Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Stormtroopers Paling Ikonik di Universe Star Wars!

10 Stormtroopers Paling Ikonik di Universe Star Wars!

Dalam universe Star Wars selain para Jedi dan Sith terdapat juga Stormtroopers yang tidak terpisahkan dan ada beberapa yang dianggap paling ikonik. Stormtroopers merupakan pasukan yang ada di universe Star Wars, yang mana mereka sudah jadi salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari ceritanya. Bahkan, beberapa karakter dalam franchise ini dahulunya merupakan bagian dari Stormtrooper. Berikut adalah berbagai Stormtrooper yang dianggap paling ikonik di universe Star Wars oleh para fans.

10 Shadow Trooper

Stormtrooper paling ikonik di universe Star Wars yang pertama adalah Shadow Troopers. Pada dasarnya, ini merupakan versi lain dari Stormtrooper yang biasa muncul dalam cerita Star Wars. Yang membedakan Shadow Trooper dengan Stormtrooper adalah warna armor yang mereka gunakan yaitu hitam. Keunggulan dari kostum Shadow Trooper adalah memberikan penggunanya kemampuan untuk berkamuflase.

Warna hitam dari kostum Shadow Trooper didapatkan dari bahan kostum bernama Stygian-triprismatic. Pasukan ini dikomandoi langsung oleh Emperor Shadow Guard dan Stroomtrooper Commanders. Dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih, Shadow Troopers mampu menyelinap dan menyerang secara diam-diam ke markas musuh tanpa diketahui oleh pihak musuh.

Dalam alur Clone Wars diketahui jika tugas dari Shadow Troopers diperluas dengan tambahan sebagai penembak jitu dan sebagian lainnya menjadi garda terdepan peperanga. Meskipun sistem yang ada mengatur mereka untuk mencegah saling berdampingan dengan unit Troopers biasa seperti Stormtrooper, maka Shadow Trooper lebih sering dikirim lebih dulu menuju lokasi untuk mengamankan keadaan dan memungkinkan Troopers lainnya untuk masuk dengan aman.

9 ARC Trooper

Advance Recon Commando, atau dikenal juga dengan ARC Trooper, merupakan varian Clone Troopers di Galactic Republic dalam cerita Clone Wars. Meskipun lebih jarang dibandingkan Troopers lainnya dalam skala jumlah, namun mereka adalah salah satu prajurit paling handal di seluruh galaksi. Ada alasan mengapa ini jadi salah satu trooper yang ikonik dan menarik.

Awalnya, pada saat tahap perencanaan dan pengembangan Clone Troopers, Jango Fett dan penasehat militer dari Mandalorian menyimpulkan Clone Troopers sebagai unit standar belum mampu menangani misi rahasia dan ‘terlalu lembut’ dalam penyelesaian misi. Maka para Kaminoans alias penduduk di planet Kamino mencoba untuk merekayasa genetik mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan, terutama untuk keunggulan kemampuan fisik.

Akhirnya, Kaminoans berhasil dalam upaya kedua mereka menciptakan Clone Troopers yang stabil, baik dari segi fisik dan mental. Mereka menghasilkan 100 ARC Trooper yang di klasifikasikan sebagai Alpha-class atau kelas pasukan paling elit dan terampil. Setelah menyelesaikan pelatihan dan mempercepat pertumbuhan jumlah, kloning ini ditempatkan di bawah pengawasan langsung dari Jango Fett.

8 Captain Phasma

Captain Phasma merupakan komandan dari First Order yang muncul dalam film Star Wars: The Force Awaken. Karakter Captain Phasma bisa dibilang merupakan salah satu karakter yang underrated di kalangan fans Star Wars. Meskipun dia jarang sekali muncul, namun dia tetap jadi salah satu Stormtrooper yang ikonik di universe Star Wars. Salah satu hal yang membuat Captain Phasma ikonik di kalangan fans adalah armor yang dia gunakan.

Captain Phasma diperlihatkan menggunakan armor yang paling berkilauan dibandingkan semua Stormtrooper lainnya. Yang unik kemudian adalah saking berkilauannya armor dari Captain Phasma, dia menjadi salah satu contoh demonstrasi dari salah satu perusahaan kartu grafis untuk komputer. Mereka menggunakan Captain Phasma untuk memperlihatkan kemampuan Raytracing mereka.

Gwendoline Christie adalah aktor yang berada di balik kostum Captain Phasma yang sukses memerankan karakternya. Sebagian fans berpendapat dan berharap jika Captain Phasma akan jadi sosok “Boba Fett” yang baru untuk generasi sekarang dan masa yang akan datang. Lucasfilm mungkin bisa memberikan lebih banyak momen dan waktu bagi karakternya untuk muncul di film selanjutnya.

7 Death Troopers

Death Troopers adalah sebuah salah satu pasukan Troopers elit yang di miliki oleh pihak Galactic Empire. Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh Troopers ini adalah melakukan intelijen atau mengumpulkan data dan informasi penting. Berbeda dengan Troopers lainnya, pasukan ini mempunyai ciri khas sendiri di mana armor yang mereka kenakan berwarna hitam metalik

Death Troopers berada di bawah komando Orson Krennic, yang ditugaskan sebagai salah satu pengawal dan pengawas pembangunan senjata pemusnah massal milik Galactic Empire. Selain mengumpulkan data intelijen, terkadang para Death Trooper juga mendapatkan misi untuk melindungi para personil tingkat tinggi. Juga, mereka memiliki tugas untuk melindungi rencana pencurian senjata milik Death Star terutama dari pihak Rebel Alliance.

Death Troopers dikenal sebagai Stormtroopers tingkat tinggi karena, mereka dilengkapi oleh berbagai senjata epik hasil dari divisi Advanced Weapons Research milik Galactic Empire. Mereka diketahui memegang sebuah senapan SE-14, yaitu sebuah senapan yang menembakan laser mematikan yang mirip dengan E-11. Mereka juga memiliki senapan laras panjang DLT-19.

6 Dark Troopers

Death Troopers memang merupakan Troopers mematikan dan pasukan elit milik Galactic Empire. Namun, pada dasarnya, mereka adalah makhluk organik yang artinya mereka masih bisa mengalami kesalahan yang tidak terduga. Selain itu, mereka juga terkadang lebih cepat tewas dibandingkan para droids. Karena itulah, mereka yang jadi sisa-sisa dari pihak Empire dalam cerita The Mandalorian menghadirkan sesuatu yang mematikan.

Sesuatu yang mematikan tersebut tidak lain adalah the Dark Troopers. Banyak yang menyayangkan jika para Dark Troopers ini sangat terlambat untuk digunakan dalam pertempuran. Karena, para Dark Troopers terlalu tangguh dan mengerikan untuk dikalahkan oleh mereka yang bukan Jedi. Butuh sosok Jedi Master atau mereka yang sudah menguasai berbagai teknik Jedi untuk bisa mengalahkan Dark Trooper.

Yang luar biasa adalah salah satu Mandalorian terbaik sekalipun sempat merasakan kewalahan dalam menghadapi Dark Troopers. Armor mereka dilengkapi oleh jet booster yang membuat pergerakan para Dark Troopers bisa lebih leluasa. Bahkan, mereka pun bisa turun dari ketinggian atau langsung turun dari pesawat pengangkt. Yang unik adalah setelah mereka hancur oleh Luke Skywalker, mereka dibangun ulang oleh Moff Gideon untuk menjadi sebuah bentuk baru.

5 Clone Troopers

Salah satu Stormtroopers paling ikonik di universe Star Wars tidak lain adalah Clone Troopers. Ini adalah pasukan yang terlatih dan sengaja dibuat untuk menjadi pasukan dari Galactic Republic. Mereka dikembangkan dibuat dari DNA sosok pemburu hadiah paling populer yang tidak lain adalah Jango Fett. Clone Troopers mewakili generasi terbaru dalam pertempuran saat itu karena keunggulan mereka dibandingkan Battle Droids.

Kemunculan dari kekuatan militer barui Galactic Republic ini bertepatan dengan pecahnya Galaxy Civil War. Selama tiga tahun, mereka mengabdi kepada para Jedi dan bersama-sama memerangi kaum pemberontak. Namun, meskipun berulang kali mereka menunjukan kesetiaan untuk para Jedi dan Republic, Clone Troopers sebenarnya adalah senjata rahasia para Sith untuk merebut kendali seluruh galaksi.

Meskipun mereka mencoba untuk melindungi pihak Republic, namun para Clone Troopers akhirnya memainkan peran ganda saat pembantaian para Jedi dan kebangkitan Galactic Empire Sith. Dan para Clone Troopers yang masih membela Republic disebut Stormtroopers Imperial. Clone Troopers akhirnya diberhentikan dan diganti dengan para rekrutan baru tepat sebelum perang Yavin.

4 Scuba Troopers

Scuba Troopers, atau yang dikenal juga dengan sebutan Subtroopers Clone, merupakan pasukan elit yang berasal dari planet Kamino untuk Galactic Republic. Meskipun sama-sama merupakan pasukan kloning dan bagian dari Clone Troopers, tetapi ada perbedaan mencolok dari Scuba Troopers. Perbedaannya tentu dari segi armor yang disesuaikan dengan kondisi bawah air.

Mereka dilatih khusus dengan taktik berperan di bawah air dan dilengkapi dengan senapan blaster. Scuba Troopers biasanya dipimpin oleh Master Jedi dan dikerahkan untuk segala medan perang yang memiliki wilayah perairan selama Clone Wars berlangsung. Dan yang luar biasa adalah hampir dipastikan para Scuba Troopers ini bisa memenangkan setiap pertempuran di wilayah lautan.

Seperti halnya Clone Troopers, Scuba Troopers juga adalah pasukan kloning yang berasal dari sosok bounty hunter dari planet Mandalore, Jango Fett. Kemunculan Scuba Troopers ini pun dirasa masuk akal mengingat planet Kamino merupakan sebuah planet berair yang terletak di salah satu wilayah galaksi paling jauh dan dikenal sebagai Wild Space. Momen kedahsyatan dari Scuba Troopers ini pertama kali diperlihatkan dalam momen pertempuran Mon Calamari dibawah komando Jedi bernama Kit Fisto.

3 Sith Trooper

Sesuai namanya, Sith Trooper merupakan Troopers atau pasukan yang berada di bawah kendali para Sith. Dibentuk sejak era First Order selama perang melawan Rebellion, pasukan ini sebenarnya adalah evolusi berikutnya dari Stormtroopers Imperial. Mereka mengenakan armor Stormtrooper berwarna merah dan menggunakan sejenis senapan blaster hitam dan merah.

Kemunculan Troopers pertama kali terjadi dalam film Star Wars: The Rise of Skywalker. Untuk menjadi bagian dari Sith Troopers, proses perekrutannya sendiri memang tidak sembarangan. Mereka yang mau bergabung dengan Troopers ini tidak boleh orang biasa, melainkan harus yang memang mendukung atau berada satu pemikiran dengan para Sith. Inilah yang membuat Sith Troopers lebih elit dari Stormtroopers.

Yang luar biasa juga adalah mereka yang bergabung dengan Sith Trooper sudah mulai diajari dan dilatih sejak kecil untuk mengenal para Sith dan juga memuja para Sith. Para Sith Trooper tidak Force-Sensitive, namun mereka jelas jauh lebih mematikan dan kuat daripada Stormtroopers biasaa.

2 Pasukan Penjaga Emperor

Emperor Royal Guards atau Pasukan Penjaga Emperor merupakan mereka yang memang secara khusus memiliki tugas sebagai pelindung bagi para Sith Emperor. Sebelum kekuasaan dari Emperor Palpatine berhasil digulingkan oleh para Jedi dan Rebel Alliance, dia memiliki sebuah pasukan penjaga yang sangat mengerikan yang bernama Imperial Royal Guards.

Mereka adalah pasukan yang paling elit dari yang terelit, pasukan atau Troopers yang berada di peringkat pertama dalam kasta Stormtroopers. Sesuai namanya juga, para Imperial Royal Guards ini selalu siap sedia di dekat para Sith Lord atau para Emperor seperti yang diperlihatkan dalam trilogi awal Star Wars. Namun, ada hal unik yang muncul dari Imperial Royal Guards.

Karena kekuatan Force dari dari para Emperor sangat luar biasa, mereka sangat jarang mengandalkan dan juga berharap pada perlindungan dari Imperial Royal Guards. Di sisi lain, karena para Emperor sebenarnya sudah sangat kuat dengan kemampuan dan Force mereka sendiri para pasukan atau Troopers ini lebih sering digunakan sebagai alat untuk  memanipulasi musuh dan pihak lain.

1 Stormtroopers

Stormtroopers yang paling ikonik di universe Star Wars tidak lain adalah pasukan Stromtroopers itu sendiri. Saking ikoniknya Stromtroopers, ini merupakan pasukan milik Galactic Empire yang hampir muncul di setiap film Star Wars. Seperti halnya para Jedi dan Sith, Stormtroopers juga sudah jadi salah satu hal yang ikonik dari franchise bentukan George Lucas ini.

Troopers jenis ini diperlihatkan menggunakan armor besi putih dan sarung tangan hitam. Armor ini merupakan armor yang memungkinkan bagi Stromtroopers untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim sekali pun. Pasukan ini berada di bawah komando khusus pasukan Galactic dan merupakan pasukan yang memiliki loyalitas mutlak untuk Emperor Sheev Palpatine dan rezim First Empire.

Para Stormtrooper banyak ditugaskan untuk mengamankan para pemberontak dan menegakan rezim Empire di seluruh galaksi. Meskipun pihak Empire pada awalnya menghadirkan Stormtrooper dari pasukan kloning, seiring berjalannya waktu pasukan ini mulai merekrut banyak manusia untuk menjadi bagian dari pasukan ini. Dan mereka pun harus ikut berjuang dalam setiap pertempuran. Finn adalah salah satu contoh dari sosok yang pernah jadi bagian dari Stormtroopers.

Para Troopers atau Stormtroopers dan Star Wars adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Rasanya tidak mungkin jika kita membicarakan film Star Wars tanpa menghadirkan para Troopers yang menjadi salah satu ikon dari franchise film ini. Dan di atas adalah beberapa Troopers atau Stormtroopers yang paling ikonik di universe Star Wars.

Exit mobile version