Home SERIES SERIES FEATURES Kenali 6 Kekuatan Super Maya Di Series Echo!

Kenali 6 Kekuatan Super Maya Di Series Echo!

Sosok Maya Lopez dalam series Echo dihadirkan berbeda dari apa yang diketahui di komiknya di mana dia memiliki beberapa kekuatan super. Setelah sekian lama dinantikan kemunculanya series Echo akhirnya rilis beberapa waktu lalu dan Alaqua Cox kembali memerankan karakter tersebut. Yang menarik adalah Marvel Studios menghadirkan sesuatu yang berbeda terhadap karakter Maya Lopez, di mana dia memiliki beberapa kekuatan super. Apa saja?

7 Penyembuhan/Healing Factor

Kekuatan super yang dimiliki oleh Maya Lopez di series Echo yang pertama adalah penyembuhan. Kekuatan super ini pada awalnya tidak disadari atau tidak diketahui oleh Maya sampai menjelang akhir seriesnya. Dalam seriesnya sendiri diperlihatkan jika kekuatan super penyembuhan atau healing factor ini ternyata ada kaitannya dengan sang ibu sebelum dia meninggal.

Ibu dari Maya Lopez bernama Taloa, di mana menurut sang nenek, Chula, ibunya merupakan sosok yang sangat penting bagi suku Choctaw. Dia merupakan seorang ‘healer’ atau ‘penyembuh.’ Dia memiliki kekuatan yang bisa menyembuhkan apapun. Di episode 5 sendiri diperlihatkan jika Taloa pernah menyembuhkan burung yang terluka akibat Maya. Hal ini pun kemudian diwariskan kepada putrinya.

Dalam cerita akhir series Echo diperlihatkan bagaimana Maya menggunakan kekuatan super ini bukan untuk menyembuhkan luka fisik, melainkan menyembuhkan luka di hati dari sosok Wilson Fisk. Maya menelusuri masa lalu Fisk dan memintanya untuk melepaskan semuanya dengan jauh lebih baik. Dia juga kemudian menyembuhkan sakit hati Fisk akibat perlakuan sang ayah kepada ibunya.

6 Akurasi Luar Biasa

Maya Lopez sering kali berurusan dengan banyak pihak, termasuk pihak-pihak yang berlawanan dengan Wilson Fisk bahkan yang menjadi bagian dari anak buahnya. Ternyata, Maya memiliki kekuatan super yang berkaitan dengan akurasi yang sangat luar biasa. Kekuatan super ini merupakan warisan dari leluhurnya, Tuklo, di mana dia berasal dari era 1800an. Hal ini sempat dibahas sekilas di seriesnya.

Dalam ceritanya, Tuklo memiliki seorang ayah yang merupakan bagian The Lighthorseman atau kelompok yang menjaga wilayah mereka dari serangan suku lain atau pihak luar. Ayahnya memang memiliki kemampuan menembak, namun tanpa diduga ternyata Tuklo memiliki kekuatan dahsyat dalam menembak dengan tepat. Yang luar biasa adalah selain menembak, Tuklo bisa juga menggunakan benda apapun dan mengenai target dengan mudah.

Kemampuan akurasi luar biasa ini kemudian diperlihatkan oleh Maya ketika dia menghadapi pasukan dari Fisk, ketika mereka mencoba untuk membawa Maya Lopez kembali ke New York. Pertarungan di tempat berseluncur milik pamannya tersebut memperlihatkan bagaimana dia mampu menggunakan senjata dengan akurasi tinggi, bahkan menggunakan benda-benda di sekitarnya.

5 Kecerdasan/Ahli Strategi

Untuk kekuatan super dari Maya Lopez di series Echo ini mungkin sedikit sulit untuk disadari oleh para fans. Namun, Maya nyatanya memiliki kemampuan untuk menyusun strategi dengan kecerdasan yang dia miliki. Contohnya kembali ketika dia menghadapi seluruh pasukan dari Wilson Fisk di tempat bereluncur milik pamannya. Sebelumnya, Maya nampak terikat dan tidak bisa berbuat banyak.

Setelah ikatannya lepas, dia bisa memanfaatkan berbagai benda yang ada di sekitarnya dan menjadikannya sebagai senjata untuk bisa kabur dari sana. Dia juga menyusun strategi yang baik untuk kemudian bisa lolos dari jebakan dan situasi tersebut. Kekuatan ini juga merupakan warisan dari leluhurnya yang bernama Lowak. Kecerdasanya muncul di episode 2 seriesnya.

Dalam episode tersebut diperlihatkan bagaimana Lowak dan suku Choctaw lain terlibat dalam sebuah pertandingan bernama Stickball. Dalam aturannya, siapapun yang kalah dalam pertandingan itu harus terusir dari wilayahnya. Ketika mereka hampir kalah, Lowak kemudian berhasil menemukan strategi yang baik untuk bisa membalikan keadaan dan memenangkan pertandingannya.

4 Tenaga Super

Tenaga atau kekuatan super merupakan kekuatan dahsyat yang Maya Lopez perlihatkan pertama di series Echo. Momen ini bisa dilihat ketika kaki buatan milik Maya tersangkut di kaitan antar gerbong kereta. Ketika Maya hendak menyerah dengan situasi tersebut, tiba-tiba dia mendapatkan momen di mana leluhurnya memberikan kekuatan kepadanya untuk bisa melepaskan kakinya dari momen tersebut.

Tenaga super ini merupakan warisan dari nenek moyang suku Choctaw, yang dikenal sebagai ‘Choctaw Pertama’ yaitu Chafa. Dalam ceritanya diperlihatkan jika Chafa yang membuat semua orang yang berada di gua misterius lahir ke dunia dan merubahnya menjadi manusia. Semenjak saat itu, dia pun mewariskan dan melahirkan suku Choctaw. Kekuatannya kemudian diwariskan kepada generasi selanjutnya, Maya.

Selain ketika terjebak di kereta api, Maya Lopez juga memperlihatkan kekuatan super ini ketika dia bertarung menghadapi Kingpin dan juga para anak buahnya dia khir cerita Echo. Meskipun begitu, kekuatan super ini kurang begitu disorot dalam ceritanya yang mungkin akan kembali dihadirkan di musim yang akan datang seriesnya.

3 Berbagai Kemampuan Maya Lopez

Sebenarnya, secara teknis ini bukan kekuatan super seperti berbagai poin di atas. Namun, perlu dicatat juga bahwa selain berbagai kekuatan super yang merupakan warisan dari leluhurnya dan juga sang ibu yang kemudian dia bisa akses ketika dalam situasi bahaya, sosok Maya Lopez adalah karakter yang luar biasa tanpa perlu semua kekuatan super yang diberikan oleh Marvel Studios.

Dalam seriesnya diperlihatkan jika Maya memang sudah memiliki kemampuan bela diri sejak kecil. Selain itu, dia juga sudah berlatih berbagai gaya atau ilmu bela diri sejak lama. Dalam cerita series Hawkeye sendiri, kemampuan luar biasa ini membuatnya bukan hanya mampu bertarung menghadapi para ancaman yang ada juga dia mampu menghadapi Clint Barton, Kate Bishop, dan bahkan Yelena.

Yang menarik juga kemampuan lain dari Maya Lopez ini membuatnya menjadi sosok yang berpotensi menggantikan Kingpin. Bahkan, Kingpin sendiri mengakui jika ada potensi besar dalam diri Maya Lopez yang mana dia selalu berusaha untuk melindunginya dan berusaha untuk bisa menjadi sosok penting untuk Maya. Di series Echo sendiri pun Kingpin mengakui jika dia tidak marah Maya menembaknya, namun dia justru menawari posisinya di New York.

2 Membagikan/Menggaungkan Kekuatan Super Miliknya

Kekuatan super milik Maya Lopez di series Echo yang paling epik adalah dia mampi membagikan atau menggaungkan kekuatan super tersebut. Ketika menghadapi Kingpin di episode terakhir seriesnya, diperlihatkan bagaimana Maya Lopez tidak sendirian. Terdapat seluruh leluhurnya – mulai dari Chafa hingga sang ibu yaitu Taloa – yang menyatu dengan Maya dan membuatnya bisa menghadapi Kingpin.

Yang menarik kemudian adalah dalam satu momen diperlihatkan bagaimana Maya Lopez membagikan kekuatan yang dia miliki kepada sang nenek, Chula, dan juga keponakannya, Bonnie. Dengan kekuatan tersebut, mereka juga mampu untuk menghajar anak buah dari Kingpin dan bisa lolos dari situasi tersebut sambil Maya Lopez membereskan semuanya. Namun, ada batas waktu yang harus diperhatikan.

Ini menjadi sesuatu yang menarik karena baru. Masih butuh banyak penjelasan mengenai kemampuan ini, karena apakah semua orang bisa mendapatkan atau mewarisi kekuatan tersebut atau hanya mereka yang merupakan keturunan dari para leluhur tersebut yang bisa menggunakannya. Namun, yang jelas kekuatan ini benar-benar sangat unik karena berkaitan dengan para leluhurnya.

1 Tidak Memiliki Kekuatan Super

Apakah Maya Lopez memiliki kekuatan super di komiknya? Jawabannya adalah tidak. Maya Lopez sama halnya seperti para street-level superhero Marvel lain, di mana dia tidak memiliki kekuatan super. Meskipun begitu, Maya memiliki kemampuan yang dahsyat di mana dia memiliki photographic reflexes, yang artinya dia mampu menirukan berbagai gerakan yang dia lihat.

Maya mampu menirukan gaya bertarung musuh, tarian, pertunjukan musik, bahkan jika dia mau dia bisa menirukan bahasa apapun. Secara sekilas, kemampuan tersebut mirip dengan sosok Taskmaster yang muncul dalam cerita Black Widow. Di MCU sendiri Maya Lopez dan MCU muncul di dua proyek yang berbeda. Semua kemampuan super dahsyat dari Maya Lopez yang ada di series Echo merupakan ide orisinal dari Marvel Studios.

Meskipun tidak diketahui alasan pastinya, namun besar kemungkinan hal ini untuk menghindari kebingungan dengan sosok Taskmaster yang juga memiliki kemampuan sama Namun, yang menarik kemudian adalah sosok Maya Lopez di Marvel Comics pernah jadi wadah bagi salah satu kekuatan terbesar di universe tersebut yaitu Phoenix Force.

Exit mobile version