Home OTAKU OTAKU FEATURES 9 Pokemon yang Terinspirasi Sosok Nyata!

9 Pokemon yang Terinspirasi Sosok Nyata!

Beberapa karakter ikonik dan juga unik dalam cerita di series Pokemon ternyata terinspirasi dari berbagai sosok di kehidupan nyata. Sudah bukan hal asing jika para Pocket Monster atau Pokemon biasanya terinspirasi dari berbagai jenis hewan, tumbuhan, bahan makhluk-makhluk mitologi. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika ada sebagian Pokemon yang ternyata terinspirasi dari sosok yang ada di dunia nyata. Siapa saja?

9 Hitmonlee

Pokemon yang terinspirasi dari sosok nyata yang pertama adalah Hitmonlee. Banyak fans yang berspekulasi jika Pokemon ini kemungkinan terinspirasi dari sosok ahli bela diri, Bruce Lee. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena referensi mengenai Bruce Lee di Hitmonlee memang ada dalam namanya di versi bahasa Inggris. Namun, dalam versi Jepang, hal tersebut tidaklah benar.

Hitmonlee justru bukan terinspirasi oleh Bruce Lee, melainkan seorang atet Kickboxing Jepang yang sangat terkenal, Tadashi Sawamura. Inilah yang kemudian membuat Hitmonlee memiliki nama dalam versi Jepang yaitu ‘Sawamular’ yang merujuk kepada Sawamura. Referensi Pokemon menghadirkan Hitmonlee atau Sawamular dengan sosok Sawamura memang bisa terlihat secara jelas.

Htomonlee atau Sawamular terkenal sebagai Kicking Poemon yang merepresesntasikan kickboxing secara keseluruhan Di dunia nyata juga sosok Sawamura sering dianggap sebagai salah satu juara kickboxing terhebat di Jepang. Dia bahkan seorang ahli, yang mana Sawamura memiliki gerakan khas yang mana kemudian membuat Pokemon menghadirkan versinya.

8 Hitmonchan

Sama seperti Hitmonlee, Hitmonchan juga diadaptasi dari sosok nyata seorang atlet yang berkecimpung di dunia olahraga tanding. Jika Sawamura, inspirasi Sawamular, merupakan seorang legenda kickboxing di Jepang, maka Hitmonchan terinspirasi dari sosok legendaris petinju Jepang, Hiroyuki Ebihara. Secara desain, Hitmonchan merupakan kebalikan dari Hitmonlee di mana dia menggunakan tangannya untuk bertarung.

Jika Hitmonlee dianggap terinspirasi dari Bruce Lee, banyak fans yang menganggap Hitmonlee namanya terinspirasi dari sosok bintang aksi legendaris, Jackie Chan. Namun, spekulasi tersebut tidak masuk akal dan tidak benar mengingat Jackie Chan bukanlah petinju. Sebenarnya, nama Hitmonchan dalam bahasa Jepang adalah Ebiwalar yang mereferensikan sosok petinju legendaris Jepang.

Sama seperti halnya Tadashi Sawamura dan kickboxing, nama Hiroyuki Ebihara dianggap sebagai salah satu petinju legendaris bukan hanya di Jepang melainkan di seluruh dunia. Ebihara sudah memegang banyak sekali titel dan memenangkan berbagai kejuaraan. Dengan semua prestasi luar biasa tersebut wajar jika Game Freak, pengembang game Pokemon, kemudian menghadirkan Pokemon yang mereferensikan sosoknya.

7 Empoleon

Karena Pokemon merupakan franchise yang berasal dari Jepang, banyak yang berspekulasi jika franchise ini banyak menghadirkan monster-monster di seriesnya yang terinspirasi dari berbagai sosok penting di negara tersebut. Secara keseluruhan hal itu tidak salah, karena faktanya memang ada juga Pokemon yang memang terinspirasi dari sosok penting di Jepang seperti Sawamular dan Ebiwalar.

Meskipun begitu, Pokemon juga tidak jarang menghadirkan karakter monster yang berdasarkan sosok historis yang sangat penting dari belahan dunia lair. Salah satu contoh yang paling nyata adalah Empoleon, Pokemon Water Starter dari Sinnoh. Pokemon ini ternyata terinspirasi dari sosok Napoleon Bonaparte, petinggi militer Perancis yang membawa banyak kemenangan di berbagai perang.

Berbeda dengan Hitmonlee dan Hitmonchan, sosok Napoleon Bonaparte tidak muncul secara eksklusif dalam nama Pokemonnya di bahasa Inggris. Karena Pokemon ini memiliki nama Emperte dalam bahasa Jepang, yang merupakan gabungan dari nama Emperor dan Bonaparte. Selain itu, penampilan Empoleon menjadi petunjuk referensi sosok tersebut yang bisa dilihat dari tubuhnya dan juga seragam yang dia kenakan.

6 Emboar

Emboar merupakan Pokemon Fire Starter dari wilayah Unova. Emboar merupakan salah satu Pokemon yang unik, karena karakternya bukan hanya terinspirasi dari satu sosoknya melainkan dua. Menurut informasinya, Emboar menghadirkan banyak aspek dari berbagai budaya dan mitologi China. Contohnya adalah mereka menghadirkan Pokemon ini dari sosok Zhu Bajie, dari cerita Journey to the West.

Namun, artist Ken Sugimoi kemudian memberikan konfirmasi jika Emboar terinspirasi juga dari sosok karakter politisi China dan seorang pemimpin pasukan yang sangat populer, Zhang Fei, dalam alur cerita Three Kingdom. Terdapat beberapa detil tambahan dari Emboar yang sengaja dihadirkan oleh Game Freak untuk memperlihatkan referensi dari karakter tersebut.

Detil tersebut adalah kematian yang mereferensikan pada kematian dari Zhang Fei, di mana dia dihancurkan tubuhnya oleh para bawahannya. Namun, tidak diketahui apakah itu memang sengaja atau tidak. Sementara itu, Emboar terlihat memiliki semacam lingkaran api di lehernya yang mampu membedakan bagian kepala dan juga tubuh.

5 Obstagoon

Game Poekmon Sword & Shield memerkenalkan form Galarian dari Zigzagoon dan Lioone, bersamaan juga dengan diperkenalkannya evolusi regional yang baru bernama Obstagoon. Pokemon ini memliki ciri-ciri yang menarik. Tubuhnya memiliki skema warna hitam dan putih, dia memiliki lidah yang panjang, bahkan dalam gamenya diketahui jika Obstagoon tergabung dalam sebuah band bernama The Maximizers.

Berdasarkan dari berbagai ciri-ciri tersebut para fans dengan cepat menyadari jika Obstagoon adalah Pokemon yang terinspirasi dari band legendaris, Kiss. Lebih tepatnya, Pokemon ini terinspirasi dari salah satu personel band tersebut yaitu Gene Simmons. Obstagoon merupakan Pokemon yang didesain oleh James Turner, yang awalnya merupakan satu-satunya desainer Pokemon di Game Freak yang berasal dari luar Jepang.

Berdasarkan hal tersebut, besar kemungkinan jika memang Turner sengaja menghadirkan referensi Gene Simmons dari sosok Obstagoon. Yang menarik juga adalah Obstagoon jadi salah satu dari sedikit Pokemon yang diketahui oleh sosok yang mereka referensikan, dalam hal ini adalah Gene Simmons. Pada beberapa tahun yang lalu, Gene Simmons memberikan tanggapannya mengenai Obstagoon di Twitter.

4 Kadabra

Game Freak pernah menghadirkan berbagai referensi Pokemon dari para pesulap dan ilusionis populer di dunia. Contohnya Abra yang disebut sebagai Casey, merupakan Pokemon yang mereferensikan sosok Edgar Cayce. Sedangkan, Alakazam disebut sebagai Foodin, yang mana nama ini tentunya sudah sangat populer di telinga banyak orang yaitu terinspirasi dari Harry Houdini.

Dan hal ini juga kemudian Game Freak lakukan terhadap Pokemon bernama Kadabra. Dalam bahasa Jepang, Kadabra memiliki nama Yungererand, di mana dia memiliki kemampuan telekinesis atau telepati dan mampu untuk membengkokan sendok. Pokemon ini dihadirkan berdasarkan sosok Uri Geller, seorang ilusionis dari Inggris yang dalam penampilannya sering membengkokan peralatan makan dengan pikirannya.

Berbeda dengan Gene Simmons yang senang dan tidak masalah jika Pokemon menghadirkan karakter berdasarkan sosoknya, Uri Geller justru tidak senang dengan hal ini. Merasa bahwa pihak Nintendo sama sekali tidak mengajukan izin terlebih dahulu kepadanya, Uri Geller kemudian mengajukan tuntuan hukum atas kesamaan tersebut.

3 Wobbuffet

Baik di cerita Pokemon ataupun sosok inspirasinya, Wobbuffet merupakan sosok Pokemon yang lucu dan konyol. Karakter Pokemon ini terinspirasi oleh banyak aspek dari budaya Jepang, yang mana banyak fans awalnya tidak menyadari hal tersebut. Pertama, Wobbuffets terinspirasi dari boneka Okagari-Koboshi yaitu sebuah boneka tradisional yang diketahui berasal dari Fukushima.

Selain dari bentuk, nama Wobbuffet dalam bahasa Jepang adalan Sonans, yang mana nama tersebut mengungkapkan sosok inspirasi Pokemon ini yaitu Hayashiha Sanpei I. Sanpaei sendiri merupakan seorang komedian Jepang legendaris, di mana dia memiliki sebuah kata yang menjadi ciri khasnya, “So nansu (nandesu), Okusan!” atau yang bisa diartikan “Memang begitu, nyonya!”

Game Freak sepertinya bukan hanya menghadirkan referensi nama Wobbuffet saja dari sosok Hayashiha Sanpei I tersebut, melainkan juga dari penampilannya. Bahkan, salah satu gerakan dari Wobbuffet menirukan gerakan khas dari Sanpei ketika dia tampil yaitu menghadirkan ekspresi yang bingung sambil memegang dahinya.

2 Mr. Rime

Selan Hayashi Sanpei I, Pokemon juga menghadirkan referensi komedian legendaris lainnya pada para karakter monster. Pokemon Sword & Shield memang cukup banyak menghadirkan referensi budaya atau sosok populer dari Barat dan Inggris. Salah satu yang menarik, selain Empoleon yang merupakan referensi terhadap sosok Napoleon Bonaparte, adalah Mr. Rime.

Dari penampilannya sendiri rasanya sudah banyak fans yang bisa menduga siapa sosok yang jadi inspirasi dari karakter Pokemon Mr. Rime ini. Sosok tersebut tidak lain adalah seorang aktor dan komedian asal Inggris, Charlie Chaplin. Karakter Mr. Rime bukan hanya memiliki kumis yang besar, tongkat, dan kepala yang berbentuk seperti topi tinggi. Pokemon ini juga memiliki es di kakinya yang memunculkan suara ketika dia melakukan tap dancing. Yang menarik Charlie Chaplin sendiri adalah seorang penari tap.

1 Snorlax

Pokemon yang terinspirasi dari sosok nyata yang terakhir adalah Snorlax. Menurut penuturan dari Game Freak, penampulan dan juga nafsu makan yang besar dari Snorlax sangat terinspirasi dari sosok seorang desainer game dari Nintendo bernama Kouji Nishino. Bahkan, dalam bahasa Jepang Snorlax memiliki nama, Kabigon, yang mana ini merupakan panggilan akrab di kantornya di mana dia memiliki nama panggilan Kirby.

Yang menarik, Kirby merupakan nama yang juga digunakan oleh nama karakter populer di Nintendo lainnya. Kesamaan antara Snorlax dan Nishino rasanya terpampang dengan jelas. Dan fakta bahwa salah satu Pokemon yang populer dan penting diadaptasi dari sosok yang bekerja di game yang menghadirkan “karakternya” merupakan sebuah trivia yang menarik dan menyenangkan.

Yang juga kemudian jadi fakta menarik dari Snorlax dan Kouji Nishino adalah dia pernah juga muncul sebagai NPC yang bisa bertarung dalam cerita di game Pokemon Black 2 & White 2. Dan Snorlax dihadirkan sebagai Pokemon terkuat di tim miliknya.

Pokemon merupakan salah satu franchise yang sangat populer dan sangat besar, di mana para fans diajak berpetualang dengan berbagai monster unik yang dihadirkan. Yang menarik adalah berbagai monster Pokemon unik tersebut ternyata sebagiannya terinspirasi dari para sosok nyata mulai dari komedian, atlet, bahkan hingga pesulap.

Exit mobile version