Home MOVIE MOVIE FEATURES 9 Film Aksi Intens yang Dibintangi Aktor Tua!

9 Film Aksi Intens yang Dibintangi Aktor Tua!

Mayoritas film aksi Hollywood biasanya dibintangi oleh berbagai aktor kenamaaan yang usianya masih muda, namun beberapa justru dibintangi oleh aktor tua. Seperti yang Geeks ketahui, dalam berbagai film aksi blockbuster Hollywood biasanya protagonis atau bintang utama dari cast film tersebut merupakan nama-nama yang masih muda. The Hunger Games, Tenet, Mad Max, Spider-Man dan masih banyak lainnya adalah contoh dari hal tersebut. Namun, ada beberapa film aksi yang justru dibintangi oleh aktor tua. Apa saja?

9 Mission: Impossible – Fallout

Film aksi yang dibintangi oleh aktor tua yang pertama adalah Mission: Impossible – Fallout. Franchise Mission: Impossible merupakan salah satu franchise film aksi pertama di Hollywood yang bertahan selama lebih dari dua dekade. Rilis pertama kali pada 1996, Mission: Impossible menghadirkan sesuatu yang baru bagi film kasi mata-mata. Tom Cruise adalah bintang utama dari franchise tersebut.

Seperti yang Geeks ketahui, Tom Crusie merupakan salah satu aktor yang paling sukses di dunia dan Mission: Imposible menjadi salah satu batu loncatan terbesarnya. Berkat kesukesan film ini karir dari Cruise semakin meningkat. Saat Tom Cruise shooting film Mission: Impossible di tahun 1997, usianya sendiri masih berada di 40an tahun yang merupakan usia yang ideal bagi aktor.

Namun, hal berbeda ketika Tom Cruise melakukan proses shooting untuk film Mission: Impossible – Fallout yang rilis pada 2018 kemarin. Usia Tom Cruise saat itu kemungkinan berada di angka 55-57 tahun, yang jadi salah satu aktor tertua di Hollywood. Dan ketika kemudian Tom Cruise melakukan shooting untuk film Dead Reckoning Part One, usianya sudah menyentuh 60an tahun. Bahkan, dengan proyek film bagian kedua dari Dead Reckoning artinnya film tersebut akan jadi bagian dari daftar ini.

8 Top Gun: Maverick

Masih dari sosok Tom Cruise, film aksi yang dibintangi oleh aktor tua selanjutnya adalah Top Gun: Maverick. Pertama kali dirilis pada 1986 silam, film Top Gun yang dibintangi oleh Tom cruise yang berperan sebagai Pete “Maverick” Mitchell yang merupakan seorang pilot angkatan laut muda yang gemar untuk mencari tantangan. Top Gun merupakan salah satu film aksi klasik yang masih populer hingga sekarang.

Bukti kesuksesan dari film Top Gun adalah mereka berhasil meraih pemasukan sebesar 353 juta Dollar Amerika dari seluruh dunia. Selain sukses dalam hal pemasukan, popularitas yang diraih oleh Tom Cruise dan juga filmnya benar-benar sangat luar biasa. Pada pertengahan 2019 kemarin muncul kabar bahwa film sekuel Top Gun akan dibuat dan dijadwalkan tayang pada 2020 mendatang.

Namun, akibat pandemi global akhirnya film tersebut mengalami penundaan jadwal tayang hingga 2023 kemarin. Ketika proses shooting dilakukan, Top Gun: Maverick menghadirkan sosok Tom Cruise yaang sudah berusia di akhir 50an tahun. Meskipun begitu, nampak dari filmnya wajah dari Tom Cruise tidak memperlihatkan usianya yang sudah menyentuh akhir 50an. Dan aksi dari Tom Cruise juga masih luar biasa.

7 John Wick 2

Rilis perdana pada tahun 2014 silam, John Wick adalah franchise film aksi yang sukses besar sejauh ini dan terbukti sudah merilis berbagai sekuel. John Wick sendiri mengisahkan seorang mantan pembunuh bayaran bernama John Wick, yang mana dia kembali harus beraksi setelah pensiun. John terpaksa harus kembali ke dunia hitam tersebut demi membalas kematian anjingnya dan juga orang yang sudah mencuri mobilnya.

Karakter John Wick sendiri diperankan oleh Keanu Reeves, yang sebelumnya sukses untuk memerankan karakter Neo dalam film The Matrix. Sebenarnya, saat perilisan film dari John Wick di tahun 2014 usia dari Keanu Reeves sendiri sudah mencapai angka 50 tahun. Namun, ketika kemudian mereka menghadirkan film sekuelnya, seperti John Wick 2, saat itu usia dari Reeves 53 tahun.

Ketika kemudian John Wick 3: Parabellum rilis, usia dari Keanu Reeves berada di angka 59 tahun. Terakhir, Keanu Reeves kembali muncul di film John Wick: Chapter 4 yang rilis pada 2023 kemarin di mana usianya menginjak angka 59 tahun. Dengan rencana pembuatan film John Wick 5, masih belum diketahui apakah Reeves akan kembali muncul. Jika kemudian dia memang akan muncul, maka usianya sudah menginjak angka di atas 60 tahun.

6 The Expendables

Franchise The Expendables merupakan salah satu franchise paling sukses dan populer di jagat layar lebar Hollywood. Berisikan para aktor laga kawakan dan juga populer tidak mengherankan memang jika film-film Expendables selalu berhasil meraih kesuksesan. Franchise The Expendables sendiri dimulai pada 2010 lalu dan sejauh ini sudah ada empat film yang menjadi bagian dari franchisenya

The Expendables merupakan film aksi yang menghadirkan banyak momen epik, ledakan, adrenalin, dan hal lainnya tanpa henti. Bukan tanpa sebab jika The Expendables masuk daftar ini, karena seperti yang Geeks ketahui film tersebut dibintangi oleh mayoritas para aktor film aksi yang berasal dari era 1980an bahkan 1970an. Beberapa contoh dari hal ini jelas adalah Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, dan bahkan Dolph Lundgreen.

Mayoritas para karakter utama tersebut bisa dibiang usianya sudah menyentuh 50an tahun bahkan lebih. Bruce Willis sendiri berusia 55 tahun pada saat itu, Arnold berusia 63 tahun, Dolph Lundgreen 52 tahun, dan Mickey Rourke berusia 57 tahun. Karisma dari para aktor film aksi tersebut bisa dibilang sangat luar biasa meskipun dikumpulkan di satu film yang sama dan usia mereka tidak lagi muda.

5 Rambo

Berbicara mengenai Sylvester Stallone, tentunya tidak lepas dari film epik yang menjadi ciri khas dari karakternya yaitu Rambo. Sebelum perilisan film sekuel dari Rambo, Sylvester Stallone sebenarnya sempat menghadirkan pengumuman bahwa dia akan memutuskan untuk pensiun dari dunia akting. Hal itu akan dia lakukan setelah perilisan film Rocky Balboa pada 2006 lalu.

Namun, kejutan kemudian muncul ketika Sly kemudian mengumumkan proyek film sekuel dari First Blood yaitu Rambo pada 2008. Film Rambo sendiri menghadirkan sosok John Rambo, seorang veteran perang Vietnam yang mendapatkan misi untuk menyelamatkan para misionaris yang ditangkap oleh para milisi di Burma. Elemen First Blood di film Rambo benar-benar sangat terasa.

Namun, Sylvester Stallone benar-benar tidak ragu untuk menghadirkan berbagai adegan brutal yang levelnya jauh di atas film-film sebelumnya. Usia Sly sendiri saat ini 77 tahun, yang artinya ketika dia memproduksi film Rambo usianya adalah 62 tahun dan ketika dia memproduksi film Rambo: Last Blood pada 2019 usianya ada di angka 72 tahun, yang menjadikan dia sebagai salah satu aktor film aksi tertua saat ini dan juga dalam daftar ini.

4 Taken

Siapa yang tidak kenal dengan aksi dari Liam Neeson sebagai Bryan Mills dalam film Taken yang rilis pada 2008. Film aksi epik ini memperlihatkan bagaimana Bryan Mills, yang merupakan mantan agen pemerintah, mencoba untuk menyelamatkan putrinya yang diculik oleh kelompok penculik Eropa Timur. Aksi dari Bryan Mills menjadi salah satu yang ikonik di industri film di mana dia mengancam penelpon yang menculik putrinya.

Ketika Taken pertama kali tayang pada 2008, Liam Neeson berusia 56 tahun. Dan yang menarik sebenarnya adalah sebelum Liam Neeson mengambil peran sebagai Bryan Mills di film Taken, dia justru lebih banyak berperan dalam film Drama. Taken sendiri bisa dibilang menghairkan formula cerita yang menarik dan baru pada saat itu, yang mana membuat filmnya sukses besar.

Liam kemudian kembali berperan sebagai Bryan Mills dalam dua film sekuelnya, Taken 2 dan Taken 3. Sayangnya, kepopuleran dan kesuksesan dua film tersebut tidak bisa menyamai kesuksesan dari fiflm pertama. Dan saat ini, sosok Liam Neeson sendiri mulai jarang muncul di berbagai film Hollywood.

3 RED

Red adalah sebuah film aksi komedi yang menghadirkan sederet bintang Hollywood besar dan populer seperti Bruce Willis, Morgan Freeman, John Malkovich, dan Helen Mirren. Alur cerita filmnya sendiri berfokus pada pada salah satu protagonis utama dalam filmnya, Frank Moses, yang merupakan seorang mantan agen CIA. Moses merasakan kehidupan yang membosankan setelah dia pensiun.

Namun, kehidupan dari Frank Moses mulai terganggu ketika dia menjadi target untuk dari para agen CIA yang misterius. Frank memutuskan untuk bertahan hidup dan melindungi dirinya sendiri, serta mencari tahu mengapa dia menjadi incara mereka. Untuk melakukan hal tersebut, Frank kemudian meminta bantuan dari rekan-rekannya yang dahulu sempat bekerja sama dengannya.

Karakter dari rekan-rekan Frank Moses tersebut adalah Joe, Marvin, dan Victoria. Selain Bruce Willis yang sudah berusia 55 tahun pada saat itu, para bintang utama di film ini juga memang sudah tidak lagi muda. Helen Mirren saat itu usianya 65 tahun, John Malkovich usianya adalah 57 tahun, dan Morgan Freeman usianya adalah 73 tahun.

2 The Equalizer

Selain Taken, film aksi yang juga tidak duduga akan sukses besar adalah The Equalizer. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washington yang berperan sebagai Robert McCall, di mana dia merupakan sosok misterius yang diduga adalah mantan agen khusus pemerintah Amaerika. Dalam ceritanya, Robert McCall sering membantu orang-orang yang tidak mampu melawan pihak yang kuat.

The Equalizer juga dianggap sebagai film yang mirip dengan John Wick, karena memiliki nuansa, atmosfer, dan formula cerita yang mirip. Belum lagi, karakter utamanya, Robert McCall, dianggap mirip dengan John Wick yang memiliki kemampuan bertarung luar biasa dan keinginan kuat untuk memberikan keadilan. Kesuksesan film pertamanya menjadi jalan bagi dua film sekuel lainnya.

Dalam perilisan film The Equalizer pada 2014 usia dari Denzel Washington saat itu ada di angka 58 tahun. Sedangkan, ketika film sekuelnya rilis, yatu The Equalizer 2, pada 2018 diketahui jika usia dari Denzel berada di angka 62 tahun. Terakhir, The Equalizer 3 rilis pada 2023 kemarin yang mana membuat usia dari Denzel berada di angka 67 tahun. Meskipun usianya menyentuh 60 tahun hal itu tidak menghentikannya untuk menghadirkan berbagai aksi epik.

1 Indiana Jones And The Kingdom Of Crystal Skull

Film aksi yang dibintangi oleh aktor tua terakhir adalah Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Film ini dirilis pada 2008 lalu dan kembali menghadirkan aktor yang memerankan Indiana Jones, yaitu Harrison Ford. Dia kembali bertemu dengan sosok yang sebelumnya sempat muncul di film lain yaitu Marion Ravenwod. Mereka berdua kemudian berpetualang menuju wilayah Peru.

Misi dari Indi di negara peru tersebtut adalah untuk melacak keberadaan dari sebuah tengkorak mistis sebelum keberadaanya diketahui dan diambil oleh pihak Uni Soviet. Selain alur cerita petualangan khas Indiana Jones, film keempat dari Indiana Jones ini juga menghadirkan kisah romansa yang semakin membuat filmnya populer dan sukses. Buktinya adalah film ini berhasil meraih pemasukan 790 juta Dollar Amerika dari seluruh dunia.

Ketika Harrison Ford berperan di film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, usianya saat itu sudah mencapai 65 tahun. Sedangkan, lawan mainnya, Karen Allen, berusia 56 tahun. Ford sempat kembali berperan sebagai Indiana Jones dalam film Indiana Jones and the Dial of Destiny pada 2023 kemarin, yang mana usianya sudah mencapai 80 tahun. Ini artinya Harrison Ford adalah aktor film aksi yang paling tua dalam daftar ini dan bahkan di Hollywood.

Film aksi merupakan sebuah film yang menghadirkan banyak adegan berbahaya, momen kejar-kejaran, dan hal menegangkan lainnya. Inilah alasannya mengapa bintang film aksi biasanya berusia 20-40 tahun. Namun, para aktor di atas membuktikan jika usia mereka bukan halangan untuk jadi bintang film aksi.

Exit mobile version