Home MOVIE MOVIE FEATURES 11 Franchise Film Terpanjang Dalam Sejarah!

11 Franchise Film Terpanjang Dalam Sejarah!

Sejak kemunculan industri film di dunia ada banyak franchise film yang muncul dan bertahan sampai sekarang menjadikannya franchise film terpanjang dalam sejarah. Ketika sebuah film sukses atau berhasil meraih keuntungan dan mendapatkan popularitas, tidak mengherankan jika pihak rumah produksi menginginkan film lainnya. Bahkan, tidak jarang mereka juga menghadirkan series bahkan spinoff. Hal itu membuat filmnya jadi sebuah franchise besar. Dan dalam sejarah film terdapat beberapa franchise yang dianggap terpanjang. Apa saja?

11 Terminator – 1984

Franchise film terpanjang dalam sejarah yang pertama adalah The Terminator. James Cameron sudah menjadi sosok sutradara yang sangat luar biasa bagi beberapa film klasik, luar biasa, dan legendaris. Contohnya adalah Titanic, Avatar, dan yang sangat fenomenal hingga sekarang juga adalah The Terminator. Ini merupakan salah satu film epik pertama kreasi dari sang sutradara, yang mana film ini juga menjadi alasan mengapa James Cameron kemudian jadi sutradara yang diperhitungkan di Hollywood.

Berperan sebagai penulis dan sutradara, The Terminator rilis pada 1984 dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. The Terminator juga nyatanya menjadi batu loncatan yang luar biasa bagi karir Arnold di industri film Hollywood. Dia terkenal karena perannya sebagai sang robot terminator dari masa depan yang dikirim kembali ke masa lalu untuk mencegah perang besar pada masa depan.

Sayangnya, franchise Terminator sendiri mengalami pernurunan kualitas yang mana banyak pihak menganggap jika franchise ini tidak bisa meneruskan tren positif dan hal dahsyat lainnya seperti di film pertama. Bahkan, saking frustasinya pihak studio untuk menghidupkan kembali franchise ini mereka sampai menghadirkan dua karakter lama, termasuk Arnold Schwarzenegger. Terminator: Dark Fate dianggap sebagai film terakhir dari franchise yang bertahan selama 35 tahun ini.

10 Predator – 1987

Seperti halnya The Terminator, Predator merupakan franchise terpanjang dalam sejarah yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Pasca kesuksesan The Terminator, Arnold kembali membintangi film yang berhasil membuat para penonton terkejut yaitu Predator. Rilis pada 1987, Predator bukan hanya menghadirkan aksi khas era 1980an. Film ini juga memperkenalkan monster mengerikan yang jadi salah satu karakter ikonik hingga sekarang.

Yang unik kemudian adalah meskipun karakter Arnold dan juga para aktor lainnya menghadirkan kualitas akting luar biasa, namun justru para Yautja alias para monster predator yang jadi karakter ikonik dari franchise film ini. Bahkan, kepopuleran dari predator alias Yautja membuat franchise ini sempat beberapa kali melakukan kolaborasi alias crosssover dengan franchise lainnya seperti Alien bahkan DC Comics.

Franchise Predator sendiri bertahan selama 35 tahun hingga sekarang dan mereka sepertinya masih belum akan berhenti. Sempat menghadirkan reboot di tahun 2018 yang bisa dibilang gagal total, namun di tahun 2022 mereka menghadirkan film Prey yang menjadi angin segar bagi franchise ini dengan berhasil mengantongi pemasukan yang besar. Bahkan, filmnya juga mendapatkan ulasan yang baik.

9 Indiana Jones – 1981

Franchise film terpanjang dalam sejarah yang lainnya adalah Indiana Jones. Siapa yang tidak kenal dengan karakter petualang yang diperankan oleh Harrison Ford ini. Karakater Indiana Jones sudah menjadi salah satu bagian dari budaya populer yang bertahan hingga sekarang dari era 1980an. Hal tersebut berkat kesuksesan besar film pertama mereka, Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark pada 1981.

Sejak saat itu, Steven Spielberg mulai sering menjalin kerja sama lainnya bersama George Lucas dan Harrison Ford. Kesuksesan film tersebut kemudian diteruskan oleh proyek film sekuelnya, Temple of Doom, dan The Last Crusade, yang masing-masing rilis pada 1984 dan 1989. Sayangnya, di tahun 2008 mereka menghadirkan sekuel lainnya, Kingdom of the Crystal Skull, yang kurang mendapatkan ulasan positif.

Meskipun film keempat dianggap buruk, dan bahkan sempat dianggap sebagai film terakhir di franchise ini, namun film kelima kemudian muncul pada 2022 kemarin yaitu Indiana Jones and the Dial of Destiny. Ini dianggap sebagai film terakhir dari franchise Indiana Jones, yang artinya total franchise ini sudah bertahan selama 42 tahun hingga 2023 kemarin.

8 Mad Max, The Muppets, Alien, Dan Star Trek – 1979

Franchise film terpanjang dalam sejarah yang selanjutnya adalah Mad Max. Diciptakan oleh George Miller, dunia yang ada dalam cerita Mad Max dan juga peradabannya diceritakan sudah hancur. Hal ini merubah bumi menjadi sebuah antah berantah dan manusia berubah menjadi sosok yang gila dan tidak terkendali. Mereka semua saling bertarung satu sama lain demi mendapatkan dominasi.

Selain itu, mereka juga bertarung satu sama lain demi bisa menguasai sumber daya yang tersisa yaitu air. Dibintangi oleh Mel Gibson, yang berperan sebagai Max Roackatansky, Mad Max menghadirkan tiga buah film dari 1979 sampai 1985. Setelah 30 tahun berlalu, Mad Max sempat kembali direboot pada 2015 dengan judul Fury Road dan Tom Hardy menggantikan Mel Gibson dalam perannya sebagai Max.

Mad Max: Fury Road pun jadi salah satu film thriller aksi yang terbaik dalam satu abad terakhir. Dan sejak era 1970an, Mad Max sudah bertahan selama 43 tahun dan masih belum akan berhenti dalam waktu dekat. Buktinya adalah dalam beberapa waktu mendekat di tahun 2024 ini mereka akan menghadirkan film prekuel yang berjudul Furiousa. Dan pihak studio sendiri sepertinya masih memiliki potensi menghadirkan film lainnya.

Selain Mad Max, sebenarnya ada beberapa franchise populer lainnya yang juga muncul dari tahun 1979 dan bertahan selama 43 tahun. Mereka adalah Star Trek, The Muppets, dan juga Alien. Dan sampai saat ini, kempat franchise film tersebut masih sangat populer dan bahkan mereka juga masih menghadirkan berbagai proyek film terbaru.

7 Halloween – 1978

Satu-satunya franchise horor yang mampu bertahan dengan sangat lama. Meskipun horor merupakan genre yang populer, namun genre ini tidak lebih banyak peminatnya dari genre lain seperti aksi atau fiksi ilmiah. Inilah alasan mengapa jumlah penonton film blockbuster  Hollywood untuk film aksi lebih besar dari film horor. Meskipun begitu, hal itu nyatanya tidak menghentikan Halloween jadi salah satu franchise film terpanjang dalam sejarah.

Halloween sendiri merupakan film horor slasher garapan sutradara John Carpenter yang mana saat ini masih dianggap sebagai pionir dari genre tersebut. Nama John Carpenter sendiri mirip seperti George Romero, yang memang biasa membuat film bergenre horor. Halloween jadi film yang tidak duga akan menjadi sukses besar dan memiliki pengaruh besar di dunia film.

Pasalnya, proses produksi film ini menggunakan dana yang sangat terbatas. Jamie Lee Curtis juga bukan nama beken di Hollywood, yang mana dia bahkan hanya dibayar sangat sedikit pada saat itu. Namun, setelah filmnya rilis Halloween benar-benar menjadi sebuah fenomenal baru. Bahkan, bisa dianggap jika Halloween merupakaan film yang menciptakan genre baru yaitu slasher. Franchise Halloween sendiri resmi selesai pada 2022 setelah berjalan selama 44 tahun melalui film Halloween End.

6 The Pink Panther – 1963

Di indonesia sendiri mungkin nama dari film The Pink Panther mungkin tidak terlalu populer. Bahkan, series animasinya sempat muncul di TV nasional. The Pink Panther sendiri merupakan sebuah franchise misteri komedi yang pertama kali rilis pada 1963. Alur ceritanya sendiri berfokus pada seorang inspektur kepolisian perancis bernama Clouseau, yang diperankan oleh Peter Sellers.

Dia mencoba menyelesaikan sebuah kasus kriminal tingkat tinggi. Meskipun begitu, sosok panther atau macan kumbang berwarna pink juga jadi salah satu karakter utama di filmnya yang sering menghadirkan adegan atau momen lucu. The Pink Panther merupakan salah satu dari beberapa film yang dibintangi oleh sang aktor sebelum dia pensiun. Dan banyak komedian legendaris lain kemudian mengisi peran Clousau.

Steve Martin jadi aktor paling baru yang mengisi peran Jacques Clouseau dalam dua film reboot yang ada. Sayangnya, dua film tersebut kurang berhasil meraih atensi atau popularitas yang sama seperti film original. Franchise ini sendiri sudah bertahan selama 42 tahun. Namun, yang menarik kemudian adalah meskipun selesai resmi di tahun 2009 kabarnya akan ada film lain yang akan dibuat.

5 Star Wars – 1977

Star Wars merupakan franchise paling populer di dunia sekaigus juga jadi franchise yang memiliki jumlah fans setia yang sangat banyak. Cerita dari trilogi orisinal filmnya berfokus tentang sosok Luke Skywalker dan petualangannya untuk menjadi seorang Jedi handal. Namun, kita juga melihat bagaimana Luke terlibat dalam peperangan antara pihak Empire dan Rebel Aalliance.

Trilogi berikutnya menghadirkan cerita tentang Anakin Skywalker ketika masih muda dan bagaimana kemudian dia jatuh ke Dark Side. Film pertama yang dirilis oleh franchise Star Wars adalah Episode IV: A New Hope pada 1977 dan film terakhirnya, Episode IX: The Rise of Skywalker, rilis pada 2019. Di era modern sekarang, franchisenya sudah banyak menghadirkan proyek lain seperti The Mandaloria, Ahsoka, Andor, dan sebagainya.

George Lucas adalah sosok yang bertanggung jawab atas lahirnya franchise Star Wars, yang mana dia sempat ditolak beberapa studio film untuk membuat film ini. George Lucas juga merupakan sutradara yang berani melakukan hal unik di mana dia menghadirkan film sekuel tersebut dahulu sebelum film pertama. Dengan popularitas yang luar biasa, wajar jika franchise ini bertahan selama 45 tahun.

4 Rocky – 1976

Salah satu franchise mahakarya dari aktor legendaris Sylvester Stallone selain Rambo. Yang menarik adalah justru film Rocky yang kemudian menaikan nama Stallone sebelum franchise Rambo. Rocky sendiri menceritakan seorang petinju amatir bernama Rocky Balboa, di mana para penonton akan melihat bagaimana evolusi dari Rocky di berbagai film-filmnya mulai dari seorang petinju biasa sampai menjadi petinju populer.

Semua film Rocky bisa dibilang sangat fenomenal. Contohnya di film pertama kita melihat perjuangan Rocky yang memulai semuanya dari bawah dan  di film kedua kita melihat latihan Rocky Balboa untuk menghadapi Apollo Creed. Di film selanjutnya, Rocky harus kembali memulai semuanya dari awal setelah kesuksesan membuatnya terlena. Cerita dari Rocky sendiri kemudian benar-benar berhenti di filmnya pada tahun 2006.

Yang menarik kemudian adalah di tahun 2015 franchise Rocky kembali muncul dengan pemeran utama dan judul film yang berbeda. Judul filmnya sendiri adalah Creed dan fokus ceritanya bergeser dari Rocky Balboa menjadi Adonis Creed yang merupakan putra dari Apollo Creed. Rocky sendiri kemudian jadi mentor bagi Adonis dan sudah ada tiga film Creed hingga 2023 ini. Franchise Rocky sendiri jadi salah satu franchise film terpanjang di mana usianya adalah 46 tahun.

3 Planet of The Apes – 1968

Mungkin banyak yang tidak menduga jika franchise ini sudah ada sejak era akhir 1960an. Disutradarai oleh Franklin J. Schaffner, Planet of The Apes merupakan film yang diadaptasi dari buku milik penulis asal Perancis, Pierrel Boulle. Film pertama dari Planet of The Apes bersetting di tahun 3978 dan berfokus pada sebuah kelompok astronot manusia yang tidak sengaja mendarat darurat di sebuah planet.

Mereka terkejut ketika mengetahui jika peradaban dan masyarakat yang ada di planet itu merupakan kera atau primata, dengan kecerdasan yang sangat mirip dengan umat manusia. Kesuksesan dari Planet of The Apes kemudian melahirkan empat film sekuel lainnya serta sebuah film remake yang dibuat oleh Tim Burton pada 2001. Di tahun 2011, film Planet of The Apes kemudian mendapatkan versi reboot.

Perilisan tersebut menjadi awal mula kemunculan trilogi baru lainnya yang menghadirkan perbedaan cukup signifikan dari film-film sebelumnya, terutama dalam hal plot atau ceritanya. Meskipun mengalami perbedaan, namun film versi reboot ini banyak diakui oleh para kritik. Film terbaru dari franchise Planet of The Apes, Kingdom of the Planet of the Apes, akan rilis pada 2024 sekarang dan menjadikan franchise ini bertahan selama 52 tahun.

2 James Bond – 1961

Ian Fleming berhasil menciptakan sebuah ide yang kemudian jadi salah satu karakter film paling ikonik dalam sejarah. Meskipun tanpa muncul di sebuah filmnya, karakter James Bond, yang merupakan agen 007 dari agensi MI6 di Inggris sudah sangat populer di seluruh dunia. Sejak pertama kali rilis pada 1962 melalui film Dr. No, hingga tahun 2021 kemarin total sudah ada 27 film James Bond sejauh ini.

Dan yang menarik adalah angka tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah dalam beberapa tahun kedepan. Pasalnya, MGM yang merupakan pemegang lisensi film James Bond masih terus menghadirkan berbagai film terbaru dan juga mereka menghadirkan berbagai aktor-aktor baru juga untuk memerankan sosok agen flamboyan tersebut. Total ada enam aktor yang sudah pernah memerankan karakter James Bond sejauh ini.

Karisma dari karakter James Bond memang tidak bisa dihindari di mana hal ini jadi salah satu daya tarik dari filmnya. Selain itu, hal tersebut juga jadi alasan mengapa franchise James Bond bisa bertahan selama 60 tahun. Untuk urusan cerita, memang harus diakui tidak jarang para fans melemparkan kritik di mana ceritanya terkadang menggunakan formula yang sama. Dan ini juga yang saat ini membuat pihak MGM terus untuk menghadirkan elemen baru dalam franchisenya.

1 Godzilla – 1955

Franchise film terpanjang dalam sejarah yang terakhir adalah Godzilla. Franchise yang muncul pertama kali di Jepang pada 1955 ini memberikan pengaruh besar bagi industri film terutama film-flm yang menghadirkan monster mengerikan. Godzilla, seperti yang Geeks ketahui, bercerita tentang monster kadal mengerikan yang mengancam Jepang. Kadal tersebut bertransformasi menjadi sosok mengerikan yang kemudian disebut sebagai Gojira atau Godzilla.

Hal ini terjadi akibat radiasi dari bom atom yang dijatuhkan oleh pihak Amerika. Franchise produksi Toho ini berhasil menebarkan “teror” di Jepang di mana film ini sukses besar. Dengan berbagai film epik yang dihadirkan selanjutnya, para fans pun kemudian diperkenalkan dengan berbagai monster lain. King Ghidorah, Mothra, Mechagodzilla, dan Hedorah adalah beberapa monster yang saat ini sudah sangat populer di kalangan fans.

Di tahun 2014, Legendary Pictures membangun sebuah universe sendiri versi Hollywood yang mempelihatkan para monster yang disebut MonsterVerse. Di sisi lain, Toho juga masih merilis berbagai film baru untuk franchise Godzilla seperti yang paling baru adalah Godzilla: Minus One. Selain menjadi film epik para monster, franchise Godzilla sering menginspirasi berbagai film atau franchise lainnya seperti Pacific Rim.

Ketika sebuah franchise film bisa bertahan lama, artinya mereka memiliki kualitas yang luar biasa. Mulai dari alur cerita yang luar biasa, karakter yang unik, atau berbagai elemen lainnya yang tidak ada di film lainnya menjadi beberapa poin penting yang jadi nilai jual film franchise film tersebut. Dan di atas merupakan contoh bagaimana sebuah franchise film bisa jadi yang terpanjang dalam sejarah karena memiliki berbagai hal itu.

Exit mobile version