Home OTAKU OTAKU FEATURES Boruto: 6 Kekuatan Karma Yang Sudah Digunakan!

Boruto: 6 Kekuatan Karma Yang Sudah Digunakan!

Disadari atau tidak Boruto Uzumaki kini sudah mulai bisa menggunakan berbagai jenis kekuatan yang ada dalam segel Karma. Seperti yang Geeks ketahui, Uzumaki Boruto kini sudah resmi menjadi bagian dari klan Otsutsuki meskipun proses Otsutsukifikasinya sendiri hanya berjalan lebih dari 80% saja. Dan dengan Boruto memiliki segel Karma di tubuhnya, dia pun beberapa kali memperlihatkan kemampuannya dalam menghadapi musuh. Berikut adalah berbagai kekuatan Karma yang sudah digunakan oleh Boruto.

6 Jutsu Ruang Dan Waktu

Kekuatan Karma yang sudah digunakan oleh Boruto yang pertama adalah Jutsu ruang dan waktu. Ini merupakan kemampuan Karma yang sudah Boruto gunakan sejak awal seriesnya. Sesuai dengan namanya, kekuatan ini bisa membuat penggunanya untuk bisa pergi ke berbagai tempat dalam waktu singkat. Namun, yang paling epik adalah penggunanya bisa pergi ke dimensi lain seperti dimensi Otsutsuki.

Boruto sendiri dalam chapter sebelumnya berhasil mempraktikan hal ini dengan membuka sebuah portal yang membawa Isshiki menjauh dari Konoha. Banyak yang menduga bahwa kekuatan Karma Boruto saat itu masih sangat lemah dan apa yang dia praktikan sebelumnya sebenarnya ada kaitannya dengan “gesekan” antara kekuatan milik Momoshiki dan kekuatan milik Isshiki dalam tubuh Kawaki.

Namun, Boruto nampaknya sudah mulai menguasai kemampuan jutsu ini. Dalam chapter sebelumnya di series Boruto: Two Blue Vortex, sang protagonis utama nampak bisa dengan mudah untuk pergi ke dimensi Otsutsuki untuk mengikuti Code dan mencari Monster Ekor 10. Sayangnya, dia kemudian harus berhadapan dengan para kloning dari Pohon Suci dan kembali menggunakan teknik ini untuk kabur.

5 Peningkatan Kekuatan Dan Kemampuan

Salah satu kekuatan dahsyat dari Karma adalah mampu memberikan peningkatan kekuatan bagi penggunanya. Ketika segel tersebut aktif, maka kemampuan bertarung dan hal lainnya akan langsung meningkat. Hal ini bisa kita lihat ketika Boruto bertarung melawan ayahnya. Sebelum menggunakan kekuatan ini, dia tidak mampu untuk menandingi kekuatan Naruto.

Namun, setelah tekniknya muncul maka jarak mereka berdua tidak terlalu jauh. Segel Karma tersebut, ketika potensinya berhasil secara penuh terlepas, akan menghadirkan bentuk yang sangat mirip seperti seorang Otsutsuki. Terdapat tanduk dan bahkan Doujutsu yang bisa mereka gunakan. Kekuatan ini lebih kita kenal sebagai tahap kedua dari segel Karma. Mereka yang menggunakannya akan benar-benar merasa seperti seorang Otsutsuki sesungguhnya.

Boruto sendiri diperlihatkan berlatih bersama Sasuke selama timeskip terjadi. Sasuke mengatakan bahwa dia sudah mengajari semua hal yang perlu dia ajarkan kepada Boruto. Meskipun kekuatan atau teknik dari klan Uchiha berperan dalam peningkatan kekuatan Boruto, namun Karma juga memiliki peranannya sendiri. Inilah yang membuat Boruto mampu menandingi Tsumeaka atau membuat dia berada di atas angin saat menghadapi Mitsuki dan Code.

4 Penyerapan Chakra

Kemampuan ini sebenarnya sama dengan kemampuan Rinnegan, di mana Karma akan membuat penggunanya mampu mencuri/mengambil chakra secara langsung dari tubuh orang lain. Kekuatan ini baru muncul sekali sejauh ini di seriesnya. Pada saat itu, teknik ini Boruto gunakan untuk meminjam chakra milik Naruto demi mengalahkan Boro. Cara penggunaanya sendiri sangat sederhana.

Boruto hanya akan menempelkan telapak tangannya ke tubuh korbannya ketika Karma tersebut aktif. Kekuatan ini juga sangat berguna sebagai pengganti chakra yang hilang dari si penggunanya. Di sisi lain, kemampuan ini bisa menguras chakra musuh. Inilah salah satu kemampuan dari Karma yang membuat kekuatan ini menjadi sangat ditakuti. Dan yang menarik Boruto juga sudah mampu mengembangkan kekuatan ini.

Seperti yang dilakukan sebelumnya, Boruto nampak mampu menyerap chakra meskipun dalam bentuk Jutsu atau teknik ninja sekalipun. Hal ini tentunya membuat musuh kesulitan untuk menyerangnya karena semua serangan berbasis chakra. Contohnya ketika Kawaki menyerang Boruto dengan menggunakan teknik Katon. Menarik untuk menantikan Boruto kembali menggunakan teknik ini dalam menghadapi para kloning Pohon Suci.

3 Kekuatan Momoshiki

Seperti yang pernah Momoshiki ungkapkan sebelumnya, Karma merupakan data dari seorang Otsutsuki yang kemudian ditanamkan di tubuh seseorang. Secara perlahan Karma akan “mengonsumsi” tubuh dari wadahnya dan kemudian merubah mereka menjadi sosok Otsutsuki tersebut. Karena, tubuh tersebut menjadi wadah bagi sang Otsutsuki dan datanya ada di tubuhnya maka mereka pun bisa menggunakan kekuatan Otsutuki tersebut.

Contoh kekuatan dari hal ini adalah bagaimana Boruto mampu melihat ke masa depan. Ini merupakan kemampuan yang Momoshiki miliki. Boruto pun sempat menggunakan kekuatan ini secara tidak sengaja, misalnya ketika sebelum timeskip dia tiba-tiba melihat momen di mana Mitsuki marah besar kepadanya sambil melihat semua teman-temannya menganggap dia adalah sosok penjahat.

Namun, Boruto sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi sampai kemudian Momoshiki menjelaskannya. Untuk saat ini, Kishimoto memang baru memperlihatkan satu kemampuan khas Momoshiki yaitu melihat ke masa depan. Apakah akan ada kekuatan khas Momoshiki lainnya yang akan diperlihatkan pada chapter selanjutnya masih harus kita tunggu.

2 Terbang

Kekuatan Karma Boruto yang baru dia gunakan dan perlihatkan di chapter 6 Two Blue Vortex. Semua anggota klan Otsutsuki pasti memiliki kemampuan untuk terbang. Jadi, sudah menjadi hal yang alamiah jika kemudian para pengguna Karma memiliki kemampuan untuk terbang. Meskipun mereka tidak bisa terbang dalam tahap dasar kekuatan Karma, namun ketika mereka mengaktifkan tahap kedua kekuatannya maka mereka akan mendapatkan kemampuan untuk terbang.

Kemampuan terbang ini bisa kita lihat saat Isshiki pergi ke Konoha. Dia nampak seperti Pain yang dahulu hendak menyerang Konoha dengan teknik andalannya, Deva Path. Boruto sendiri pernah memperlihatkan kemampuannya ini saat pertarungan melawan Boro, di mana Momoshiki mengambil alih kendali dari tubuh Boruto. Dan akhirnya dia pun berhasil mengalahkan salah satu anggota Kara tersebut dalam waktu singkat.

Di chapter 6 Two Blue Vortex diperlihatkan bagaimana Boruto menggunakan kekuatan ini untuk kembali ke Konoha. Dia juga menggunakan kekuatan ini untuk bisa pergi dari kejaran Mitsuki yang mencoba menghabisinya. Saat itu, Mitsuki menyerangnya ketika berbincang dengan Sumire dan Sarada. Boruto pun kemudian pergi dari sana untuk menghindari pertarungan lebih lanjut.

1 Menghilangkan Chakra Diri

Menghilangkan chakra diri atau chakra identitas agar tidak terdeteksi oleh siapapun merupakan hal yang awalnya hanya bisa dilakukan oleh Otsutsuki. Hal ini sebelumnya pernah dilakukan oleh Kawaki, ketika dia berhasil untuk menyusup keluar dari pengawasan ninja sensor. Ninja yang mengawasi chakra Kawaki merasa jika dia masih ada di dalam kamar, yang faktanya dia sudah tidak ada.

Kawaki diperlihatkan sudah jauh pergi meninggalkan Konoha untuk bertemu dengan Code. Boruto sendiri awalnya tidak paham dan tidak tahu bagaimana cara kerja kekuatan ini. Namun, di chapter 6 Two Blue Vortex dijelaskan bahwa dia menghilangkan chakra identitas yang dia miliki untuk bisa terbang ke Konoha dan kemudian berbicara dengan Sarada dan Sumire. Sayangnya, hal itu tidak berlangsung lama.

Seperti halnya yang Boruto lakukan dahulu, di mana hanya dia yang bisa merasakan keberadaan Kawaki, di chapter 6 kemarin pun hanya Kawaki yang mampu merasakan hawa keberadaan Boruto di Konoha. Namun, saat Kawaki hendak menyerang Boruto dia justru dibuat pingsan oleh Mitsuki yang mana justru dia yang mengejar Boruto. Tanpa Kawaki mereka mustahil mengetahui keberadaan Boruto.

 

Exit mobile version