Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Karakter Utama Anime yang Berakhir Tewas!

8 Karakter Utama Anime yang Berakhir Tewas!

Dalam mayoritas cerita fiksi seperti anime biasanya para karakter utama akan terus hidup hingga akhir cerita, namun sebagian justru berakhir tewas. Seperti yang Geeks ketahui, para karakter karakter utama dalam anime atau karya fiksi lainnya biasanya selalu mendapatkan plot armor agar mereka bisa terus bertahan sampai akhir cerita. Meskipun hal ini sudah sering bisa ditebak oleh para fans, namun ada beberapa series anime yang justru karakter utama mereka berakhir tewas. Siapa saja?

8 Light Yagami

Salah satu karakter ikonik dalam dunia anime dan juga karakter populer dari series Death Note. Dalam ceritanya, Light Yagami merupakan karakter utama yang juga merupakan seorang pengguna Death Note. Di sepanjang ceritanya, Light Yagami banyak menghabisi nyawa manusia. Namun, mereka yang kemudian jadi korban Light Yagami biasanya adalah para penjahat, hakim yang tidak adil, orang sombong, dan lain-lain.

Dalam menjalankan aksinya tersebut, Light Yagami menggunakan identitas lain yaitu Kira. Meskipun apa yang dia lakukan tersebut semata-mata demi membersihkan orang jahat di dunia, namun Light melakukannya dengan cara yang cukup sadis dan sering bertindak seenaknya. Bahkan, pada akhirnya, dengan adanya Death Note tersebut membuat Light Yagami justru menjadi ancaman besar.

Namun, setelah petualangannya sebagai Kira pada akhirnya Light Yagami diceritakan tewas di akhir seriesnya. Yang kemudian menjadi ironis dalam kematian dari Light Yagami adalah justru sosok Shinigami atau Dewa Kematian yang jadi pemilik Death Note miliknya, Ryuk, yang justru menghabisi nyawa Light Yagami. Ryuk menulis nama sang karakter di buku Death Note miliknya tersebut yang akhirnya membuat dia tewas.

7 Grave Of The Fireflies

Perang memang selalu membawa kesengsaraan bagi semuanya. Masyarakat biasa selalu menjadi korban dari peperangan. Dan inilah yang coba dihadirkan oleh Hayao Miyazaki dalam film Grave of the Fireflies, di mana kita diperlihatkan bagaimana kondisi penduduk Jepang saat perang dunia kedua. Lebih tepatnya, film ini menghadirkan efek dari serangan bom Hiroshima dan Nagasaki.

Gambaran dari bagaimana menderita dan sengsaranya penduduk Jepang saat perang dunia kedua kemudian diperlihatkan oleh dua orang karakter dalam ceritanya, yaitu Seita dan Setsuko. Mereka adalah kakak beradik yang sedang berjuang untuk bertahan hidup di wilayah tempat tinggalnya di Kobe sambil berada di tengah-tengah situasi perang. Melalui kisah Seita dan Setsuko, Hayao Miyazaki ingin menyampaikan pesan anti perang.

Momen paling menyedihkan dalam film Grave of the Fireflies terjadi ketika Seita Yokokawa kemudian diperlihatkan tewas akibat kelaparan. Dia sebenarnya mencoba untuk mencari makanan demi adiknya dan juga dirinya. Namun, karena tidak adanya bahan makanan membuat bukan hanya Seita yang harus mati kelaparan melainkan juga sang adik yaitu Setsuko. Cerita tentang realita pasca perang ini dianggap sebagai salah satu film terbaik dari Ghibli.

6 Ash Lynx

Karakter anime yang berakhir tewas selanjutnya adalah Ash Lynx, yang merupakan karakter utama dalam series Banana Fish. Dia diperlihatkan tewas di akhir seriesnya akibat dari luka parah karena tusukan yang dilakukan oleh sosok karakter bernama Lao. Sebenarnya, dalam momen terakhir pertarungan Ash melawan Lao dia sempat berhasil menembak sang villain.

Namun, dalam momen paling diingat oleh para fans di mana Ash kemudian pergi ke perpustakaan untuk membaca surat terakhir dari Eiji. Di sana, dia sudah memperlihatkan tanda jika nyawanya sudah tidak lagi tertolong. Banyak fans yang kemudian bersedih melihat bagaimana Ash Lynx tewas di akhir series Banana Fish, apalagi dia tewas dengan cara yang sangat dramatis.

Di sepanjang series Banana Fish sendiri sebenarnya ada juga banyak momen sedih yang muncul. Inilah yang kemudian membuat para fans berharap jika seriesnya akan berakhir dengan bahagia. Namun, yang terjadi justru sebaliknya di mana sang karakter utama di seriesnya harus tewas dengan cara yang dramatis yang membuat banyak fans sedih.

5 Tatsumi

Tatsumi merupakan karakter utama anime yang berakhir tewas yang sangat unik daripada karakter lainnya dalam daftar ini. Pasalnya, kematian Tatsumi dalam series anime Akame ga Kill! bisa dibilang berbeda dengan apa yang seharusnya terjadi sumber utamanya. Seperti yang Geeks ketahui, sudah bukan hal yang aneh jika terkadang series anime sedikit berbeda alur ceritanya dari versi manga.

Dalam akhir cerita manga Akame ga Kill! nampak jika Tatsumi masih hidup dan bahkan dia menikahi Mine. Tetapi, perubahan ekstrim terjadi dalam versi animenya di mana diperlihatkan jika Tatsumi harus tewas dalam ceritanya. Bahkan, selain Tatsumi, Mine juga diceritakan tewas dalam cerita versi animenya. Tatsumi sendiri diperlihatkan tewas di episode 23.

Dia tewas karena mengerahkan seluruh kekuatan yang tersisa untuk menghentikan Shikoutazer. Sebelum dia tewas, rekannya yaitu Bulat sempat muncul untuk yang terakhir kalina. Dan Tatsumi sendiri kemudian tewas secara dramatis di mana dia tewas di pelukan Akame yang dianggap jadi salah satu momen paling menyentuh di seriesnya.

4 Yusuke Urameshi

Yu Yu Hakusho garapan Togashi Sensei bisa jadi contoh utama lainnya bagaimana karakter utama dalam sebuah series anime berakhir tewas. Bahkan, kematiannya sendiri terjadi di awal cerita. Meskipun begitu, dalam ceritanya sendiri diperlihatkan jika kematian bukan akhir dari segalanya. Justru, kematian tersebut menjadi awal mula cerita yang dihadirkan di sepanjang seriesnya.

Yusuke Urameshi adalah seorang murid sekolah menengah yang sering menjalani hari-harinya dengan berkelahi atau menantang pihak lainnya. Meskipun Yusuke dianggap sebagai berandalan, namun dia memiliki hati yang baik ketika dia kemudian diceritakan tewas akibat tertabrak oleh truk. Saat itu, Yusuke melihat seorang anak kecil di jalan dan dia berhasil menyelamatkan nyawa anak kecil tersebut.

Yusuke sendiri kemudian dibangkitkan kembali dan diberi pilihan, di mana kemudian dia memilih untuk menjadi Detektif Arwah. Yang menarik kemudian adalah ternyata itu bukan jadi kematian pertama dan terakhir. Di sepanjang series Yu Yu Hakusho sendiri Yusuke diperlihatkan beberapa kali tewas. Yusuke diketahui tewas sebanyak dua kali sebelum memiliki akhir yang bahagia.

3 Eren Yeager

Eren Yeager merupakan karakter yang populer dan mendapatkan perhatian para fans karena aksi yang dia lakukan di musim terakhir series Attack on Titan. Seperti yang Geeks ketahui, Eren menjalankan misi besarnya yaitu melakukan Rumbling. Dia menjalin kesepakatan dengan Ymir Fritz bahwa dia akan membantunya melepaskan rasa sakit yang dia derita setelah meminjamkan seluruh kekuatannya.

Pasca berhasil memanipulasi kakak tidak sedarahnya, Zeke Yeager, akhirnya Eren mampu menggunakan seluruh kekuatan Founding Titan. Rumbling sendiri merupakan rencana besar Eren, di mana dia mengerahkan semua Titan yang ada di dunia untuk meratakan semua umat manusia terutama bangsa Marley. Hanya bangsa Eldian yang ada di pulau Paradis yang dia selamatkan.

Dalam momen Rumbling tersebut, Eren merubah dirinya menjadi sosok Titan paling besar dalam sejarah. Hal ini karena Ymir Fritz yang memberikan akses penuh bagi Eren untuk mengakses kekuatan tersebut. Dalam musim terakhir seriesnya diperlihatkan bagaimana semua orang di dunia tidak sanggup menahan kekuatan Rumbling Eren. Namun, momen dramatis kemudian terjadi di mana Eren akhirnya tewas di tangan Mikasa yang menebas kepalanya dan menghentikan semua pertempuran itu. Namun, muncul perdebatan di kalangan fans mengenai apakah sebenarnya Eren sudah benar-benar tewas atau belum.

2 Goku

Goku adalah salah satu karakter yang paling ikonik di dunia anime dan juga dalam sejarah. Kepopulerannya bahkan sudah bertahan selama puluhan tahun dan hampir semua kalangan mengenal sosok Goku. Dengan kekuatan Saiyan dalam dirinya, Goku merupakan pertarung yang dahsyat. Meskipun begitu, mungkin tidak banyak yang tahu atau mungkin sebagian Geeks juga lupa jika Goku pernah diceritakan tewas dalam seriesnya.

Goku diperlihatkan tewas ketika dia membantu Piccolo untuk mengalahkan sang kakak, Raditz. Dia mengorbankan dirinya untuk memegang tubuh Raditz dan Piccolo kemudian menembakan serangan laser yang bukan hanya menghabisi nyawa Raditz, namun juga Goku. Namun, hal tidak terduga kemudian terjadi di mana ternyata kematian bukan hal yang bisa menghentikan para karakter itu.

Nyatanya pasca Goku tewas pun dia masih jadi salah satu karakter utama dalam ceritanya yang muncul dalam beberapa momen utama. Dan yang menarik adalah seperti halnya Yusuke Urameshi, Goku juga beberapa kali tewas dan berhasil dibangkitkan dari kematiannya. Goku sendiri kemudian berhasil dibangkitkan dengan menggunakan bola naga. Di momen lain, Goku berhasil dibangkitkan kembali oleh Old Kai.

1 Natsuki Subaru

Karakter utama anime yang berakhir tewas terakhir adalah Natsuki Subaru dalam series Re: Zero. Bisa dibilang, Subaru adalah karakter anime dan juga karakter utama anime yang paling banyak tewas di seriesnya sendiri. Dan dalam sejarah anime sendiri tidak banyak karakter utama yang tewas dengan jumlah yang sangat banyak seperti halnya Natsuki Subaru.

Apa yang terjadi kepada Subaru tersebut bisa terjadi berkat kemampuan spesial yang dia miliki, Return by Death. Kekuatan ini memberikan kemampuan bagi Subaru untuk kembali ke momen awal kehidupannya ketika dia tewas. Konsepnya mirip seperti save point dalam video game. Untuk kemudian Subaru bisa mengakses save point tersebut tidak lain adalah dengan cara tewas.

Subaru sangat sering tewas dan menggunakan kekuatannya tersebut untuk menyelamatkan teman-temannya. Meskipun begitu, terkadang Subaru gagal untuk menyelamatkan siapapun setelah dia menggunakan kekuatannya ini. Meskipun di satu sisi ini adalah hal yang unik, namun di sisi lain kekuatan tersebut bisa dibilang cukup mengerikan. Tidak terhitung sudah berapa kali Subaru tewas di sepanjang ceritanya.

Menghadirkan momen di mana karakter utama dalam sebuah series anime berakhir tewas merupakan sesuatu yang mungkin sangat jarang terjadi. Hal ini karena sering kali mereka diceritakan sebagai sosok yang kuat dan selalu bisa bertahan dalam berbagai situasi. Namun, di atas adalah contoh bagaimana beberapa karakter utama anime ternyata bisa berakhir tewas.

Exit mobile version