Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Shah Rukh Khan Yang Wajib Ditonton!

10 Film Shah Rukh Khan Yang Wajib Ditonton!

Shah Rukh Khan merupakan salah satu bintang Bollywood yang sangat sukses di dunia dan berikut adalah beberapa film yang wajib ditonton. Meskipun film-film Bollywood kalah populer daripada Hollywood, bukan berarti mereka tidak memiliki berbagai film bagus dan aktor yang luar biasa. Shah Rukh Khan adalah salah satu contoh aktor Bollywood yang sukses di industri perfilman dunia. Ada abeberapa film dari Shah Rukh Khan yang wajib untuk ditonton. Apa saja?

10 Kabhi Haan Kabhi Na

Film Shah Rukh Khan wajib ditonton yang pertama adalaah Kabi Haan Kabhi Na. Film yang rilis pada 1994 ini menjadi salah satu film Khan yang paling laris. Ceritannya sendiri berfokus pada seorang pemuda bernama Sunil yang jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Anna. Mereka berdua sama-sama tergabung dalam sebuah kelompok band. Namun, sayangnya, Anna justru jatuh cinta dengan teman mereka, Chris.

Ketika kemudian Sunil mengetahui hal tersebut, Sunil pun berusaha untuk melakukan segala cara agar Anna bisa melupakan sosok Chris dan berpaling kepadanya. Namun, hal itu justru memberikan kesan yang buruk kepada Anna. Kabhi Haan Kabhi Na merupakan film komedia romantis di mana dia berperan sebagaai seorang pria yang tidak ragu melaakukan apapun demi mendapatkan cintanya.

Jika dibandingkan dengan berbagai film sukses Khan lainnya, Kabhi Haan Kabhi Na memang tidak lebih populer dari berbagai judul tersebut. Namun, film ini diketahui menjadi salah satu film favorit para fans sepanjang masa. Bahkan, bukti kesuskesan dari film Kabhi Haan Kabhi Na adalah filmnya berhasil mendapatkan penghargaan Best Film dan Best actor dalam 39th Filmfare Awards.

9 Dilwale Dulhania Le Jeyange

Satu tahun kemudan, Khan menghadirkan salah satu film fenomenal lainnya yaitu Dilwale Dulhania Le Jeyange. Filmnya menghadirkan sebuah cerita cinta sederhana dari dua orang generasi kedua sosok yag lahir di India dan tinggal dan besar di Inggris. Salah satu film Shah Rukh Khan wajib ditonton, film romansa 90an ini rilis secara global dan jadi salah satu film Bollywood yang berhasil meraih kesuksesan secara global.

Alur ceritanya mampu menarik perhatian dari para penonton di seluruh dunia. Dilwale Dulhania Le Jeyange bahkan berhasil mendapatkan 14 penghargaan yang mana dua diantaranya adalah Best Actor yang diberikan untuk Khan. Salah satu fakta menarik dari film ini adalah Dilwale Dulhania Le Jeyange merupakan film yang tayang di bioskop paling lama dalam sejarah perfilman india.

Diketahui, film yang bercerita tentang Raj dan Simran ini masih terus tayang di bioskop yang memang secara khusus hanya menampilkan film ini. Bioskop tersebut ada di wilayah Mumbai dan film ini sudah berjalan selama lebih dari 25 tahun di biosskop tersebut. Selain kisah cinta yang sederhana, film ini menghadirkan nuansa baru dalam alur cerita film India di mana protagonisnya bukan penduduk yang tinggal di India.

8 Dil Se..

Salah satu film romansa thriller yang dibintangi oleh Shah rukh Khan, selain juga salah satu film terbaik dari sang aktor. Dil Se.. menghadirkan cerita cinta tragis dari sosok Amar, seorang produser radio berita, dan juga Meghna, seorang wanita misterius yang Amar temui saat beradaa di stasiun kereta. Setelah ditolak dan ditinggalkan oleh Meghna, Amar kemudian bertemu dengan wanita lain bernama Preeti.

Pertemuan Amar dengan Preeti tersebut membuat dia berpikir untuk menikahinya. Namun, ada hal lain yang kemudian terjadi. Dil Se.. banyak menerima ulasan dan tanggapan yang positif dari berbagai pihak internasional, karena filmnya mampu menghadirkan peristiwa politik dan akhir yang sedih. Penampilan dan kualitas akting Khan di film ini juga banyak dipuji dan akhirnya film ini berhasil mendapatkan penghargaan dari beberapa ajang.

Contohnya adalah Dil Se.. menang penghargaan 49th Berlinale, 46th National Film Awards, 44th Filmfaare Awards, dan Screen Awards. Dan yang menariknya juga adalah Dil Se.. menjadi film Bollywood atau film India pertama yang berhasil menembus jajarang box office di Inggris Raya. Selain itu, film ini juga memiliki adegan ikonik di mana Khan bernyanyi dan menari “Chaiyya Chaiya” di atas kereta yang kemudian populer di Indonesia.

7 Asoka

Shah Rukh Khan bisa dibilang sangat jarang muncul dalam film yang bertema kolosal atau sejarah. Film Asoka yang rilis pada 2001 menjadi salah satu film sejarah yang pernah Khan bintangi dan sukses. Film dengan dana produksi yang cukup besar ini dikerjakan oleh sutradra pemenang penghargaan, Santosh Sivan, yang mana sebelumnya dia juga mengerjakan proyek eepik lainnya yaitu Dil Se..

Asoka sendiri sebenarnya merupakan film adaptasi dari sosok yang memang pernah berkuasa pada masa lalu. Dalam film ini, Shah Rukh Khan berperan sebagai sang Kaisar Asoka atau Ashoka. yang mana pada zaman dahulu dia merupakan sosok pemimpin dari Kerajaan Maurya di abad ke 3 sebelum Masehi. Asoka sendiri pada awalnya merupakan sosok pribadi yang kejam dan mengerikan.

Namun, Asoka kemudian mulai diperlihatkan berubah menjadi jaauh lebih bijak sama setelah dia mulai menganut agama Buddha. Asoka pun mulai meninggalkan semua hal yang berkaitan dengan kekerasan. Penampilan dan akting dari Khan dalam film ini banyak dipuji oleh berbagai kalangan. Beberapa faktor lainnya adalah bagaimana kondisi fisik yang luar biasa dari Khan di filmnya nampak luar biasa. Bisa dibilang, Asoka merupakan film ala Akira Kurosawa dengan nuansa India yang sangat kental dan juga tradisi musik.

6 Swades

Film Shah Rukh Khan wajib ditonton selanjutnya adalah Swades, yang rilis pada 2004. Film Swades bercerita tentang seorang ilmuwan muda di Badan Antariksa Nasional Amerika atau NASA yang bernama Mohan Bhargav. Dia sengaja pulang ke kampung halamannya di India untuk menjenguk sang nenek yang tinggal di sebuah desa kecil. Namun, Mohan kemudian menyadari sesuatu sesampainya di sana.

Mohan menyadari jika kampung halamannya ternyata jauh lebih membutuhkan bantuannya daripada pihak-pihak yang ada di luar negeri. Mohan benar-benar tersentuh dan sedih dengan kehidupan dari para penduduk yang ada di desa terpencil tersebut. Dia pun kemudian memiiki ide untuk membangun desa tempat tinggal neneknya yang dia mulai dengan membangun instalasi listrik.

Banyak yang beranggapan dengan narasi yang menyentuh dan luar biasa ini Swades perlu untuk diadaptasi dalam versi hollywood. Selain mendapatkan ulasan positif dan juga tanggapan yang luar biasa, ini menjadi film yang mengukuhkan sosok Shah Rukh Khan sebagai aktor Bollywood paling sukses. Bukti nyatanya adalah bagaimana film ini berhasil membawa pulang 14 penghargaan.

5 Main Hoon Na

Main Hoon Na merupakan salah satu Masala film atau film Bollywood yang memiliki perpaduan genre dalam ceritanya, yang dibintangi Shah Rukh Khan sebagaai Mayor Rami Sharma. Dia merupakan sosok agen yang sengaja dikirim untun misi penyamaran di mana dia menyamar sebagai salah satu mahasiswa. Tujuan dari misi tersebut adalah melindungi putri dari sang Jendral yang diincar oleh tentara jahat.

Sesuai dengan jenis filmnya, Main Hoon Na cukup menonjol dari beberapa film Shah Rukh Khan lainnya karena ada banyak elemen yang kemudian muncul dalam ceritanya. Mulai dari adegan aksi yang intens, komedi remaja atau komedi sekolahan, dan tentuny adegan musikal khas Bollywood. Meskipun memadukan berbagai genre dan juga elemen cerita, terbukti hal itu jadi resep kesuksesan dari Main Hoon Na.

Film Main Hoon Na diketahui berhasil masuk nominasi beberapa ajang peghargaan di tahun 2004. Film ini jugaa masuk enam nominasi Global Indian Film Awards. Main Hoon Na memang bukan film yang populer atau sukses di pasar Internasional. Meskipun begitu, ini tetap dianggap sebagai salah satu film terbaik dari Shah Rukh Khan.

4 Chak De! India

Chak De! India merupakan saslah satu film yang tidak biasa lainnya yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Film ini merupakan produksi dari Yash Raj Studio. Disutradarai oleh Shimit Amin, Chak De! India merupakan sebuah film bertema olahraga yang mencoba untuk menyentuh beberapa hal yang lebih luas seperti tentang sosial politik, nasionalisme, dan hal yang terkait dengan agama Islam.

Dalam film Chak De! India sosok Khan diperlihatkan berperan sebagai Kabir Khan, mantan kapten tim Hockey pria di India. Sekarang, dia mulai melatih tim nasional wanita. Kabir berusaha untuk membangun tim dari bawah dan mendapatkan kembali kejaayaannya yang sempat hilang. Namun, dalam perjalannnya, Kabir harus mengalami banyak kendala apalagi yang berkaitan dengan identitasnya.

Kabir Khan diceritakan sebagai pemeluk aagama Islam, yang mana di India sendiri Islam menjadi agama yang cukup sering mengundang perhatian. Melalui film ini dan juga sosok Kabir Khan, Amin mencoba untuk menghadirkan cerita di mana semua fitnah dan stigma negatif yang berkaitan dengan Islam yang ada di negara tersebut yang sering dihadirkan media sayap kanan tidaklah benar.

3 Jawan

Jawan merupakan film terbaru yaang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Film ini rilis pada 2023 kemarin dan seperti mayoritas film Khan di atas, Jawan juga menjadi salah satu karya dari sang aktor yang sukses besar. Diketahui film thriller aksi ini berhasil mengantongi pemasukan sebesar 140 juta Dollar Amerika, yang mana angka tersebut menjadikan Jawan sebagai film India dengan pemasukan terbesar di tahun tersebut.

Jawan juga berhasil mendapatkan ulasana yang sangat positif dari berbagai banyak pihak. Filmnya sendiri bercerita tentang Khan yang berperan sebagai dua karakter; seorang ayah dan kembaran dari anaknya. Putranya sendiri bernama Azad yang mana dia menjalin kerja sama dengan berbagai pihaak untuk menghancurkan berbagai korupsi dan kejahatan yang ada. Yang menarik adalah Azad kemudian menggunakan identitas lain di mana dia bergerak sebagai vigilante.

Azad juga memiliki misi pribadi di mana dia berusaha untuk membersihkan nama ayahnya. Jawan sendiri diadaptasi dari sebuah peristiwa nyata di mana seorang dokter spesialis anak harus dipenjara setelah 60 anak dinyatakan meninggal dunia. Padahal, pihak pemerintah yang harus disalahkan atas meninggalnya anak-anak tersebut. Belum diketahui kapan film ini akan tayang di luar India.

2 My Name Is Khan

Salah satu film paling sukses dan kontroversial dari sosok Shah Rukh Khan. My Name Is Khan riilis pada 2010 kemarin dan mengisahkan tentang sosok Rizwan Khan, di mana dia merupakan seorang pria yang memiliki autisme. Pasca peristiwa penyerangan menara kembar WTC perhatian semua pihak, termasuk Amerika, terhadap beberapa negara dan Islam menjadi sangat sensitif.

Rizwan sendiri menikah dengan seorang wanita Hindu yang bernama Mandira, yang mana putranya harus mengalami perundungan dan pemukulan oleh banyak orang setelah mengetahui jika ayahnya adalah seorang Muslim. Putranya pun tewas akibat luka dalam yang parah dan Mandira pun sangat terpukul. Dia bahkan menyalahkan suaminya yang dia anggap secara tidak langsung menjadi penyebab kematian sang anak.

Inilah yang kemudian membuat Rizwan Khan kemudian memiliki tekad untuk menemui presiden Amerika Serikat. Dia ingin menghadirkan pernyataan di mana dia memang Muslim, namun bukan berarti dia adalah seorang teroris. Perannya sebagai Rizwan Khan banyan mengundang tanggapan positif dari banyak pihak, yang mana hal ini membuatnya berhasil meraih Best Actor dan filmnya berhasil meraih 25 penghargaan.

1 Kuch kuch Hota Hai

Fim Shah Rukh Khan yang wajib ditonton yang terakhir tidak lain adalah Kuch Kuch Hota Hai. Ini merupakan film yang dianggap sebagai film terbaik dari Shah Rukh Khan yang pada akhirnya berhasil menjadi batu loncatan dari sang aktor untuk bisa jadi populer seperti sekarang. Film yang rilis pada 1998 ini merupakan film musikal khas Bollywood, yang bercerita tentaang Rahul dan Anjani.

Mereka berdua merupakan teman baik ketika keduanya menjadi mahasiswa. Anjani sendiri sebenarnya menyimpan perasaan terhadap Rahul, yang mana sayangnya perasaan tersebut tidak pernah dia ungkapkan. Di sisi lain, Rahul sendiri kemudian jatuh cinta dengan wanita lain yaitu Tina Malhotra dan akhirnya mereka pun menikah. Anjani sendiri kemudian pergi dari kehidupan Rahul.

Namun, Tina kemudian diceritakan tewas dan dia hanya tinggal dengan putrinya, Anjali. Sang putri sendiri kemudian mengetahui jika namanya sebenarnya merupakan nama teman dekat dari sang ayah ketika kuliah dahulu. Dan dia pun kemudian berusaha untuk mempertemukan mereka kembali. Film ini banyak dipuji karena koreografi yang indah dan menawan sertaa chemistry dari para pemainnya yang luar biasa. Filmnya berhasil mengantongi 35 penghargaan.

Shah Rukh Khan sepertinya masih akan terus jadi salah satu bintang Hollywood yang populer di mata internasional. Hal ini terbukti dari berbagai film-film yang dia bintangi sering kali mendapatkan kesuksesasn besar. Inilah alasan mengapaa SRK mendapatkan julukan “raja film Bollywood.”

Exit mobile version