik yang sama untuk mengintimidasi lawan-lawannya dalam trilogi The Dark Knight. Ini menjadi easter egg di MCU yang menarik untuk kita lihat.

4 Alfred Sang Pelayan

Eternals mungkin dianggap sebagai salah satu film MCU paling buruk oleh para penggemar. Eternals dirilis pada tanggal 5 November 2021, di mana film disutradarai oleh Chloé Zhao, yang sebelumnya memenangkan Academy Award untuk Sutradara Terbaik untuk film Nomadland (2020). Eternals mengikuti kisah sekelompok makhluk superhuman yang disebut Eternals yang telah tinggal di Bumi selama ribuan tahun, tetapi menyembunyikan keberadaan mereka dari manusia.

Ketika ancaman baru muncul yang mengancam keberadaan Bumi, Eternals terpaksa keluar dari bayang-bayang dan bersatu untuk melindungi umat manusia. Mereka harus berhadapan dengan Deviants, saingan mereka yang telah lama hilang, serta menghadapi dilema moral tentang peran mereka dalam sejarah dan masa depan Bumi. Dengan kekuatan dan kebijaksanaan mereka yang luar biasa, Eternals berjuang untuk mempertahankan perdamaian dan menjaga Bumi tetap aman.

Sebenarnay nih Geeks, adalagi easter egg DC lainnya di film Eternals MCU. Ketika Gilgamesh bertemu Kingo, pelayanan Kingo yang bernama Karun muncul. Gilgamesh pun mengeluarkan celetukan dengan menyebut Karun sebagai ‘Alfred’ milik Kingo. Tentu saja Alfred yang dimaksud adalah pelayan Batman yang muncul di DC Comics. Buat Geeks yang belum tahu, Alfred adalah pelayan kepercayaan Batman, sekaligus mentornya.

3 Singgung DC Universe

Deadpool 2 dirilis pada tanggal 18 Mei 2018. Film ini disutradarai oleh David Leitch, yang juga terkenal atas karyanya dalam film aksi seperti John Wick dan Atomic Blonde. Di sini, Ryan Reynolds kembali memerankan peran Wade Wilson / Deadpool. Film ini juga menampilkan Josh Brolin sebagai Cable, Zazie Beetz sebagai Domino, dan beberapa aktor lainnya seperti Morena Baccarin, Julian Dennison, dan TJ Miller.

Deadpool 2 merupakan sekuel dari film Deadpool (2016) yang sukses secara komersial dan kritis. Film ini melanjutkan kisah anti-pahlawan kocak, Deadpool, yang menjalani petualangan baru dalam upaya untuk menyelamatkan seorang anak mutan bernama Russell Collins dari seorang prajurit masa depan bernama Cable. Seperti pendahulunya, Deadpool 2 dikenal karena penggunaan humor yang khas dan sering kali “offensive”, bersama dengan aksi yang intens dan kekerasan yang berlebih.

Menariknya di film ini, kita juga diperlihatkan dengan referensi dari DC Universe. Saat Deadpool dan Cable saling bertarung, Deadpool mengeluarkan celotehan khasnya. Di saat Deadpool dipukuli hingga babak belur, Deadpool mengatakan “Kamu (Cable) terlalu gelap. Kamu yakin bukan berasal dari DC Universe?” Deadpool menyingung sosok Cable yang dianggapnya terlalu serius, mirip seperti karakter-karakter DC yang selama ini kita kenal.

2 Kemiripan dengan Superman

Baru-baru ini, sudah dikonfirmasi bahwa semua series Marvel yang pernah tayang di Netflix adalah canon MCU, termasuk series Daredevil, Jessica Jones, dan Punisher. Itu berarti series Luke Cage juga menjadi bagian dari MCU. Series Luke Cage pertama kali dirilis pada 30 September 2016. Luke Cage diperankan oleh aktor Mike Colter, yang sebelumnya muncul sebagai karakter yang sama dalam series Jessica Jones.

Luke Cage, awalnya dikenal sebagai Carl Lucas, adalah seorang mantan narapidana yang memiliki kekuatan super berkat eksperimen yang salah di penjara. Dia memiliki kulit yang tak dapat terkoyak, kekuatan fisik yang luar biasa, dan kekebalan terhadap banyak jenis serangan. Sebagian besar adegan dalam series Luke Cage memang berlokasi di Harlem, New York City, yang memberikan nuansa khas dan budaya yang kental dalam cerita.

Entah kebetulan atau tidak, di awal series Luke Cage berjalan, ada sebuah adegan yang memperlihatkan Luke mengangkat mobil dengan tangan kosong. Adegan tersebut membuat kita teringat dengan sebuah sampul Action Comics #1 dari DC yang memperlihatkan Superman mengangkat mobil. Menariknya nih Geeks, Luke Cage sebenarnya memiliki kemiripan dengan Superman pada era Golden Age, di mana keduanya memulai kariernya di jalanan.

1 Nama Flashpoint

Spider-Man: No Way Home dirilis pada tanggal Desember 2021 di seluruh dunia. Film ini disutradarai oleh Jon Watts, yang juga menyutradarai dua film Spider-Man sebelumnya dalam Marvel Cinematic Universe (MCU), Spider-Man: Homecoming (2017) dan Spider-Man: Far From Home (2019). Menariknya di antara ketiga film Spider-Man yang sudah Jon Watts buat, film ketiganya inilah yang dianggap terbaik.

Di sini, Tom Holland kembali memerankan peran Peter Parker / Spider-Man. Film ini juga menampilkan Zendaya sebagai MJ, Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange, dan berbagai bintang lainnya seperti Jacob Batalon, Marisa Tomei, dan Alfred Molina. Spider-Man: No Way Home mengeksplorasi konsep multiverse, di mana Peter Parker harus berurusan dengan konsekuensi dari terbukanya alam semesta alternatif dan pertemuan dengan versi alternatif dari dirinya sendiri.

Ketika identitas Peter Parker sebagai Spider-Man terungkap ke publik, seorang karakter bernama Flash Thompson memanfaatkan berita tersebut dan dia mengaku kepada publik bahwa dia adalah sahabat Peter Parker. Flash Thompson kemudian membuat sebuah buku yang menceritakan kisah hidupnya yang diberi judul “Flashpoint”. Menariknya, nama bukunya sama dengan alur cerita dari DC Comics yaitu The Flaspoint Paradox.

Itulah dia Geeks beberapa easter egg DC yang muncul di MCU. Mungkin kalian tidak menyadari easter egg tersebut, sehingga melewatkannya. Di antara easter egg tersebut, mana yang sudah kalian ketahui sebelumnya Geeks?

Exit mobile version