Home GAME GAME FEATURES 7 Game Open World Dengan NPC Paling Realistis!

7 Game Open World Dengan NPC Paling Realistis!

Beberapa game open world diketahui selain memiliki karakter yang menarik serta cerita yang apik mereka juga memiliki NPC yang dianggap paling realistis. Game bertema open world memang sedang jadi primadona saat ini. Banyak judul game populer yang menghadirkan konsep open world, di mana para pemain bebas melakukan apapun. Yang menarik adalah beberapa game open world bukan hanya fokus pada cerita atau elemen worldbuilding di dalamnya. Mereka juga menghadirkan NPC yang memiliki pergerak dinamis, bahkan dianggap realistis. Apa saja gamenya?

7 Gothic

Game open world dengan NPC yang dianggap paling realistis yang pertama adalah Gothic. Dikembangkan oleh studio game Piranha Bytes, Gothic merupakan game untuk platform Nintendo Switch serta PC yang rilis pada 2001 yang bisa dibilang underrated. Game ini berfokus pada cerita dari seorang tahanan yang memang sengaja dibuang ke sebuah tambang mineral.

Dia harus belajar untuk bertahan hidup di sana atau dia tidak akan bisa bertahan lama. Perkembangan dalam game Gothic dianggap sebagai salah satu yang unik, di mana para pemain harus menggunakan skill points untuk bisa berbicara kepada karakter di dunia game tersebut. Mereka bisa membantu karakternya untuk meningkatkan berbagai kemampuan dari sang karakter, layaknya dalam berbagai game RPG.

Yang menarik kemudian adalah para NPC di dunia game Gothic memiliki jadwal mereka sendiri. Hal tersebut membuat dunianya terasa lebih hidup dan menarik. Para NPC tersebut memiliki pekerjaan yang harus mereka lakukan, memasak makanan untuk mereka bertahan hidup, melakukan berbagai kegiatan, dan kemudian tidur pada malam hari. AI dari para NPC di game open world ini dianggap sebagai salah satu yang paling realistis.

6 Kenshi

Salah satu game sandbox paling unik di mana para pemain bisa terlibat dalam banyak hal. Dan jumlah hal yang bisa diraih oleh para pemain dalam game Kenshi bisa dibilang sangat luar biasa. Berbeda dengan kebanyakan game lainnya, di mana karakter yang dimainkan oleh para pemain merupakan sosok penting atau sosok terpilih, game Kenshi justru menghadirkan cerita yang berbeda.

Game ini menghadirkan karakter utama yang dimainkan oleh para pemain yang sama luar biasanya dengan para NPC di dunia game tersebut. Dengan kata lain, karakter yang kita mainkan bukan sosok penting atau sosok utama melainkan karakter yang sama seperti halnya para NPC. Bahkan, para NPC di game Kenshi dianggap sangat natural sehingga terlihat mereka memang menjadi bagian dari dunia tersebut.

Berbagai tugas yang mereka lakukan sudah terbagi dengan baik dan mereka juga melakukan berbagai aktvitas dengan cara yang dianggap sangat realistis dan terlihat nyata. Bahkan, beberapa karakter NPC tersebut ada yang rela membantu karakter para pemain untuk mempermudah berbagai kegiatan yang ada.

5 Shenmue

Salah satu hal yang membuat dunia di sebuah game terasa hidup dan natural adalah dengan mengetahui jika semua penghuni atau penduduk di dunia tersebut memiliki kehidupan mereka sendiri, tempat yang mereka tuju, dan rumah untuk mereka tidur. Selain itu, beberapa dari mereka juga diketahui memiliki berbagai rahasia yang sangat kelam dan menyedihkan.

Mengetahui tentang latar belakang atau cerita masa lalu dari para NPC di game Shenmue bisa dibilang sangat menarik. Banyak yang menganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang jarang ditemukan atau dihadirkan dalam game-game di era modern ini. Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dari kisah masa lalu tersebut. Ada yang secara terpaksa menjadi anggota geng hingga pekerja kantoran yang memiliki rahasia menyedihkan.

Berbagai detil yang dihadirkan dari para NPC di game Shenmue dianggap sangat luar biasa. Meskipun begitu, untuk bisa tahu tentang cerita masa lalu para NPC ini memang perlu perhatian yang lebih. Karena, jika Geeks begitu saja melewatkan para NPC tersebut maka detil informasi itu tidak akan bisa diketahui. Namun, jika Geeks memperhatikan hal tersebut maka para karakternya bisa menghadirkan kembali ingatan lama mereka.

4 Series The Elder Scrolls

Mungkin akan sulit untuk menentukan series Elder Scrolls yang mana yang menjadi game open world terbaik dengan NPC paling realistis. Namun, masing-masing game selalu menghadirkan sesuatu yang baru. Meskipun para NPC yang menghuni dunia di game Morrowind lebih banyak menghadirkan topik tentang VVardenfell, namun kebanyakan dari dialog yang ada sering kali terasa diulang-ulang.

Para NPC tersebut juga lebih sering memberikan para pemain arah di jurnal mereka daripada menghadirkan penanda peta atau penunjuk arah. Dengan demikian, para pemain bisa jauh lebih merasakan sensasi petualangannya. Dan yang menarik juga adalah tidak sedikit para NPC tersebut yang memiliki agenda tersembunyi atau agenda mereka tersendiri.

Dalam game Oblivion dan Skyrim, para NPC diketahui memiliki jadwal harian mereka masing-masing. Dialog yang mereka hadirkan dalam gamenya juga terasa datar dan cenderung to the point. Mereka pun memiliki teritori atau wilayah pergerekannya sendiri yang mana meskipun membuat gerakan mereka terbatas, namun semuanya terasa dinamis. Satu hal lainnya adalah interaksi dengan para NPC bisa merupakan salah satu daya tarik dan hal menarik dari series game ini.

3 Watch Dogs: Legion

Game Watch Dogs: Legion merupakan sekuel dari game sebelumnya yaitu Watch Dogs. Ketika game ini rilis, banyak tanggapan negatif yang muncul di kalangan fans. Mereka mengungkapkan jika game Watch Dogs: Legion terasa seperti game sadbox pada umumnya. Selain itu, alur ceritanya juga dianggap kurang memuaskan dan kurang memberikan kesan bagi para fans.

Meskipun banyak tanggapan negatif bagi gamenya, terutama yang berkaitan dengan keeluruhan cerita dan gamenya itu sendiri, namun salah satu hal yang cukup banyak dipuji dari game Watch Dogs: Legion adalah mekanisme di dalam gamenya. Dalam game Watch Dogs: Legion para pemain bisa merekrut para NPC yang ada di dunia tersebut untuk kemudian bergabung dengan kelompok DedSec.

Ini artinya game tersebut perlu membuat para NPC tersebut seunik mungkin, sesuatu yang mereka hadirkan dengan sangat luar biasa. Dalam gamenya juga diperlihatkan bagaimana para NPC tersebut bisa menyukai atau membenci karakter pemain. Hal ini dinilai berdasarkan dari apa yang mereka lakukan. Butuh waktu yang cukup untuk meyakinkan mereka agar mau bergabung dengan DedSec.

2 Grand Theft Auto V

Rockstar Games selalu menjadi yang terdepan dalam urusan menghadirkan game berkonsep open world. Bahkan, merekalah yang kemudian menghadirkan formula dari game open world tersebut yang kemudian menjadi cikal bakal populernya konsep game open world melalui game Grand Theft Auto 3. Namun, berbagai game lainnya di series ini jauh lebih banyak menghadirkan kebebasan bagi para pemain.

Grand Theft Auto V jadi salah satu contoh nyata dari hal ini. Ada alasan mengapa game GTA V jadi game yang paling diminati oleh para fans dan jadi game yang sangat populer. Salah satunya adalah Rockstar menghadirkan mekanisme open world yang sangat luar biasa. Mekanisme dari gamenya memperkenalkan berbagai hal baru, seperti mengendalikan tiga protagonis dan juga interaksi NPC yang jauh lebih baik.

Contoh nyatanya adalah sosok Lamar yang memiliki cerita mendalam dengan sosok Franklin. Banyak juga hal menarik lainnya dari NPC yang dihadirkan dalam ceritanya, yang mana membuat game ini menjadi tidak membosankan dan selalu ada hal menarik yang bisa dilakukan di gamenya. Hal ini pun jadi salah satu alasan mengapa GTA V bisa bertahan meskipun sudah lebih dari satu dekade.

1 Red Dead Redemption 2

Game open world dengan NPC yang paling realistis terakhir adalah Red Dead Redemption 2. Seperti yang disebutkan di atas, jika game besutan Rockstar selalu menjadi populer diantara para fans, Hal ini karena sistem dan mekanisme dalam game mereka yang sangat luar biasa. Selain GTA V yang bisa bertahan selama lebih dari satu dekade, Red Dead Redemption 2 jadi contoh lainnya dari hal ini.

Game lain besutan Rockstar dengan setting di era Barat Kuno ini bisa dibilang menjadi puncak dari perkembangan industri game. Hampir tidak ada game open world lainnya yang mampu menandingi sistem dan mekanisme dari game RDR 2 – dan juga GTA V. Rockstar benar-benar menghadirkan banyak elemen realistis yang mungkin sulit ditirukan oleh game-game open world lain.

Seperti halnya game GTA V, interaksi dengan para NPC jadi salah satu hal yang menarik dan sering dieksplor oleh para fans. Rockstar juga menghadirkan sebuah sistem “karma” di mana setiap keputusan yang kita buat bisa memengaruhi pandangan atau penilaian para NPC kepada kita. Misalnya, ketika kita banyak membunuh karakter tidak bersalah atau melakukan hal mengerikan maka kita akan dicap sebagai sosok yang jahat.

Para NPC sering kali dianggap sebagai sesuatu yang mungkin kurang diperhitungkan atau kurang dianggap dalam sebuah game. Hal ini memang masuk akal, karena sejak lama NPC biasanya hanya sebagai pelengkap dalam sebuah game. Namun, di era modern sekarang NPC terkadang jadi salah satu elemen dan daya tarik dari gamenya.

Exit mobile version