Home COMIC COMIC FEATURES 10 Komik Non Superhero Dari Marvel!

10 Komik Non Superhero Dari Marvel!

Selain menghadirkan berbagai komik superhero, Marvel juga menghadirkan berbagai judul komik non superhero yang tidak kalah populer. Marvel Comics sudah menghabiskan waktu  puluhan tahun untuk membangun dunia superhero yang luar biasa. Namun, perusahaan penerbit ini nyatanya menghadirkan juga franchise komik lain. Terdapat beberapa franchise komik non superhero yang pernah dibuat oleh Marvel. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

10 Alien

Komik non superhero dari Marvel yang pertama adalah Alien. Geeks dan para pecinta komik lainnya tentu sudah tidak asing dengan franchise Alien. Selain menjadi salah satu franchise fiksi ilmiah paling populer, Alien juga sangat populer di medium komik. Sebelum Marvel menghadirkan komik Alien, sebenarnya properti milik 20th Fox Century ini dikerjakan oleh perusahaan penerbit lain yaitu Dark Horse Comics.

Namun, setelah kemudian Disney mengakuisisi rumah produksi tersebut pada beberapa tahun lalu akhirnya mereka memberikan lampu hijau bagi Marvel Comics untuk menghadirkan alur cerita komik bagi Xenomorph. Dan akhirnya, pada 2021 kemarin akhirnya Marvel Comics mendapatkan kebebasan dalam hal kreativitas untuk menerbitkan komik Alien.

Marvel sendiri sejauh ini sudah menghadirkan beberapa series original Alien seperti Bloodlines, Revival, Icarus, dan Thaw. Belum lagi, Marvel juga menghadirkan dua komik spinoff dan 24 volume komik utama. Alien jadi salah satu franchise non superhero dari Marvel yang paling besar.

9 Predator

Sama halnya seperti franchise Alien, series komik Predator juga sebelumnya berada di bawah kendali dari Dark Horse Comics. Yang menarik adalah sebelum komik ini diakusisi oleh Marvel, sebenarnya kedua series tersebut sempat melakukan crossover. Bahkan, crossover tersebut sempat juga dilakukan beberapa kali seperti Transformers. DC juga sempat menghadirkan cerita di mana Batman bertarung menghadapi Yautja.

Marvel Comics sendiri pada akhirnya mendapatkan lisensi untuk menerbitkan komik Predator pada 2022 kemarin. Lagi-lagi, seperti halnya Alien, hal ini bisa terwujud setelah Disney mengakuisisi brand tersebut. Sekitar 6 volume komik yang berjudul Day of the Hunter, menjadi proyek pertama dari komik Predator di bawah kendali Marvel. Dan kemudian judul lainnya pun rilis.

Contohnya adalah The Preserve yang berjumlah lima volume. Di akhir tahun 2023 kemarin, komik Predator sempat melakukan crossover dengan karakter Marvel yaitu Wolverine dalam komik Predator vs Wolverine. Pertarungan kedua karakter populer ini menjadi salah satu alur cerita yang dinantikan oleh para fans, di mana keduanya akan menghancurkan semua hal yang ada di hadapan mereka.

8 Ultraman

Tsuburaya Productions mencoba untuk terus melebarkan sayap mereka untuk lebih memperkenalkan berbagai tokusatsu Jepang agar lebih dikenal di luar Jepang. Namun, pada 2020 kemarin Tsuburaya Productions resmi mengumumkan kerja samanya bersama dengan Marvel untuk mengerjakan sebuah proyek bersama. Bukan film atau series animasi, melainkan komik dan novel bergambar untuk series Ultraman.

Berbagai artist Marvel akan turut serta dalam proyek kerja sama ini, salah satunya adalah Alex Ross. Takayuki Tsukagoshi, selaku CEO dari Tsuburaya Productions, mengatakan bahwa mereka sangat senang bisa bekerja sama dengan salah satu satu perusahan hiburan terbesar yang memiliki cerita dan karakter yang luar biasa. Dan komik kerja sama mereka yang pertama berjudul The Rise of Superman.

Pada dasarnya, alur cerita komiknya mirip seperti apa yang dihadirkan di series perdananya pada era 1960an. Namun, ceritanya dibungkus dengan lebih modern dan dengan pendekatan ala Marvel. Dalam ceritanya, bahkan Superman diperlihatkan bertemu dengan beberapa karakter superhero Marvel dan juga para supervillain.

7 Warhammer 40K

Ada banyak permainan yang sangat menarik dan luar biasa yang kurang mendapatkan sorotan dari banyak orang. Namun, dunia dari Warhammer 40K garapan Games Workshop akhirnya mendapatkan sorotan publik setelah mendapatkan pendekatan lain yaitu komik. Warhammer 40K sendiri merupakan salah satu franchise game yang sudah mendapatkan adaptasi buku dan juga series.

Namun, adaptasi baru dari Marvel Comics menghadirkan sesuatu yang baru di mana alur ceritanya muncul dalam halaman komik. Sebelum Marvel Comics menghadirkan komik Warhammer 40K, BOOM! Studios merupakan perusahaan penerbit yang menghadirkan cerita dari seriesnya. Marvel Comics sendiri sejauh ini sudah menghadirkan dua series utama yaitu Marneus Calgar dan Sisters of Battle. Masih ada potensi jika Marvel Comics akan menghadirkan alur cerita lainnya.

6 Disney Parks

Dalam sejarahnya, Marvel Comics sudah sering melakukan berbagai kolaborasi dengan judul lain atau franchise lain. Setelah akuisisi oleh Disney, Marvel Comics masih mempertahankan hal tersebut. Contohnya adalah bagaimana Marvel Comics melakukan kolaborasi dengan IDW Publishing untuk menghadirkan karakter seperti Mickey Mouse dan juga Donald Duck.

Namun, mungkin banyak yang tidak tahu jika Disney dan juga Marvel sebenarnya pernah melakukan sebuah kolaborasi internal yang unik. Dalam hal ini, Marvel Comics menghadirkan sebuah series komik yang diadaptasi dari berbagai atraksi di taman bermain Disney milik mereka. Beberapa wahana yang muncul dalam komiknya adalah The Haunted Mansion, Figment, Big Thunder Mountain, dan Echanted Tiki Room.

Semua series tersebut menjadi bagian dari sebuah proyek yang berjudul Disney Kingdoms. Namun, semua judul series tersebut dirilis dalam format miniseri yang mana hanya memiliki 5 volume saja untuk masing-masing seriesnya. Komiknya juga menghadirkan cerita yang terinspirasi dari atraksi tersebut dengan berbagai informasi yang menarik.

5 Masters Of The Universe

Sedari awal, He-Man And The Masters Of The Universe sudah jadi mainan yang populer dan legendaris. Dan yang menarik adalah sebenarnya mainan produksi Mattel ini memiliki cerita sendiri di mana terdapat komik kecil dalam setiap pembelian mainannya. Namun, hal ini berubah di awal tahun 1980an. Pada 1982, He-Man And The Masters Of The Universe muncul dalam sebuah miniseries yang dihadirkan oleh DC Comics.

He-Man sendiri kemudian diperkenalkan dalam DC Comics Present #47, di mana Superman diceritakan terlempar ke Eternia. Dan akibat dari hal tersebut pertarungan antara Eternia dan superman pun tidak terelakan. Mereka pun kemudian bersatu untuk menghadapi Skeletor, Beast-Man, Teela, Man at Arms, dan Battle Cat. Pasca DC tidak lagi memegang lisensi dari He-Man, akhirnya Marvel, melalui Star Imprint, kemudian menghadirkan cerita dari He-Man.

Marvel menghadirkan sebuah universe khusus untuk karakternya yaitu Earth-86051. Sayangnya, respon yang diterima dari komik tersebut justru kurang baik. Sejauh ini, Marve Comics belum lagi menghadirkan karakternya dalam cerita komik. Di tahun 1987, Marvel sempat juga menghadirkan adaptasi film He-Man And The Masters Of The Universe di mana Dolph Lundgreen berperan sebagai He-Man.

4 The Micronauts

Komik non superhero dari Marvel lainnya adalah The Micronauts. Marvel sering kali berusaha untuk memisahkan berbagai properti milik mereka. Contohnya, mereka sangat jarang menghadirkan momen interaksi dari Ultraman dan judul lainnya di universe utama dari Marvel. Meskipun begitu, perusahaan ini menghadirkan pendekatan yang berbeda untuk Micronauts.

The Micronauts merupakan brand mainan yang dimiliki oleh perusahaan Mego yang mana mereka senang untuk melihat Marvel Comics menggunakan berbagai karakter mereka dalam cerita komik. The Micronauts sendiri diceritakan berasal dari sebuah dimensi berukuran kecil bernama Microverse. Yang menarik adalah terdapat beberapa hal atau properti dari Micronauts yang digunakan bahkan oleh MCU.

Contohnya adalah Microverse tersebut, yang mana di MCU sendiri diperkenalkan dengan nama yang lain yaitu Quantum Realm atau Dunia Quantum. Dimensi ini diperkenalkan dalam film Ant-Man. Karakter Micronauts sendiri sudah melakukan berbagai crossover dengan karakter Marvel lain seperti X-Men. Mereka juga sudah menghadirkan berbagai series dan spinoff. Pada 2023 kemarin, Marvel diketahui memperpanjang lisensi Micronauts yang dipegang oleh Hasbro.

3 G.I. Joe

G.I. Joe merupakan salah satu komik non superhero dari Marvel yang cukup populer dan merupakan salah satu judul komik yang diadaptasi dari mainan. Dalam sejarahnya, sebenarnya mainan G.I. Joe sudah banyak muncul di berbagai komik dan jenis komik mulai dari komik strip hingga yang populer. Contohnya adalah G.I. Joe pernah muncul di tahun 1941 dalam komik strip dari King Features.

Kemudian, komik bertema Perang Korea di tahun 1950, sampai kemunculan G.I. Joe dalam komik Showacase yang rilis di tahun 1964 dan 1965. Namun, Marvel Comics baru benar-benar mengadaptasi cerita G.I. Joe di tahun 1982 yang diadaptasi dari mainan produksi Hasbro dan hal ini pun menjadi sebuah gebrakan yang luar biasa di industri komik. Marvel Comics menghadirkan sentuhan baru bagi karakternya.

Sosok penulis Larry Hama diberikan tugas oleh Hasbro dan Marvel untuk menghadirkan kelompok tentara baru dengan berbagai kemampuan yang berbeda, nama panggilan berbeda, dan kepribadian berbeda. Selain dipersiapkan untuk kebutuhan cerita di komik, berbagai hal tersebut pun sengaja disiapkan untuk bisa menjadi lini mainan yang baru. Dan Hama pun berhasil memperkenalkan berbagai elemen baru dari ceritanya, termasuk kemunculan Cobra yang memberikan dampak besar bagi mainan, film, komik, dan cerita TV di era modern saat ini.

2 Transformers

Transformers bisa dibilang adalah contoh nyata bagaimana cerita komik yang diadaptasi dari mainan bisa sukses besar, baik dalam penjualan komik atau mainannya. Marvel Comics sempat mempublikasiskan komik Transformers yang berlangsung selama sembilan tahun, sebelum kemudian lisensi dari komik tersebut berpindah tangan ke perusahaan Dreamwave dan IDW Publishing.

Cerita komik yang dihadirkan mampu mengeksplor sisi lain atau cerita lain dari para robot tersebut. Banyak yang mungkin menganggap jika menghadirkan cerita komik tentang robot Transformers akan sulit. Namun, faktanya justru tidak demikian. Penulis komik Transformers di Marvel, Simor Furman, berhasil menghadirkan cerita yang epik dan luar biasa yang berujung pada peningkatan penjualan mainannya.

Beberapa karakter Marvel juga sudah pernah melakukan kolaborasi dengan para Transformers, namun setelah Marvel kehilangan lisensinya mereka pun mulai “menghancurkan” karakter tersebut dari universe mereka. Dreamwave dan IDW Publishing masih melanjutkan berbagai cerita epik dan seru dari para Transformers, contohnya dengan berkolaborasi dengan franchise lain.

1 Star Wars

Komik non superhero dari Marvel yang terakhir tidak lain adalah Star Wars. Series Star Wars sebelumnya terkenal karena universe mereka yang sangat luas. Dan luasnya universe dari Star Wars ini didukukung oleh berbagai cerita komik yang dihadirkah oleh berbagai perusahaan seperti Dark Horse Comics. Sebenarnya, Marvel Comics pernah mengerjakan komik Star Wars di era 70 dan 80an.

Namun, akuisisi yang Disney lakukan membuat perubahan besar bagi franchise tersebut. Semua alur cerita Star Wars, di luar film utama dan juga berbagai TV series, kemudian mengalami reboot. Hal itu pun membuat berbagai alur cerita komik yang dihadirkan juga baru, di mana IDW Pubishing dan Dark Horse Comics menghadirkan berbagai series terbaru untuk Star Wars.

Marvel Comics juga mendapatkan kesempatan untuk bermain-main dengan alur cerita baru Star Wars. Beberapa hal baru yang sempat Marvel hadirkan dalam franchise Star Wars di komiknya adalah mulai dari Doctor Aphra sampai High Republic. Marvel sudah menghadirkan beberapa kontribusi besar bagi brand tersebut.

Marvel Comics merupakan salah satu perusahaan penerbit yang besar. Sudah ada sejak era 1940an membuat Marvel tentunya lebih dikenal dengan berbagai judul komik superhero. Namun, nyatanya, terdapat beberapa judul komik non superhero yang pernah diterbitkan oleh Marvel.

Exit mobile version