Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Joy Boy Adalah Klan Monkey D!

One Piece: Joy Boy Adalah Klan Monkey D!

Terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans terkait dengan asal usul sosok Joy Boy yang mana diduga dia adalah bagian dari klan Monkey D. Seperti yang Geeks ketahui, sosok Joy Boy masih jadi salah satu misteri besar di dunia One Piece. Kita masih belum tahu siapa dia sebenarnya dan mengapa dia jadi sosok penting dalam sejarah di dunia itu. Namun, terdapat teori yang muncul di kalangan fans menyebutkan jika Joy Boy kemungkinan adalah bagian dari klan Monkey D.

3 Mengenal Klan D

Dalam dunia One Piece, klan D merupakan satu-satunya klan yang begitu ditakuti oleh semua pihak bahkan World Government. Pihak penguasa tersebut juga menganggap jika klan D merupakan ancaman besar bagi mereka. Namun, apa yang kemudian menjadi alasan mereka menjadi ancaman dan mengapa mereka dibenci masih jadi misteri. Klan D pun dianggap sebagai monster oleh para orang-orang di dunia One Piece.

Seiring berjalannya waktu, Oda memperkenalkan banyak karakter yang memiliki huruf D di tengahnya. Dan dari para karakter itulah ditarik kesimpulan jika klan memiliki beberapa keluarga lainnya. Contohnya adalah Trafalgar, Nefertari, dan sebagainya. Namun, yang paling mencolok dari semua keluarga yang jadi bagian dari klan D adalah keluarga Monkey. Ada beberapa orang yang diketahui bagian dari keluarga Monkey.

Sosok yang jadi bagian dari keluarga Monkey, merupakan karakter yang memiliki peranan penting dalam ceritanya. Mereka adalah Monkey D Garp, Monkey D Dragon, dan Monkey D Luffy. Diantara semua keluarga yang jadi bagian dari klan D, mungkin keluarga Monkey bisa dibilang adalah yang paling gila, paling berani, dan paling bebas serta paling populer. Bisa jadi keluarga Monkey juga adalah keluarga yang paling kuat dan juga keluarga yang mengerikan.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ketiga anggota keluarga Monkey sekarang. Monkey D Luffy merupakan karakter yang saat ini menduduki posisi Yonko dengan kekuatan buah iblis paling kuat di dunia. Kemudian, Monkey D Dragon adalah penjahat paling dicari oleh Gorosei dan Im. Sementara itu sosok Monkey D Garp adalah pahlawan besar angkatan laut dengan berhasil mengalahkan Rocks D Xebec.

Banyak fans yang beranggapan jika keluarga Luffy ini sudah membuktikan dirinya bahwa mereka memang layak menjadi seorang D dan mewarisi tekadnya. Luffy dan Dragon sudah membuktikan kalau mereka merupakan ancaman besar bagi World Government. Garp sendiri pun sebenarnya sangat membenci kaum naga langit dan World Government, karena mereka selalu bertindak semena-mena.

Ke Halaman 2

2 Ditakdirkan Merubah Dunia

Dari sejak awal One Piece muncul pada akhir 1990an sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. Di manganya sendiri juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini. Hal inilah yang membuat para penggemar One Piece penasaran sampai saat ini. Dan banyak teori yang kemudian muncul.

Berbicara mengenai klan D ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa keluarga dari Monkey D adalah keturunan dari keluarga kerajaan, dalam hal ini mereka adalah keturunan dari Kerajaan Kuno atau Ancient Kingdom. Sedangkan, mereka yang memiliki huruf D diluar keluarga Monkey D adalah penduduk biasa. Kerajaan Kuno mungkin sudah hancur oleh gabungan 800 kerajaan lainnya pada 800 tahun yang lalu, tapi para keturunannya masih belum semuanya tewas.

Keluarga Monkey D diduga adalah keluarga dari klan D yang berusaha membangkitkan kembali Tekad D dan kejayaan dari Kerajaan Kuno. Yang menarik juga adalah keluarga Monkey D dianggap sebagai phak yang memang ditakdirkan untuk memberikan perubahan besar terhadap dunia. Seperti yang disebutkan di atas, semua anggota keluarga Monkey D sangat membenci kaum naga langit.

Masing-masing anggota Monkey D memiliki cara untuk menciptakan “kekuatan” untuk menghadirkan perubahan tersebut. Misalnya, Garp sengaja bertahan di angkatan laut selain untuk mengabdi bagi masyarakat dan menyelamatkan mereka yang tidak berdaya dia juga ingin membebaskan muridnya. Kita sudah melihat bagaimana Garp “membebaskan” anaknya, Dragon dari angkatan laut, kemudian Aokiji, dan yang terakhir adalah Koby.

Dalam peristiwa di pulau Beehive, Garp mengatakan kepada Koby dan semua anggota SWORD bahwa mereka adalah masa depan angkatan laut. Artinya Garp memang sudah sejak awal atau sejak lama menciptakan kekuatan masa depan dari angkatan laut. Dan dari hasilnya, sepertinya upaya Garp memang berhasil meskipun jumlahnya mungkin masih kalah dari mayoritas angkatan laut.

Bagaimana dengan Luffy dan Dragon? Kedua karakter ini memiliki kesamaan dan juga perbedaan. Ayah dan anak ini sama-sama berusaha untuk membebaskan belenggu berbagai pihak yang sedang dalam kesusahan atau dalam kondisi tertekan. Contohnya Luffy berhasil membebaskan Alabasta dari cengkraman Crocodile, Pulau Manusia Ikan dari cengkraman pasukan Hody Jones, dan yang terakhir adalah Wano dari cengkraman Kaido yang sudah bertahan selama 20 tahun.

Untuk Monkey D Dragon, dia memanfaatkan kekuatan sumber daya dari organisasi yang dia bentuk, Pasukan Revolusi, untuk membebaskan berbagai wilayah yang ingin mendapatkan kemerdekaan. Mereka membantu wilayah tersebut keluar dari cengkraman afiliasi World Government. Kerajaan Sorbet menjadi salah satu contoh wilayah yang dibebaskan oleh Pasukan Revolusi.

Ke Halaman 3

1 Joy Boy Bagian Keluarga Monkey D

Berdasarkan penjelasan di atas tentunya Geeks sudah bisa melihat adanya koneksi antara keluarga Monkey D dan Joy Boy yang kemudian jadi dasar teorinya. Dari apa yang disebutkan di atas, keluarga Monkey D nampaknya memang ditakdirkan sebagai pihak yang selalu berusaha untuk memberikan perubahan besar. Dan hal ini bisa dilihat dari ketiga anggota keluarganya.

Selain menjadi sosok yang membawa perubahan besar, keluarga Monkey juga merupakan sosok “liberator” atau “orang yang selalu membebaskan sesuatu.” Jika Geeks perhatikan, mereka semua juga merupakan pihak yang membebaskan banyak orang-orang dari penderitaannya. Contoh nyatanya semua kru Topi Jerami berhasil Luffy bebaskan dari penderitaan yang mereka alami dan bahkan berusaha untuk memberikan jalan demi mewujudkan mimpi mereka.

Keluarga D lain juga mungkin sudah melakukan hal yang sama, namun skala dan konsistensinya tidak terlalu signifikan. Inilah yang bisa Geeks perhatikan bagaimana keluarga Monkey D sering mendapatkan sorotan dari World Government daripada keluarga D lainnya. Dan hal ini yang kemudian memunculkan teori jika Joy Boy adalah bagian dari keluarga Monkey D.

Dalam ceritanya, sosok Joy Boy adalah sosok yang penting dalam sejarah dan peradaban dunia One Piece. Sayangnya, apa yang kemudian dia lakukan sehingga menjadi sosok penting masih jadi misteri. Tetapi, petunjuk dari Poneglyph yang ada di hutan laut yang berupa permintaan maaf kepada manusia ikan memberikan petunjuk jika Joy Boy juga adalah seorang pembebas atau orang yang membantu membebaskan orang dari penderitaan.

Dalam hal ini, Joy Boy berjanji untuk membawa semua manusia ikan ke daratan dan tinggal bersama-sama dengan ras lainnya di darat. Joy Boy juga ingin menghentikan semua diskriminasi yang para manusia ikan alami dari para manusia di daratan. Sayangnya, janji Joy Boy tersebut tidak bisa terpenuhi karena sesuatu yang misterius terjadi kepadanya.

Sekarang, Zunesha sudah mengonfirmasi jika Joy Boy sudah kembali yang tidak lain adalah Monkey D Luffy. Entah kebetulan atau takdir atau hal lainnya bagaimana Luffy kemudian jadi reinkarnasi dari Joy Boy tentunya adalah sesuatu yang menarik. Pasalnya, kembali, Luffy adalah bagian dari keluarga Monkey D. Oda Sensei seolah ingin memberikan pesan bahwa Joy Boy dan keluarga Monkey D memang masih satu keluarga atau keturunan dengan terpilihnay Luffy sebagai reinkarnasi Joy Boy.

Dan yang menarik juga adalah banyak orang di seluruh dunia menantikan kemunculan Joy Boy. Mereka sudah menunggu selama 800 tahun lebih yang menjadi bukti jika Joy Boy adalah sosok yang dibutuhkan dan diinginkan untuk memberikan perubahan sekaligus membebaskan mereka dari belenggu yang ada. Menarik tentunya untuk melihat seperti apa sosok Joy Boy sebenarnya dalam cerita One Piece yang mungkin akan terungkap dalam waktu yang akan datang.

Exit mobile version