Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Anime Populer yang Hanya Miliki Satu Season!

10 Anime Populer yang Hanya Miliki Satu Season!

Beberapa anime populer ini diketahui hanya miliki satu season saja yang mana tentunya membuat para fans penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Sebuah series anime tanpa adanya season kedua, terlepas dari banyaknya respon positif dan alur cerita yang menarik, sering menjadi salah satu hal yang paling para fans benci. Dalam satu tahun, ada kurang lebih 50 judul anime baru yang tayang namun dari jumlah tersebut hanya 1 sampai 2 persen saja yang kamudian mendapatkan sekuelnya. Berikut ini merupakan anime populer yang hanya miliki satu season saja.

10 Talentless Nana

Anime populer yang hanya miliki satu season saja yang pertama adalah Talentless Nana. Sama sekali tidak ada pengumuman mengenai musim kedua dari series animenya meskipun seriesnya selesai tayang pada Desember 2020. Hal ini tentunya menjadi sebuah misteri di kalangan fans. Memiliki judul asli Munou na Nana, manganya sendiri memiliki jumlah 11 volume.

Artinya, jika mereka mau sebenarnya Talentless Nana bisa menghadirkan sekuel dari seriesnya karena materi ceritanya sendiri bisa dibilang sangat cukup. Talentless Nana bersetting di sebuah dunia fantasi di mana Nana dan Kyouya pindah ke sebuah sekolah baru. Namun, berbagai kejadian aneh dan misterius kemudian terjadi di tempat mereka berdua bersekolah.

Banyak murid yang kemudian tiba-tiba menghilang dari sekolah itu. Nana sendiri diperlihatkan memiliki ketertarikan kepada seorang murid bernama Nanao. Dia merupakan murid yang tidak memiliki kekuatan apapun. Nana sendiri berusaha untuk menyelamatkannya dari tindakan perundungan. Yang menarik adalah seiring berjalannya cerita nampak bagaimana Nana mulai bertindak aneh.

9 Claymore

Claymore merupakan sebuah series fantasi kelam yang hanya memiliki satu season lainnya, di mana seriesnya selesai pada September 2007. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana para pejuang, yang disebut sebagai Claymores, harus bertarung dengan seluruh kemampuan dan kekuatan mereka menghadapi monster yang sangat kuat dan mengerikan bernama Yoma.

Claymore memperlihatkan bagaimana dunia sudah berubah menjadi tempat yang mengerikan. Para Claymore yang merupakan setengah manusia setengah Yoma, berusaha untuk memanfaatkan kekuatan mereka demi melindungi umat manusia dari berbagai ancaman monster Yoma yang tidak pernah berhenti. Para Claymore bertarung dengan berbagai senjata yang unik. Mereka juga terlibat dalam momen pertarungan yang intens dan tentunya sangat brutal.

Masih belum diketahui apa yang membuat Claymore tidak memiliki musim kedua, namun para fans banyak berspekulasi jika hal ini ada kaitannya dengan sumbernya, yaitu manga, yang sudah hiatus sejak lama. Manganya sendiri memutuskan untuk selesai pada Oktober 2014 kemarin dengan 159 chapter. Namun, rasanya 159 chapter cukup untuk menghadirkan satu musim lagi untuk chapternya.

8 My Little Monster

Sebuah series bergenre komedi romantis yang berakhir pada Desember 2012. Series ini merupakan salah satu anime yang populer pada saat itu. Musim perdana series My Little Monster sendiri diketahui mengadaptassi 20 chapter dari manganya. Padahal, total dari chapter dari keseluruhan manganya ada 55 chapter yang tentunya hal tersebut cukup untuk menjadi bahan untuk sekuel.

Ceritanya sendiri berfokus spada sosok karakter Shizuku, seorang gadis yang merupakan kutu buku. Meskipun begitu, dia mencoba untuk menjadi seorang model sekolah sama seperti ibunya dahulu. Suatu hari, dia mendapatkan tugas untuk mengantarkan catatan kepada teman sekelasnya yang dihukum oleh pihak sekolah, yang merupakan berandalan di sekolahnya, Haru.

Ketika mereka bertemu, Haru merasa jika Shizuku akan menjadi teman baiknya. Hal tersebut karena mereka memiliki banyak kesamaan yang membuat mereka cocok. Namun, layaknya sebuah cerita drama romansa, awalnya mereka hanya menghabiskan waktu bersama-sama. Tetapi, seiring berjalannya waktu mereka bersama justru perasaan lain tumbuh diantara mereka.

7 The God Of High School

Salah satu adaptasi anime dari adaptasi Manhwa yang banyak dinantikan oleh para fans pada saat itu. The God Of High School merupakan sebuah series anime bergenre aksi supranatural yang berakhir pada September 2020. Ini jadi anime populer lainnya yang hanya memiliki satu season aja. Padahal, jumlah chapter dari sumber aslinya sendiri mencapai 569 chapter.

Ceritanya sendiri berkisah tentang sosok Jin Mori, seorang ahli bela diri taekwondo yang berpartisipasi dalam turnamen untuk menemukan lawan terkuat. Dengan pertarungan yang dinamis dan plot yang penuh kejutan, series manhwa ini menghadirkan alur cerita menarik dan aksi yang bisa menghipnotis para fansnya. Selain Jim Mori, beberapa karakter lainnya adalah Han Daewi, dana Yu Mi-Ra.

Mereka bertiga kemudian berparitisipasi dalam sebuah kompetisi yang berjudul ‘The God of High Schoo.’ Tujuan diadakannya turnamen tersebut tidak lain adalah mencari siapa yang terkuat diantara para murid SMA tersebut. Selain aksi yang intens, God of High School juga mengeksplor tema seperti persahabatan, kekuatan, dan pengorbanan.

6 Hyouka

Hyouka merupakan series anime yang berkisah tentang Houtarou Oreki, seorang siswa SMA yang bergabung dengan klub sastra untuk menghindari aktivitas ekstrakurikuler yang melelahkan. Namun, kemunculan sisiwi lainnya yaitu Eru Chitanda, yang merupakan seorang gadis yang penuh rasa ingin tahu, memmbuat Houtarou mulai terlibat dalam berbagai misteri yang terjadi di sekolah mereka.

Salah satu hal yang menarik dari Hyouka adalah setiap episodenya menghadirkan kasus atau misteri yang harus dipecahkan oleh klub sastra, memperlihatkan kemampuan deduktif Houtarou dan interaksi antara anggota klub. Meski terkesan santai, setiap misteri mengungkapkan aspek-aspek kehidupan sekolah dan dinamika sosial yang menarik. Inilah yang jadi salah satu daya tarik dari seriesnya.

Anime Hyouka sendiri berakhir pada September 2012, yang mana seriesnya merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Para fans sendiri masih menantikan musim kedua dari series anime ini, meskipun banyak fans yang berspekulasi jika kemungkinan hal itu akan sulit diwujudkan. Karena, adaptasi dari novel berbeda dengan light novel, di mana adaptasi dari novel sangat sulit karena tidak ada gambar.

5 Blue Spring Ride

Tidak banyak series anime romantis yang banyak mendapatkan ulasan positif apalagi menjadi favorit para fans. Blue Spring Ride adalah salah satu contoh dari hal tersebut. Animenya sendiri selesai pada September 2014 dan belum ada pengumuman untuk musim kedua hingga saat ini. Namun, sempat ada adaptasi OVA untuk seriesnya yang mana tidak mencakup seluruh ceritanya hingga selesai.

Manga Blue Spring Ride sendiri menyelesaikan serialisasinya dengan 53 chapter. Meskipun sedikit, namun rasanya untuk menjadi sumber adaptasi season 2 seriesnya masih cukup meskipun mungkin akan ada penambahan atau penyesuaian cerita. Blue Spring Ride berfokus pada dua sosok karakter, Kou dan Futaba. Mereka merupakan teman masa kecil yang bertemu kembali di SMA.

Kou dan Futaba sendiri sebenarnya memiliki hubungan yang unik. Kou merupakan kutukan pertama dari Futaba, di mana dia sekarang berusaha untuk menjalin sebuah hubungan. Namun, ketika mereka terpisah, Kou justru juga sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Para fans sendiri penasaran dengan alur cerita cinta pertama dari Futaba.

4 No Game No Life

No Game No Life adalah series  anime yang berfokus pada kehidupan sepasang saudara, Sora dan Shiro, yang dikenal sebagai ‘Blank’ dalam dunia game online. Keduanya adalah pemain game yang jenius dan tidak terkalahkan. Namun, mereka merasa bosan dengan dunia nyata yang dianggap kacau dan tidak adil. Suatu hari, mereka menerima tantangan misterius dan tiba-tiba ditarik ke sebuah dunia Isekai.

Dunia Isekai tersebut kemudian dikenal dengaan nama Disboard. Dalam dunia utopia tersebut semua konflik atau permasalahan dipecahkan melalui berbagai permainan. Sora dan Shiro bertekad untuk mengalahkan sosok Dewa Game yang berkuasa di Disboard dan menjadi penguasa baru di sana. No Game No Life awalnya adalah sebuah seri light novel yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yuu Kamiya.

Kesuksesan light novel tersebut akhirnya membuat No Game No Life diadaptasi ke dalam anime. Series animenya selesai tayang ada 2014 dan belum ada pengumuman musim kedua. Hal ini kemungkinan besar karena light novelnya sendiri tidak memiliki sumber cerita yang cukup untuk diadaptasi menjadi season 2.

3 Nichijou

Dianggap sebagai salah satu series komedi terbaik oleh para fans. Nichijou merpakan series anime yang selesai tayang pada Septer 2011. Anime ini tidak mengadaptasi keseluruhan alur cerita manganya dan sering menghadirkan cerita yang baru. Sehingga,  banyak cerita yang dianggap hilang diantara berbagai chapter tersebut. Meskipun begitu, sampai sekarang tidak ada pengumuman untuk musim keduanya.

Nichijou bisa dibilang merupakan sebuah series episode yang mirip seperti Osomatsu-San atau Doraemon dan sejenisnya, di mana tidak ada episode tertentu yang saling berkaitan. Alur ceritanya sendiri berfokus pada kehidupan sehari-hari dari beberapa karakter, di mana setiap hari mereka selalu menghadapi atau bertemu dengan berbagai hal yang baru di sekitarnya. Inilah yang kemudian menjadi judul seriesnya, di mana ‘Nichijou’ berarti ‘Setiap Hari.’

2 Kaichou Wa Maid-Sama

Kaichou Wa Maid-Sama merupakan sebuah series anime bergenre komedi romantis yang hanya memiliki satu season di mana seriesnya selesai pada 2010. Series ini cukup mendapatkan banyak tanggapan positif dari para fans, di mana bahkan banyak fans yang menganggap jika ini merupakan series anime komedi romantis yang pernah ada. Manganya sendiri sebenarnya memiliki 98 chapter.

Tidak diketahui berapa banyak chapter yang diadaptasi oleh musim perdana seriesnya. Yang jelas 98 chapter dianggap cukup untuk menghadirkan season 2 bahkan season 3. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Misaki, seorang murid yang berprestasi dari sekolahnya yang juga merupakan ketua dari OSIS (council president). Semua orang takut kepada Misaki.

Namun, suatu hari, Usui yang merupakan pria paling tampan di sekolahnya mengetahui sebuah “rahasia” besar dari sosok Misaki. Dia ternyata bekerja di sebuah maid cafe demi menolong ibunya yang merupakan orang tua tunggal membesarkan adiknya. Misaki pun tidak ingin Usui membocorkan hal ini di sekolahnya yang mana hal itu membuat mereka justru saling jatuh cinta satu sama lain.

1 High School Of The Dead

Anime populer yang hanya miliki satu season lainnya tidak lain yaitu High School of the Dead. Sebuah series anime aksi horor yang banyak mendapatkan pujian, terlepas dari banyaknya juga kritik jika seriesnya hanya mengandalkan fan service demi meraih popularitas. High School of the Dead sendiri bercerita tentang sekelompok anak SMA yang mencoba bertahan hidup dari serangan zombie di sekolahnya.

Namun, ketika mereka berhasil keluar dari sekolahnya mereka menyadari jika wabah zombie tersebut sudah menyerang wilayah Jepang. Selain harus berhadapan dengan zombie, mereka pun harus bertahan dari masyarakat yang sudah mulai “gila” dengan situasi dan keadaan yang terjadi. Sebenarnya, baik versi manga atau pun animenya cukup mendapatkan tanggapan yang baik.

Sayangnya, alur ceritanya sendiri tidak bisa dilanjutkan karena kreator seriesnya, Daisuke Satou, meninggal dunia pada 2017 silam. Sejauh ini tidak ada kreator lain yang meneruskan ceritanya atau membuat materi baru untuk anime atau manganya. Sehingga, seriesnya sendiri tidak pernah berlanjut ke season dua padahal banyak fans yang berharap jika itu bisa terwujud.

Adaptasi sebuah series anime dari manga menjadi salah satu hal yang sudah biasa terjadi ketika ada series yang populer atau sedang hits pada masa itu. Meskipun begitu, pada kenyataanya hal tersebut tidak menjamin juga seriesnya akan berlanjut ke season 2. Padahal, banyak fans yang menantikan kelanjutan alur cerita dari seriesnya.

Exit mobile version