Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Rekomendasi Manga Pendek Terbaik!

10 Rekomendasi Manga Pendek Terbaik!

Meskipun umumnya manga memiliki puluhan hingga ratusan chapter, namun ada beberapa rekomendasi yang dianggap sebagai manga pendek terbaik. Mayoritas manga populer biasanya menghadirkan jumlah chapter yang panjang. Terkadang, hal itu membuat para fans bosan dengan alur cerita yang ada. Namun, ada beberapa manga pendek yang tidak kalah menarik dari berbagai manga populer lainnya. Berikut rekomendasi manga pendek terbaik.

10 Goodbye, Eri

Rekomendasi manga pendek terbaik yang pertama adalah Goodbye, Eri. Sekilas, jika Geeks melihat art style dari manga ini mungkin akan terlihat familiar. Ini merupakan manga karya Tatsuki Fujimoto, yang merupakan kreator dari series populer Chainsaw Man. Manga ini diketahui hanya memiliki satu chapter saja, yang mana bisa dibilang Goodbye, Eri merupakan manga yang masuk genre one-shot.

Goodbye, Eri bercerita atentang sososk Yuta, seorang pembuat film muda yang harus bergelut dengan kesedihan dan kehilangan pasca kematian dari sang ibu. Yang menarik kemudian adalah banyak yang beranggapan jika cerita di manga ini sendiri sebenarnya merupakan karya dari Yuta. Dan ada beberapa peristiwa dalam ceritanya yang dianggap menjadi petunjuk dari spekulasi tersebut.

Fujimoto dianggap berhasil untuk menghilangkan batasan atau mempertipis batasan antara sesuatu yang nyata dan buatan. Kemungkinan alur cerita film dalam manga dan bahkan manga itu sendiri, menjadi sebuah tempat bagi Yuta untuk menggambarkan tentang apa yang dia rasakan. Sebagaian jugaa menganggap jika Goodbye, Eri menjadi cara bagi Fujimoto untuk berkomunikasi dengan semua pembuaat film.

9 Town of Evening Calm, Country of Cherry Blossoms

Town of Evening Calm, Country of Cherry Blossoms merupakan manga pendek karya Fumiyo Kono yang rilis pada 2003. Manga pendek ini dikenal karena menghadirkan gambaran yang sangat tepat dan sensitif dari pasca peristiwa mengerikan bom atom di Horishima. Selain itu, kita juga melihat efek jangka panjang yang dialami oleh para penduduk dan budaya di Jepang.

Kono bukan hanya sekedar menghadirkan sebuah manga pendek dengan hanya tiga chapter saja. Namun, alur ceritanya menjadi jembatan untuk generasi yang berbeda dengan fokus utamanya adalah dampak utama terhadap manusia dari perang nuklir. Salah satu poin menarik dari manga ini adalah terdapat dua alur cerita yang dihadirkan, yaitu Town of ov Evening Calm.

Cerita yang pertama bersetting di Hiroshima pada tahun 1955. Cerita kedua berjudul Country of Cherry Blossong, yang terbagi lagi dalam dua setting yaitu pada 1987 dan 2004. Yang juga menjadi poin menarik dari manganya adalah art style manganya yang terlihat simpel dan juga jelas. Hal ini memberikan beban emosi yang jauh lebih mengena bagi para fans.

8 The Gods Lie

The Gods Lie bercerita tentang Natsuru Nanao seorang anak kecil yang duduk di kelas enam Sekolah Dasar. Nanao diceritakan sangat senang dengan sepak bola dan dia menyimpan perasaan terhadap seorang gadis bernama Rio Suzumura. Bagi Nanao, sosok Rio berbeda dengan para gadis lainnya yang ada di sekolahnya. Dia merupakan sosok yang keren dan pendiam.

Rio juga diketahui tidak bergabung dengan kelompok manapun, layaknya para murid-murid lain yang nampak menikmati hal tersebut. Nanao semakin penasaran dan tertarik dengan Rio Suzumura, ketika kemudian dia mengetahui jika Rio harus merawat adiknya. Semua cerita yang terjadi antara Rio dan Nanao berlangsung selama liburan musim panas mereka, yang mana hubungan tersebut membuat mereka dekat.

Kedekatan dari Rio dan Nanao membuat keduanya bahkan saling bertukar cerita dan rahasia  Judulnya sendiri sebenarnya menjadi gambaran dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, di mana sebenarnya ada banyak rahasia yang disembunyikan oleh anak-anak atau mereka yang berusia muda. Anak-anak juga sebenarnya memiliki rahasia yang mungkin tidak banyak orang tua mereka ketahui.

7 Tropic Of The Sea

Rekomendasi manga pendek terbaik yang selanjutnya adalah Tropic of the Sea karya Satoshi Kong. Manga pendek ini dianggap menjadi salah satu judul yang memberikan pengaruh yang besar di dunia manga dan anime. Hal ini berkat elemen psikologis dan sureal yang disuguhkan dalam ceritanya. Selain itu, manganya juga menghadirkan kemampuan bercerita dari Kon di medium yang berbeda menawarkan tema narasi yang kaya.

Tropic of the Sea bercerita tentang sebuah desa yang ada di sebuah pesisir pantai. Di desa tersebut terdapat sebuah tradisi turun-temurun di mana para penduduk desa harus menjalin kesepakatan atau perjanjian dengan laut. Desa tersebut memiliki tugas untuk menjaga sebuah telur putru duyung yang menjadi benda berharga untuk kesejahteraan para penduduk di sanaa.

Sebagai gantinya, para penduduk harus melaksanakan ritual setiap tahunnya. Tema ini menjadi sebuah cerita yang mungkin asing bagi banyak orang, namun familiar bagi sebagian lainnya. Kon benar-benar memberikan kebebasan bagi para pembacanya untuk berimajinasi. Apalagi, alur ceritanya sendiri diketahui tidak panjang di mana manganya hanya memiliki 7 chapter saja.

6 A Silent Voice

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan manga satu ini, yang mana cukup populer terutama dalam versi adaptasi layar lebar. Ceritanya sendiri mengeksplor tema tentang perundungan, memaafkan, dan memperbaiki masa lalu. A Silent Voice berfokus pada seorang pria bernama Shoya, yang diperlihatkan sering melakukan perundungan terhadap gadis di kelasnya yang memiliki kekurangan dalam pendengaran bernama, Shoko.

Ketika dewasa, Shoya berusaha untuk melakukan kebaikan kepada Shoko sebagai bentuk permintaan maafnya pada saat mereka bersekolah. Untuk Geeks yang senang dengan cerita drama pastinya akan sangat menikmati manga satu ini, apalagi para pembaca akan diajak untuk merefleksikan diri mengenai dampak atau akibat dari apa yang mereka lakukan. Pesan yang dihadirkan dalam film ini pun sangat dalam.

Dan ini juga yang kemudian banyak dipuji oleh para fans, di mana Yoshitoki Oima mampu terhubung dengan para anak muda yang mengalami masalah yang sama. Efek psikologis yang dihadapi oleh pelaku dan korban dihadirkan dengan jelas dalam ceritanya. Efek yang mendalam dari ceritanya menjadikan A Silent Voice menjadi salah satu rekomendasi manga pendek terbaik dengan hanya tujuh chapter saja.

5 Mermaid Saga

Mermaid Saga merupakan rekomendasi manga pendek terbaik lainnya. Manga ini menghadirkan perpaduan antara horor, romansa, dan petualangan. Mermaid Saga sendiri merupakan salah satu manga karya Rumiko Takashi, sosok mangaka legendaris yang sudah banyak menghadirkan judul series populer seperti Ranma 1/2 atau Urusei Yatsura dan bahkan Inuyasha.

Mermaid Saga menghadirkan beberapa cerita yang kemudian saling terhubung satu sama lain. Alur ceritanya sendiri berfokus pada sebuah legenda atau mitos yang banyak orang-orang percayai yaitu memakan atau mengonsumsi daging dari putri duyung atau duyung akan memberikan keabadian bagi mereka yang memakannya. Rumiko Takahashi kemudian menghadirkan twist dar mitos tersebut.

Dalam hal ini, sang mangaka memberikan gambaran jika apa yang orang-orang anggap sebagai berkah, yaitu hidup abadi, justru merupakan sebuah kutukan. Ada resiko dan konsekuensi yang harus mereka terima dari hal tersebut. Rumiko Takahashi berhasil menghadirkan keseimbangan antara elemen supranatural dan juga emosi manusia. Yang menarik, ini menjadi manga yang paling berbeda dari judul manga karya Rumiko Takahashi lainnya.

4 All You Need Is Kill

All You Need Is Kill menjadi rekomendasi manga pendek terbaik yang cukup berbeda dalam daftar ini, karena menggabungkan elemen aksi dan fiksi ilmiah dengan sangat menarik. Manganya sendiri merupakan hasil karya dari Hiroshi Sakurazaka, dengan ilustrasinya dikerjakan oleh Takeshi Obata. Nama Obata sendiri dikenal karena karyanya dalam beberapa series populer seperti Bakuman dan Death Note.

Obata berhasil menghidupkan sosok alien Mimics melalui ilustrasinya yang sangat luar biasa dan juga detil. Di sisi lain, para pembaca juga bisa melihat kengerian dan keanehan yang harus dialami oleh Keiji Kiriya selaku protagonis utama dari seriesnya. All You Need Is Kill berkisah tentang Keiji di mana dia terjebak dalam sebuah lingkaran waktu atau time loop yang membuat dia selamat dari kematiannya.

Setiap harinya, Keiji harus terus berhadapan dengan sosok alien Mimics. Namun, yang mengerikannya adalah setiap kali Keiji selamat maka kemampuan dari Mimics juga mengalami peningkatan. Elemen menarik dalam manga yang berumlah 17 chapter ini bahkan berhasil menarik perhatian Hollywood yang mana ceritanya diadaptasi dalam film Edge of Tomorrow.

3 Dororo

Dororo merupakan salah satu manga yang unik dengan perpaduan elemen yang muncul dalam ceritanya. Hal ini karena manganya memadukan cerita samurai klasik dengan elemen supernatural dan mitologi Jepang. Dororo sendiri rilis padaa 1967 dan merupakan manga pendek karya legenda manga Jepang, Osamu Tezuka. Sang mangaka legendaris ini menghadirkan 19 chapter untuk series Dororo

Dororo memiliki fokus cerita pada sosok karakter bernama Hyakkimaru, seorang samurai muda yang harus mengalahkan para iblis atau setan demi mendapatkan kembali anggota tubuh dan organ tubuhnya yang dicuri. Ada sekitar 48 iblis atau setan yang harus Hyakkimaru hadapi demi mendapatkan kembali tubuhnya. Dalam petualangannya, Hyakkimaru tidak sendirian.

Dia ditemani oleh Dororo, seorang pencuri yang merupakan anak yatim piatu. Dalam perjalannya, mereka berdua banyak bertemu dan mengungkap berbagai aspek dari dunia samurai dan spiritualitas Jepang. Meskipun manga ini sudah lebih dari separuh abad, namun mulai dari kualitas visual dan juga artwork dari manga ini masih nampak menarik bahkan di era modern seperti sekarang.

2 Planetes

Planetes menjadi manga pendek lainnya yang menghadirkan sebuah perspektif mendasar dan kelam dari eksplorasi manusia ke luar angkasa pada masa depan. Ceritanya sendiri berfokus pada sebuah tim “penyapu luar angkasa” atau “spaace sweepers” yang bekerja di sebuah perusahaan bernama Technora Corporation. Sesuai namanya, mereka memiliki tugas utama membersihkan berbagai sampah berbahaya yang ada di orbit bumi.

Protagonis utama dari manga ini adlah Hachimaki. Dia memiliki mimpi untuk bisa mempunyai pesawat luar angkasanya sendiri dan juga memperluas serta semakin memperlebar pencapaian besar dari manusia di luar angkasa. Namun, apa yang dia dan timnya lakukan saat ini justru menjadi hambatan dan sesuatu yang membuat Hachimaki seolah memikirkan ulang mimpinya.

Manganya sendiri menghadirkan hal-hal yang berkaitan dengan birokrasi, serta operasi dar perusahaan Technora yang sangat bergantung kepada keuntungan. Politik di balik upaya untuk pergi ke orbit juga jadi salah satu sorotan dari manganya. Komposisi dan visual sinematik cerita yang Makoto Yukimura hadirkan dalam manga ini bisa dibilang benar-benar luar biasa. Jumlah chapternya sendiri adalah 27 chapter.

1 Solanin

Rekomendasi manga pendek terbaik yang terakhir adalah Solanin. Rilis pada 2005, Solanin banyak dipuji para penggemar karena mampu menghadirkan gambaran yang sangat realistis dari kehidupan dewasa. Solanin juga menghadirkan secara tepat tentang apa yang terjadi kepada orang-orang yang mengalami ‘quarter-life crisis’ dan berbagai masalah eksistensi lainnya.

Tone cerita yang kelam serta melankolis, membuat Solanin berpadu dengan apik dengan tema cerita di atas. Fokus utama ceritanya adalah sosok karakterb ernama Meiko Inoue, seorang pekerja kantoran yang baru saja lulus dari kuliahnya. Dia harus menghadapi sebuah momen di mana setiap harinya dia melakukan pekerjaan yang monoton di Tokyo. Meiko sendiri memiliki seorang kekasih bernama Naruo Taneda.

Taneda sendiri merupakan seorang ilustrator paruh waktu dan juga anggota dari sebuah band amatir. Meiko sendiri kemudian tiba-tiba tertarik pada hal musik, yang mana memberikan harapan bagi kehidupannya. Namun, ternyata ada hal yang kemudian menghalangi kesenangan Meiko tersebut di mana band mereka harus menghadapi berbagai rintangan. Jumlah chapter dari manga ini adalah 28 chapter.

Manga memang menjadi salah satu sumber hiburan bagi banyak orang. Meskipun mayoritas manga memiliki banyak sekali chapter, namun beberapa manga justru bisa dinikmati dalam waktu yang relatif singkat. Karena, jumlah chapter dari manga pendek ini tidak terlalu banyak.

Exit mobile version