Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 10 Mythical Zoan Yang Sudah Muncul!

One Piece: 10 Mythical Zoan Yang Sudah Muncul!

Dalam cerita One Piece sudah ada beberapa buah iblis Mythical Zoan yang sudah muncul dan Eiichiro Oda kenalkan. Mythical Zoan adalah sub jenis Zoan yang paling langka. Bahkan, sub jenis ini jauh lebih langka dari Ancient Zoan. Selain itu, kelangkaan buah iblis jenis ini bahkan mengalahkan langkanya buah iblis Logia. Sudah ada kurang lebih 9 buah iblis Mythical Zoan yang sudah muncul di cerita One Piece. Apa saja?

10 Inu Inu No Mi, Model: Kyuubi

Buah iblis Mythical Zoan dalam cerita One Piece yang pertama adalah Inu Inu no Mi, Model: Kyuubi. Geeks mungkin mengenal buah iblis Mane Mane yang mampu merubah penampilan seseorang yang dimiliki oleh Bon Clay. Namun, Inu Inu no Mi, Model: Kyuubi dianggap jauh lebih dahsyat daripada buah iblis tersebut. Pengguna buah iblis tersebut adalah Catarina Devon, yang merupakan bagian dari kelompok bajak laut Blackbeard.

Catarina Devon adalah mantan tahanan Impel Down level 6 dan bajak laut wanita paling berbahaya di dunia. Sebenarnya, Oda Sensei sendiri masih belum banyak memberikan informasi dan menunjukan kemampuan dari buah iblis ini. Satu-satunya momen Oda menghadirkan kekuatan buah iblisnya baru yaitu di chapter 925, ketika Catarina berubah wujud menjadi Absalom dan menyerang Gecko Moria.

Yang membedakan dengan buah iblis Mane Mane adalah Inu Inu No Mi, Model: Kyuubi ini mampu menirukan sifat, tingkat laku, dan bahkan pakaian dari sosok yang Devon tirukan. Inilah alasannya Gekco Moria sangat tertipu oleh sosok Catarina Devon yang menyamar menjadi Absalom. Mengingat ini adalah model Mythical Zoan, tentunya kekuatan buah iblis tersebut lebih dari sekedar menirukan seseorang.

9 Hito Hito No Mi, Model: Onyudo

Onimaru merupakan hewan kepercayaan yang sekaligus menjadi rekan dari Shimotsuki Ushimaru. Dia sebenarnya adalah seekor rubah. Seperti halnya Chopper, Onimaru tidak sengaja memakan buah iblis yang ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Onyudo. Hal tersebut membuatnya berubah menjadi Onyudo, yaitu yokai biksu raksasa bernama Gyukimaru. Kemampuan dari Onimaru ini sempat Oda perlihatkan saat dia bertarung melawan Zoro.

Saat Onimaru berubah menjadi Onyudo, dia akan menjadi sosok yang mengerikan dengan pedang naginata – pedang yang mirip Murakumogiri Whitebeard – di tangannya. Onimaru juga akan memiliki kemampuan untuk berbicara layaknya manusia. Level kekuatan dari Onimaru saat berubah menjadi Onyudo memang sangat luar biasa, di mana dalam pertarungan pertamanya Zoro sempat kewalahan menghadapi Onimaru.

Meskipun begitu, kekuatan dari Gyukimaru dan Onimaru tersebut tidak terlalu kuat untuk bisa bertahan lama menghdapi Zoro. Terlepas dari itu, Gyukimaru cukup mampu menjadi pelindung bagi Wano dan juga menjadi ancaman bagi mereka yang mencoba mencuri artefak Ryuma atau pedang Shusui.

8 Hebi Hebi No Mi, Model: Yamata No Orochi

Hebi Hebi no Mi, Model: Yamata no Orochi merupakan buah iblis Mythical Zoan yang terinspirasi dari makhluk mitologi Jepang yaitu Yamata no Orochi, ular dalam mitologi Jepang yang memiliki delapan kepala. Buah iblis ini sempat menjadi milik Orochi, mantan Shogun dari wilayah Wano dan mantan sekutu dari Kaido. Bukti kedahsyatan dari buah iblisnya bisa kita lihat dalam beberapa momen.

Misalnya, ketika kepala Orochi ditebas oleh Kaido di atas panggung utama di Onigashima, dia tidak tewas. Kemudian, dalam beberapa kali kesempatan di mana dia bertarung menghadapi Red Scabbards pun dia tidak tewas. Orochi baru benar-benar tewas setelah Kozuki Hiyori menancapkan paku yang terbuat dari batu laut di tubuhnya. Hal itu membuatnya tidak bisa berubah menjadi sosok Zoannya.

Sosok Orochi baru pada akhirnya tewas akibat terbakar api Kazenbo, yang dilepaskan oleh sisa kekuatan Kanjuro. Dalam ceritanya, buah iblis Mythical Zoan ini kemungkinan diberikan oleh salah satu keluarga Kurozumi lainnya. Dalam kilas balik Kozuki Oden diketahui jika mereka berusaha untuk merebut kekuasaan di Wano dari klan Kozuki yang mana akhirnya mereka berhasil lakukan selama 20 tahun.

7 Hito Hito No Mi, Model: Daibutsu

Buah iblis Mythical Zoan yang sudah muncul dalam cerita One Piece adalah Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu. Sengoku merupakan mantan pimpinan tertinggi Angkatan Laut. Dia memiliki kekuatan buah iblis tipe Mythical Zoan bernama Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk berubah menjadi sosok Buddha yang berukuran sangat besar dan bersinar keemasan.

Dengan ukurannya yang luar biasa, Sengoku dapat menahan segala macam serangan, sekaligus menyerang balik dengan mudah. Kekuatan Sengoku ini sempat muncul dengan cukup detail selama Perang Besar Marineford. Dia berhasil menahan serangan Gear Third milik Luffy. Selain mampu menahan serangan Luffy, kekuatan buah iblis ini juga membuat Sengoku mampu mengeluarkan gelombang kejut yang dahsyat.

Kekuatan dahsyat dari buah iblis tersebut pernah dia praktikan terhadap Blackbeard saat dia hendak menghancurkan Marineford. Seperti beberapa buah iblis Mythical Zoan lainnya, sejauh ini Oda Sensei masih belum banyak menghadirkan informasi mengenai buah iblis ini. Selain itu, Oda Sensei juga belum terlalu banyak memperlihatkan kemampuan dari Mythical Zoan ini.

6 Inu Inu No Mi, Model: Ookuchi No Makami

Buah iblis Inu Inu no Mi lainnya di daftar ini adalah buah iblis milik Yamato. Yang menarik adalah buah iblis tersebut digadang-gadang merupakan perwujudan dari sosok “dewa pelindung” dari Wano. Hal ini diakui oleh Kaido sendiri, yang menyebutkan jika buah iblis tersebut ada kaitannya dengan sosok dewa penjaga Wano. Dan dalam mitologinya sendiri, Ookuchi no Makami memang merupakan hewan penjaga yang melindungi rumah penduduk.

Berkat kemampuan dari buah iblis Mythical Zoan tersebut Yamato pun mampu memiliki kemampuan yang sangat dahsyat. Selain peninkatan kemampuan fisik, Yamato pun kemudian bisa menggunakan kemampuan elemen, seperti menggunakan elemen es. Elemen es ini pun menjadi cara bagi Yamato untuk mencegah agar mesiu di gudang senjata tidak meledak akibat Kazenbo.

Meskipun dahsyat, namun jika dibandingkan dengan buah iblis Kaido kekuatan buah iblis Yamato ini memang berada di bawahnya. Terlepas dari hal tersebut, Yamato nampak cukup tangguh dan sanggup untuk menandingi kekuatan Kaido sampai Luffy sadar lagi. Di sisi lain, buah iblis Mythical Zoan ini juga terbukti mampu menjadi sumber kekuatan dari Yamato untuk menahan kekuatan Kaido. Yang menarik sekarang Yamato jadi sosok penjaga Wano bersama dengan Momonosuke.

5  Tori Tori No Mi, Model: Phoenix

Geeks juga mungkin sudah tidak asing dengan salah satu Mythical Zoan yang sudah muncul di series One Piece ini. Marco the Phoenix alias Marco merupakan mantan pemimpin divisi pertama dari anggota bajak laut Whitebeard. Dia memiliki kekuatan buah iblis dengan jenis Mythical Zoan serta bertipe burung Phoenix. Dengan kemampuan ini, Marco bisa berubah menjadi burung phoenix dengan api berwarna biru.

Karena kemampuan itu juga Marco kemudian mendapatkan julukan Marco the Phoenix. Namun, ada hal menarik dan luar biasa dari buah iblis ini. Sama seperti legenda burung Phoenix yang tidak bisa mati atau bisa kembali hidup ketika dia mati, Marco memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dengan cepat dari luka apapun. Marco bahkan pernah menyembuhkan lukanya hanya dengan api dari form Phoenix miliknya dan kembali ke bentuk manusia.

Api biru di tubuh Marco tersebut juga bisa menyembuhkan luka dari orang lain, seperti yang dia lakukan terhadap Nekomamushi. Contoh lainnya adalah dalam pertempuran di Onigashima diperlihatkan api biru itu bisa memperlambat racun dari Queen. Dengan kemampuan penyembuhan itu juga yang kemudian membuat Marco memutuskan untuk menetap di pulau Sphinx dan menjadi dokter di sana.

4 Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu

Buah iblis Mythical Zoan di series One Piece selanjutnya adalah Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu. Buah iblis ini merupakan buah iblis air pertama di cerita One Piece, karena dalam bahasa Jepangnya sendiri Uo merupakan nama jenis ikan. Salah satu kedahsyatan buah iblisnya adalah Kaido bisa berubah menjadi seekor naga timur raksasa. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi masih belum ada penjelasan secara lengkap, bahkan sampai arc Wano selesai.

Dari informasi yang ada, Big Mom yang memberikan buah iblis tersebut kepada Kaido 38 tahun lalu. Saat itu, Big Mom berhasil mencurinya dari kotak hadiah di God Valley dan memberikannya kepada Kaido. Dengan buah iblis ini, selain peningkatan kekuatan fisik, Kaido juga mampu menggunakan berbagai teknik yang berkaitan dengan elemen. Contohnya Wind Scythe, Boro Breath, dan beberapa lainnya.

Bagaimana Kaido juga sulit untuk tewas atau bahkan dilukai, menjadi bukti kedahsyatan buah iblisnya. Bahkan, World Government sendiri berusaha untuk menirukan kekuatan buah iblisnya. Hal ini terbukti bagaimana mereka memerintahkan Vegapunk untuk menciptakan tiruan buah iblis Kaido yang mana sebenarnya hal tersebut 99% berhasil. Hanya saja Vegapunk mengaku gagal karena dia tidak bisa menirukan warna asli Kaido.

3 Hito Hito No Mi, Model: Nika

Monkey D. Luffy adalah salah satu pengguna buah iblis Hito Hito no Mi terbaru serta Mythical Zoan dalam alur cerita One Piece. Sebelumnya, selama 25 tahun, Oda Sensei memperkenalkan Luffy sebagai pengguna buah iblis Gomu Gomu yang merupakan buah iblis berjenis Paramecia. Namun, baru pada chapter 1044 kemarin kita mendapatkan fakta terbaru dari buah iblis Luffy.

Ternyata, World Government sengaja menyembunyikan nama asli buah iblis Luffy. Nama asli dari buah iblis Luffy bukan Gomu Gomu, melainkan Hito Hito no Mi, Model: Nika. Nika sendiri merujuk pada sosok “Dewa Matahari” yang Who’s Who gambarkan sebagai sosok pejuang kebebasan yang berusaha membebaskan para budak dan tahanan dari siksaan mereka. Dia juga sering membawa kebahagiaan dan tawa bagi semua orang.

Dalam cerita One Piece, Luffy diperlihatkan mampu mengakses Gear 5 yang dianggap sebagai puncak kekuatan Luffy untuk saat ini. Dengan menggunakan Gear 5 tersebut dia bisa menghajar Kaido dengan sangat mudah. Bahkan, dia berhasil mengalahkan Kaido dengan kekuatan ini. Sejauh ini, buah iblis Nika adalah buah iblis paling overpower yang Oda hadirkan pasca timeskip meskipun belum banyak informasi yang kita ketahui sejauh ini.

2 Uma Uma No Mi, Model: Pegasus

Buah iblis Mythical Zoan yang baru diperkenalkan dalam cerita One Piece. Selain para kru manusia, Blackbeard juga mencuri kekuatan buah iblis untuk dia berikan kepada hewan peliharaan dari krunya. Dalam hal ini adalah Stronger, yang merupakan kuda milik Doc Q. Dalam chapter sebelumnya terungkap jika Stronger memiliki kekuatan buah iblis Uma Uma no Mi atau Horse Horse Fruit.

Sama seperti halnya Marco, buah iblis tersebut membuatnya mampu berubah menjadi sosok hewan mitologi yaitu Pegasus. Pegasus sendiri merupakan seekor kuda misterius yang memiliki sayap dan bisa terbang. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan pemiliknya. Selain mampu terbang, tidak diketahui apa lagi kekuatan yang dimiliki oleh buah iblis Uma Uma tersebut.

Namun, yang pasti kemungkinan besar ada sesuatu yang membuat buah iblis tersebut spesial. Oda Sensei masih belum mengungkapkan dari mana asal-usul buah iblis Mythical Zoan ini, dari siapa Blackbeard atau Doc Q mencuri buah iblis tersebut, dan sebagainya. Dan para fans juga masih menantikan kekuatan apa lagi yang dimiliki oleh Stronger dengan kemampuan buah iblis ini.

1 Buah Iblis Gorosei Saturn

Buah iblis Mythical Zoan yang sudah muncul dalam series One Piece sejauh ini yang terakhir adalah buah iblis milik salah satu Gorosei, Saint Jay Garcia Saturn. Sosok Gorosei Saturn diketahui muncul di pulau Egghead dan bergabung dengan para angkatan laut yang mengepung pulau tersebut. Gorosei Saturn kemudian ikut bertarung saat ini di Egghead yang mana membuat semua orang kewalahan.

Dalam momen tersebut, diperlihatkan bagaimana Gorosei Saturn muncul dalam form Zoannya. Oda Sensei sebenarnya belum menghadirkan informasi apapun mengenai buah iblis ini. Namun, yang paling masuk akal adalah buah iblis Gorosei Saturn tersebut merupakan Mythical Zoan. Hal ini muncul dari spekulasi para fans mengenai buah iblis tersebut di mana buah iblisnya diadaptasi dari salah satu Yokai, Ushi-Oni.

Hal ini terlihat dari bentuk hybrid Gorosei Saturn, di mana tubuh bagian bawahnya merupakan laba-laba. Sedangkan, tubuh bagian atasnya adalah manusia. Meskipun begitu, pada bagian wajah dan kepala Gorosei Saturn mengalami perubahan di mana ukuran hidungnya membesar dan terdapat tanduk diatas kepalanya. Ushi-Oni sendiri merupakan Yokai atau hewan mitologi yang berasal dari wilayah barat Jepang. Menurut kisahnya, Ushi-Oni sering mengusir dan mengganggu manusia yang berada di pantai. Kekuatan dari buah iblis ini sendiri belum Oda perlihatkan semuanya.

Mythical Zoan merupakan salah satu sub-jenis dari Zoan yang sangat menarik, karena Oda Sensei biasanya mengadaptasi berbagai hewan atau karakter mitologi. Sejauh ini sudah ada beberapa Mythical Zoan yang Oda perkenalkan dalam cerita One Piece dan mungkin kita akan kembali melihat berbagai buah iblis baru di seriesnya.

Exit mobile version