Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Ramalan Paling Populer di Dunia Film!

8 Ramalan Paling Populer di Dunia Film!

Ramalan merupakan salah satu alat cerita yang sering digunakan di dunia film dan ada beberapa ramalan yang sangat populer. Untuk menghadirkan sebuah cerita film yang menarik biasanya para pembuat cerita menghadirkan berbagai alat cerita atau plot tools dalam formula yang mereka buat. Salah satu yang sering mereka gunakan adalah ramalan. Ada beberapa ramalan yang populer di dunia film yang banyak dikenal oleh para fans. Apa saja?

8 Ramalan Ragnarok – Thor: Ragnarok

Ramalan populer di dunia film yang pertama adalah Ragnarok yang muncul dalam cerita Thor: Underworld. Marvel Studios mengadaptasi berbagai elemen yang ada dari mitologi Nordik. Selain Thor dan berbagai hal lainnya, seperti Mjolnir, Loki, dan bahkan Odin, series film Thor juga menghadirkan sebuah elemen mitologi Nordik yang sangat populer bahkan di dunia nyata yaitu ramalan Ragnarok.

Dalam mitologi Nordik, Ragnarok merupakan sebuah peristiwa kehancuran atau kiamat yang pasti terjadi. Ada banyak faktor yang kemudian menjadi pemicu munculnya kiamat tersebut, seperti apa yang Loki perbuat. Hal ini juga kemudian diimplementasikan atau dihadirkan juga dalam alur cerita Thor: Ragnarok. Dalam hal ceritanya, Thor Odinson awalnya berusaha untuk mengalahkan Surtur demi menghentikan Ragnarok.

Namun, setelah kemudian Thor dan Loki bertemu dengan ayahnya yang ada di Norwegia, Odin menjelaskan jika ramalan kehancuran Ragnarok tidak bisa terhindarkan atau dihentikan. Situasi juga diperparah dengan Hela yang akan terbebas dari Hel setelah dia meninggal dunia. Dan dalam ceritanya juga dijelaskan jika hanya Ragnarok yang bisa hentikan Hela yang mana inilah yang kemudian Thor lakukan.

7 Wanda Maximoff Menjadi Scarlet Witch – Doctor Strange In The Multiverse Of Madness

Masih dari MCU, selain ramalan tentang Ragnarok yang terjadi di Asgard ada juga ramalan populer lainnya dari jagat sinematik ini. Ramalan tersebut adalah bagaimana Wanda Maximoff ditakdirkan untuk menjadi Scarlet Witch. Seperti yang Geeks ketahui, sejak pertama kali muncul di film Avengers: Age of Ultron sosok Wanda tidak pernah mendapatkan panggilan seperti di komiknya yaitu Scarlet Witch.

Semua Avengers dan juga orang-orang mengenalnya sebagai Wanda Maximoff, seorang penyihir paling kuat di MCU. Namun, sebenarnya, terdapat ramalan yang diungkapkan oleh Agatha Harkness bahwa Wanda sudah sejak lama diramalkan dan ditakdirkan untuk menjadi sosok Scarlet Witch. Di universe Marvel, Scarlet Witch merupakan sosok penyihir yang memiliki kekuatan paling dahsyat.

Tidak ada yang bisa menghentikan sosok Scarlet Witch dengan kekuatan sihir yang dia miliki, meskipun dia menggunakan kekuatan itu untuk kejahatan. Dan hal ini kemudian sempat juga terwujud dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness di mana Wanda berubah menjadi Scarlet Witch setelah membaca seluruh isi kitab mengerikan Darkhold. Di akhir filmnya, Scarlet Witch menyadari kesalahannya dan memutuskan untuk menghancurkan Darkhold dan dirinya di gunung Wundagore.

6 Paul Atreides Menjadi Sosok Pemimpin – Dune

Dune merupakan salah satu film petualangan fiksi ilmiah yang sangat populer yang rilis pada 2021 kemarin. Filmnya sendiri merupakan adaptasi dari novel karya Frank Herbert dan merupakan garapan dari sutradara Denis Villeneuve. Filmnya sendiri bercerita tentang keluarga kerajaan Atreides, di mana mereka mendapatkan perintah untuk menjadi pemimpin di planet Arakkis.

Planet Arakkis sendiri merupakan sebuah planet padang pasir yang penuh dengan sumber daya bernama Melange. Namun, untuk mendapatkan sumber daya paling mahal di seluruh alam raya tersebut tidaklah mudah karena mereka harus berhadapan dengan cacing raksasa yaitu Sandworm. Yang menarik kemudian adalah kemunculan Paul Atreides dan keluarganya di planet Arakkis ternyata sudah diramalkan sejak lama.

Menurut ramalan yang ada, Paul Atreides akan jadi sosok pemimpin yang sangat luar biasa di mana dia menjadi sosok yang melindungi planet Arakkis dan penduduk asli yang tinggal di sana yaitu suku Fremen. Mereka akan menang menghadapi pihak Imperium di bawah kekuasaan Paul Atreides. Film keduanya, Dune: Messiah akan melanjutkan kisah sebelumnya dan menghadirkan alur cerita ini.

5 Kemunculan Thanos – Avengers: Infinity War

Salah satu ramalan film paling populer dari MCU lainnya adalah kemunculan Thanos di bumi. Marvel Studios memang sengaja menghadirkan Infinity Saga di tiga Phase pertama jagat sinematik mereka yang dimulai sejak 2008 melalui film Iron Man. Dan seperti yang Geeks ketahui, sudah sejak awal Marvel Studios menghadirkan ramalan mengenai kemunculan Thanos di bumi.

Dalam adegan post-credit di beberapa film, Marvel Studios menghadikan momen yang memperlihatkan sosok Thanos. Yang menarik adalah Tony Stark sendiri sempat memiliki bayangan mengenai serangan dari luar angkasa, meskipun banyak orang menganggap hal itu adalah paranoid. Namun, ramalan kemunculan Thanos di bumi akhirnya terbukti di film Avengers: Infinity War di mana dia mencari keberadaan Mind Stone dan Time Stone.

Thanos dan kelompok Black Orders kemudian menghancurkan bumi demi mendapatkan dua Infinity Stones tersebut. Thanos tenyata memiliki misi untuk melakukan Decimation atau menghapus separuh penduduk alam raya Marvel dengan mengumpulkan semua Infinity Stones dan menjentikan jarinya. Dan lagi-lagi, Thanos memang diperlihatkan berhasil untuk melakukannya. Thanos berhasil melakukan Decimation sebeum kemudian tewas oleh Thor.

4 Menyelamatkan Umat Manusia Dari Serangan Mesin – The Matrix

Salah satu franchise film paling ikonik dan populer dengan ramalan yang banyak orang-orang kenal. Ramalan yang muncul dalam dunia The Matrix adalah bagaimana Neo, sosok protagonis yang diperankan oleh Keanu Reeves, menjadi penyelamat umat manusia dari serangan para mesin yang ada di dunia The Matrix. Neo akan jadi sosok yang bertanggung jawab untuk menghadapi semua ancaman yang ada.

The Matrix sendiri merupakan sebuah dunia yang dibangun oleh manusia. The Matrix awalnya dibangun sebagai sebuah simulasi, yang mana justru kecerdasan buatan tersebut berkembang menjadi sesuatu yang mengerikan. Mesin-mesin tersebut kemudian menguasai seluruh planet yang mana kemudian hanya Neo yang bisa menyelamatkan dunia dari serangan para mesin.

Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana Neo dan Trinity serta Morpheus melakukan banyak cara untuk menghentikan cengkraman dari para mesin. Contohnya adalah menghadapi The Twins, Merovingan, dan yang paling ikonik dari film ini adalah sosok Agent Smith. Banyak juga momen menarik di film ini, seperti ketika Neo dan Trinity berusaha untuk menyelamatkan The Keymaker.

3 Frodo Menghancurkan The One Ring – Trilogi The Lord Of The Rings

Hampir semua alur cerita yang ada di trilogi The Lord of the Rings adaptasi novel J. R. R. Tolkien menghadirkan banyak sekali ramalan. Meskipun begitu, salah satu yang populer adalah misi dari Frodo untuk menghancurkan The One Ring. Sebenarnya, secara teknis, apa yang terjadi kepada Frodo dan bagaimana kemudian dia memiliki misi untuk menghancurkan The One Ring tidak sepenuhnya ramalan.

Dalam cerita novelnya, Elrond sebenarnya cukup ragu dengan keputusan Frodo yang mau jadi sukarelawan untuk menghancurkan cincin tersebut. Namun, Gandalf melihat ada sesuatu yang luar biasa bagaimana Frodo menjadi satu-satunya sosok yang bisa diandalkan. Pasalnya, Gandalf dan Galadriel sendiri tidak pernah membayangkan sebelumnya untuk memegang atau memiliki The One Ring.

Dalam alur cerita filmnya juga sebenarnya diungkapkan, jika para Hobbit sebenarnya tidak memiliki hasrat yang dahsyat seperti halnya ras atau bangsa lain. Mereka tidak ingin menguasai Middle-Earth atau semacamnya. Inilah yang kemudian membuat Gandalf dan juga para Fellowship akhirnya mau menemani para Hobbit, terutama Frodo, untuk menghancurkan The One Ring.

2 Harry Potter Kalahkan Voldemort – Franchise Harry Potter

Seperti halnya The Lord of the Rings, sejak awal ceritanya franchise Harry Potter juga sudah menghadirkan sebuah ramalan yang sangat populer di kalangan pecinta film. Ramalan tersebut adalah bagaimana Harry Potter akan jadi sosok yang berhasil mengalahkan Dark Lord Voldemort. Dalam ceritanya, seorang peramal, Sybil Trelawney atau professor Trelawney, sempat menghadirkan ramalan besar.

Menurutnya, kekuatan besar yang akan mampu mengalahkan sosok Voldemort sebagai Raja Kegelapan akan lahir pada Juli dan orang tuanya sudah tiga kali selamat dari serangan Voldemort. Ramalan ini muncul sebelum Harry Potter lahir. Ketika Harry lahir dan Voldemort menyerangnya, seperti yang kita ketahui, Harry pun selamat dari mantra Avada Kedavra berkat perlindungan dan cinta dari sang ibu, Lilly Potter.

Harry sendiri pada awalnya tidak pernah memahami semua ramalan yang ada. Namun, seiring berjalannya waktu dan cerita, pada akhirnya, Harry pun tumbuh menjadi sosok penyihir kuat dan di film The Deathly Hollow Part 2 kita melihat pertarungan antara Harry menghadapi Voldemort. Dan setelah pertarungan sengit diantara keduanya, Voldemort pun berhasil untuk dikalahkan beserta para pengikutnya.

1 Kiamat Teknologi – The Terminator

Ramalan paling populer di dunia film yang terakhir tidak lain adalah ramalan tentang kiamat akibat teknologi kecerdasan buatan dalam film The Terminator. Trilogi The Matrix bukan yang pertama menghadirkan ramaln di mana kiamat dunia diakibatkan oleh teknologi. Namun, jauh di era 1980an, James Cameron sudah terlebih dahulu menghadirkan alur cerita tersebut.

Seperti yang Geeks ketahui, The Terminator menghadiran cerita di mana dunia akan dikuasai oleh mesin yang bernama The Terminator. Itu merupakan robot yang merupakan hasil ciptaan sebuah perusahaan teknologi bernama Cybernet. Pada awalnya, Cybernet akan memulai perang nuklir yang berujung pada para mesin yang mengambil alih dunia. Inilah alasan mengapa seorang tentara manusia memutuskan mengirim salah satu Terminator kembali ke tahun 1980an.

Dengan mengirim Terminator ke era 1980an, mereka berharap jika perang dengan mesin dan juga kiamat dunia akan bisa dihentikan. Namun, pada kenyataanya, apa yang Sarah dan John Connor lakukan hanya menunda kiamat tersebut. Pada dasarnya, semua hal itu tetap tidak terhindarkan. Hal ini pun diperlihatkan di film Terminator 2: Judgement Day, yang mana pada akhirnya T-800 memutuskan untuk mengorbankan dirinya untuk menghentikan peristiwa mengerikan itu.

Berbagai ramalan yang ada di dunia film tentunya menjadi sebuah hal yang menarik yang membuat alur ceritanya semakin seru. Meskipun awalnya ramalan tersebut merupakan sebuah alat cerita, namun para fans jutsru menyukainya dan menjadi sangat populer.

Exit mobile version