Home OTAKU OTAKU FEATURES 9 Rekomendasi Anime Bertema Politik!

9 Rekomendasi Anime Bertema Politik!

Politik merupakan sebuah tema cerita yang jarang muncul dalam series anime, namun ada beberapa rekomendasi yang bertema tentang politik. Dengan kerumitan dan berbagai intrik mengerikan dalam dunia politik, tidak jarang hal tersebut jarang muncul di sebuah cerita anime. Meskipun begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada judul anime yang menghadirkan tema cerita tentang politik. Berikut adalah rekomendasi anime bertema politik.

9 Moribito: Guardian Of The Spirit

Rekomendasi anime bertema politik yang pertama adalah Moribito: Guardian Of The Spirit. Anime ini pertama kali rilis pada 2007 silam dan berfokus pada sosok karakter bernama Balsa. Dia merupakan seorang bodyguard yang mempersenjatai dirinya dengan sebuah tombak. Balsa sendiri berusaha untuk mencari delapan orang untuk dia selamatkan nyawanya dari berbagai bahaya.

Hal tersebut Balsa lakukan sebagai bentuk penebusan dosa akibat sudah menghabisi delapan orang pada masa lalunya ketika dia masih menjadi seorang petarung. Balsa kemudian bertemu dengan sosok Pangeran Chagum, yang berhasil selamat dari berbagai upaya pembunuhan, termasuk oleh ayahnya sendiri. Ibu dari Chagum akhirnya berhasil meyakinkan Balsa untuk mau melindungi anaknya.

Series Moribito: Guardian of the Spirit cukup banyak mendapatkan ulasan yang positif di mana banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah anime yang hampir mendekati kenyataan. Seriesnya pun berhasil membangun dunia yang apik secara baik dan tepat. Para penontonnya akan disuguhkan dengan cerita yang menarik sambil belajar tentang sistem politik, motivasi, dan hal menarik lainnya. Meskipun begitu, series ini banyak mendapatkan kritik karena dianggap terlalu membosankan.

8 Legend Of Galactic Heroes

Legend of the Galactic Heroes adalah sebuah series anime epik yang bersetting di luar angkasa, mirip seperti alur cerita di franchise Star Wars. Animenya menghadirkan elemen politik dan peperangan yang sangat dahsyat, sesuatu yang jarang muncul dalam berbagai series anime lainnya. Dengan latar belakang konflik antar galaksi, seriesnya mengeksplor tentang perjuangan kekuasaan, filosofi pemerintahan, dan taktik perang.

Terdapat dua sosok karakter penting yang terlibat dalam konflik politik antar galaksi tersebut yaitu Yang Wen-li dan Reinhard von Lohengramm. Setiap karakter yang muncul dalam seriesnya memiliki motivasi dan latar belakang yang dikembangkan dengan baik. Hal ini pun membuat narasi dari seriesnya menjadi kaya dan kompleks. Seperti halnya Moribito, hal lainnya dalam series ini juga menarik untuk diikuti.

Contohnya adalah intrik politik, strategi pertempuran, dan sebagainya. Karena menghadirkan elemen politik, para penonton perlu untuk memperhatikan detail dan memahami nuansa politik yang kompleks. Yang juga menarik adalah alur ceritanya tidak hanya menggambarkan tentang perang saja tetapi juga dampaknya terhadap masyarakat dan individu lainnya.

7 ACCA: 13-Territory Inspection Dept.

Jean Otus adalah wakil komandan dari sebuah departemen pengawas bernama ACCA. ACCA sendiri merupakan sebuah organisasi raksasa yang menyediakan layanan publik kepada masyarakat di kerajaan Dowa dan 13 negara bagian lainnya. Masing-masing wilayah memiliki gaya hidup dan budayanya tersendiri. Memiliki tugas untuk mengawasi semua wilayah untuk meyakinkan tidak ada masalah berarti, Jean menjadi waspada terhadap rumor.

Salah satu rumor yang selalu Jean waspadai adalah tentang kudeta yang terjadi di wilayahnya. Tugas Jean sendiri sangat berat karena selain dia harus mengungkap tentang rencana kudeta tersebut, dia tidak boleh absen dalam tugasnya. Tayang perdana pada 2017 lalu, series anime ACCA: 13-Territory Inspection Dept. penuh dengan setting dan atmosfer politik.

Elemen drama dan misteri juga tidak lupa muncul dalam ceritanya. Intrik-intrik lainnya pun bermunculan sejak awal cerita sampai selesai. Untuk Geeks yang senang dengan cerita yang lambat dan penuh dengan drama politik tentunya akan sangat cocok menyaksikan seriesnya. Apalagi ada banyak plot twist dan kejutan yang muncul.

6 Attack On Titan

Sebenarnya, series karya Hajime Isayama ini memang berfokus pada upaya manusia untuk bisa bertahan dari serangan Titan. Namun, jika Geeks perhatikan, ada beberapa tema lain yang muncul dalam ceritanya seperti drama politikdan rasisme terutama yang berkaitan dengan bangsa Marley dan Eldian. Dalam kilas balik Ymir, diperlihatkan bagaimana Raja Fritz berusaha untuk menguasai dunia.

Hal ini terjadi ketika dia mengetahui bagaimana Ymir memiliki kekuatan dahsyat untuk berubah menjadi Titan. Dengan memanfaatkan kekuatan tersebut, bangsa Eldian kemudian mulai berkuasa dan menguasai banyak kerajaan termasuk Marley. Hal inilah yang membuat bangsa Marley berusaha untuk membalas dendam terhadap Eldian. Intrik politik yang muncul dari konflik kedua bangsa ini sebenarnya menjadi sub-tema lainnya dari ceritanya.

Hal ini bisa dilihat bagaimana Eren Yeager berusaha untuk membalas dendam atas apa yang Reiner dan para bangsa Marley lakukan sebelumnya. Sebelum peristiwa Rumbling sendiri diperlihatkan bagaimana pulau Paradis melakukan bebagai upaya politik untuk bisa bertahan dari serangan Marley dan menghentikan apa yang Eren lakukan. Jadi, rasanya masuk akal jika Attack on Titan jadi salah satu rekomendasi anime bertema politik.

5 Mobile Suit Gundam: The Origin

Mobile Suit Gundam adalah salah satu anime yang menjadi pionir bagi seluruh genre mecha. Series ini merupakan karya dari Yoshiyuki Tomino dan menjadi awal bagi salah satu franchise anime paling terkenal di dunia, Gundam. Alur cerita Mobile Suit Gundam berlatar di masa depan, di mana Bumi terbagi menjadi dua kekuatan utama: Earth Federation dan Principality of Zeon. Mereka terlibat dalam perang besar yang dikenal sebagai Perang Satu Tahun atau One Year War.

Namun, sesuai namanya, Mobile Suit Gundam: The Origin menjadi cerita prekuel bagi alur cerita Mobile Suit Gundam. Fokus dari ceritanya adalah berbagai peristiwa sebelum dan yang menjadi penyebab One Year War. Alur cerita dari seriesnya sendiri penuh dengan elemen politik yang kompleks serta elemen militer. Hal ini karena kedua pihak berusaha untuk menjadi kekuasaan dan kemerdekaan.

Animenya juga mengkesplor lebih jauh tentang kehidupan dari Char Azanble dan Sayla Mass, di mana dalam seriesnya kita melihat latar belakang dari semua motivasi dan berbagai keputusan yang mereka buat. Dengan elemen peperangan dan ambisi politik,m series ini bisa jadi salah satu rekomendasi anime bertema politik yang menarik untuk ditonton.

4 Full Metal Alchemist: Brotherhood

Dalam cerita Fullmetal Alchemist, kekuatan sihir merupakan hal yang lumrah digunakan dalam berbagai hal termasuk peperangan. Dan dalam cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood, kita melihat bagaimana kekuatan sihir digunakan dalam salah satu perang paling mematikan dalam dunia anime, yaitu Ishval Civil War atau Perang Saudara Ishval. Perang ini terjadi akibat kesalahpahaman.

Series Full Metal Alchemist: Brotherhood juga berfokus pada hubungan saudara antara dua kakak-beradik, meskipun seperti halnya Attack on Titan terdapat sebuah sub-tema yang mengarah pada hal politik. Bersetting di sebuah negara bernama Amestris, ceritannya mengungkap sebuah konspirasi pemerintah yang sangat dalam yang berkaitan dengan eksperimen terhadap manusia.

Juga, pihak pemerintah melakukan manipulasi terhadap kemampuan Alchemy demi kekuasaan. Alphonse dan Edward kemudian berusaha untuk menghentikan apa yang pemerintah mereka lakaukan dan juga berusaha untuk menghentikan orang-orang yang bertanggung jawab atas berbagai hal mengerikan itu. Sampai sekarang seriesnya masih jadi salah satu series anime yang populer.

3 The Story Of Saiunkoku

Shurei Hong dari House of Kou adalah satu-satunya anak perempuan yang berasal dari keluarga bangsawan. Sayangnya, Hong harus mengalami nasib buruk di mana dia kemudian jatuh miskin. Meksipun begitu, Hong memiliki ambisi yang sangat besar dalam hidupnya yaitu menjadi anggota pengadilan wanita pertama. Hong sendiri kemudian mendapatkan kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan mimpinya saat penasihat raja Ryuuki memberikannya tawaran.

Tawaran tersebut adalah Hong akan mendapatkan pelajaran bagaimana caranya untuk menjadi anggota pengadilan dan jadi sosok pengadil yang bertanggung jawab. Hong sendiri kemudian menerima tawaran tersebut. Namun, ketika dia sudah berada di lingkaran pengadilan kerajaan Hong harus menerima kenyataan bahwa dia terjebak dalam berbagai intrik politik yang ada di dalam proses peradilan itu sendiri.

Series animenya sendiri tayang pada 2006 sampai 2008. Meskipun menghadirkan berbagai elemen yang sangat tidak biasa dalam tema politik, The Story Of Saiunkoku cukup berhasil membuat para penontonnya peduli terhadap para karakter dalam ceritanya. Elemen politik yang muncul dalam seriesnya sendiri sangat khas di era kerajaan. Geeks yang senang dengan tema kolosal mungkin akan senang dengan seriesnya.

2 Joker Game

Bersetting pada tahun 1937 dan era Perang Dunia kedua yang ada di depan mata, pihak Jepang berusaha untuk mencari informasi intelejen dari negara lain. Mereka pun kemudian membentuk sebuah agensi yaitu D Agency. D Agency sendiri berisi para mata-mata terlatih yang memang memiliki tugas untuk menyusup ke berbagai negara seperti Inggris, Jerman, Perancis, USSR, Tingkok, dan Amerika.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan informasi yang bisa menguntungkan pihak Jepang. Series yang muncul pada 2016 ini memang lebih banyak menghadirkan adegan dialog dengan perpaduan bumbu politik dan thriller mata-mata. Hampir tidak ada momen aksi atau hal-hal menegangkan seperti umumnya yang muncul di genre shonen. Tempo ceritanya pun sangat lambat dan tonenya sendiri sangat serius.

Selain berbagai tema politik dan elemen menarik di atas, ada juga berbagai elemen menarik lainnya yang muncul dalam ceritanya. Contohnya adalah tipu daya politik, kekuasaan, dan peranan dari agensi intelijen dalam membentuk sebuah peristiwa berskala dunia. Joker Game mengekssplor tentang berbagai etika yang muncul ketika berkaitan dengan masalah keamanan nasional.

1 The Heroic Legend Of Arslan

Rekomendasi anime bertema politik yang terakhir adalah The Heroic Legend of Arslan. Pangeran Arslan dari Pars hampir saja kehilangan nyawanya ketika negaranya terkena invasi dari negeri tetangga, Lusitania. Hal itu merupakan upaya untuk menjatuhkan sang ayah, King Andagoras III. Melihat kondisi ini, Arslan pun berjuang untuk bisa kembali merebut wilayahnya.

Namun, dalam upaya untuk bisa kembali merebut wilayah kekuasaanya Arslan tidak sendiri. Dia mendapatkan bantuan dari berbagai pihak yang merupakan pengikutnya dan juga orang-orang yang ada di pihaknya. Di sepanjang petualangannya tersebut juga Arslan belajar mengenai banyak hal, seperti masalah diplomasi, strategi, dan juga pentingnya memiliki sekutu atau pihak yang ada di pihaknya.

Dengan setting tempat di Persia kuno dan sekitarnya, series ini terinspirasi dari sosok dan kejadian nyata pada abad keenam di wilayah Persia kuno. Cerita politik yang muncul dalam ceritanya benar-benar sangat menarik dan mengesankan. Series anime yang muncul pada 2015 hingga 2016 ini menjadi salah satu anime yang cocok untuk Geeks yang mencoba warna baru dalam series anime.

Genre bertema politik atau menghadirkan tema cerita politik memang jumlahnya sangat tidak banyak. Karena, peminatnya sendiri tidak sebanyak anime yang menghadirkan tema cerita lainnya. Meskipun begitu, di atas adalah beberapa rekomendasi anime bertema politik yang bisa Geeks tonton.

Exit mobile version