Home MOVIE MOVIE FEATURES Dianggap Tamat, 7 Film ini Ternyata Miliki Sekuel!

Dianggap Tamat, 7 Film ini Ternyata Miliki Sekuel!

Ketika sebuah film pertama sukses besar dari segi kualitas dan pendapatan, maka tentu saja pihak studio akan berpikir untuk membuat film sekuelnya. Terbukti, ada banyak sekuel yang dibuat setelah kesuksesan film pertama. Tetapi nih Geeks, di Hollywood, ada beberapa film yang sebelumnya dianggap tamat, tetapi kemudian secara mengejutkan pihak studio membuat film sekuelnya bertahun-tahun setelah film pertama rilis. Apa saja film yang ternyata memiliki sekuel? Simak berikut ini Geeks!

7 Top Gun: Maverick

Top Gun adalah sebuah film aksi yang dirilis pada tahun 1986, disutradarai oleh Tony Scott, dan dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Pete “Maverick” Mitchell. Top Gun mengikuti kehidupan seorang pilot pesawat tempur muda dan berbakat, Pete “Maverick” Mitchell. Dia adalah seorang mahasiswa penerbangan di Top Gun Naval Fighter Weapons School, sebuah sekolah pelatihan elit bagi pilot tempur Angkatan Laut Amerika Serikat.

Di sana, ia bersaing dengan pilot-pilot lain, termasuk rivalnya yang arogan, Tom “Iceman” Kazansky, yang diperankan oleh Val Kilmer. Maverick dan sahabatnya, Nick “Goose” Bradshaw (diperankan oleh Anthony Edwards), menjalani pelatihan intensif di Top Gun untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam pertempuran udara. Nah film ini sebenarnya memiliki ending yang tidak menggantung, sehingga banyak penggemar yang yakin filmnya berakhir dengan tidak memiliki sekuel.

Tetapi pada tahun 2022, secara mengejutkan Paramount merilis sekuel filmnya yang masih dibintangi Tom Cruise. Itu berarti sekuelnya rilis 36 tahun kemudian setelah film pertama. Dan menariknya lagi, sekuel Top Gun yang berjudul resmi Top Gun: Maverick menjadi salah satu film paling sukses di tahun tersebut.

6 Gladiator 2

Geeks tentunya ingat dengan salah satu film terbesar yang rilis tahun 2000 berjudul Gladiator. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott tersebut dibintangi oleh ussell Crowe sebagai Maximus Decimus Meridius. Maximus (Russell Crowe) adalah jenderal yang setia kepada Kaisar Marcus Aurelius (diperankan oleh Richard Harris). Setelah kematian kaisar, Commodus (Joaquin Phoenix) merebut takhta dengan cara membunuh ayahnya sendiri.

Commodus mencoba membunuh Maximus yang mengetahui rencananya, tetapi Maximus berhasil melarikan diri. Maximus kemudian dikhianati dan dijual sebagai budak gladiator. Maximus yang kuat dan berbakat dalam pertempuran menjadi gladiator terkenal di Kolosseum, di mana dia bertekad untuk membalas dendam pada Commodus dan memulihkan kehormatan Romawi. Sementara itu, Commodus, yang semakin paranoid dan gila kekuasaan, harus menghadapi perlawanan dari kelompok-kelompok yang menentangnya.

Setelah dianggap tamat karena tidak adalagi yang bisa diceritakan, Ridley Scott secara mengejutkan membuat sekuelnya. Sekuel filmnya, atau yang bisa kita sebut Gladiator 2 memang masih belum rampung, dan direncanakan akan rilis akhir tahun 2024 ini. Menariknya, film tersebut akan berfokus kepada anak Maximus, bernama Lucius. Dan karena Maximus telah mati, dia tidak muncul kembali.

5 Beetlejuice 2

Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa Beetlejuice 2 akan dibuat setelah lebih dari 36 tahun. Yap, film pertamanya sendiri rilis pada tahun 1988, sementara sekuelnya direncanakan untuk rilis pada 1988. Film keduanya nanti akan dibintangi oleh beberapa nama seperti Jenna Ortega sebagai Astrid Deetz, Cathrine O’Hara sebagai Delia Deetz, Monica Bellucci sebagai istri Beetlejuice, Winona Ryder sebagai Lydia Deetz, dan tentu saja Michael Keaton yang akan kembali sebagai Beetle Juice.

Jika tidak ada halangan, Beetlejuice 2 akan rilis pada 6 September 2024. Nah buat kalian yang belum familiar, Beetlejuice pertama menceritakan tentang pasangan muda, Adam dan Barbara Maitland (diperankan oleh Alec Baldwin dan Geena Davis), yang meninggal dalam kecelakaan mobil dan menjadi hantu di rumah mereka sendiri. Mereka berusaha menyingkirkan keluarga baru yang pindah ke rumah mereka, tetapi ketika usaha mereka gagal, mereka memutuskan untuk memanggil Beetlejuice, seorang “bio-exorcist” yang aneh dan licik, untuk membantu mereka.

Beetlejuice, yang dikenal karena tingkah lakunya yang konyol dan kejenakaannya, muncul untuk membantu Maitlands tetapi dengan konsekuensi yang tidak terduga. Filmnya disutradarai oleh Tim Burton, dan dia akan kembali untuk menyutradarai film kedua dengan naskah yang dibuat oleh Alfred Gough, Seth Grahame Smith dan David Katzenberg.

4 Joker: Folie a Deux

Joker juga menjadi film yang tidak disangka-sangka akan mendapatkan sekuel. Memang, film pertama berakhir dengan ending menggantung, di mana pada akhirnya Joker membuat kekacauan di Gotham, dan kita tidak pernah dijelaskan apalagi yang terjadi setelahnya. Tetapi sutradara film ini, Todd Phillips mengatakan bahwa dia tidak pernah berencana membuat sekuel Joker, yang meyakinkan penggemar bahwa film Joker tidak akan memiliki sekuel.

Tetapi karena film pertama sukses besar, dan Warner Bros masih melihat potensi yang menjanjikan dari franchise ini, maka tidak aneh jika sekuel yang tidak pernah direncanakan ini akhirnya dibuat. Dalam Joker 2 alias Joker: Folie a Deux, film tersebut bakal sangat berbeda dari film pertamanya karena disebutkan filmnya bakal menjadi film musikal. Yang harus Geeks catat bahwa film ini bakal berada di Elseworld, dan bukan di DCU.

Itu berarti Joker berada di semesta yang terpisah dengan film DCU lainnya yang saat ini tengah dikembangkan oleh James Gunn. Alur cerita filmnya juga berfokus pada hubungan romansa antara Arthur Fleck dan juga Harley Quinn. Laporan juga menyebutkan jika film tersebut akan banyak bersetting di Arkham Asylum. Beberapa bintang, seperti Zazie Beetz, dikabarkan akan kembali muncul di filmnya. Menariknya film inipun bakal menghadirkan Lady Gaga sebagai Harley Quinn.

3 Tron: Legacy

Film Tron yang pertama rilis tahun 1982. Film tersebut sukses besar di box office, dan mendapatkan pujian karena tampilan visualnya yang memukau kala itu dan cerita epik yang dihadirkan. Meski sukses besar dan memiliki cerita yang cukup menggantung di akhir, tetapi sekuel Tron tidak pernah dibuat selama belasan tahun lamanya, yang meyakinkan penggemar bahwa film tersebut tidak akan memiliki sekuel. Pembicaraan mengenai sekuel Tron pun sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005, tetapi tidak pernah terwujud.

Di saat semua harapan tentang sekuel Tron pupus, secara mengejutkan sebuah sekuel Tron berjudul Tron: Legacy muncul di tahun 2010. Film tersebut rilis 28 tahun setelah film pertama dan berfokus pada anak Kevin Flynn, yaitu Sam Flynn. Jika sebelumnya Kevin Flynn terjebak dalam dunia digital bernama The Grid, di Tron: Legacy, kita justru akan diceritakan saat Sam menemukan pesan misterius dari ayahnya.

Sam kemudian pergi memasuki The Grid yang telah berkembang pesat. Di dalam The Grid, Sam berusaha untuk mengatasi tantangan dan bahaya di dunia digital demi menyelamatkan ayahnya dan mencegah ancaman yang dapat mengubah dunia nyata. Dan menariknya lagi, sekuel film Tron: Legacy yang berjudul Tron: Ares sedang dalam pembuatan saat ini.

2 Blade Runner 2049

Blade Runner adalah sebuah film aksi yang rilis di tahun 1982. Filmnya memang mendapatkan ulasan yang cukup positif, tetapi filmnya gagal total di box office karena hanya mampu meraih pendapatan $41 juta dengan anggaran pembuatan $30 juta (yang belum termasuk biaya pemasaran filmnya yang juga sangat besar). Karena membuat kerugian bagi pihak studio, wajar jika penggemar yakin bahwa sekuel Blade Runner tidak akan pernah dibuat.

Tetapi setelah 35 tahun dari film pertama, secara mengejutkan, Denis Villeneuve menggarap sekuel Blade Runner berjudul Blade Runner 2049. Sekali lagi, film ini mendapatkan sambutan yang positif dan mampu memenangkan dua penghargaan Oscar. Tetapi sama seperti film pertama, Blade Runner 2049 gagal bersinar di box office, karena film ini hanya meraup pendapatan $250 juta dengan anggaran pembuatan mencapai $180 juta dan belum termasuk biaya pemasaran yang juga sangat besar.

Blade Runner 2049 berlangsung tiga puluh tahun setelah peristiwa di Blade Runner pertama. Di sini, manusia dan replika hidup berdampingan, dan seorang pejabat polisi bernama Officer K menemukan rahasia yang bisa mengguncang sisa-sisa tatanan masyarakat. Ketika berusaha mengungkap misteri tersebut, Officer K bertemu dengan Rick Deckard, seorang mantan “Blade Runner” yang menghilang selama tiga dekade. Sementara itu, Niander Wallace, seorang magnat teknologi, berusaha untuk menemukan rahasia yang dapat mengubah keseimbangan kekuatan di dunia mereka.

1 Mary Poppins Returns

Mary Poppins adalah film yang sangat ikonik dan banyak digemari orang-orang. Film tersebut rilis pada tahun 1964 dan sukses besar dengan meraup pendapatan $100 juta di box office, sebuah angka yang fantastis di tahun tersebut. Filmnya juga berhasil masuk 13 nominasi Academy Award dan berhasil menyabet 5 penghargaan di sana. Ending Mary Poppins memang tidak menggantung, dan membuat penggemar yakin jika film tersebut tamat

Tetapi 54 tahun kemudian, kita tiba-tiba dikejutkan dengan aktris Emily Blunt yang menjadi pemeran baru Marry Poppins di film Mary Poppins Returns.Mary Poppins Returns memang tidak sesukses film pertamanya, karena hanya mampu meraup $350 juta dan masuk empat nominasi Academy Award. Mary Poppins Returns mengambil latar waktu di London, 25 tahun setelah peristiwa film asli.

Michael dan Jane Banks, yang kini telah dewasa, menghadapi kesulitan finansial setelah kehilangan ibu mereka. Saat situasi semakin sulit, Mary Poppins kembali dengan misi untuk membantu keluarga Banks.Mary Poppins membawa bersamaan sahabatnya, Jack, dan dengan bantuan lampu ajaib, cermin, dan pengetahuan magisnya, mereka membawa kesenangan dan kegembiraan ke rumah Banks. Petualangan penuh musik dan tarian ini membawa penonton pada perjalanan yang mengajarkan pentingnya imajinasi, harapan, dan keluarga.

Itulah dia Geeks beberapa film yang dianggap tamat, tetapi pada akhirnya dibuatkan sekuelnya bertahun-tahun setelahnya. Banyak dari kita yang tidak menyangka sekuel filmnya akan dibuat, sehingga kemunculan sekuel-sekuel ini cukup mengejutkan. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian?

Exit mobile version