Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Film Superhero yang Menangkan Oscar!

8 Film Superhero yang Menangkan Oscar!

Saat ini, banyak sekali film superhero yang bertebaran, tetapi yang paling mendominasi tentu saja adalah film Marvel dan DC. Saking banyaknya, dalam satu tahun saja kita bisa melihat lebih dari 3 film superhero, meski sekarang jumlahnya cenderung menurun. Film superhero sendiri sering mendapatkan stigma, dan dianggap semakin buruk dari tahun ke tahun. Menariknya di tengah stigma tersebut, ada beberapa film superhero yang justru mendapatkan Oscar. Apa saja film superhero yang berhasil dapat Oscar? Simak berikut ini!

8 Spider-Man 2

Spider-Man 2 adalah sekuel dari film Spider-Man yang dirilis pada tahun 2002. Film ini diproduksi oleh Columbia Pictures dan Marvel Entertainment. Disutradarai oleh Sam Raimi, yang juga menyutradarai film pertamanya, Spider-Man 2 menceritakan tentang perjalanan Peter Parker (Tobey Maguire) saat dia berusaha mengimbangi kehidupan pribadinya dengan tanggung jawabnya sebagai Spider-Man.

Meskipun dia telah berhasil menyelamatkan kota New York beberapa kali, Peter merasa tertekan dengan berbagai masalah dalam kehidupannya, termasuk masalah keuangan, hubungan dengan Mary Jane Watson (Kirsten Dunst), dan perasaan bersalah atas kematian pamannya. Sementara itu, Dr. Otto Octavius (Alfred Molina), seorang ilmuwan yang brilian, sedang dalam proses membuat reaktor fusi nuklir yang dapat menghasilkan energi tak terbatas.

Namun, kecelakaan laboratorium mengubahnya menjadi penjahat super yang dikenal sebagai Doc Ock. Bersenjata dengan tentakel mekanik yang dikendalikan pikiran, Doc Ock menjadi ancaman bagi kota New York. Film ini mendapat sambutan positif dan memenangkan Oscar kategori Best Achievement in Visual Effects. Film ini juga masuk nominasi Oscar dalam kategori lainnya seperti Best Achievement in Sound Mixing, dan Sound Editing.

7 Suicide Squad

Film ini disutradarai oleh David Ayer, dan membintangi beberapa bintang seperti Will Smith sebagai Deadshot, Margot Robbie sebagai Harley Quinn, Jared Leto sebagai Joker, Viola Davis sebagai Amanda Waller, dan Joel Kinnaman sebagai Rick Flag. Menariknya, meski Suicide Squad mendapatkan ulasan yang buruk, baik dari kritikus maupun penonton umum, film ini mampu meraih Oscar secara mengejutkan.

Film superhero inipun memenangkan Oscar untuk kategori Best Achievement Makeup and Hairstyling. Filmnya menceritakan tentang pemerintah Amerika Serikat yang memutuskan untuk membentuk sebuah tim rahasia yang terdiri dari para penjahat super. Tim ini dikenal sebagai “Task Force X” atau lebih dikenal sebagai “Suicide Squad”.

Dipimpin oleh agen intelijen Amanda Waller (Viola Davis), Suicide Squad terdiri dari sejumlah penjahat terkenal, termasuk Deadshot (Will Smith), Harley Quinn (Margot Robbie), Captain Boomerang (Jai Courtney), El Diablo (Jay Hernandez), Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje), dan Enchantress (Cara Delevingne). Mereka diberi tugas untuk menjalankan misi-misi yang sangat berisiko dan berbahaya, dengan imbalan pemotongan hukuman mereka jika mereka berhasil atau dihadapkan pada kematian jika mereka gagal.

6 Batman (1989)

Film ini disutradarai oleh Tim Burton dan menghadirkan Michael Keaton sebagai pemeran Bruce Wayne/Batman, sementara Jack Nicholson memerankan Joker. Batman (1989) menjadi salah satu film terlaris tahun itu dan mendapat sambutan positif dari kritikus serta penggemar. Film superhero ini pun mendapatkan penghargaan Oscar kategori Best Art Direction-Set Decoration.

Batman (1989) mengisahkan tentang kembalinya kejahatan di Gotham City, yang dipimpin oleh Joker, seorang penjahat psikopat yang terobsesi dengan kekacauan. Di sisi lain, Bruce Wayne, seorang milyuner yang dihantui oleh trauma masa kecilnya saat menyaksikan pembunuhan orangtuanya, berubah menjadi vigilante yang dikenal sebagai Batman. Saat Joker mengancam kota dengan rencananya yang jahat, Batman berusaha menghentikannya.

Di tengah perjalanan, Batman bertemu dengan wartawan cantik, Vicki Vale, yang terlibat dalam pencarian kebenaran di balik sosok Batman dan identitasnya sebagai Bruce Wayne. Film ini menampilkan aksi yang spektakuler dan menghadirkan para pemeran-pemeran besar.

5 The Dark Knight

Film Batman lainnya dalam daftar ini adalah The Dark Knight. The Dark Knight melanjutkan kisah Bruce Wayne (Christian Bale) dalam perannya sebagai Batman di Gotham City. Kali ini, Batman harus menghadapi ancaman baru yang muncul dalam bentuk Joker (Heath Ledger), seorang penjahat psikopat yang ingin menciptakan kekacauan dan kebingungan di kota.

Dalam usahanya untuk menghadapi Joker, Batman bermitra dengan Letnan James Gordon (Gary Oldman) dan Jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart), yang sedang berjuang memerangi kejahatan di kota. Namun, ketika Joker semakin mengintensifkan serangannya, Harvey Dent terperangkap dalam tragedi yang mengubahnya menjadi Two-Face, seorang penjahat yang kejam. Dalam pertarungan moral dan fisik yang epik, Batman harus berhadapan dengan pilihan-pilihan sulit dan mengungkapkan batas-batas moralnya sendiri dalam upaya untuk menyelamatkan Gotham dari kekacauan.

Film superhero ini meraih dua penghargaan Oscar, untuk kategori Best Supporting Actor dan Best Achievement Sound Editing. Selain itu, filmnya pun masuk beberapa nominasi Oscar seperti Best Visuak Effects, Best Makeup, Best Art Direction, Best Film Editing, dan banyak lagi.

4 Black Panther

Film ini disutradarai oleh Ryan Coogler, dan dibintangi oleh Chadwick Boseman yang memerankan T’Challa/Black Panther, sementara Michael B. Jordan memerankan Erik Killmonger. Juga ada Lupita Nyong’o sebagai Nakia, Danai Gurira sebagai Okoye, Letitia Wright sebagai Shuri, Daniel Kaluuya sebagai W’Kabi, dan Winston Duke sebagai M’Baku. Black Panther meraih banyak pujian kritis dan sukses secara komersial.

Film superhero ini meraih tujuh nominasi Academy Awards, dan memenangkan tiga Oscar untuk kategori Best Music, Best Motion Picture, dan Best Costume Design. Black Panther mengisahkan tentang T’Challa, yang setelah kematian ayahnya, T’Chaka, menjadi raja baru dari Wakanda, sebuah kerajaan fiktif yang terletak di Afrika. Wakanda adalah tempat yang sangat maju secara teknologi, berkat Vibranium yang unik dan memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Namun, kedamaian Wakanda terancam ketika musuh lama keluarga, Erik Killmonger, muncul dengan tujuan menggulingkan T’Challa dan mengambil alih takhta. Dengan bantuan agen rahasia Nakia, jenderal militer Okoye, dan adiknya yang jenius, Shuri, T’Challa harus melawan Killmonger dan menyelamatkan Wakanda dari kehancuran.

3 Joker

Film ini mengisahkan tentang asal-usul dan transformasi Arthur Fleck menjadi penjahat yang ikonik, Joker. Arthur adalah seorang komedian gagal yang hidup dalam kemiskinan dan diabaikan oleh masyarakat Gotham City. Dia juga menderita gangguan mental, yang membuatnya semakin terisolasi dan terpinggirkan. Ketika kota Gotham semakin terperangkap dalam ketegangan sosial dan politik, Arthur, yang sedang berjuang dengan kecemasan dan depresi, mencoba mencari makna dalam hidupnya.

Namun serangkaian kejadian tragis dan penolakan yang terus-menerus memicu perubahan dalam dirinya. Arthur, yang semakin terpuruk dalam kegelapan batinnya, mulai mengadopsi identitas Joker, mengubah dirinya menjadi sosok yang terobsesi dengan kekacauan dan menghadapi masyarakat dengan cara yang brutal dan tidak terduga. Film ini disutradarai oleh Todd Phillips.

Selain itu, filmnya juga menghadirkan beberapa bintang seperti Joaquin Phoenix memerankan karakter utama, Arthur Fleck/Joker. Selain itu, ada juga Robert De Niro, Zazie Beetz, Frances Conroy, dan Brett Cullen. Film superhero Joker menerima banyak pujian kritis dan mendapat banyak penghargaan, termasuk tiga Oscar, diantaranya Joaquin Phoenix meraih penghargaan Best Actor untuk perannya sebagai Joker.

2 Black Panther: Wakanda Forever

Black Panther: Wakanda Forever menjadi sekuel dari film Black Panther sebelumnya yang rilis tahun 2018. Film ini menceritakan Wakanda yang berubah drastis setelah kematian T’Challa akibat sebuah penyakit misterius. Tanpa T’Challa, Wakanda menjadi sangat rapuh dan banyak penjahat yang mengincar tempat ini, salah satunya adalah bangsa Talocan yang dipimpin Namor.

Karena itulah kemudian lahir sosok Black Panther baru yang tak lain adalah Shuri, adik kandung dari T’Challa. Dengan kemampuan yang masih terbatas, Shuri pun harus mencegah Talocan dan Namor yang berniat menghancurkan Wakanda. Film ini kembali menghadirkan berbagai pemeran lama, seperti Letitia Wright sebagai Shuri dan Danai Gurira sebagai Okoye.

Filmnya pun masih disutradarai oleh Ryan Coogler, yang juga menyutradarai Black Panther (2018). Sama seperti film superhero pertamanya, Black Panther: Wakanda Forever juga mampu meraih Oscar, meski tidak sebanyak film pertama. Film ini mendapatkan Oscar kategori Best Costume Design.

1 Spider-Man: Into the Spider-Verse

Film ini disutradarai oleh Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman. Ketika dirilis di tahun 2018, film ini mendapatkan ulasan yang positif. Selain itu, filmnya juga Oscar untuk kategori Best Animated Film, mengalahkan film-film lainnya. Wajar saja karena film ini terkenal karena gaya animasinya yang inovatif dan visual yang menakjubkan, menggabungkan elemen-elemen dari komik dengan teknik animasi modern.

Spider-Man: Into the Spider-Verse mengikuti petualangan seorang remaja bernama Miles Morales, yang secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan laba-laba setelah digigit oleh laba-laba yang terpapar radiasi dalam sebuah laboratorium rahasia. Setelah kehilangan Peter Parker, Spider-Man dari realitasnya, Miles harus belajar mengendalikan kekuatan barunya dan menerima tanggung jawab sebagai pahlawan.

Namun, saat Miles mencoba memahami peran barunya sebagai Spider-Man, dia menemukan dirinya terjebak dalam konflik yang lebih besar ketika sejumlah Spider-Man dari realitas paralel datang bersama-sama ke dunianya sendiri. Bersama dengan Peter B. Parker, Gwen Stacy/Spider-Woman, Spider-Man Noir, Spider-Ham, dan Penyihir Spider, Miles belajar bekerja sama dengan tim yang tidak mungkin ini untuk menghentikan ancaman yang mengancam keberadaan semua realitas.

Itulah dia Geeks beberapa film superhero yang berhasil memenangkan Oscar. Film-film tersebut membuktikan bahwa film superhero mampu bersaing dengan genre-genre lainnya saat ini. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geesks?

Exit mobile version