Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Pengkhianat di Lord of the Rings!

7 Pengkhianat di Lord of the Rings!

Dunia Lord of the Rings yang diciptakan oleh J.R.R. Tolkien sangatlah luas dan mendalam. Dengan sejarah yang kaya, ras-ras yang berbeda, serta tempat-tempat yang penuh misteri, rasanya semua orang akan terpikat dengan cerita yang dihadirkan. Kita pun disuguhkan dengan intrik menarik di dalamnya. Nah menariknya di Lord of the Rings, ada juga beberapa karakter yang dianggap pengkhianat. Siapa saja karakter Lord of the Rings yang dianggap sebagai pengkhianat karena berbagai macam faktor? Simak berikut ini Geeks!

7 Saruman

Saruman adalah seorang Istari, atau penyihir, yang dikirim ke Middle-earth oleh Valar untuk membantu melawan kekuatan Sauron. Dia adalah salah satu dari lima Istari yang dikenal, yang lainnya adalah Gandalf, Radagast, dan dua yang lain yang kurang dikenal. Saruman sangat kuat dan berpengetahuan luas tentang ilmu sihir. Dia memiliki kemampuan untuk memanipulasi pikiran orang lain, membuat ilusi, dan menggunakan mantra untuk menciptakan efek magis.

Saruman juga dikenal sebagai “Wizard Putih”. Gelarnya menggambarkan pengetahuannya yang luas, kebijaksanaannya, dan statusnya sebagai pemimpin para Istari. Namun semuanya berubah setelah Saruman diketahui berkhianat. Dalam The Hobbit: An Unexpected Journey, Saruman dan Gandalf bersatu untuk menentang Sauron dan mencegah dia kembali.

Karena itulah Gandalf meminta nasihat dan bantuan Saruman. Tetapi diketahui setelahnya bahwa Saruman bergabung dengan pasukan Sauron. Padahal Gandalf sangat mempercayai dan menghormati Saruman. Setelah apa yang terjadi ini, Saruman dianggap sebagai pengkhianat paling keji di semesta Lord of the Rings, dan dia menjadi musuh baru yang kuat untuk dihadapi selain Sauron.

6 Isildur

Isildur adalah keturunan dari House of Elendil, keturunan bangsawan Númenor yang memiliki darah yang sangat mulia. Dia adalah anak dari Elendil, pemimpin Númenor, dan saudara dari Anárion. Bisa dibilang Isildur menjadi salah satu pahlawan terbesar di Pertempuran Terakhir di Zaman Ketiga. Dia memimpin pasukan gabungan dari Gondor dan Arnor melawan Sauron dan berhasil mengakhiri kekuasaan jahat Sauron untuk sementara waktu.

Sayangnya, Isildur dianggap pengkhianat di Lord of the Rings. Dalam sebuah kejadian, para pejuang di Middle-earth mampu mengalahkan Sauron ketika Isildur mampu memotong Ring dari tangannya. Elrond mendesak Isildur untuk melemparkan Ring itu ke dalam api Mount Doom dan mengakhirir teror dari Dark Lord selamanya. Namun, Isildur memilih untuk menyimpan Ring itu untuk dirinya sendiri. Setelah semua yang telah telah dilakukan orang-orang, apa yang dilakukan Isildur justru mengkhianati orang-orang.

Ia justru membiarkan potensi kembalinya Sauron. Isildur terbunuh dalam Tragedi Gladden Fields saat kembali ke Arnor dari Pertempuran Menentang Sauron. Dia diserang oleh Orcs di sungai Gladden Fields dan Cincin Kekuasaan yang dia pegang terjatuh ke dalam sungai dan hilang untuk waktu yang lama.

5 Boromir

Boromir adalah putra kedua dari Denethor II, Steward of Gondor, dan pewaris sah dari Kerajaan Gondor. Dia memiliki saudara laki-laki bernama Faramir. Boromir seorang pejuang yang gagah berani dan berjuang dengan berani dalam Pertempuran Pelennor Fields dan Pertahanan Osgiliath dalam upaya untuk mempertahankan Gondor dari kekuatan Sauron. Boromir juga salah satu anggota dari The Fellowship yang dipimpin oleh Gandalf.

Tujuan Fellowship adalah membawa Cincin Kekuasaan ke Gunung Doom untuk dihancurkan. Boromir mungkin menjadi salah satu karakter bernasib paling tragis di Lord of the Rings ketika ia menyerah kepada godaan Ring dan mencoba mengambilnya dari Frodo. Tindakan inilah yang menyebabkan The Fellowship terpecah dan menyebabkan serangkaian peristiwa yang menyebabkan Lurtz membunuh Boromir.

Di saat-saat terakhirnya, terlihat jelas Boromir menyesali perbuatannya, namun sudah terlambat. Tindakannya menyebabkan Frodo dan Sam terpecah dari The Fellowship. Padahal Boromir telah bersumpah setiap kepada The Fellowship dan dia mengabaikan janji itu pada saat yang genting.

4 Grima

Gríma Wormtongue pertama kali muncul dalam buku The Two Towers, yang merupakan bagian kedua dari trilogi The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Dibalik penampilannya tersebut, ternyata Grima adalah sosok berbahaya yang wajib diwaspadai. Sebagai double agent yang bekerja untuk Saruman, Grima Wormtoungue menyusup ke istana Rohan dan menjadi penasihat Raja Theoden yang paling terpecaya.

Tetapi dia menyalahgunakan posisinya tersebut dengan meracuni/memanipulasi pikiran Raja, mengendalikan Raja untuk mengambil keputusan yang salah. Dengan inilah Grima mampu untuk mengusir Eomer dari Rohan. Saruman telah berjanji untuk memberikan Grima, Eowyn, sebagai imbalan atas jasanya.

Setelah sang raja menjadi tua, lemah, dan ragu dalam mengambil keputusan, saat itulah Saruman muncul untuk menyerang dan menguasai Rohan. Bayangkan saja Geeks, karena itulah Grima bersedia menjual negaranya sendiri dan merugikan seluruh Rohan demi keuntungan egoisnya. Gríma Wormtongue akhirnya diusir dari Rohan oleh Gandalf setelah kematian Saruman. Dia meninggalkan Meduseld dengan pahit dan bersumpah balas dendam.

3 Denethor

Denethor adalah Steward Gondor kedua puluh enam dan pemimpin de facto dari Gondor selama Perang Cincin. Sebagai Steward, ia bertanggung jawab atas pemerintahan Gondor ketika tidak ada Raja yang memerintah. Denethor juga putra dari Ecthelion II, Steward Gondor sebelumnya. Dia memiliki dua istri: Finduilas, yang meninggal sebelum peristiwa The Lord of the Rings, dan seorang istri tak bernama yang meninggal setelah melahirkan Faramir.

Suatu ketika, Denethor memerintahkan Faramir dan anak buahnya untuk berperang, meski mereka kalah jumlah. Meskipun terluka parah, Faramir entah bagaimana selamat dari misi tersebut, namun Denethor mencoba membakarnya sampai mati. Di saat yang sama, Denethor juga berniat untuk mengakhiri hidupnya sendiri setelah frustasi. Beruntung karena pada akhirnya upanya tersebut berhasil digagalkan oleh Gandalf, tetapi akhirnya Denethor mati terbakar, sementara Faramir tidak.

Denethor memiliki hubungan yang rumit dengan kedua putranya. Dia lebih menyukai Boromir, yang dianggapnya sebagai pewaris yang lebih cocok untuk tahta Gondor, sementara dia sering menganggap Faramir sebagai kelemahan. Karena itulah dia dengan tega mengkhianati anaknya sendiri dan membiarkannya terbakar.

2 Sméagol

Pengkhianat Lord of the Rings berikutnya adalah Smeagol. Sméagol hidup di Sungai Anduin bersama keluarganya. Saat berburu ikan dengan teman-temannya, Sméagol menemukan Cincin di dasar sungai. Setelah menemukan Cincin, Sméagol merasa tergoda oleh kekuatan dan keinginan untuk memiliki Cincin itu sendiri. Karena kepribadiannya yang rapuh dan mudah tergoda, Sméagol perlahan-lahan berubah menjadi Gollum, sebuah makhluk yang menyendiri dan sangat terobsesi dengan Cincin.

Gollum dan Sméagol sebenarnya mewakili dua sisi kepribadian yang berbeda dalam satu tubuh. Sméagol adalah sisi yang lebih manusiawi dan memiliki keinginan untuk menyenangkan orang lain, sedangkan Gollum adalah sisi yang terobsesi dengan Cincin dan siap melakukan apapun untuk memilikinya, bahkan dengan cara berkhianat.

Ketika Deagol menemukan Cincin saat sedang memancing, Sméagol rela membunuhnya untuk mendapatkannya. Momen memilukan ini menjadi salah satu hal paling menyedihkan tentang Sméagol karena penonton Lord of Rings benar-benar dapat melihat momen di mana ia kehilangan rasa kemanusiaannya. Deagol adalah sepupu dan sahabat Sméagol, yang membuat pengkhianatan itu semakin menjengkelkan.

1 Frodo

Frodo Baggins adalah seorang Hobbit dari Shire, sebuah daerah yang damai dan subur di Middle-Earth. Dia adalah keponakan dari Bilbo Baggins, yang merupakan karakter utama dalam The Hobbit. Frodo secara tak terduga diangkat sebagai pemilik Cincin setelah Biblo mempercayakan padanya di Ultah Bilbo yang ke-111. Bilbo menemukan cincin tersebut dalam petualangannya di Lonely Mountain dalam The Hobbit.

Frodo adalah protagonis utama dalam The Lord of the Rings. Dia ditugaskan oleh Gandalf untuk membawa Cincin ke Gunung Doom di Mordor dan menghancurkannya di dalam lava, satu-satunya cara untuk mengalahkan Sauron. Setelah melakukan perjalanan epik dari Shire hingga Mordor, Frodo terlalu lelah untuk menaiki tangga terakhirnya menuju Mount Doom.

Kemudian, di salah satu momen Lord of the Rings terbaik, Sam membawa Frodo ke atas gunung. Namun begitu masuk, Frodo memilih untuk tidak menghancurkan Cincinnya. Bagaimanapun, mereka telah melalui dan mengorbankan banyak hal untuk sampai ke Mordor. Tetapi Frodo yang lebih memilih Cincin dianggap sebagai pengkhianatan memilukan yang bisa menghancurkan seluruh Middle-Earth. Frodo lemah dan dirusak oleh Cincin, namun tetap menyakitkan melihatnya membuat pilihan ini.

Itulah dia Geeks beberapa karakter Lord of the Rings yang dianggap sebagai pengkhianat. Beberapa dari mereka berkhianat karena pengaruh dari kekuatan Ring atau Cincin tersebut, yang dapat mengubah seseorang secara drastis. Tetapi ada juga beberapa karakter lainnya yang memang berniat jahat dari awal.

Exit mobile version